Memilih Alat Masak yang Aman Dan Efektif

Dapur memang terbilang tempat yang penting dalam sebuah rumah karena dapur ini mempunyai peran yang penting sebagai tempat untuk memasak makanan. Namun, tahukah Anda bahwa dapur dapat juga menjadi tempat yang kurang aman dan membahayakan untuk Anda apabila Anda tidak menggunakannya dengan benar.

Karena pada dapur ini Anda akan melakukan menggoreng makanan atau merebus makanan sehingga Anda bisa dibilang setiap hari akan selalu bersentuhan dengan barang yang panas. Maka dari itu, Anda harus dapat memilih alat masak yang aman untuk Anda. Aman di sini adalah dalam artian alat masak tersebut dapat bekerja dengan bagus namun juga harus dapat menjaga keselamatan Anda. Tidaklah sulit untuk dapat menemukan alat yang Anda gunakan untuk masak dengan aman apabila Anda mau melakukannya. Sehingga tips untuk memilih ini akan bagus untuk Anda.

Tips ini akan membuat Anda lebih hati-hati dan cermat dalam memilih peralatan untuk memasak sehingga Anda tidak akan melukai tubuh Anda pada saat Anda kurang hati-hati dalam memasak masakan. Beberapa tips tersebut yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Memilih bahan besi atau baja untuk penggorengan

Anda sebaiknya memilih bahan penggorengan yang terbuat dari besi atau baja agar panas lebih mudah masuk ke dalam penggorengan tersebut.

  1. Memilih bahan plastik untuk pegangan

Namun untuk pegangan akan lebih baik jika Anda memilih yang terbuat dari bahan plastik. Dengan ini maka pegangan ini akan aman untuk Anda. Namun Anda juga harus memastikan bahwa pegangan tersebut harus terbuat dari plastik yang kualitasnya bagus sehingga tidak akan membuat tangan Anda panas apabila memegang pegangan tersebut.

patchwork, oven, mittens, jampel, kerajinan, kain, perca, makarame, anti, panas, sarung, tangan, lampin, lamping
Lampin/jampel kain untuk memegang alat masak yang panas

Namun apabila Anda masih ragu untuk memegang pegangan tersebut hanya dengan tangan Anda, maka akan lebih baik jika Anda memakai alat masak yang aman lainnya dalam bentuk kain. Kain ini dapat Anda gunakan sebagai pelindung tangan apabila sedang memegang penggorengan atau panci yang panas. Namun usahakan Anda memilih kain yang tebal dan tidak licin agar lebih memudahkan Anda dan tidak membahayakan Anda. Selain itu, Anda juga harus melakukan beberapa hal lainnya, yakni:

  1. Tidak menyentuh barang panas dengan lap basah.
  2. Tidak mengangkat panci atau wajan yang panas dan berat dengan satu tangan.

Pastikan Anda selalu menggunakan pelindung tangan pada saat menyentuh barang Anda yang panas. Namun Anda juga tidak boleh menyentuh barang yang panas dengan lap yang kondisinya basah karena hal ini akan membahayakan Anda. Dan selain Anda harus menggunakan alat masak yang aman, Anda juga tidak bisa mengangkat panci atau wajan yang panas dan berat hanya dengan satu tangan karena hal ini akan sangat membahayakan Anda.

error: Content is protected !!