Metode Destilasi

Metode destilasi digunakan untuk bahan yang mengandung lemak dan komponen mudah menguap. Prinsip kerja dari metode ini adalah penggunaan pelarut yang immicible. Pelarut ini memilki titiok didih sedikit di atas titik didih air, contohnya adalah toluena, xylena, n-amil, alkohol, dan xylol. Air dari bahan yang terlarut dalam larutan immicible dikumpulkan dalam tabung penerima sehingga volumenya diketahui. Tabung yang biasa digunakan adalah tabung Aufhauser atau Bidwell Sterling (Yongki 2008).
Metode destilasi ini memilki keuntungan dan kerugian. Keuntungan dari metode destilasi diantaranya, volume bisa langsung diketahui, kecepatan dehidrasi diketahui, suhu konstan dapat dipertahankan, waktunya cepat, alatnya sederhana, pengaruh RH lingkungan bisa dikurangi, dan lebih teliti dibanding metode oven. Sementara kerugian dari metode ini adalah adanya droplet air pada sisi tabung, pelarut mudah terbakar, pelarutnya mungkin beracun, beberapa komponen alkohol, gliserol mungkin ikut terdestilasi, dan seringkali terjadi kesalahan dalam membaca meniskus(Yongki 2008).

Yongki.2008.Teknologi enkapsulasi flavor rempah-rempah. http://yongkikastanyaluthana.wordpress.com

6 comments:

  1. kalo bisa pake gambarnya, biar lebih jelas.

    ReplyDelete
  2. @bella21: hmm...ditulis ulang aja,,sambil belajar lagi..semangat bella...^^

    @Anonymous: Yup!! semoga segera dapat gambarnya ya,,, kemarin belum sempat. atau mau bantu mencarinya? (*mengharap.com) ^^

    ReplyDelete
  3. itu kelebihan dan kekurangan metode distilasi dibandingkan dengan metode apa??

    ReplyDelete
  4. itu kelebihan dan kekurangan metode distilasi dibandingkan metode apa ??
    lebih baik dijelaskan lebih detail, misalkan distilasi dibanding metode oven nah dijelaskan juga metode oven itu yang seperti apa.
    terima kasih.. ^^

    ReplyDelete