5 Teknik Berkebun Bunga di Apartemen yang Sedang Hits. Kamu Wajib Coba!

Tinggal di apartemen bukan berarti membuat kita tidak bisa menghadirkan suasana hijau di hunian kita. Seperti yang kita ketahui bahwa suasana hijau di dalam ruangan tak hanya berfungsi sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Seperti udara menjadi lebih sejuk, sebagai penangkal radiasi gadget, dan tentu sebagai penghalau stress dengan melihat sesuatu yang segar. Oleh karena itu, inovasi berkebun di lahan sempit seperti apartemen misalnya semakin marak, setidaknya terdapat 5 teknik berkebun bunga yang sedang hits saat ini yang bisa kalian coba untuk melakukan penghijauan. Sangat mudah, murah, dan ramah lingkungan.

Kokedama

Kokedama adalah salah satu teknik menanam dari Jepang tanpa menggunakan pot. Benar-benar hemat tempat dan fleksibel ditempatkan dimana saja. Bisa digantung di dinding/hanging pot di langit-langit, ditempatkan di meja, kulkas, teras, dan lain-lain.

kokedama, mawar, bola, lumut
sumber: pinterest

Kokedama biasanya menggunakan moss atau lumut yang dibentuk menjadi seperti bola dengan ukuran menyesuaikan tanamannya. Rata-rata sebesar tempurung kelapa. Namun, bisa juga kita mengreasikannya dengan menggunakan sabut kelapa.  Berikut langkah-langkah membuat kokedama yang bisa kalian coba.

 

 

Lantas bagaimana cara menyiram dan perawatannya? Mudah saja, kokedama hanya perlu direndam di dalam air seminggu sekali selama kurang lebih 3-5 menit, tiriskan, kemudian tempatkan kembali di tempat yang diinginkan. Bisa juga sesekali diberikan pupuk pada air rendaman agar nutrisi kokedama tetap terjaga.

tata, cara, perawatan, kokedama, bola, lumut
sumber: Pinterest

Vertikultur

Sesuai dengan namanya, vertikal, artinya teknik menanam dengan menyusun wadah-wadah secara vertikal atau bertingkat. Bahkan, kita bisa juga memanfaatkan teknik ini sekaligus sebagai pemisah ruangan lho. Jadi, selain lebih artistik juga lebih fresh. Wadah yang bisa dimanfaatkan pun bisa beraneka ragam, mulai dari pot, peralon, bahkan botol bekas minuman sekaligus sebagai upaya pengurangan sampah bukan?

Sumber: Pinterest

Terrarium

Nah, teknik satu ini sedang sangat populer di Indonesia karena memang sangat cantik. Terrarium merupakan taman mini di dalam kaca atau wadah plastik transparan. Terrarium bisa juga dimanfaatkan sebagai lampu tidur cantik yang menghadirkan suasana alam di kamar tidur. Mau mencoba sensasinya?

sumber: pinterest

Cara membuatnya cukup mudah kok, ikuti langkah-langkah pada gambar di bawah ini ya.

 

 

Lantas bagaimana cara perawatannya? Cukup semprotkan air seminggu sekali pada tanaman agar tetap segar. Bisa juga ditambahkan pupuk pada air yang disemprotkan agar nutrisi tanaman terpenuhi.

Aquaponik

Teknik ini adalah teknik yang paling saya suka. Mengapa? Karena teknik ini menggabungkan metode hidroponik dengan budidaya ikan. Jadi, dalam satu wadah, kita tidak hanya dapat pemandangan bunga nan indah dan cantik tetapi juga suasana air dan ikan yang menenangkan. Cara membuatnya pun tidak begitu sulit. Tertarik?

sumber: pinterest

Manfaat lain saat kita menggabungkan tanaman dengan ikan adalah tercukupinya nutrisi tanaman dari hasil ekskresi ikan. Jadi, kita bisa hemat pupuk. Hehe

Hidrogel

Untuk teknik tanam menggunakan hidrogel memang bukan hal baru ya! Hidrogel mirip seperti jelly sebesar kelereng setelah direndam di dalam air. Beberapa ada yang mengklaim bahwa hidrogel sudah mengandung pupuk untuk bercocok tanam, tetapi ada juga yang harus menambahkan pupuk saat perendaman. Satu yang perlu diingat adalah hidrogel tidak bisa terkena sinar matahari, karena bisa ditumbuhi lumut. Jadi, saat tanaman akan dikeluarkan untuk mendapatkan sinar matahari, pindahkan terlebih dahulu hidrogel atau tutup hidrogel dengan wadah gelap/tidak tembus cahaya matahari.

sumber: pinterest

Bagaimana, dari kelima teknik berkebun bunga di apartemen yang sedang hits di atas kamu paling suka yang mana? Semua mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk berkreasi. Cocok juga untuk kegiatan bersama keluarga di weekend ini. Menciptakan suasana baru di dalam rumah. Untuk masalah bibit bunga, tidak perlu khawatir. Karena sekarang banyak yang jual secara online, misalnya di mataharimall.com, baik masih dalam bentuk benih bunga maupun bibit tanaman bunga siap tanam. Siap-siap rumahmu jadi lebih hits dan instagramable ya! Hehe