Tips Memilih dan Mempersiapkan Souvenir Pernikahan

Setiap orang menginginkan sebuah pesta pernikahan yang tak terlupakan. Mulai dari tema pernikahan yang unik, dekorasi yang menarik, baju pernikahan yang wow, hidangan yang lezat, hingga souvenir yang mengesankan. Meskipun terlihat sepele, namun souvenir memiliki peran yang sama pentingnya dengan pernak pernik pernikahan yang lain. Bahkan terkadang menjadi garda terdepan dalam sebuah kesan pesta pernikahan. Ya, tentu saja karena souvenir dibawa pulang dan akhirnya akan berakhir seperti apa.

Hanya dibawa pulang dan diletakkan begitu saja karena kurang menarik, menjadi pajangan di etalase ruang tamu, atau menjadi sesuatu yang senantiasa dijaga dan tak terlupakan? Semua tergantung dengan pilihan jenis souvenir masing-masing. Souvenir juga menjadi simbol penghargaan terhadap tamu undangan lho. Jadi, yuk pilih souvenir yang tak terlupakan!

  • Tentukan Budget

Setiap mempelai memiliki kemampuan budgeting yang berbeda-beda. Pastikan bahwa kalian memiliki perencanaan keuangan yang matang. Mulai dari budget baju pernikahan, salon, fotografi, hiburan, catering, gedung, hingga souvenir. Patuhi perencanaan yang sudah dibuat. Mungkin, bisa disiapkan 10% dana cadangan jika dibutuhkan.

Jika budget sudah ditentukan, maka pilihan souvenir yang ada bisa disortir berdasarkan harganya. Pilih yang paling menarik di kelasnya. Misalnya, dengan budget 6.000, maka sudah mendapatkan souvenir kaktus dan sukulen yang go green seperti ini.

souvenir, kaktus, sukulen, kemasan, paper, bag, makarame

  • Pastikan Jumlah Tamu Undangan

Setidaknya, persiapkan cadangan souvenir melebihi tamu undangan. Menurut pengalaman, setidaknya siapkan 20% lebih banyak dari jumlah undangan. Misalnya, jika tamu undagan 500, maka siapkan souvenir 600 pcs. Kelebihan ini, biasanya digunakan untuk sanak family yang kebetulan terlewat tidak tertulis di undangan.

Jangan lupa, buatkan kartu pengambilan souvenir di undangan. Jadi, tamu undangan tidak akan mengambil lebih dari satu souvenir. Rata-rata, kurangnya souvenir karena tamu undangan mengambil lebih dari satu sesuai rombongan yang dibawa.

  • Pesan Jauh-jauh Hari

Jika sudah menentukan jenis souvenir apa yang akan dipilih, maka tanyakan kepada vendor, butuh berapa lama pembuatan. Dan, jika pesan di luar kota, tanyakan berapa lama waktu pengiriman yang dibutuhkan. Seperti misalnya, souvenir flanel dan recycle kaleng susu ini. Membutuhkan setidaknya 1 bulan pembuatan. Dan, untuk dikirim ke Manado, membutuhkan waktu setidaknya 3 minggu. Maka, setidaknya 2.5 bulan sudah harus pesan. Agar tidak terlalu mepet. Tentu, kita tidak mau kan, souvenir kita telat di hari H.

souvenir, mawar, flanel, shabby, kaleng, bekas, recycle, upcycle, makarame

  • Pilih Vendor Yang Terpercaya

Kewaspadaan memilih vendor ini tidak hanya berlaku untuk vendor online, tetapi juga vendor offline. Pastikan vendor yang mudah dihubungi dan memiliki alamat yang jelas. Dan, jangan lupa untuk selalu follow up sesering mungkin.

Vendor souvenir yang terpercaya, salah satunya adalah Makarame Eco Friendly Crafts yang menyediakan souvenir kaktus dan sukulen. Serta, kerajinan flanel dan recycle.

Semoga tips memilih dan menyediakan souvenir ini membantu ya. Ada tambahan krusial yang lain dalam menyediakan souvenir pernikahan? Yuk, diskusi dan berbagi bersama di sini. Ditunggu komennya ya.