Agar Terhindar dari Kejahatan Saat Berinternet & Bersosial Media

Berselancar di dunia maya seperti halnya memanfaatkan sebilah pisau. Jika digunakan dengan baik, maka layaknya seorang chef dapat menyajikan hidangan yang lezat. Namun, jika tidak tepat pengguanaanya, akan melukai orang di sekitarnya. Saya rasa, semua orang setuju dengan sisi positif dan negatif dari berinternet.

Stalker, Hacker, Cracker, dan lain sebagainya tidak henti-hentinya mengintai setiap pengguna internet. Entah pada akhirnya rekening kita kebobolan, penculikan anak karena update status-nya, atau kejahatan lain akibat social media. Begitu banyak data yang terkadang kita lupa betapa sangat berharganya untuk disebar di dunia maya. Oleh karena itu, sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bermain internet.

Tips, Aman, Nyaman, Berinternet, spam, hacker, cracker, virus

Tips internet safety secara basic bisa dilakukan dengan hal-hal sebagai berikut :

1. Update Sistem & Pasang Anti-virus

Jangan remehkan update antivirus ya, greeners. Setidaknya bisa menjadi benteng pertahanan di awal.

2. Jangan Keasikan Nge-Klik

Hati-hati klik link yang tidak jelas. Misalnya share link dari social media maupun email. Terkadang, judul dan link tidak sesuai. Jangan klik jika memang kita ragu dan dari sumber yang tidak jelas.

3. Jangan Remehkan Password

Mengganti password secara berkala merupakan salah satu upaya untuk mengamankan akun kita. Buatlah pola yang sekiranya tidak tertebak oleh siapa pun. Eits, tapi jangan lupa juga ya. Hehe

4. Hindari Software Bajakan

Mahal? Coba cari yang open source. Penting bagi kita menghindari software bajakan yang menawarkan patch dan crack berisi serial number. Karena terkadang sudah disusupi program jahat.

5. Jangan Mengumbar Data Pribadi

Kalau perlu, jika hanya untuk membuat akun, gunakan saja data samaran. Bukan niat untuk menipu lho ya, tapi terkadang kita tidak tahu siapa saja yang bisa akses. Kalau data-data kita digunakan orang jahat untuk melancarkan aksinya gimana? Tahu-tahu data kita sudah di kantor polisi.

Nah lho, di sini termasuk mengumbar kondisi kita di social media ya. Misalnya “Sendirian nih, di rumah.” Plus geo tagging. Duh, greeners, kalau ada penjahat yang baca, bisa disamperin lho nanti. Kasusnya sudah banyak.

6. Waspada Terhadap Teman di Dunia Maya

Di dunia maya, semua orang bisa berperan menjadi siapa saja lho ya. Jangan mudah terpukau apalagi terpedaya. Banyak anak gadis dilarikan karena kenalan lewat social media. Duh dek, hati-hati ya..

7. Hati-hati Saat Mengunduh Video

Nah, unduh mengunduh memang menyenangkan ya. Apalagi gratisan. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu menyisipi virus atau program jahat lainnya. Hmm… download dari official account saja ya.

8. Waspada Saat Terkoneksi Pada Wifi Gratis

Ini nih, pengintip suka banget lewat wifi gratisan. Jadi, hati-hati bertransaksi lewat internet ya, greeners. Walaupun sudah diamankan dari bank melalui pemberian token. Tapi, kita harus tetap waspada ya.

Tips, Aman, Nyaman, Berinternet, spam, hacker, cracker, virus

Dalam bersosial media pun, kita juga harus memperhatikan rambu-rambu keamanan lho, greeners. Diantaranya sebagai berikut:
1. Gunakan HTTPS
2. Pengamanan Pesan
3. Gunakan Email Sementara untuk Hindari Spam
4. Jaga Kerahasiaan Security Question
5. Jangan lalaikan kebijakan privacy
6. Jangan Biarkan orang lain bisa memantau aktifitas kita di Socmed
7. Jangan aktifkan layanan “Location Sharing”
8. Jika diperlukan, samarkan data kita

Nah, bagaimana greeners? Berapa poin yang sudah kita lakukan untuk sehat berinternet? Hmm… jangan remehkan dan sepelekan lho ya. Agar kita terhindar dari kejahatan di dunia maya. Salam sehat berinternet!

Acknowledgement

Thanks to Nova Wijaya, Om Doubleden, dan teman-teman webers atas diskusinya di Pojok WB.