Cara Memberi Pupuk pada Hidrogel

Hidrogel memang sudah tidak asing lagi bagi pecinta tanaman hias. Warna yang cantik dan juga kebersihannya, membuat hidrogel banyak dicintai oleh pecinta indoor gardening. Makarame pun terjangkit sama virus hidrogel ini nih, Dear!

Tapi, bagaimana sih sebenarnya cara memberi pupuk ke hidrogel agar tanaman tetap tumbuh subur? Berikut beberapa langkah yang biasa makarame lakukan!

  1. Aplikasi Hydrogel:
  • Air yang akan digunakan untuk merendam hidrogel sebaiknya dicampur dengan pupuk daun dan hormon pertumbuhan akar yangberbentuk bubuk atau cair sehingga dapat dilarutkan dengan air  ( contoh : pupuk daun Gandasil D, hormon pertumbuhan akar Root – Up ). Dosis penggunaan pupuk dan hormon pertumbuhan akar mengikuti dosis yg tertera pada masing – masing anjuran pemakaian, lalu disesuaikan dengan takaran penggunaan hidrogel.
  • Satu bungkus Hydrogel (5 gr) direndam dalam air sebanyak 1 liter air yang sudah dicampur dengan pupuk (kalau makarame menggunakan pupuk organik bio instant 1 gram)
  • Biarkan hydrogel selama 4 – 6 jam.
  • Butir hydrogel yang sudah jadi ditiriskan selama 1- 2 jam hingga semua kandungan airnya benar – benar tiris.
  • Hydrogel siap dipindahkan kedalam gelas bening, botol selai, pot kaca atau vas bunga transparan (bawahnya tidak berlubang) atau sebagai campuran media tanam.

2. Apa yang harus dilakukan kalau hydrogel mulai menyusut ? 

Rendam kembali hidrogel, lakukan seperti cara no.1

  1. Kalau hydrogel kotor terkena debu atau kotoran lainnya, apakah bisa dibersihkan ?

Rendam  dengan air hangat kuku selama sekitar 30 menit lalu tiriskan sekitar 1 jam agar hidrogel benar – benar tiris sehingga ketika hidrogel dimasukan kedalam vas kaca tidak ada genangan air.

 

sekulen, mawar, hitam, hidrogel, makarame

BAGAIMANA CARA PEMINDAHAN TANAMAN DARI POT/POLYBAG..!!?? 

Persiapan pemindahan tanaman sebaiknya dilakukan setelah membuat media hidrogel yang telah siap.

  1. Siramlah dahulu pot/polybag tanaman sehingga tanaman mudah dicabut.
  2. Angkatlah tanaman dari pot/polybag secara hati-hati supaya tidak banyak akar yang rusak.
  3. Rendam tanaman dalam air selama lebih dari 30 menit supaya tanah mudah dibersihkan.
  4. Cucilah semua bagian tanaman tersebut dengan air bersih sampai seluruh daun, batang dan perakaranya bersih, perakaran yang terlalu panjang dapat dipotong.
  5. Setelah diadaptasikan, periksa akar yang rusak, patah atau membusuk, akar yang demikian di buang lalu di cuci lagi.
  6. Tanaman harus benar benar bersih dari tanah karena tanah dapat merusak hidrogel, juga tanah dapat membuat hydrogel ditumbuhi lumut.
  7. Tanaman siap dimasukkan kedalam vas kaca transparan berisikan hydrogel, pertama-tama masukan hydrogel sebagian (1/3 volume vas) kemudian masukan tanaman lalu masukan hydrogel hingga sampai semua akar tertutup dan vas kaca terisi penuh, vas yang telah jadi siap untuk dijadikan hiasan dan ditempatkan sesuai dengan keinginan anda.

 

sekulen, aloe, vera, lidah, buaya, hidrogel, makarame

PERAWATAN TANAMAN HIAS INDOOR HIDROGEL SEPERTI APA….??

  1. Apabila tanaman kotor, bersihkanlah dengan tissue basah atau lap bersih hingga mengkilap. (sebaiknya dilakukan 4 hari sekali).
  2. Apabila setelah ± 1 atau 2 bulan hydrogel terlihat menyusut, keluarkan tanaman & hydrogel dari vas kemudian rendam hydrogel hingga mengembang ( lakukukan seperti langkah aplikasi hidrogel ) kemudian tiriskan dan masukkan kembali hydrogel lalu tanaman kedalam vas.
  3. Jika tanaman menguning, kemungkinan pertama tanaman kekurangan unsur hara. Daun tanaman yang menguning sebaiknya dipotong/digunting. Kemudian diatasi dengan pemberian pupuk daun (hyponex, gandasil D, Forest, dll) dilakukan dengan cara menyemprot daun  menggunakan hand sprayer. Pupuk dapat dibeli di toko-toko pertanian. Kemungkinan kedua, tanaman kurang mendapat cahaya matahari. Penaggulangannya, vas berisi hydrogel dilapisi dengan lapisan gelap (tak tembus cahaya) misalnya polybag, karton hitam, kain, dll sampai yang terlihat hanya tanamannya saja. Kemudian letakkan di tempat  yang terkena sinar matahari pagi.  (sebaiknya langkah ini dilakukan 1-2 minggu sekali atau sebulan sekali).
  4. Bila tanaman telah besar pindahkan tanaman ke tanah /pot yang lebih besar.

 

hidrogel, bulat

UNTUK KREASI PAJANGAN DALAM RUANGAN, TANAMAN HIAS SEPERTI APA SAJA YANG BISA DITANAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HIDROGEL,,,,…???

Tidak semua tanaman dapat tumbuh dengan baik menggunakan media hydrogel. Hydrogel juga bisa ditanami sayuran seperti selada, bayam kangkung dan caisim. Tanaman tersebut ditumbuhkan dahulu di arang sekam sampai berumur sebulan sebelum dipindah ke dalam hydrogel.

Umumnya tanaman hias yang bisa ditanam menggunakan media hydrogel mempunyai karakteristik :

  • tahan genangan (kadar air berlebih)
  • tahan kelembaban tinggi
  • tanaman indoor (yang dapat hidup dengan cahaya pantulan atau cahaya tidak langsung)
  • umumnya tidak berbunga & tidak berbuah
  • serta berbatang keras/tidak berkayu.

Contohnya : Aglaonema sp. (Srikit), Scindapsus sp. (sirih hias), Cripthantus sp. (nenas-nenasan, Dracaena sp. (bambu emerald), Pilea cadieri (daun mutiara), Cyperus sp. (rumput payung/air), Anthurium sp (misal kuping gajah), Sanseviera (lidah mertua ) Srikit beras tumpah, Philo lemon, dll.

Meskipun hydrogel ini mempunyai kandungan air cukup tinggi tapi tidak semua tanaman air bisa tumbuh baik di media hydrogel misalnya teratai dan enceng gondok. Teratai dan enceng gondok tidak bisa tumbuh dengan baik di media hydrogel karena tanaman ini membutuhkan suplly air yang sangat tinggi dan sinar matahari langsung.

kaktus, mini, hidrogel, makarame, sekulen

 

 

 

 

Sumber : Ide Hidrogel