9 Cara GRATIS Meningkatkan Follower Organik Instagram

Tak dapat dipungkiri, instagram merupakan salah satu sosial media yang berkembang pesat beberapa tahun belakang. Mulai sebagai media ajang eksistensi diri hingga sebagai katalog produk bagi para penjual online. Tentu, bagi penjual online maupun influencer, follower sangat penting. Selain meningkatkan traffic yang artinya semakin banyak orang yang melihat postingan kita, juga meningkatkan penjualan tentunya. Nah, tapi sebelumnya, saya tekankan JANGAN BELI FOLLOWER! Mengapa? Saya sendiri sudah membuktikan bahwa FOLLOWER BAYARAN tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan engagement apalagi pembelian produk kita. Entah robot atau akun bodong hasil ternakan. Hehe

Terutama bagi influencer, jangan lakukan hal ini karena justru akan memperburuk citra kamu di penilaian agensi atau klien. Kecuali kamu mengejar fasilitas URL Link di insta story (minimal follower 10K), itu lain cerita ya. Ini yang saya kejar beberapa bulan terakhir. Dengan cara ini, dalam satu hari akun IG @makarame pernah mendatangkan ratusan follower secara organik entah ini kebetulan atau memang efektif, berikut cara yang saya lakukan dan mungkin bisa juga kamu praktekkan!

 

  1. Follow Akun Populer

Mungkin orang bilang ini cara lama, tetapi ini merupakan salah satu cara paling efektif yang saya rasakan. Cari akun yang memiliki follower dalam jumlah besar dan follow juga follower teratasnya. Tapi, hati-hati, jangan terlalu brutal dalam memfollow, mengapa? Nanti bisa terkena banned Instagram. Saya pernah mengalaminya. Hehehe

Lalu berapa batasannya? Saya hanya memfolllow kurang lebih 10 akun dalam satu kali waktu follow. Saya tidak hanya menyasar akun yang setipe dengan target market, karena saya berpikir saat itu hanya mengejar follower 10K untuk mendapatkan fasilitas URL link di insta story. Dan, saya berpikir, siapa tahu bisa menginfluence follower baru yang tadinya tidak suka kaktus dan sukulen (dagangan saya) menjadi suka dengan postingan saya.

Biasanya saya follow malam-malam sebelum tidur. Sekitar pukul 22.00, besok paginya followernya nambah banyak. Bisa juga di jam-jam prime time 11.00-14.00, 16.00-18.00, 20.00-22.00.

 

  1. Boom Like

Tahu kan bahwa algoritma IG selalu berubah dari waktu ke waktu. Jadi, capernya kita juga harus lebih kreatif. Cari perhatian dengan boom like akun yang kamu targetkan. Sudah tahu kan potential market kamu? Nah, catat akun tersebut, lalu boom like secara rutin. Jangan Cuma sekali, agar mereka sadar akan keberadaan kita. Misalnya, saat saya ingin mengembangkan penjualan di Kota Makassar. Saya cari akun populer makassar, melihat akun yang komen secara relevan di setiap postingan akun tersebut, lalu boom like.

Ingat ya, cari akun yang komennya relevan, mengapa? Itu artinya mereka aktif, bukan menggunakan auto komen dari tools yang banyak dijual. Jadi, kemungkinan akun kamu dilirik mereka cukup besar.

 

  1. Komen di Akun Populer

Jangan spam komen ya! Apalagi menggunakan tools. Lagi-lagi, cara ini pernah saya lakukan, tetapi justru menganggu pemilik akun dan ada kemungkinan akun saya justru diblok. Jadi, pastikan kamu komen yang relevan dan sekali lagi cari perhatian dengan komen kamu. Tapi, komen yang sopan, jangan asal komen yang membuat kamu dibully. Hehe…

Reply komen-komen yang ada di situ juga boleh. Lalu, lakukan langkah 2 sebelumnya. Yup! Boom like! Jadi, mereka akan semakin sadar akan keberadaan kita. Setidaknya, ada kemungkinan mereka mengunjungi akun kita.

 

  1. Adakan Giveaway atau Berikan Promo Diskon

Pertahankan konsumen setia dan gaet calon konsumen baru dengan mengadakan GA lalu promosikan. Kalau saya mempromosikannya dengan melakukan DM kepada akun-akun follower saya dan akun target yang saya dapatkan seperti di cara 2 & 3. Selain boom like, komen, saya juga akan DM mereka terkair GA atau promo diskon yang sedang saya adakan.

Terlihat melelahkan ya, tetapi percayalah, sesuatu yang kita lakukan secara alami/manual akan lebih mengena. Apalagi algoritma baru IG memang menekankan pada engagement pemilik akun dan follower. Jadi, berlelah-lelah dulu tak apa sampai akun kita bisa menghasilkan dan membayar admin.

 

 5. Sajikan Postingan Foto yang Eye Catching

  1. Marketing is king, but content is queen. Artinya, sebaik-baik pemasaran yang kita lakukan, tetapi sajian yang ada didalam sosmed kita juga harus terjaga agar orang betah berlama-lama berkunjung di lapak kita. Semakin kepo semakin bagus bukan?

    Semua orang pasti setuju kan kalau foto sangat berpengaruh? Apalagi memang interaksi hampir seluruhnya di dunia maya. Oleh karena itu, gawai yang kita gunakan pun sangat berpengaruh. Ya, taruhlah kita memang investasi di gawai ini. Salah satu smartphone idaman yang baru saja saya temukan ulasannya dari sekian banyak ponsel terbaru 2018 adalah Huawei Nova 3i. Apa pasal? Pertama pastinya karena Huawei Nova 3i memiliki kualitas kamera yang mumpuni. Ada empat kamera yang diperkuat AI (Artificial Intellegence) dong! Wow banget, kan?

     

     

    Kamera depan dilengkapi dengan 2 kamera beresolusi 24 MP dan 2 MP, kamera depan ini sangat bagus untuk selfie atau ngevlog dengan pengunjung kios sebagai bagian dari testimoni yang bisa saya share juga di Igstory dan IGTV. Apalagi Huawei Nova 3i dilengkapi fitur HDR Pro yang canggih sehingga dapat memberikan foto dan video presisi yang seimbang meskipun saat di bawah sinar matahari. Dengan kamera yang mumpuni, para pengunjung pasti jadi lebih PD selfie dan senang dengan hasilnya. Calon pembeli yang melihat pun akan semakin tertarik bukan? Hehe

    Kamera belakangnya juga terdapat dua kamera dengan resolusi 16 MP + 2 MP dengan aperture f/2.2 menciptakan efek bokeh profesional dan alami. Kalau kamera belakang bisa dibilang memang yang akan sering digunakan ya. Selama ini saya memang lebih suka menggunakan smartphone untuk mengambil gambar daripada kamera saku atau SLR. Alasannya karena lebih praktis untuk bisa langsung dibagikan di instagram. Jadi, kualitas kamera ponsel menjadi kriteria wajib sebelum saya membeli ponsel.

    Tenang, Huawei Nova 3i juga dilengkapi prosesor Kirin 710 Octa-core yang diintegrasikan dengan GPU (graphic processing unit) Turbo untuk memaksimalkan resolusi grafis, meningkatkan kinerja, namun tetap hemat energi. Product Marketing Manager Huawei Device Indonesia, Advent Jose, menyatakan jika dengan GPU Turbo ini dapat mengakselerasi performa hingga 60% namun tetap menekan konsumsi energi hingga 30%. Jadi, nggak perlu khawatir baterai cepat boros kan? Apalagi buat yang suka nge-games. Duh, kebantu banget pastinya ya. Apalagi ada mode uninterrupted gaming menyembunyikan semua notifikasi sehingga aktivitas permainan kamu nggak akan terputus.

    Satu lagi, Huawei Nova 3i ditunjang kapasitas RAM sebesar 4 GB jadi nggak perlu khawatir akan HP nge-hang karena banyak aplikasi yang kita buka ya. Jadi, feel free untuk terus berkreasi. Edit foto atau video, sambil jualan bales chat atau buka kalkulator untuk kalkulasi sekaligus cek marketplace, semua aman. Kapasitas penyimpanannya pun paling besar di kelas smartphone mid-range, 125GB! Mau simpan foto, video, screenshoot testimoni, atau yang lainnya aman tidak perlu khawatir cepat penuh. Jadi, begitu butuh bahan untuk presentasi semuanya sudah dalam satu genggaman. Masya Allah, ponsel impian penjual online banget ini mah!

6. Rutin Live/Update di Insta Story Simpan di Highlights

  1. Saya baru menyadari efektifnya insta story yang saya highlights setelah beberapa calon pembeli masih menanyakan apa yang ada di highligths insta stroy. Sebaiknya, meskipun kita memang berjualan, tetapi jangan melulu jualan. Kita bisa berbagi tips, tutorial, atau segala info yang bermanfaat bagi konsumen.

    Dari beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pembeli, saya membuat artikelnya dan diposting di website makarame.com, kemudian membagikan link di insta story, dan di highlight di profil. Mengapa penting menulis artikel? Selain menghemat waktu menjawab pertanyaan yang sering diajukan, juga dapat meningkatkan traffic ke laman kita. Pastikan akun IG kita, email, atau nomer HP kita jelas terpampang ya agar memudahkan calon pembeli menghubungi kita.

    Beberapa dari calon pembeli, kadang justru awalnya karena membaca artikel tentang kaktus dan sukulen, kemudian konsultasi kondisi tanaman mereka, lalu menjadi loyal customer.

7. Buat Tutorial/Postingan Bermanfaat di IG TV

IG TV memiliki durasi video yang lebih lama, cocok untuk posting tutorial atau video durasi panjang lainnya. Sekali lagi, tidak melulu produk jualan ya, sesekali sisipkan pula konten berita yang sedang hits agar makin banyak yang mengunjungi profil kita. Syukur-syukur ada yang nyantol jadi follower dan pelanggan kita.

Dalam membuat Live Story dan IGTV pastinya dibutuhkan smartphone yang tidak hanya bagus kameranya, tetapi juga bisa menstabilkan sinyal agar tidak nge-lag. Nah, konektivitas Huawei Nova 3i ini dilengkapi dengan fitur canggih seperti EMUI 8.2 alias elevator mode yang dapat mengoptimalkan kinerja jaringan dan memulihkan sinyal 4G secara cepat, fitur Huawei GEO 1.5 yang memungkinkan pengguna mendapatkan layanan meski di tempat tertutup, hingga AI Noise Removal yang dapat menganalisis suara seperti suara rendah yang akan ditingkatkan, hingga panggilan berisik yang diubah menjadi lebih jelas dan berkualitas. Cocok banget kan untuk membuat live story?

 

 

8. Hastag yang Relevan

Sip! Kalau mencari sesuatu, pasti cari di hastag dulu kan? Karena pilihannya lebih banyak. Nah, manfaatkan juga, hastag personal, misal #KaktusMakarame, jadi begitu orang ketik kaktus semakin banyak hastag kita, semakin unggul di pencarian hastag. Harapannya, popularitas kita juga semakin meningkat. Biasanya saya memaksimalkan penggunaan hastag hingga 30. Ya, saya rasa untuk menyebar jaring.

 

9. Testimoni Konsumen

Kalau bisa, coba minta konsumen posting foto produk kita dan tag akun kita. Hal ini lebih dipercaya oleh orang lain dibandingkan hanya screenshoot (walaupun cara ini masih bisa dilakukan terutama dari DM atau penilaian bintang di marketplace).

 

Bagaimana? Tertarik untuk mempraktekkan 9 cara saya dalam meningkatkan follower instagram? Jika ada tips lainnya, mau ya disertakan di komen. Saya juga masih harus banyak belajar nih!

Ups, ada yang lupa, dari tadi saya cerita terus tentang ponsel impian Huawei Nova 3i tapi belum memperlihatkan fisiknya ya? Okey! Siap-siap awas mupeng ya! Taraaaa….

Keren kan? Cocok banget buat personal branding yang memperlihatkan bahwa kami penjual online yang bersungguh-sungguh dalam memberikan services kepada pelanggan. Eits, apa hubungannya dengan HP? Mau setuju atau tidak, kebanyakan orang akan melihat penampilan kita dulu dan gawai apa yang kita bawa saat presentasi baru setelahnya isi materi yang kita sajikan. Nah, saya termasuk penjual online yang lebih banyak presentasi menggunakan HP untuk menunjukkan katalog produk dan hasil pesanan proyek sebelumnya demi semangat paperless. Melihat yang manis-manis begini semoga membuat suasana hati menjadi manis dan memperlancar dealing pesanan. Aamiin.

#HuaweiNova3i_ID menyediakan 2 pilihan warna yang diberikan, yaitu hitam dan Iris Purple. Kalau saya, jelas suka yang Iris Purple ya, karena warnanya manis banget. Gradasi warna yang unik pada bagian belakang ponsel yang sudah dilengkapi dengan kaca khusus anti gores tanpa perlu tambahan soft case atau hard case lagi. Jadinya nggak berat dan bulky banget, kan? Layar depan juga sudah dilengkapi dengan dilapisi corning gorilla glass yang sudah tentu anti gores. Paket komplit nih!  Mau? Cek di toko ponsel terdekat di kotamu atau jual beli online terpercaya and #ChooseTheBest, yes!

 

Salam hangat dari pelapak online,

Anita Makarame untuk Oom Boy Punya Gawe Berhadiah Huawei!

 

*)foto hanya ilustrasi diambil menggunakan device lain

Views: (407)
Semoga artikelnya bermanfaat ya. Silakan tinggalkan jejak di kolom komentar ^.^