5 Tips Cara Ampuh Berdamai dengan Hari Senin

Hari senin seringkali menjadi momok menyeramkan bagi sebagian orang. Entah bagi pelajar maupun pegawai. Seolah hari senin menjadi hari yang paling harus dihindari kalau bisa di-skip sampai jumat lagi ya? Hehe

Sebenarnya mengapa senin begitu tidak disukai oleh beberapa orang? Karena sangat berdekatan dengan hari minggu. Coba saja setelah hari minggu, hari selasa atau yang lainnya, maka tidak akan ada lagi istilah “I Hate Monday” atau ABS alias “Aku Benci Senin.” Xixi

Jika ditelaah alasan mengapa orang tidak suka hari senin, bisa jadi karena kualitas liburan atau weekend-nya tidak baik. Sehingga tidak mood menghadapi hari senin. Lantas, bagaimana seharusnya? Berikut 5 tips cara ampuh berdamai dengan hari senin yang bisa kamu coba agar bisa menghadapi hari senin dengan senyuman.

  1. Maksimalkan Weekend

Tidak masalah tentang jadwal kerjamu 5 atau 6 hari, yang terpenting adalah memanfaatkan weekend secara maksimal. Lakukan kegiatan yang sekiranya menyenangkan. Entah tidur seharian di rumah, melakukan hobimu, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa merancang weekend-mu di sela-sela weekdays kan? Saat malam tiba di rumah misalnya.

  1. Jangan Menunda Pekerjaan

Sebisa mungkin, maksimalkan potensi kamu untuk menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Jangan menunggu esok hari jika pekerjaan sekiranya bisa diselesaikan hari itu juga. Caranya? Mengefektifkan waktu kerja, no gadget selama jam kerja, dan memprioritaskan pekerjaan misalnya. Tujuannya tentu saja agar kamu bisa menikmati sebaik mungkin waktu liburan tanpa mengingat pekerjaan yang tertunda. Tak ingin kan bergadang atau lembur saat weekend? Yang ada nanti kamu makin benci hari senin. Hehe

  1. Kenakan Pakaian Favoritmu ke Kantor

Pakailah pakaian yang paling kamu suka di hari Senin agar makin percaya diri dan bersemangat. Semprotkan wewangian yang mencerminkan jati dirimu. Hal ini terbukti ampuh menjadi mood booster bagi sebagian orang lho! Buktinya, JNE sebagai perusahaan ekspedisi yang telah berjalan selama lebih dari 26 tahun pun menerapkan peraturan casual dress code bagi karyawan back office pada hari senin melalui programnya “I Love Monday” sejak April 2017. Langkah sederhana yang ditempuh oleh JNE sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman ekspress dan logistik ini terbukti efektif sebagai moodbooster  para karyawan. Karyawan diberikan kebebasan berekspresi dalam berpakaian sesuai dengan karakter masing-masing namun tetap sesuai dengan norma dan etika perusahaan.

i, love, monday, jne, berdamai, senin

Karyawan sangat antusias menyambut program ini dan dapat menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang lebih ceria. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas karyawannya untuk semakin berinovasi. Penerapan program I Love Monday memang baru diterapkan di JNE pusat, namun akan segera diberlakukan di JNE seluruh Indonesia. Apalagi banyak permintaan dari berbagai kantor cabang JNE.

Kamu mau membuktikan juga? Mengenakan pakaian yang sesuai karaktermu saat bekerja? Eits, tetap harus pakai seragam? Tenang saja, kamu masih bisa mengenakan atribut-atribut kecil yang mencerminkan karaktermu kan? Selamat berkreativitas!

  1. Sarapan

Tahu sendiri kan kalau perut kosong itu adalah sumber emosi yang paling berbahaya. Orang jadi lebih merasa terburu-buru atau mungkin tidak fokus. Meninggalkan sarapan sama saja merusak mood seharian. Hilang konsentrasi, bermasalah dengan metabolisme, lemah, lesu, lunglai, dan akhirnya tidak mood menghadapi tantangan di depan mata.  Sarapan seharusnya memang tidak berlaku hanya hari Senin ya, tetapi setiap hari.

  1. Positive Thinking

Semangati diri kita untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi. Posisi kita saat ini bisa jadi sangat diimpikan oleh banyak orang. Saya yakin, posisi kamu saat ini pun bisa jadi diraih dengan cara yang tidak mudah. Maka, syukuri dengan menjadikan diri lebih baik dari hari ke hari. Pikirkan cita-cita yang hendak kamu raih saat ini. Semua itu akan berhasil jika dan hanya jika kita selalu memaksimalkan potensi diri setiap harinya.

Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menerapkan 5 tips cara ampuh berdamai dengan hari senin ini? Atau punya cara sendiri dalam menyambut hari senin? Boleh sekali sharing di sini ya!