Perbedaan Hari Bumi & Lingkungan Hidup Sedunia

Seperti halnya hati, bumi kita juga cuma satu. Maka harus dijaga dengan baik dan jangan disakiti. Andai semesta mulai rapuh dan tak mau lagi menerima kita, tamatlah riwayat kita. Karena tak ada lagi tempat untuk ditinggali. Meskipun banyak ilmuwan yang meneliti planet di galaksi bima sakti ini sebagai alternatif migrasi.

Berbagai upaya gerakan pecinta lingkungan dilakukan untuk mengingatkan masyarakat untuk menyayangi semesta lebih baik lagi. Pemadaman lampu serentak selama satu jam di seluruh dunia dilakukan tepat pada Hari Bumi Sedunia 22 April untuk mengingatkan kepada kita betapa pentingnya menghemat energi sebagai warisan anak cucu kita kelak. Tentu bukan hanya pada Hari Bumi Sedunia saja penghematan energi dilakukan. Pada saat kita tidur misalnya, memadamkan lampu bisa menghemat energi juga bukan?

Jika Hari Bumi Sedunia diperingati setiap tanggal 22 April, maka setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Tujuannya sama-sama untuk merangsang kepedulian masyarakat akan kesehatan bumi. Yang membedakan adalah latar belakang diprakarsainya kedua hari peringatan ini.

Hari Bumi Sedunia diprakarsai oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson, pada tahun 1970, seorang pengajar di bidang disiplin ilmu lingkungan hidup bersama dengan LSM dan organisasi pelestarian lingkungan hidup. Sedangkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diprakarsai oleh United State (PBB) pada saat Konferensi Lingkungan Hidup 5 Juni 1972 di Stockholm.

Mungkin seperti Miss Universe dan Miss World atau Puteri Indonesia dan Miss Indonesia gitu ya, Ecoist? Sama-sama kontes kecantikan tetapi berbeda pemarkasanya. Hehe

Nah, pada tahun 2016 ini, Makarame berkesempatan untuk mengikuti Pameran Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 3-4 Juni 2016 di Lapangan Bola (Bantaran Kaligarang), Ngemplak, Simongan, Semarang Barat.

Hari, lingkungan, hidup, bumi, sedunia, 22, april, 5, juni

Acara meliputi:

  1. Pameran Satwa dari Forum Komunikasi Kebun Binatang dan Aquria (FKKBA) JATENG-DIY
  2. Pameran Produk UMKM Ramah Lingkungan
  3. Pameran Teknologi Lingkungan

Yuk, kita meet up! Acara dimulai pukul 15.30-selesai. See you there, Ecoist!