Dompet Dhuafa Jawa Tengah Meluncurkan KalkulatorZakat.com untuk Memudahkan Masyarakat Berzakat

Bagi sebagian orang mungkin masih bingung bagaimana menghitung zakat yang sebaiknya dikeluarkan untuk menyucikan hartanya. Atau mungkin Anda salah satunya? Kini, kita tidak perlu bingung-bingung lagi karena sudah ada aplikasi web KalkulatorZakat.com yang akan membantu memudahkan kita dalam menghitung maupun membayar zakat kita. Landing page gagasan dari Dompet Dhuafa ini resmi diluncurkan pada hari Jumat, 10 Maret 2017 lalu di Semarang. Sekarang, menghitung dan membayar zakat semudah memberikan menjentikan jari.

kalkulator, zakat, com, dompet, dhuafa, jawa, tengah

Melalui aplikasi web KalkulatorZakat.com yang dikembangkan oleh ceppat.com ini, kita dapat menghitung zakat penghasilan dan zakat simpanan kita sekaligus melakukan pembayaran. Berikut langkah-langkah mudah dalam menghitung dan membayar zakat melalui situs KalkulatorZakat.com.

1. Mengisi Kolom yang Sudah Disediakan

kalkulator, zakat, com, dompet, dhuafa, jawa, tengah

Perhatikan dengan seksama untuk kolom yang dibingkai merah. Mengapa? Karena seringkali kita terjebak akan hutang yang membuat kita salah menghitung nisab. Hutang cicilan di sini adalah hutang untuk kebutuhan pokok berupa sandang, pangan, papan, dan kendaraan untuk bekerja. Bukan cicilan hutang untuk gaya hidup.

Ada juga pertanyaan mengenai biaya sekolah anak, apakah termasuk cicilan? BUKAN! Biaya sekolah anak merupakan biaya yang dikeluarkan setelah penyucian harta (setelah membayar zakat), sehingga semoga sekolah anak pun menjadi berkah. Aamiin

2. Isi Data Donatur

Setelah semua kolom terisi dan masuk nisab, tekan tombol Bayar Zakat dan akan keluar kolom donatur seperti di bawah ini:

kalkulator, zakat, com, dompet, dhuafa, jawa, tengah

Setelah semua kolom terisi, tekan tombol Zakat Sekarang dan akan muncul nota donasi yang juga akan dikirim melalui email kita.

kalkulator, zakat, com, dompet, dhuafa, jawa, tengah
Tampilan Email Notifikasi Donasi

3. Lakukan Pembayaran dan Konfirmasi Melalui Email/SMS

Langkah selanjutnya adalah dengan mentransfer zakat melalui rekening yang sudah disediakan dan melakukan konfirmasi pembayaran melalui email atau sms. Mudah bukan?

Langkah pembayaran zakat simpanan pun demikian mudah. Sama dengan langkah-langkah di atas. Hanya dengan mengisi kolom Zakat Simpanan, klik tombol Bayar Zakat, isi data donatur, transfer, dan lakukan konfirmasi. Semua bisa dilakukan di rumah maupun di kantor. Setiap bulan kita juga akan mendapatkan notifikasi pengingat akan zakat kita lho! Jadi, bisa meminimalisasi kelalaian kita untuk bayar zakat.

kalkulator, zakat, com, dompet, dhuafa, jawa, tengah

Untuk Siapa Zakat Kita?

Membayar zakat sebaiknya memang disalurkan kepada lembaga yang kredibel agar tersalurkan tepat sasaran. Seperti yang kita ketahui, terdapat 8 golongan yang berhak mendapatkan zakat (mustahiq), yaitu Fakir, Miskin, Amil (Pengurus/Lembaga Zakat), Muallaf, Budak, Orang yang berhutang, Orang yang berjuang di jalan Allah, dan Orang yang sedang dalam perjalanan. Sebaran manfaat program Dompet Dhuafa Jawa Tengah (Jateng) 2016 sendiri telah tersebar lebih dari 20.000 penerima manfaat, yaitu 4.508 Penerima Manfaat dalam Bidang Pendidikan, 7.350 Penerima Manfaat dalam Bidang Ekonomi, 2.319 Penerima Manfaat dalam Bidang Kemanusiaan, dan 9.362 Penerima Manfaat dalam Bidang Sosial & Pendidikan.

Saya pribadi terkesan akan Program Ekonomi DD Jateng, yaitu program untuk memandirikan para dhuafa yang memiliki jiwa entrepreneurship (kewirusahaan). Saya menjadi teringat akan program Rasulullah SAW terhadap kaum Anshar dan Muhajirin pada masa hijrah di Madinah. Dimana setiap kaum Anshar dipersaudarakan dengan kaum Muhajirin untuk dimandirikan. Dibantu untuk memulai usaha sesuai dengan kemampuan masing-masing hingga kaum Muhajirin bisa menjadi mandiri dan kemudian memandirikan kaum lainnya. Begitu pula program DD Jateng Bidang Ekonomi ini, dimana kaum dhuafa dimandirikan dengan harapan suatu ketika bisa menjadi kaum yang sukses dan berubah dari mustahiq (penerima zakat) menjadi muzakki (pemberi zakat). Aamiin

kalkulator, zakat, com, dompet, dhuafa, jawa, tengah
Keripik Pisang dan Kopi Robusta Kemloko Binaan DD Jateng

One Month One Care

Selain launching KalkulatorZakat.com, DD Jateng juga memperkenalkan program barunya yaitu Gerakan One Month One Care “Satu Kepedulian Sejuta Manfaat.” Gerakan ini merupakan gerakan yang menyeru untuk kita berdonasi setiap bulan minimal satu kali sebagai bentuk kepedulian bagi sesama. Gerakan ini bisa dilakukan sukarela oleh individu, komunitas, kelembagaan, maupun korporat. Nantinya, dana yang terhimpun akan disalurkan melalui program DD Jateng dalam bidang sosial kemanusiaan, ekonomi, pendidikan, maupun kesehatan. Beberapa komunitas yang telah bergabung dalam Gerakan One Month One Care ini antara lain KOJEK Semarang, Komunitas Mahasiswa Berbagi, 1000 Guru Semarang, Clean Your Shoes, Semarang Runners, dan Ustadzah Umami. Apakah Anda berminat dan ingin bergabung? Bisa langsung klik http://bit.ly/1month1care!

Views: (138)