Agar Kaktus Cepat Berbunga

Makaramers, suka kesel ga sih, karena kaktus yang sudah kita rawat lama banget tapi ga berbunga? Sebenarnya, di negara asalnya, kaktus mudah sekali berbunga. Hal ini karena adanya suhu ekstrim di negara sub-tropis, yaitu negara 4 musim.

Saat musim dingin, kaktus berdormansi atau menghentikan proses pertumbuhannya. Nah, pada musim semi, secara serempak, kaktus akan berbunga. Pantas saja nih ya, makarame lihat di sosial media pada pamer kaktusnya yang sedang berbunga. Apalagi, saat nonton film korea, kebetulan salah dua aktor utamanya suka kaktus. Dan, sering banget saling kirim gambar kaktus berbunga. Owh… so sweet…

Eits, kembali ke topik utama ya! Hehe

Jadi, untuk membuat kaktus berbunga, diperlukan rangsangan khusus nih, makaramers!

  • Membuat Lingkungan yang Sesuai

Berikan cuaca ekstrim pada kaktus. Caranya, pada malam hari, tempatkan kaktus di suhu udara yang rendah/dingin, misalnya kamar mandi. Lalu, pada siang hari, letakkan kaktus di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

  • Diberikan Pupuk Perangsang atau Zat Pengatur Tumbuh

Zat pengatur tumbuh yang dapat digunakan adalah jenis Gibberellin (GA3) & pupuk yang digunakan adalah pupuk yang mengandung fosfor tinggi, seperti Vitabloom, Pokon, dan Hyponex. Semprotkan cairan pupuk sesuai dengan dosis yang tertera menggunakan handsprayer.

  • Menciptakan Dormansi Buatan

Cara ini sebenarnya agak ekstrim sih, makaramers. Kalau tidak tega, mungkin bisa dimodifikasi ya. Xixi… Jadi, caranya adalah dengan tidak menyiram kaktus pada musim hujan, yaitu selama bulan Desember hingga Januari agar bunga mengalami dormansi. Batang kaktus akan menjadi kisut. Namun, pada bulan ketiga atau bulan Maret, kaktus disiram secara normal. Dengan demikian, kaktus akan berbunga pada bulan April.

Gimana makaramers? Mudah kan sebenarnya? Tapi memang butuh kesabaran. Selama 4 bulan kita harus menanti tumbuhnya bunga kaktus yang rapuh tapi cantik banget!

IMG00813-20130927-1425

Sumber