Sehat & Bugar Kala Puasa

Alhamdulilah, sebentar lagi bulan Ramadhan ya, greeners. Selama kurang lebih 30 hari kita berpuasa. Meskipun begitu, bukan jadi alasan bagi kita untuk tidak produktif lho ya. Prof Hardinsyah, Guru Besar & Ahli Gizi IPB sudah memberikan 10 Tips Puasa Sehat dan 10 Tips Puasa Bugar untuk kita. Jadi, puasa kali ini harus lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya ya, greeners.

Agar kita mudah memahaminya, Prof Hardin membuat akronim dari masing-masing tips. Yuk, kita bahas sat per satu mulai dari P-U-A-S-A-S-E-H-A-T & P-U-A-S-A-B-U-G-A-R berikut ini!

10 Tips Puasa Sehat

Pahami kesehatan tubuh dan niat karena Allah

Sebelum puasa, periksalah kesehatan tubuh agar dapat meraih pahala & hikmahnya lebih dioptimalkan.

  • Periksa gigi, bersihkan karang gigi, tambal jika berlobang supaya aroma mulut tak sedap bisa diminimalkan saat puasa.
  • Timbang berat badan, periksa gula, kolesterol tekanan darah dan lain-lain, agar waspada milih makanan& minuman di bulan puasa
  • Bagi yang terbiasa terpapar tanah karena terkait jenis permainan, pekerjaan atau hobi sebaiknya minum obat cacing sebelum puasa

Utamakan makanan padat  gizi

Ingat ya, greeners, kerupuk dan permen bukan makan padat gizi dan justru merangsang rasa haus lho. Saat bulan puasa waktu makan terbatas, kapasitas perut untuk menerima makan juga terbatas. Sehingga makanan padat gizi penting saat sahur dan buka, tapi jangan berlebihan. Cara terbaik tetap makan makanan yang bergizi, beragam & berhentilah sebelum kenyang.

Aneka makanan dan minuman

Mengikuti prinsip gizi seimbang sesuai kondisi masing-masing. Praktek sederhananya yi: mengonsumsi makanan pokok, lauk/pauk, sayur, buah dan minuman secara seimbang. Seimbang artinya saat buka/sahur makan 1-2 porsi karbo, 1-2 porsi lauk/pauk, 1-2 porsi sayur, 1 porsi buah & 2 gls minuman.

Selalu segerakan berbuka dengan tertib

Maksudnya berbuka pd waktunya & lakukan perlahan agar organ cerna tak kaget.

Tertib berarti meluangkan waktu beberapa menit untuk bersyukur  & berdoa sebelum berbuka sehingga tak tergesa-gesa & terhindar dari cegukan. 5-10 menit sebelum berbuka kita sudah duduk manis di hadapan perbukaan, tuubuh rileks sambil bersyukur & berdoa.

Air penting bagi tubuh, minum yang cukup

Minumlah yang cukup pada waktu yang diperkenankan malam hari. Air putih adalah cara hidrasi terbaik. Ketika puasa lebih mudah menahan lapar dibanding menahan haus, apalagi pada anak sekolah
yang mulai belajar puasa. Minum yg cukup akan membantu melancarkan pencernaan, meminimalkan bau mulut & mengoptimalkan detoks ketika puasa.

Ada baiknya mimum 2 gelas saat berbuka puasa, 2 gls saat dinner & 2 gls saat sahur serta 2 gls pada kesempatan lainnya bagi dewasa.

puasa, sehat, bugar, ramadhan, tips, diet

Sahur diakhirkan jelang imsak

Gak sehat lho kalau sahurnya dipercepat jadi sebelum jam 12 sebelum tidur. Biasanya ini terjadi menjelang akhir-akhir puasa Ramdhan. Atau bahkan memasuki pertengahan bulan. Haiyo, siapa di antara greener yang begitu? Hehe

Sahur sehat itu bukan saja dari jenis & jumlah makanannya tapi juga dari waktu makannya. Bila makan sahur butuh 20 menit, maka bangunlah 40 menit sebelum imsak, sehingga sahur santai tidak tergesa-gesa. Upayakan awali dan akhiri sahur dengan minum. Minuman yg sehat tentunya.

Enyahkan rasa kantuk

Hindari sahur sambil ngantuk atau ngantuk sambil sahur. hehe

Makan sehat itu makanan yang disyukuri & dinikmati. Cara menghindari ngantuk ya cuci muka, berwudlu, gerakkan anggota tubuh, kalau perlu ikut bantu masak.

Hindari yang serba “terlalu”

Maksudnya hindari rasa dan suhu makanan & minuman yang terlalu tajam saat berbuka/sahur. Gak baik bg kesehatan tubuh apa lagi dikala bulan puasa bila makan terlalu pedes, terlalu asin, terlalu asem, dll. Begitu juga minuman. Hindari yg terlalu dingin, terlalu panas, terlalu manis, terlalu asem dll.

*Aduh, padahal makarame suka banget tuh es buah buat buka. hehe*

Atur kegiatan dan istirahat yang cukup

Olahraga tetap bisa dilakukan, tetapi sebaiknya tidak olagraga diterik matahari dan menguras banyak keringat.  Olahraga dikala puasa cukup joging, yoga atau eksersais pagi atau sore. Bila badminton, tenis dll lakukan sore.

Timbang berat  badan dan ukur lingkar pinggang (LP) sebelum, pertengahan & akhir puasa.

Bila BB & LP meningkat pertanda ada yang salah dalam praktek makan minum & aktifitas selama puasa. Manfaat kesehatan puasa akan nyata bila kita mampu menurunkan berat badan meski sedikit, kecuali yang sudah kurus ya. Hal ini justru sangat disyukuri. Tentu dengan pola diet yang sudah dipersiapkan sebelumnya ya.

puasa, sehat, bugar, ramadhan, tips, diet

Nah, setelah kupas tuntas tentang PUASA SEHAT, kita lanjut yuk ke 10 Tips Puasa Bugar berikut ini!

Pilih Olaharaga ringan

Contohnya jogging, aerobik ringan, push up, sit up, skiping, double step dll .

Upayakan pagi hari atau setelah subuh

Sekaligus utk menghibdari rasa ngantuk habis subuh. Hmm… jadi ingat masa kecil dulu lho, setiap habis subuh pasti jalan-jalan bareng-bareng teman. Apalagi, jaman dulu, kalau puasa Ramadhan, full libur sebulan. Tapi itu jaman dulu banget pas makarame masih SD, greeners. Hehe

Bagi yg punya hobi olahraga berat & ingin tetap dilakukan di kala puasa, lakukanlah sore jelang berbuka.

Ajak teman atau keluarga

Agar lbh termotivasi berolahraga setelah subuh. Ajaklah teman, suami/istri atau keluarga. Bergerak atau olahraga setelah subuh lebih sehat dari pada tidur setelah subuh. Karena itu agar tidur malam cukup, dekatkan waktu sahur ke imsak/subuh sehingga nyaman olahraga setelah subuh.

Sediakan waktu yang cukup untuk bergerak atau olahraga.

Selain olahraga pagi, sempatkan pula bergerak ditempat kerja/sekolah, juga berjalan pulang pergi ke mesjid malam hari.

Awali olahraga dengan pemanasan (Warming-up) dan akhiri dengan cooling down.

Prinsip warming up bermanfaat untuk menaikan suhu tubuh, siapkan otot & sendi serta mencegah cedera tubuh dll.

Cooling down ini berguna agar suhu tubuh, gerakan otot&sendi turun perlahan sehingga tidak pegal & nyaman.

puasa, sehat, bugar, ramadhan, tips, diet

Bila perlu, gunakan alat bantu

Pada umumnya olahraga olahraga sederhana saat puasa tidak memerlukan alat bantu. Tapi kadang untuk peregangan & membentuk otot diperlukan alat bantu sep skiping, bola, handuk, burbell, dll.

Usahakan tidak terkena terik matahari

Ini dimaksudksn agar tak menguras banyak kerigat. Pegurasan keringat akan menyebabkan sangat dahaga & dehidrasi, yang mengancam status puasa

Gunakan prinsip cooling-down

Akhiri gerak tubuh perlahan setiap akhir berolahraga. Sehingga gerakan otot& sendi, suhu tubuh & denyut nadi menurun bertahap.

Atasi stres dan tidur siang sejenak

Stres selalu ada dalam kehidupan. Stres sedikit perlu sebagai pemicu & bumbu kehidupan. Tapi sedikit-sedikit stres merusak kehidupan. Stres dapat menggangu nafsu makan, kegiatan, perasaan, imunitas, keehatan & kinerja. Jinakkan stres dengan rencana achievable, manajemen waktu, cukup tidur, kegiatan sosial & spriritual. Tidur siang sejenak meski hanya 15-30 menit setelah zuhur, sangat bermanfaat utk stamina dan mental saat puasa.

Biasanya kan makan siang 15-30 menit, nah saat puasa gunakan waktu tersebut untuk tidur siang sejenak. Bagi yang kerja, tidur siang sejenak ini bisa dilakukan di mobil, di ruang istirahat atau kerja, dan lain-lain sesuai kondisi.

Resapi dan syukuri manfaatnya

Seringan apapun kegiata olahraga & bergerak pasti ada manfaatnya. Dengan meresapi manfaat olahraga saat puasa akan meningkat semangat untuk melakukannya berulang. Bersyukur pertanda sadar adanya pemberian/karunia/kenikmatan yang diatur oleh Yang Maha Kuasa. Bersyukur tanda ketulusan menerima tanpa memperbincangkan pemberian yang diterima. Mensyukuri rasa bugar yang diraih selama puasa adalah bagian dari ketulusan melakukan ibadah puasa.

Bagaiamana greeners? Semoga tips di atas bermanfaat meningkatkan ibadah kita ya. Sehingga kita tidak hanya menjalankan perintah-Nya sambil lalu, tetapi juga produktif, sehat, dan bugar. Karena pada dasarnya tuntunan-Nya tidak ada yang tidak ada maksud dan manfaatnya.

Happy fasting, greeners \^o^/

error: Content is protected !!