5 Tips Mengenakan Tas yang Tepat Agar Terhindar dari Cidera Otot, Bahu, dan Punggung

Hampir setiap orang tidak bisa terlepas menggunakan tas saat bepergian, terutama wanita. Beberapa di antaranya bahkan mengisinya dengan berbagai barang seperti Kantong Doraemon. Apa saja yang dibutuhkan pasti ada, seperti buku, alat tulis, dompet, payung, air minum, make up, mukena, snack, dan lain sebagainya. Padahal, jika beban tas terlalu berat, tidak akan baik bagi kesehatan. Baik kesehatan tas itu sendiri alias cepat rusak maupun kesehatan yang membawanya yang dapat menyebabkan nyeri punggung, bahu, dan kepala. Lantas bagaimana menyiasatinya?

  1. Jangan Mengenakan Tas Terlalu Berat

American Chiropractic Association menyarankan bahwa sebaiknya kita mengenakan tas yang beratnya kurang dari 10% berat badan. Karena, lebih dari itu, berisiko cedera bahu dan punggung. Bahkan, Karen Erickson, DC, chiropractor di New York menyatakan bahwa banyak pasiennya mengalami migrain akibat menggunakan tas yang terlalu berat. Hal ini terjadi karena tas yang terlalu berat dapat menekan otot trapezius di bahu sehingga terjadi ketegangan otot dan menyebabkan sakit kepala. Apakah kamu pernah mengalaminya?

bahaya, tas, berat. tips. purse, heavy, back, pain
credit pic: prevention.com
  1. Jangan Bebankan pada Satu Bahu

Jika kamu suka menggunakan tas slempang, maka berusalah untuk mengganti posisi tas saat digunakan. Berselang bebankan ke bahu kanan dan kiri. Jika beban dirasa terlalu berat, maka pilihlah tas punggung sehingga dapat ditopang dengan kedua bahu.

tas, tenun, koran, kelapa, hitam, newspaper, waterproof, bag, purse, coconut, unik, unique, etnik, ethnic
Tas Tenun Koran Kombinasi Kulit Oscar, Etnik, Unik, & Waterproof
  1. Gunakan Tas Lebih dari Satu

Seperti dijelaskan di atas bahwa usahakan berat tas yang kita kenakan kurang dari 10% berat badan, maka jika diharuskan membawa beban lebih dari itu, ada baiknya kita membagi dalam beberapa tas. Jadi, beban tidak terpusat hanya pada bahu. Gunakan tas jinjing misalnya untuk membawa beberapa bawaan Anda.

tas, tenun, koran, kelapa, hitam, newspaper, waterproof, bag, purse, coconut, unik, unique, etnik, ethnic
Tas Tenun Koran Etnik, Unik, & Waterproof
  1. Pilih Tali Tas yang Sesuai dengan Kebutuhan

Beberapa dari kita, khususnya wanita, senang mengenakan tas dengan tali tipis dan terbuat dari logam. Tidak masalah jika beban yang kita bawa terhitung ringan. Mungkin hanya beberapa lembar uang, kartu-kartu penting, dan handphone. Namun, jika kita membawa beban yang cukup berat, maka ada baiknya pilih tali tas yang agak lebar. Tali yang terlalu tipis akan menyebabkan sakitnya otot bahu, dan tali tas dari logam akan memperburuk rasa sakitnya. Tali yang lebar dapat membantu mendistribusikan beban tas.

tas, tenun, koran, kelapa, hitam, newspaper, waterproof, bag, purse, coconut, unik, unique, etnik, ethnic
Tas Tenun Koran Kombinasi Kulit Oscar Etnik, Unik, & Waterproof
  1. Sesuaikan dengan Tinggi Badan

Tips ini cocok diterapkan bagi mereka yang lebih menyukai mengenakan tas punggung. Misalnya, untuk beberapa orang yang kesehariannya memang diharuskan membawa barang bawaan yang banyak dan berat seperti laptop, buku catatan, dompet, alat tulis, payung, dan sebagainya. Maka, pastikan memilih tas punggung yang sesuai dengan tinggi badan kita. Pastikan tas tidak menggantung terlalu rendah di punggung dan berada tepat di pinggang, bukan di bawah pinggang.

cara, memakai, tas, ransel, backpack