5 Tips Liburan Murah dan Berkualitas Saat Peak Season

Sebentar lagi libur panjang akhir tahun, apakah kamu memiliki rencana liburan untuk perayaan pergantian tahun? Bagi sebagian orang, libur akhir tahun adalah momen yang paling ditunggu-tunggu selain lebaran. Tapi, ada baiknya liburan akhir tahun direncanakan jauh-jauh hari. Mengapa? Yup! Karena akhir tahun merupakan peak season dimana bisa jadi kamu akan kesulitan dalam mencari transportasi dan akomodasi. Nggak mau dong liburan akhir tahun ala kadarnya karena kehabisan tiket atau penginapan?

Berikut 5 tips merencanakan liburan murah dan berkualitas saat peak season:

Tips 1. Buat Itinerary

Itinerary atau rencana perjalanan sangat penting agar kita mendapatkan liburan yang berkualitas. Pastinya, kita ingin menjelajahi setiap sudut tempat yang kita datangi bukan? Sekedar mendapatkan foto yang instagramable, mencicipi kuliner baru, belajar budaya, dan masih banyak lagi.

Nah, inilah pentingnya itinerary agar kita tidak terlena menghabiskan waktu di satu tempat padahal begitu banyak tempat yang juga ingin kita jelajahi. Buat rundown acara kapan kita berangkat & pulang serta durasi lamanya waktu kunjungan setiap tempat.

Tips 2. Buat Checklist Barang Apa Saja yang Harus Dibawa

Jangan sampai terlewat satu pun barang yang kita butuhkan selama perjalanan. Charger misalnya. Betapa akan merananya kita tanpa charger. Meskipun tidak ada signal misalnya, tetapi kan masih bisa untuk selfie. Hehe

Hal terpenting dalam setiap perjalanan adalah P3K terutama jika terdapat riwayat penyakit tertentu. Kebutuhan barang yang akan dibawa pun harus disesuaikan dengan gaya berpergian kita, mau ala backpacker atau koper. Tempat mana yang akan kita kunjungi dan style apa yang tepat. Nggak asyik dong, naik gunung bawa koper? Hehe

credit pic: biluping.com
credit pic: biluping.com

Tips 3. Pastikan Transportasi Aman Terkendali

Transportasi apapun entah itu kendaraan pribadi atau umum, haruslah dipastikan keamanannya. Lakukan service menyeluruh jika kita akan berpergian dengan kendaraan pribadi. Hal ini meminimalisasi tindakan kejahatan maupun molornya estimasi waktu perjalanan.

Jika kita menggunakan kendaraan umum, pastikan tiket sudah di tangan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Pasti kita akan mendapatkan harga lebih murah dibandingkan mepet waktu keberangkatan terutama harga tiket pesawat dan bus yang fluktuatif. Apalagi liburan akhir tahun yang notabene peak season.

Tips 4. Pastikan Penginapan Dekat dengan Destinasi Wisata

Jangan tergiur dengan harga penginapan yang murah namun ternyata jauh dari tempat wisata yang akan kita kunjungi. Akan banyak waktu terbuang di perjalanan bukan? Belum lagi macet dan kondisi yang tak terduga lainnya.

Jimmers Mountain Resort (traveloka.com)
Jimmers Mountain Resort (traveloka.com)

Untuk kamu yang sedang merencanakan liburan ke puncak dan sekitarnya, ada baiknya kamu cek dulu penginapan yang ada di traveloka. Selain tiket pesawat, saya juga mempercayakan penginapan melalui situs ini. Mengapa? Karena harganya no tipu-tipu. Pernah suatu kali saya mencoba situs lain, ternyata harga yang ditawarkan belum termasuk ini itu dan alhasil jauh lebih mahal dibandingkan di traveloka. Buktikan sendiri kalau tidak percaya ya! Hehe

Tips 5. Jaga Kesehatan

The last but not the least, kesehatan adalah bagian terpenting dalam perencanaan liburan. Akan dibutuhkan tenaga ekstra dalam liburan peak season. Padatnya kunjungan wisata oleh banyak turis, perjalanan yang mungkin saja terasa lebih panjang, dan mungkin musim/cuaca yang kurang bersahabat dan lain sebagainya. Jangan sampai kita hanya pindah tidur karena sakit dan tidak bisa kemana-mana. Sayang banget kan?

Okey, sekian tips liburan berkualitas dan hemat saat peak season ala makarame. Semoga mendapatkan liburan yang asyik dan mencharge energi untuk menatap masa depan di tahun yang baru ya!

error: Content is protected !!