Mengetahui Lebih Jauh Tentang Alergi Berbahaya Bagi Anak

Bagi sebagian orang tua dan kebanyakan masyarakat pada umumnya menganggap bahwa alergi hanyalah suatu gejala biasa yang bisa terjadi kepada siapa saja terutama anak kecil. Oleh karena jarang sekali para orang yang memperhatikan dengan serius bagaimana cara mengobati alergi pada anak anda. Hanya dengan memberikannya salep atau sekedar memberikan obat dari apotek atau warung saja dianggap sudah cukup. Padahal walaupun alergi tidak seganas penyakit jantung tetapi jika pada seseorang atau anak yang sudah akut dalam alerginya bisa menimbulkan hal yang berbahaya dan mengancam keselamatan jiwa anak.

Salah satu jenis alergi yang sering sekali muncul yaitu alergi pada makanan, seperti makanan seafood atau pun dari susu. Khusus untuk anak yang alergi susu, biasa mulai terjadi pada kisaran usia tiga tahunan hingga mencapai usia cukup besar sampai belasan tahun. Pada alergi susu ini bisa terjadi tidak hanya satu jenis susu saja misalnya susu sapi, karena anak yang memiliki alergi susu sapi, cenderung juga untuk alergi terhadap jenis susu yang lain misalnya susu kambing, domba, kerbau, dan juga bisa alergi terhadap susu dari nabati seperti kacang kedelai.

Jika ini terus terjadi dan dibiarkan maka akan mengganggu tumbuh kembang anak itu sendiri, apalagi dalam susu terkandung berbagai nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang. Sehingga, mengetahui cara mengobati alergi pada anak sangat penting untuk diketahui.

Hal yang sangat berbahaya terjadi pada anak yang alergi ini yaitu kasus anaphylaxis, adanya hal ini dapat menimbulkan reaksi yang berbahaya karena mengancam jiwa anak itu sendiri. Ini karena adanya anaphylaxis dapat berpengaruh terhadap jalan napas yang menyempit dan menyumbat. Seorang anak yang terjangkit dengan gejala ini dapat dilihat dari gejalanya seperti.

gejala, alergi, pada, anak, dan, bahayanya, anaphylaxis
Credit Pic: www.penyebab-penyakit.org
  1. Gatal-gatal pada kulit.
  2. Memiliki wajah yang berkeringat.
  3. Adanya kerusakan pada saluran pernapasan dengan membengkaknya tenggorokan sehingga sulit sekali dalam bernapas.
  4. Adanya penurunan tekanan darah yang tinggi.

Dengan memperhatikan gejala tersebut cara terbaik dalam mengobatinya yaitu dengan segera membawanya langsung ke dokter ahli agar segera mendapatkan perawatan yang maksimal dan bisa juga memberikan susu soya untuk anak yang terkena alergi susu sapi.