Mainan Anak Edukatif untuk Perkembangan Anak 1 Tahun Pertama

Kehidupan anak-anak tidak lepas dari mainan karena dengan mainan, anak-anak akan belajar terutama untuk anak usia 1 tahun pertama. Walaupun anak masih belum dapat melakukan banyak hal di satu tahun pertama, akan tetapi, dengan bermain menggunakan mainan anak yang sesuai dengan usia dan bebas dari bahan yang dapat membahayakan, buah hati Anda dapat melatih otak dan perkembangan anak.

Untuk anak usia 0-3 bulan, aktivitas yang baru dikuasai oleh bayi adalah melihat, mengamati, dan menoleh karena kekuatan tubuh anak masih terbatas dan hanya mengandalkan penglihatan dan pendengaran yang masih dalam tahap awal. Beberapa mainan yang dapat Anda gunakan adalah rattle yang merupakan mainan dengan kerincingan atau bunyi sehingga anak Anda akan menoleh untuk mencari sumber suara.

Mainan, Anak, Edukatif, untuk, Perkembangan, Anak, 1, Tahun, Pertama, rattle
sumber gambar

Untuk anak usia 4-6 bulan, anak Anda akan semakin lincah sehingga selain bermain cilukba dan rattle untuk mengasah sensitivitas anak mengenali sumber suara dan meniru mimik muka Anda, Anda dapat bermain dengan anak dengan mainan anak berikut ini:

  • Gebuk drum atau melakukan tepuk di kasur atau di benda lainnya. Tidak hanya dapat digunakan untuk melatih sensoritas dan sensitivitas anak, namun juga dapat melatih kerjasama antara pikiran dan alat gerak tubuh.
  • Bermain bola dengan saling tangkap dan gelinding. Pilih bola yang bertekstur halus dan besar yang kira-kira tidak akan termakan oleh anak, karena pada usia ini, anak sudah aktif untuk memasukkan apapun yang dia pegang.
  • Telepon mainan sehingga anak Anda akan menirukan Anda untuk melakukan gerakan memencet tombol dan membantu koordinasi motorik.
Mainan, Anak, Edukatif, untuk, Perkembangan, Anak, 1, Tahun, Pertama, cute, baby, ball
sumber gambar

Usia 7-9 bulan dapat melakukan permainan seperti pada usia 4-6 tahun dengan permainan yang lebih rumit atau lebih kompleks misalnya untuk bermain gebuk drum, Anda dapat memberi buah hati Anda tongkat kecil untuk memberikan pukulan pada drum kecil yang Anda berikan atau dengan menggunakan ember. Walaupun irama masih seenaknya dan tanpa tujuan, namun permainan tersebut dapat dipergunakan untuk membantu perkembangan motorik anak.

Mainan, Anak, Edukatif, untuk, Perkembangan, Anak, 1, Tahun, Pertama, drum, baby
sumber gambar

Untuk anak usia 10-12 tahun, anak sudah dapat menguasai sedikit keahlian misalnya merangkak. Mainan anak yang Anda berikan juga dapat berupa mainan anak edukasi bahan kayu selain bola atau truk yang dapat didorong. Mainan edukasi tersebut diantaranya yaitu:

  • Buku dengan banyak gambar atau buku pop up untuk melatih anak mengenal benda, warna dan bentuk yang ada di sekitarnya.
  • Bermain balok untuk melatih tingkat motorik. Pastikan jika balok tersebut aman dan biarkan anak bermain seperti keinginannya misalnya menumpuknya lalu merobohkannya.
  • Puzzle sederhana misalnya bentuk puzzle dari spons yang aman dan tidak melukai anak dengan bentuk hewan atau buah untuk membantu anak melatih perkembangan motorik dan koordinasi antara otak, tangan dan mata.
Mainan, Anak, Edukatif, untuk, Perkembangan, Anak, 1, Tahun, Pertama
sumber gambar

 

Sumber featured image

error: Content is protected !!