5 Tips Ampuh Membangkitkan Mood Booster

Pernah nggak sih, kalian merasa kehilangan mood selama beberapa hari? Bahkan merasa kalau kalian tidak sedang jadi diri sendiri. Aduh, kebanyanyakan nonton drama korea nih kayaknya. Haha

Jadi, saya sedang menikmati drakor Hyde, Jekyll, & Me dimana sang tokoh utama laki-lakinya menderita kepribadian ganda. Terkadang jadi superhero, terkadang jadi seseorang yang lemah tak berdaya. Untuk memunculkan kekuatannya itu, harus ada stimulus yang kuat. Kalau di drakor ini sih, muncul superheronya saat ingin melindungi wanita yang dicintainya. Nah, saya kok juga merasa begitu ya? Kadang sangat semangat, kadang merasa malas sekali. Padahal, sudah dikejar deadline, tetapi tetap saja mood-nya nggak muncul.

Oleh karena itu, saya merasa sedang merindu jiwa muda saya yang penuh energi dan semangat. Kalau kalian gimana mengatasi mood yang naik turun nggak karuan agar tidak berlarut-larut? Kalau saya melakukan 5 tips ini untuk memanggil mood booster yang mungkin juga bisa kalian coba!

  1. Tidur atau Istirahat yang Cukup

Banyak penelitian psikologis yang menyatakan bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi mental dan psikis seseorang. Salah satunya gangguan mood dan stress. Tubuh, membutuhkan hormon sitokin untuk menghadapi stress, dimana hormon ini diproduksi pada saat tidur. Jika kita kurang tidur, maka kita pun kekurangan hormon ini. Alhasil, kelelahan fisik dan mental pun tak dapat dihindari, dan mood menjadi kacau balau.

  1. Olahraga atau Jalan-jalan di Alam Terbuka

Olahraga atau jalan-jalan di alam terbuka merupakan salah satu cara ampuh untuk memanggil jiwa muda yang sedang saya rindukan. Saya merasa damai jika jauh dari hingar bingar dan menyatukan jiwa dengan alam. Mengatur kembali pernafasan untuk menghilangkan racun-racun di dalam tubuh, me-reset, dan me-refresh sel-sel di dalam tubuh.

Ya, 70% racun di dalam tubuh dibuang melalui sistem pernafasan. Sehingga, sistem pernafasan yang baik sangat penting untuk menjernihkan pikiran, memperbaiki mood, dan meningkatkan energi kita.

makanan, mood, booster, food
sumber: LiveStrong.com

 

  1. Kuliner Makanan Pembangkit Mood

Beberapa di antara kita memiliki makanan favorit saat sedang tidak mood bukan? Mungkin cokelat atau makanan yang manis-manis. Karena memang cokelat mengandung hormon serotonin yang dapat membangkitkan rasa bahagia dan pencegah depresi, serta asam amino yang dapat membangkitkan mood.

Kalau saya sih, lebih suka minum air putih sebanyak-banyaknya dan makan buah-buahan, terutama sup buah. Ya, bisa jadi hilang mood kita karena dehidrasi lho! Jadi, minum air putih itu sangat penting. Terbukti sih, perasaan jadi lebih tenang setelah minum air putih. Dan, sup buah sebagai pembangkit mood karena buahan-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang juga membantu memroduksi hormon serotonin.

  1. Tulis Kembali Mimpi-Mimpimu

Saat merindu jiwa muda untuk kembali bersemayam di diri ini agar lebih semangat lagi, saya membaca atau menulis kembali mimpi-mimpi apa sih yang harus saya capai? Dengan begitu badan dan pikiran tersugesti untuk kembali bersemangat. Ya, karena mimpi tidak akan pernah terwujud tanpa perjuangan kan? Mungkin rasa malas dan moody adalah salah satu rintangan yang memang harus dikalahkan.

  1. Bersyukur dan Berdoa

Sebagai seorang muslim, kita diajarkan untuk berwudhlu, sabar, dan sholat sebagai salah satu obat hati. Ya, mood kerap erat kaitannya dengan hati yang tak menentu, ya. Padahal, saya tidak sedang PMS lho. Emm, tapi mungkin sedikit baby blues. Dengan bersyukur akan kehidupan yang saya miliki sekarang, setidaknya akan membuat jiwa saya lebih tenang. Saat baby blues melanda, saya memikirkan betapa banyak pasangan yang sedang mengharapkan buah hati selama bertahun-tahun tetapi belum mendapatkan amanah. Allah percaya bahwa saya bisa jadi saya tidak perlu khawatir.

Begitu pun kalian yang merasa sedang kehilangan mood, bisa memikirkan hal-hal apa saja yang patut disyukuri dan diperjuangan kembali.

Arisan blogger Gandjel Rel kali ini sepertinya sekaligus jadi ajang curhat saya, nih. Karena memang saya sedang sangat merindukan jiwa muda saya yang entah hilang kemana. Saya ingin bersemangat kembali untuk meraih mimpi dan menjadi yang terbaik bagi keluarga. Mungkin Mbak Rizka dan Mbak Alley bisa bantu menemukannya? Hehe