Manfaat Menakjubkan Olahraga Otak dengan Menulis Tangan

Seperti halnya tubuh yang perlu olahraga untuk menjaga kesehatan, otak pun juga harus berolahraga untuk mencegah kepikunan, meningkatkan kemampuan & kecerdasan otak, dan lain-lain. Terdapat beberapa olahraga otak yang bisa dipraktekan, salah satunya dengan menulis manual menggunakan tangan.

Meskipun alat tulis elektronik sudah merajalela dengan aneka bentuk dan aplikasinya, namun menulis menggunakan tangan tetap tak tergantikan. Dalam beberapa kesempatan seperti tanda tangan, belajar menulis anak-anak, membuat sketsa, seni doodle art, dan melukis misalnya, akan lebih baik dilakukan secara manual menggunakan tangan. Selain itu, bonusnya pun kita sekaligus bisa melakukan olahraga otak yang memiliki banyak manfaat.

1. Meningkatkan Konsentrasi

Menurut Lifehacker, otak memiliki sebuah sel yang bertanggung jawab dalam menyaring dan mengurutkan informasi-informasi yang masuk mulai dari yang paling penting sampai yang kurang penting. Hal ini berguna untuk membantu kita fokus/konsentrasi kepada hal apa saja yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Sel otak itu adalah Reticular Activating System (RAS) yang dapat diaktifkan dengan menulis manual menggunakan tangan.

Meningkatkan, konsentrasi, menulis, tangan, pulpen, bunga, flower, wedding, pen
Pulpen Bunga Makarame

Teori ini dibuktikan dalam sebuah penelitian pada tahun 2010 bahwa anak-anak yang ditugaskan untuk menuliskan kembali kata-kata memiliki konsentrasi lebih baik daripada anak-anak yang hanya membaca kata-kata yang sedang diajarkan.

2. Menyembuhkan Luka Mental

Penelitian para ilmuwan di salah satu Universitas di Selandia Baru menunjukkan bahwa menulis dengan tangan dapat menyembuhkan luka mental. Penelitian yang dilakukan selama 3 hari terhadap 2 kelompok, yaitu kelompok pertama diwajibkan mencurahkan segala isi hati terhadap peristiwa yang menyebabkan stress dengan menulis tangan, sedangkan kelompok kedua menulis meggunakan laptop.

Menyembuhkan, luka, mental, menulis, tangan, pulpen, bunga, flower, wedding, pen
Pulpen Bunga Makarame

Ternyata, setelah dilakukan tes psikologi, kelompok pertama memiliki perubahan ketenangan emosional yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kedua.

3. Mencegah Kepikunan

The Wall Street Journal memaparkan bahwa beberapa dokter menyatakan bahwa menulis dengan tangan yang mana menghubungkan kemampuan motorik, daya ingat, dan lainnya merupakan latihan kecerdasan yang baik untuk menjaga ingatan seiring bertambahnya usia.

Mencegah, kepikunan, menulis, tangan, manfaat, olahraga, otak, pulpen, bunga, flower, wedding, pen
Pulpen Bunga Makarame

Pada tahun 2008, Journal of Cognitive Neuroscience, menemukan bahwa bagi orang dewasa, akan lebih mudah untuk mempelajari karakter baru seperti tulisan kanji, simbol matematika, dan not balok jika menuliskan secara langsung menggunakan tangan daripada komputer.

Nah, itu beberapa manfaat menulis menggunakan tangan yang penulis ketahui. Mungkin sobat Ecoist tahu manfaat yang lain?

Btw, kapan terakhir kali sobat menulis menggunakan tangan?

error: Content is protected !!