fbpx

5 Rekomendasi Games untuk Meningkatkan Kecerdasan & Daya Ingat Anak Usia Dini

Tidak dapat dipungkiri bahwa Generasi Alpha adalah generasi yang sangat dekat dengan teknologi. Maka, sebagai orang tua tentunya kita harus bijak dalam menggunakannya. Anak boleh dikenalkan teknologi dengan pengawasan dan pembatasan sesuai perkembangan umurnya. Salah satunya penggunaan teknologi untuk menunjang tumbuh kembang anak melalui games yang menyenangkan. Berikut 5 rekomendasi games untuk meningkatkan kecerdasan & daya ingat anak usia dini. Serta tips bagaimana agar anak tidak kecanduan games dan bermain sesuai dengan waktu screen time-nya.

Drag and Drop Image Shadow Game: Mengajarkan Konsep Bayangan Berbagai Bentuk

Permainan yang paling disukai oleh Aira (6 tahun) karena tergolong mudah meskipun terkadang masih ada yang salah-salah. Permainan ini hanya menggeser objek gambar di sebalah kiri ke bayangan yang ada di sebalah kanannya.

My Job: Mengenalkan Jenis-Jenis Pekerjaan

Melalui pengenalan jenis-jenis pekerjaan, kita bisa menggali minat dan bakat anak. Sambil bermain, kita bisa mengenalkan tugas setiap pekerjaan yang ada. Dengan menggali minat dan bakat anak sejak dini, kita bisa mempersiapkan dengan lebih baik. Oya, permainan ini dalam bahasa inggris, jadi anak bisa sekaligus belajar bahasa Inggris.

Spell Safari: Belajar Mengeja dan Menyusun Huruf dalam Bahasa Inggris

Permainan ini memiliki waktu dalam pengerjaannya, sangat seru untuk mengajarkan kepada anak untuk bertindak cepat. Anak jadi belajar untuk melakukan pekerjaan dibawah tekanan, dalam hal ini waktu. Ternyata, cukup membuat anak panik lho! Tapi, dari sinilah kita bisa membiasakan anak berpikir cepat. Terdapat 3 tingkat kesulitan yang bisa parents pilih. Semakin tinggi levelnya, makin banyak huruf yang harus disusun.

See also  Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah

Mistake Manya: Meningkatkan Konsentrasi, Fokus, dan Ketelitian

Terdapat 2 gambar yang harus kita cari perbedaan di antara keduanya. Sangat seru dimainkan bersama-sama. Permainan ini melatih konsentrasi, fokus, dan ketelitian anak-anak.

Frogs Find The Path: Melatih Daya Ingat

Meskipun terlihat mudah, namun kenyataannya daya ingat sangat diperlukan dalam permainan ini lho! Awalnya, kita akan diperlihatkan pola pijakan yang harus dipilih, selanjutkan kita akan dikecohkan dengan beberapa pilihan. Semakin meningkat level, maka pijakan akan semakin banyak dan polanya pun semakin beragam. Coba yuk! Aira juga sangat suka permainan ini.

Masih ada banyak permainan selain 5 rekomendasi games untuk meningkatkan kecerdasan & daya ingat yang bisa parents pilih di situs plays.org sesuai dengan usia anak. Pastikan parents mencobanya terlebih dahulu sebelum memberikan games kepada anak ya! Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan value yang parents terapkan.

Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Games

Meskipun games yang makmin sebutkan di atas memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat anak, namun harus tetap dibatasi sesuai dengan screen time yang dianjurkan (sumber: Buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun oleh TigaGenerasi (website Parentalk.id)).

USIABATAS WAKTUS YANG SESUAI
0-2 tahuntidak dianjurkan sama sekali
2-3 tahun30 menit sehari dengan konten/games edukatif
3-5 tahun1 jam per hari dengan konten/games edukatif pilihan anak di bawah pengawasan orang tua
>5 tahunmaksimal 2 jam per hari
  1. Ajak anak untuk membuat komitmen durasi waktu dia diperbolehkan untuk bermain games. Setel alarm atau pengaturan hp mati otomatis saat durasi waktu habis.
  2. Orang tua konsisten dan tegas dalam membatasi penggunaan gadget meskipun jika anak menolak berhenti bermain.
  3. Apresiasi anak dengan mengalihkan pada kegiatan lainnya agar anak tidak ketergantungan dengan gadget.

Views: (372)