Cara Menyambung Kaktus

Melihat kaktus mini yang lucu-lucu, siapa pun yang melihatnya pasti akan jatuh cinta. Yup! Apalagi untuk jaman sekarang ini yang kebanyakan dari kita tidak memiliki lahan yang luas untuk bercocok tanam tetapi masih ingin melihat hijau-hijau di rumah. Kaktus merupakan salah satu pilihan yang tepat. Apalagi, kaktus juga baik untuk membersihkan udara dari polusi dan gelombang elektromagnetik!

Lantas, bagaimana sih ya, cara menyambung kaktus yang lucu-lucu itu? Salah satunya dengan teknik Grafting atau Teknik Menempel, yaitu upaya menyambung dua tanaman menjadi satu. Selain dari sisi estetika, ternyata teknik menempel ini dilakukan karena kaktus yang ditempel akan lebih cepat tumbuh bila dibandingkan dengan kaktus yang ditanam langsung di tanah.

Langkah-langkah melakukan grafting adalah sebagai berikut: 

1. Menyiapkan Peralatan

grafting01Peralatan yang digunakan antara lain : alkohol 70% untuk mensterilkan pisau, karet gelang, pinset untuk memegang Scion, kuas untuk membersihkan Stam dari debu dan kotoran lain, serta pisau untuk memotong Scion dan Stam.

Stam atau Stock adalah istilah yang diberikan kepada kaktus yang berada di bagian bawah. Fungsinya adalah untuk menyerap air dan unsur hara dengan menggunakan akarnya, kemudian menyalurkan zat-zat tersebut ke kaktus di atasnya. Semua jenis kaktus dapat digunakan sebagai Stam namun biasanya kami menggunakan kaktus jenis Hylocereus undatus. Kaktus ini umum ada di pasaran, dan dapat diperoleh di nursery-nursery terdekat.

Scion adalah istilah untuk kaktus yang berada di bagian atas. Kaktus apapun dapat digunakan sebagai Scion, tergantung selera anda.

2. Mensterilkan Pisau
grafting02Proses grafting kita mulai dengan mesterilkan pisau dengan alkohol 70%. tujuannya tentu saja untuk membunuh kuman-kuman penyebab busuk

3. Membersihkan Stam
grafting03Dengan menggunakan kuas, bersihkan Stam dari debu dan kotoran lain.

4. Memotong Stam secara Melintang
grafting04setelah itu, potong Stam secara melintang dengan menggunakan pisau yang telah disterilkan. Kita dapat menggunakan sebilah papan triplek sebagai alat bantu untuk mendapatkan hasil potongan yang lebih rapi dan seragam

5. Memotong Pinggiran Stam secara Diagonal

grafting05Kemudian, potong diagonal pinggiran Stam.

6. Memotong Kaktus secara Melintang

grafting06Setelah itu, potong Scion yang akan ditempel pada Stam. juga secara melintang.

7. menempelkan Scion pada Stam dan Memasang Karet

grafting07Scion yang telah dipotong melintang kemudian ditempelkan pada Stam. yang patut diperhatikan dalam tahap ini adalah : pastikan titik tumbuh yang terdapat pada Scion bertemu dengan titik tumbuh pada Stam. dengan demikian makanan dan zat zat lain dapat disalurkan dari Stam kepada Scion.

Kemudian pasang tali karet. Tujuannya adalah agar Scion dapat menempel erat pada Stam dan proses distribusi makanan dapat berlangsung. bila terdapat rongga antara keduanya maka Scion akan mati karena tidak memperoleh suplai makanan dan air.

8. Menempatkan Kaktus pada Krat
grafting08Langkah terakhir adalah menempatkan kaktus yang telah diberi karet ke dalam krat. Kemudian tempatkan kaktus pada tempat yang gelap agar pertumbuhannya terpacu. Setelah kurang lebih 2 minggu, karet gelang dapat dilepas, dan kaktus dapat ditempatkan pada tempat yang terkena cahaya matahari.

Bagaimana makaramers? Mudah bukan? Bisa dicoba di rumah nih ya! Atau mau beli yang sudah jadi? Bisa lho ke MAKARAME SHOP…!!!

Voila! Beginilah jadinya salah satunya. Cantik kan?

kaktus, makarame, murah, unik, lucu, warna, merah

Sumber artikel dan foto : Langkah-langkah Melakukan Grafting (Menyambung)

Views: (769)