4 Mindset Penting dalam Berbisnis

Tidak ada bedanya antara bisnis online dan offline. Yang membedakan hanyalah medianya saja. Nah kenapa dalam bisnis online kita harus memiliki mindset yang tepat? Karena banyak orang yang beranggapan ketika berbisnis secara online hasilnya banyak dan cepat. Ketika hasilnya tidak sesuai anggapan, maka lemas, loyo, down. So, mindset apa saja yang harus dimiliki oleh pebisnis online? Berikut 4 mindset penting yang harus dimiliki oleh pebisnis online:

1. Mental Baja

Banyak orang yang gagal menaklukkan mindsetnya sendiri. Baru sebulan bisnis online kemudian tidak menghasilkan akhirnya gak jualan lagi. 

Baru dua bulan buka toko online, kemudian gak pernah closing, akhirnya tutup. 

Baru seminggu buka akun jualan di instagram terus ada yang beli rasanya seneeeeng banget, tapi dua minggu setelah itu gak ada yang nanya-nanya, akhirnya down, kemudian tutup, kemudian instagramnya didiemin.

Banyak pebisnis online pemula seperti saya kenanya di masalah ini. Maka yang harus dibutuhkan oleh pebisnis online yaitu Mental Baja. Ada masalah dikit, gak boleh ngeluh, gak boleh banyak alasan, gak boleh ada kata tapi. 

Itu harus dihilangkan, kalau masih ada hal seperti itu dalam diri, bisnisnya gak akan jalan dan berkembang. Itu penyakit mental, harus dihilangkan dan dimusnahkan dulu.

2. Mau Belajar

Semakin banyak seseorang punya ilmu, maka biasanya dia akan semakin merasa kurang sehingga akan terus mencari ilmu.

Ilmu bisa didapat dari yang lebih muda, lebih tua, wanita, pria dari alam dari mana aja. Maka kita harus selalu jadi pribadi yang mengosongkan gelas, kalau pergi belajar harus jadi pribadi yang siap menyerap ilmu.

3. Mau Praktek

Cuma sekedar tau tidak akan pernah membuat bisnis kita jalan dan berkembang. Kita tau kalau tempat beli baju itu di pasar atau mall atau toko baju, tapi kita gak jalan ke sana, ya gak akan pernah dapat baju yang kita inginkan.

Tapi kan sekarang jaman online, gak perlu jalan ke luar. Iya memang betul jaman online, beli baju gak perlu ke luar rumah, tapi emang nya kalau kita gak klik pesan, kemudian tidak transfer uang ke penjual. Apakah barang akan sampai kepada kita? 

Jawabannya pasti enggak kecuali emang ada barang nyasar ke rumah kita. Tapi masa iya pengen make barang nyasar.

Intinya apa? Intinya praktek praktek praktek …. gagal… coba lagi …. gagal.. coba lagi …. teruuuuus sampai dapat hasil.

4. Jangan Gampang Menyerah

Nah ini penting banget. Contohnya kita baru mulai jualan di instagram. Baru melakukan postingan jualan sehari satu kali, kemudian gak ada yang beli atau pun nanya-nanya produk kita. 

Kita baru follow orang dalam sehari 5 orang kemudian udah stop, alesannya capek lah, ribet lah, banyak kerjaan lah (padahal peraturan dari Instagram kita boleh follow 40 orang dalam 60 menit). 

Gimana orang bisa beli produk kita kalau follower kita kagak nambah? Salah satu cara untuk nambah follower yang tepat yaitu dengan kita memfollow orang terlebih dahulu dengan harapan dia akan folback kita. 

Tapi gak sembarangan orang yang harus kita follow, ada tekniknya, ada caranya.

*—* *—* *—*

Mindset seperti itu tidak hanya berlaku dalam bisnis aja sih ya, dalam kehidupan sehari-hari kita juga harus punya mental baja, harus selalu belajar, harus mau action dan jangan pernah gampang menyerah. Kalau ada salah satu aja, coba benerin, itu harus dirapiin, harus dihilangkan, berproses memang tapi setidaknya kita tau dimana masalahnya. 

Beresin dulu mindsetnya, perbaiki mentalnya, semua ada tahapannya.

Semoga bermanfaat.

Credit to: Nur Ashifa

error: Content is protected !!