Bunda, Perhatikan Hal ini Saat Ingin Membeli Sepeda Anak

Hai, Bunda. Semakin bertambahnya usia anak, semakin aktif juga mereka. Jika ditanya hal apa yang paling disenangi anak, pasti mereka akan menjawab bersepeda. Selain seru, bersepeda juga menyehatkan.

Semakin modern-nya teknologi, kini produsen sepeda banyak menghasilkan produk yang beraneka ragam. Mulai dari bentuk, warna, ukuran, dan sebagainya. Ada yang besar dan ada yang kecil. Ada yang cocok untuk anak, dan ada juga yang tidak. Maka dari itu, Anda harus mengerti sepeda yang aman untuk anak.

Berikut adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam membeli sepeda anak.

1. Ukuran sepeda

Hal yang paling penting dan perlu diperhatikan dalam memilih sepeda adalah ukurannya. Ukuran sepeda sekarang bervariasi. Setiap orang tua harus menyesuaikan postur anaknya agar dapat nyaman duduk diatas sepeda. Sepeda juga harus disesuaikan dengan tinggi anak Anda. Hal ini harus diperhatikan agar nanti anak tidak terjatuh saat mengendarai sepeda.

2  Rem

Pastikan rem sepeda anak Anda berfungsi dengan baik. Cek rem sepeda anak dengan cara menekan rem saat sedang berjalan. Jika berhenti dan mengeluarkan bunyi, maka remnya berfungsi dengan baik. Apabila rem tidak pakem, maka akan sangat berbahaya bagi anak Anda. Apalagi jika anak Anda aktif.

3. Stang

Pastikan posisi stang sepeda anak tepat. Karena stang dapat memengaruhi kenyamanan saat bersepeda. Pilihlah sepeda dengan stang yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh sehingga sulit diraih. Posisi stang yang terlalu jauh juga akan berbahaya bagi tulang anak Anda.

sumber: MatahariMall.com

4. Pemilihan velg yang tepat

Pertama adalah memilih bahan velg. Velg yang baik adalah yang terbuat dari bahan logam campuran dan alumunium. Bahan ini lebih mudah di cengkram rem. Setelah itu kita bisa memilih ukuran velg yang tepat untuk sepeda anak Anda. Nah, ukuran velg yang tepat dan dapat disesuaikan dengan usia anak, antara lain:

  • Sepeda roda tiga untuk usia anak 1 sampai 3 tahun.
  • Velg 12 inchi atau 30 cm untuk usia anak 2 sampai 4 tahun.
  • Velg 16 inchi atau 40 cm untuk usia anak 4 sampai 7 tahun.

Velg harus dipilih dengan tepat dan cermat untuk kenyamanan anak Anda saat bersepeda.

5. Pelindung rantai

Sepeda yang aman harus memiliki pelindung rantai agar celana atau kaki anak Anda tidak tersangkut saat mengayuh sepeda. Pelindung ini juga berfungsi agar celana anak Anda tidak kotor. Apabila rantai sepeda tidak memiliki pelindung, maka akan membahayakan anak Anda. Rantai yang terbuka akan membuat kaki anak Anda terluka akibat gesekan.

6. Rangka sepeda

Rangka sepeda adalah hal penting. Rangka sepeda yang harus Anda pilih adalah yang kuat dan memiliki desain yang lurus dari depan sampai belakang. Jika ban depan dan belakang sepeda lurus, maka sepeda itu layak dibeli.

7. Roda tambahan

Roda tambahan juga penting apabila anak Anda belum berani mengendarai roda dua. Pemilihan roda tambahan juga harus tepat. Salah satunya adalah tidak mudah patah dan mudah di bongkar pasang. Jadi, jika anak Anda sudah berani, Anda bisa melepas roda tambahan itu.

Nah, Bunda demikianlah beberapa tips memilih sepeda anak agar mereka merasa nyaman dan aman saat mengendarai sepeda. Selain tips di atas, Bunda juga harus memperhatikan merk sepeda dan tempat membeli sepedanya. Beli lah sepeda dengan merk yang sudah terkenal karena tentu sudah terbukti kualitasnya. Untuk tempat membeli, sebaiknya Bunda memilih toko sepeda yang terpercaya atau jika ingin membeli online, beli lah di toko online yang sudah terpercaya seperti MatahariMall.com yang menyediakan berbagai macam sepeda anak dengan berbagai merk.

Semoga tips yang kami berikan bermanfaat ya, Bunda.  Happy Shopping!