Mengubah Hobi Menjadi Passion Yang Menghasilkan

Berbicara tentang hobi, sebagian orang membutuhkan tabungan yang tidak sedikit untuk mewujudkannya. Tetapi, bagi sebagian orang, hobi justru menambah tabungan yang tidak sedikit pula.

Traveller Writer

Kamu hobi jalan-jalan? Jangan hanya kebanyakan selfie ya.. tapi, belajar juga mengambil momen yang seru untuk dibagikan ke khalayak ramai. Tak hanya pemandangannya saja kok, foto-foto kegiatan penduduk lokal juga bisa jadi cerita seru.

Kamu bisa berbagi kisahmu di segala media, mulai dari blog, instagram, facebook, twitter, path, dan lain-lain. Ada baiknya juga kamu berbagi mulai dari persiapan, itinerary, rekomendasi tempat makan di sana, sampai harga tiket perjalanan maupun tiket wisata.

Pokoknya, kemas semenarik mungkin. Siapa tahu ada pihak ketiga yang mau membiayai kamu jalan-jalan atau justru menerbitkan tulisanmu menjadi sebuah buku. Seru kan? Apalagi kalau sampai difilmkan. Bisa numpang tenar juga kan… Hehe

traveller, writer, pulpen, bunga, unik, lucu, makarame, hobi, passion, blogger
Penulis

Daripada puisi dan cerpenmu hanya menumpuk di buku diary, lebih baik kirimkan saja ke penerbit. Atau kamu bisa juga mengirimkannya ke majalah dan koran. Lumayan lho, sekali muat bisa ratusan ribu.

Blogger / Citizen Journalism

Saya pertama kali mengenal blog di sebuah majalah remaja. Lupa apa majalahnya. Ulasan di majalah itu sih, lebih ke transformasi menulis diary yang dulu hanya di buku, sekarang bisa melalui internet. Emm, karena saya tak ingin kisah saya dikonsumsi publik, dulu pertama kali ngeblog ya, masih seputar rangkuman pelajaran aja sih. Tujuannya masih sederhana. Biar catatan tidak hilang. Kalau dari blog kan enak, bisa search kata kunci, langsung deh dapat.

Semakin ke sini, ternyata tawaran blogpost berbayar semakin banyak. Mulai dari review produk, adsense, hingga lomba-lomba, banyak yang diadakan di blog. Saya pernah mendapatkan kamera, tas, baju, pulsa, dan uang dari ngeblog ini.

Tertarik untuk ngeblog Ecoist?

Crafter

Nah, awal mula saya suka nge-craft, itu sudah sejak dari SD. Saya dulu bikin map dari kardus bekas dan kertas kado, kemudian memaksa teman-teman SD untuk membelinya. Hahaha… *premanbanget

Salah satu yang sangat saya suka adalah saya membuat satu set kursi sofa untuk barbie-barbie saya dari kardus korek api. Tenang, kali ini saya tidak memaksa teman-teman saya untuk membelinya. Tapi, mengajak mereka bermain barbie di rumah saya. Bahkan saya menjahit sendiri baju-baju barbie saya dari perca penjahit sebelah. Maklum, dulu, baju barbie masih sangat mahal buat ukuran kami. Hehe

Sekarang, tidak menyangka kalau saya menekuni hobi craft saya dari barang bekas. Khususnya perca, kaleng bekas, pot bekas, dan sampah anorganik lainnya untuk dijadikan pulpen bunga hias. Saya menamainya D`EcoPen alias singkatan dari Decorative and Eco-Friendly Pen. Pulpen yang sekaligus dapat digunakan sebagai hiasan, pincushion, photo/card holder, dan lain sebagainya.

bolpen, pulpen, makarame, etsy, decorative, wedding, ballpoint, pen

handmade, etsy, indonesia, ballpoint, wedding, pen, decorative, makarame makarame, etsy, handmade, wedding, decorative, ballpoint, pulpen, pen, bolpen

Pulpen-pulpen lucu dan unik ini bisa juga lho digunakan sebagai pulpen cantik pada waktu tanda tangan buku nikah atau buku tamu. Jadi, lebih istimewa dong. Yuk, jadikan momen istimewamu yang hanya sekali seumur hidup ini jadi lebih berwarna! *numpangiklan

 

Atlit

Kamu suka olahraga? Berenang, berkuda, taekwondo, atau balapan seperti Rio Harianto yang akan berlaga di F1? Jadi, jangan cuma pinter balapan di jalanan ya! Bisa membahayakan orang yang lewat. Apalagi balapan liar, bisa-bisa malah nyawa kita melayang sia-sia. Karena safety riding pun arenanya tidak diperhatikan.

Dan lain-lain

Sebenarnya, apapun hobi kita kalau dikelola dengan baik, pasti bisa menghasilkan. Bahkan kawan saya yang hobinya memelihara burung, bisa menjadikan peliharaannya itu menghasilkan uang. Yaitu, mengikutkan lomba burung berkicau. Jadi, tidak ada salahnya kamu mulai menggali potensi hobimu menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan.

Kalau hobimu apa Ecoist?