Santapan Idul Adha di Berbagai Daerah di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat kaya akan keragaman kulinernya. Berbagai resep masakan dari berbagai daerah kerap disuguhkan pada saat acara-acara tertentu, termasuk pada saat hari raya Idul Adha yang sangat identik dengan penyembelihan hewan qurban. Tak heran banyak orang dan pihak yang jual hewan qurban murah, termasuk di Bukalapak yang menyediakan hewan qurban 2016 bersama ACT Global Qurban. Harga hewan qurban 2016 yang ditawarkan juga terjangkau dan bisa kamu cicil. Segera beli hewan qurban hanya di Bukalapak.com.

Berqurban merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh kaum muslim yang sudah mampu sebagai bagian dari ibadah wajib untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT serta saling berbagi terhadap sesama yang kurang beruntung. Pada hari raya ini juga, berbagai kuliner dari bahan dasar daging kambing dan juga sapi menjadi menu utama yang dihidangkan. Hidangan di berbagai daerah di Indonesia memiliki khasnya masing-masing seperti yang diulas berikut ini.

Credit pic: dedekedward1.blogspot.co.id
Credit pic: dedekedward1.blogspot.co.id

Hidangan Idul Adha di Sumatera Barat
Sajian di hari Idul Adha untuk masayarakat Sumatera Barat sangat identik dengan masakan yang pedas. Penggunaan berbagai jenis bumbu serta rempah-rempah merupakan salah satu khas sajian Sumatera Barat. Selain itu, penggunaan cabai dan sambal yang cukup banyak juga menjadikannya khas Sumatera yang memiliki mayoritas masakan pedas. Di momen seperti Idul Adha, masyarakat lokal banyak menyajikan makanan cincang kambing serta makanan lainnya yang berbahan dasar daging kambing.

Kari, kambing, aceh, hidangan, idul, adha
Kari Kambing Aceh
(Credit pic: wisatakuliner182.wordpress.com)

Hidangan Idul Adha di Aceh
Aceh yang merupakan propinsi paling barat di Indonesia memiliki beragam makanan khas yang memiliki cita rasa sangat lezat dan pas di lidah orang Indonesia. Kari kambing merupakan salah satu santapan khas Aceh yang hampir tak pernah absen dalam sajian di hari Idul Adha. Masakan dengan bahan dasar daging kambing serta kuah kari yang sangat terasa di lidah tak luput membuatnya sangat dirindukan. Penggunaan bumbu serta rempah-rempah lainnya dalam pembuatan kuah dan daging kambing menjadikan masakan ini menjadi masakan khas Aceh yang juga dikenal sebagai Serambi Mekah.

Rabeg, banten, idul, adha, kambing, sapi
Rabeg Banten
(Credit pic: vimela.com)

Hidangan Idul Adha di Banten
Santapan khas Idul Adha lainnya yang juga cukup terkenal berasal dari Banten, sebuah propinsi yang berbatasan langsung di selatan DKI Jakarta, Pulau Jawa. Salah satu masakannya yang terkenal adalah rabeg. Masakan ini terbilang unik karena tidak berbahan langsung dari daging kambing, melainkan dari jeroan dan isi perut kambing. Rabeg hampir selalu bisa kamu temukan di Banten, terutama pada saat hari raya Idul Adha yang merupakan momen dimana banyak sekali orang yang jual hewan qurban. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk menghasilkan rabeg yang nikmat diperlukan keahlian dan ketelitian dalam memasaknya. Karena jika tidak, kemungkinan rasa yang dihasilkan akan terasa kecut dan bau.

Balanga Gorontalo (Credit pic: vimela.com)
Balanga Gorontalo
(Credit pic: vimela.com)

Hidangan Idul Adha di Sulawesi
Beralih ke Indonesia bagian tengah, yakni di Sulawesi, juga terdapat masakan khas yang biasa disajikan pada saat hari raya Idul Adha. Di Gorontalo khususnya, terdapat masakan balanga yang merupakan kambing bakar yang mendapat inspirasi atau adaptasi dari masakan khas Arab. Balanga biasa disantap oleh masyarakat asli Gorontalo bersamaan dengan nasi kebuli yang merupakan salah satu sajian khas di hari Idul Adha. Proses pembuatan masakan ini menggunakan sebuah wadah yang dikenal dengan nama balanga oleh masyarakat sekitar sehingga menjadikan masakan ini dinamakan balanga.