Mana yang Lebih Baik, Sarapan atau Olahraga Dulu?

Mungkin banyak di antara kita yang masih ragu-ragu mana yang lebih baik, sarapan atau olahraga dulu? Ternyata, menurut Prof Hardinsyah, Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB dan Rektor USAHID, keduanya sama baiknya, namun hal ini ada aturannya. Tergantung kondisi tubuh, jenis, intensitas, dan tujuan olahraga. Berikut beberapa kondisi yang sebaiknya diperhatikan sebelum memutuskan sarapan atau olahraga dulu:

1. Bila tubuh Anda langsing atau ideal sebaiknya sarapan dulu sedikit dan minum air putih. Kenapa begitu? Supaya saat Anda olahraga tubuh menggunakan energi dari karbohidrat tersebut, tidak menguras energi cadangan dan lemak tubuh Anda, sehingga Anda tidak tambah ceking dan tubuh terasa nyaman. Lanjutkan sarapan setelah olahraga.

 

2. Bila anda gemuk dan melakukan olahraga yang ditujukan untuk mengurangi berat badan, maka sebaiknya Anda tidak sarapan sebelum olahraga pagi, cukup minum air putih saja. Sarapanlah setelah olahraga. Simpanan kelebihan lemak akan dipecah untuk menghasilkan energi saat olahraga pagi dalam kondisi tubuh tidak makan pagi. Pemecahan lemak tubuh akan lebih optimal bila olahraga yang dilakukan dengan intensitas sedang dan tinggi disertai minum air putih yang cukup sebelum olahraga.

 

3. Bila Anda mengalami diabetes atau gejala diabetes ada baiknya sarapan dulu sekedarnya sebelum melakukan olahraga.

 

4.Bila Anda menghadapi latihan olahraga atau pertandingan olahraga dengan intensitas sedang atau tinggi maka sarapanlah sebelum latihan atau sebelum bertanding.

 

Jadi, sarapan dapat dilakukan sebelum atau setelah melakukan olahraga tergantung kondisi tubuh Anda, jenis, intensitas, dan tujuan olahraga. ingat, sarapan itu penting baik olah raga atau tidak olahraga di pagi hari.

 

sumber gambar: nutrition-sport-sante.fr

error: Content is protected !!