ARTIKEL TERBARU - Makarame

Selain air mineral, susu juga memiliki kandungan yang banyak nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh. Hadir dalam variant rasa, membuat susu selalu di konsumsi oleh banyak orang dengan berbagai kalangan. Selain itu juga susu hadir dalam jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, contoh susu kental manis Frisian Flag. Bagi sebagian orang susu kental manis kaleng masih menjadi pilihan utama.

Karena selain penyajiannya yang praktis, susu ini mudah ditemukan sampai ke warung eceran dekat rumah anda. Walaupun susu memberikan banyak manfaat dan kesehatan untuk tubuh, mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan juga tidak baik. karena akan memberikan dampak buruk dan tubuh dan juga pola hidup anda.

Continue Reading…
(6)

Pertama kali menginjakkan kaki dan menjelajahi kota Surabaya pada tahun 2012 membuat saya ingin kembali ke sana suatu hari nanti. Menjelajahi masjid Cheng Ho yang legendaris hasil akulturasi tiga kebudayaan, yaitu Arab, China, dan Jawa. Museum Kapal Selam juga merupakan tempat wisata yang ingin sekali saya kunjungi kembali bersama anak sebagai salah satu wisata edukasi. Setelah membaca ulasan dari beberapa artikel, ternyata kota Surabaya memiliki beberapa festival yang tidak boleh dilewatkan. Minimal, satu kali menyaksikan lah, ya. Hehe

Jadi, jika ingin ke Surabaya, coba sesuaikan dengan jadwal dari beberapa festival berikut. Agar perjalanan wisata kita jadi lebih berwarna dengan beberapa pengalaman yang menyenangkan dan tentu memberikan kesan yang tak tergantikan. Continue Reading…

(13)

Back to nature dan minimalism (minimalist lifestyle), kini menjadi salah satu trend yang banyak orang ikuti. Semua dibuat serba simple dan sebisa mungkin tampak natural. Termasuk dalam hal make up. Tak heran jika trend produk kecantikan kini mulai bergeser ke sabun kecantikan. Sabun kini tak hanya berperan dalam hal membersihkan wajah dan tubuh, tetapi juga menutrisi dan mempercantik kulit.

Q: Kulit kamu kok glowing banget. Perawatan di mana, sih?

A: Nggak, kok, cuma pakai sabun!

Coba saja cek di beberapa timeline media sosial yang teman-teman miliki, ada berapa banyak sabun kecantikan yang menjanjikan kulit wajah dan tubuh menjadi lebih glowing tanpa harus menghabiskan waktu untuk ber-make up. Kalaupun ingin menggunakan make up, beberapa manfaat sabun kecantikan mengklaim bahwa hasil riasan pengguna akan lebih bagus dan awet.

Kabar baiknya, bagi teman-teman yang ingin mencoba peruntungan di usaha ini, dan menginginkan menggunakan merek/brand sendiri, bisa menggunakan jasa maklon sabun transparan dari PT. ADEV Natural Indonesia. Baik bagi teman-teman yang belum memiliki produk maupun UMKM yang sudah memiliki produk dan merek sendiri namun masih kesulitan memproduksi secara massal. Banyak keuntungan menggunakan jasa maklon ini karena kita tidak perlu menghabiskan waktu panjang untuk melakukan uji lab sebagai syarat utama mendapatkan ijin usaha dari BPOM dan LPOM MUI, memikirkan packaging yang menarik, hingga memperluas pemasaran karena sudah ada tim ahli di bidangnya. Tetapi, kita tetap masih bisa memiliki ciri khas produk kita kok. Yuk, kenalan lebih jauh dengan jasa maklon sabun transparan PT. Adev Natural Indonesia.

Continue Reading…
(24)

Kalanchoe synsepala atau biasa disebut walking kalanchoe atau lebih tepatnya kalanchoe yang merambat ya. Karena memang kalanchoe ini memiliki tunas yang diawali dulu dengan sulur rambat. Tinggi kalanchoe mencapai 50 cm dan yang membuat sukulen ini menarik adalah pinggiran daunnya yang berwarna kemerahan. Sungguh cantik. Bunganya pun tak kalah cantiknya. Berikut tata cara perawatan kalanchoe synsepala yang bisa dipraktekkan agar sukulen ini rajin berbunga, tumbuh besar, dan bertunas lebat.

Continue Reading…
(1)

Hallo teman-teman pecinta kaktus dan sukulen. Kali ini makarame mau berbagi tentang nama-nama kaktus dan sukulen. Seandainya ada yang salah nama atau mau melengkapi foto dan nama kaktus sukulen lainnya bisa langsung WA atau Email admin ya. Kita belajar bersama untuk memahami seluk beluk kaktus dan sukulen. Pembahasan mendetail terkait kaktus dan sukulen per jenisnya bisa dilihat di TATA CARA PERAWATAN KAKTUS DAN SUKULEN.

Oya, kumpulan nama kaktus dan sukulen ini saya buat beberapa bagian/postingan agar loading halamannya tidak lambat. Teman-teman bisa langsung klik Nama Kaktus dan Sukulen jika di halaman ini tidak menemukan nama kaktus dan sukulen yang dicari ya. Atau yang mengerti tentang masalah loading page ini bisa kasih saran buat admin ya. Hehe

Untuk yang masih bingung tentang kaktus dan sukulen, bisa klik artikel Perbedaan Kaktus dan Sukulen. Silakan tinggalkan komentarnya untuk berbagi ilmu dan menjalin pertemanan bagi sesama pecinta tanaman kaktus dan sukulen. Salam kenal dan salam hangat untuk semuanya. Continue Reading…

(0)

Membangun bisnis digital yang bisa dikelola dari rumah bukanlah hal yang mustahil lagi untuk dilakukan. Modal yang minim pun tidak lagi jadi kendala yang begitu berarti dengan adanya teknologi berupa internet. Dengan kemudahan akses digital, hal yang tadinya hanya sekadar hobi bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Salah satunya adalah hobi mengoleksi tanaman hias.

Tidak bisa dipungkiri, internet telah memudahkan mereka yang ingin memulai bisnisnya sendiri dengan memasarkannya melalui media sosial maupun website. Namun, dalam prakteknya tidak sedikit juga di antara mereka yang pada akhirnya kebingungan saat mulai mengembangkan bisnis tanaman hias mereka melalui website untuk meningkatkan omset penjualannya. Lalu, bagaimana caranya agar bisa meningkatkan omset bisnis online tanaman hias yang Anda jalani?

Continue Reading…
(10)

Crassula muscosa atau Watch Chain merupakan jenis sukulen seperti halnya dengan sifat dari sukulen kebanyakan. Pada ukuran mini, sukulen yang bentuknya mirip lumut ini lebih menyukai tempat yang teduh dan tanah yang lembab. Terlambat menyiramnya akan menyebabkan sukulen zipper ini menjadi kering dan mati.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sukulen lumut bisa tumbuh sehat & berkembang:

Continue Reading…
(0)

Setelah membahas kembarannya, Opuntia Microdasys Pallida, sekarang saatnya membahas si lucu kaktus Opuntia Microdasys Albata. Secara garis besar, semuanya sama, hanya warna bulunya saja yang berbeda. Opuntia Microdasys Pallida memiliki bulu warna kuning, sedangkan Opuntia Microdasys Albata berwarna putih.

Sama-sama dijuluki kaktus telinga kelinci (bunny ears), polkadot, sayap malaikat (angel wings), mickey mouse, dan lain-lain. Namun, di Indonesia, si bulu putih ini relatif lebih populer dibandingkan si bulu kuning. Ini setidaknya dari masuknya pesanan kaktus di makarame ya. Hehe

Berikut tata cara perawatannya:

Continue Reading…
(0)

Kaktus Mickey Mouse saya suka menyebutnya, atau ada juga yang menyebutnya Kaktus Telinga Kelinci atau Bunny Ears. Karena memang seringkali kaktus ini berbentuk seperti halnya kelinci lucu sehingga menjadi salah satu jenis kaktus opuntia yang sangat digandrungi.

Tata cara perawatan kaktus yang juga dikenal dengan nama Kaktus Polkadot ini bisa dikatakan relatif mudah. Sinar matahari yang cukup, penyiraman air yang tidak berlebihan, memahami perlakuan terhadap kaktus pada periode dormansi kaktus khususnya pada musim dingin/hujan yang sangat minim cahaya matahari, dan mengkondisikan/mengatur lingkungan kaktus pada suhu ruang.

Continue Reading…
(0)

Tidak sedikit masyarakat yang meremehkan dekorasi interior dari hunian-hunian berukuran kecil seperti apartemen studio atau rumah dijual subsidi pemerintah baru saat menghuninya. Biasanya, mereka akan lurus saja dan tidak berimprovisasi dari dekorasi yang ada sejak rumah dijual.

Padahal jika didekorasi, ruang-ruang kecil pada hunian tersebut bisa menghadirkan nuansa yang terbaik bahkan berkesan luas dan elegan seperti rumah dijual kategori mewah. Selain memberikan nuansa menyenangkan, mendekorasi hunian tersebut tentu akan bisa melambungkan harga rumah dijual saat Anda berniat memasarkannya kembali.

Untuk itu, mendekorasi rumah kecil baru bisa saja rumit. Perlu persiapan setidaknya setelah menentukan pilihan rumah dijual.

Dilansir dari Freshome, 3 poin dibawah ini merupakan tips mendekorasi hunian kecil yang paling mudah untuk dilakukan sesaat setelah Anda resmi menghuni rumah dijual. Continue Reading…

(28)

Seiring dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan, terutama bagi anda yang mempunyai usaha online perangkat gadget seperti smartphone dijamin tidak pernah lepas dari genggaman anda dan harus selalu on. Untuk menjaga smartphone anda tetap on, maka anda perlu perangkat tambahan yaitu power bank yang dapat anda gunakan sebagai sumber catu daya. Sehingga tidak ada lagi kekhawatiran smartphone anda kehabisan baterai.

Di pasaran produk power bank sangat banyak dan beragam merek. Masing-masing merek memiliki keunggulan yang beragam seperti kapasitas baterai, ukuran, model, fitur dan lain sebagainya. Salah satu merek power bank yang dapat memikat konsumen adalah Vivan. Keunggulan power bank Vivan  terletak pada fitur-fitur yang dimilikinya. Penjelasan fitur-fitur Vivan adalah sebagai berikut: Continue Reading…

(16)

Bandung merupakan salah satu kota paling kreatif di Indonesia. Bisa dikatakan, Bandung merupakan pusat mode, kuliner, hingga wisata. Lihat saja setiap weekend, kemacetannya bisa mengalahkan kemacetan Jakarta saat hari kerja, karena banyak wisatawan dari berbagai kota yang memadati kota yang terkenal sejuk ini. Salah satunya wisatawan asal Tangerang. Tentu, hal ini dikarenakan jarak antara Tangerang dan Bandung yang relatif dekat yaitu 183 km yang bisa ditempuh selama 3,5 – 4,5 jam. Travel bisa dijadikan alternatif transportasi dari Tangerang menuju Bandung. Selain menghemat tenaga kita agar dapat menikmati rekreasi secara maksimal, travel bisa dijadikan pilihan karena jadwalnya yang cukup fleksibel. Harganya pun relatif terjangkau, coba saja cek harga travel Tangerang Bandung via Traveloka. Jaminan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

Dengan merogoh kocek tidak lebih dari 50.000, kamu sudah bisa menikmati wisata hits di Bandung. Wisata hemat bersama keluarga, pasangan, atau sendiri juga asyik kalau kamu tipe traveler sejati. Hehe Continue Reading…

(15)

Manfaat tanaman kaktus dan sukulen sebagai penghalau radiasi dan polusi membuat tanaman ini menjadi tanaman indoor favorit yang menemani aktivitas generasi milenial. Terlebih, kaktus dan sukulen juga aman di dalam ruangan meskipun malam hari karena tanaman ini mampu menyerap CO2 di malam hari. Harganya yang relatif murah dengan jenis yang variatif, membuat tanaman kaktus dan sukulen banyak diburu tidak hanya sebagai hiasan atau koleksi, namun juga souvenir berbagai acara. Perawatannya pun relatif mudah. Seperti yang sudah saya tuliskan di artikel Mengenal Hama dan Penyakit Kaktus, tanaman kaktus dan sukulen pun tak lepas dari gangguan dari lingkungan sekitarnya. Salah satunya adalah kutu putih. Namun, teman-teman tidak perlu khawatir, karena masih bisa diatasi jika ditangani dengan tepat. Yuk, simak langkah-langkah berikut ini: Continue Reading…

(0)

It’s no secret that SIM University Singapore ranks very well in many global surveys as one of the best for learning. As a Singaporean educator, I have written this article to give you some tips on why you should also choose Singapore to study. For this article, I have written in the context that you will learn to get a degree. There are a number of supervisory bodies here that will ensure that the degree you are studying is recognized and there are checks and balances to help give you the best experience in terms of teaching and academic content. Private universities are rigorously audited to ensure that your large financial investment will not be in vain if your school closes and you are left high and dry.

Most Singaporeans are bilingual and very good at using English as the language used. The reason is that the national exam is conducted in English and students must pass English language papers to be able to advance. Singapore has one of the best libraries that are easily accessible throughout the country. For a small fee, you can borrow the latest books for a specified period of time. The library is full of books, multi-media and magazines. There is also a wifi connection in all libraries. As a new graduate, there will be hope that you must do intensive research. Continue Reading…

(0)

Hallo teman-teman pecinta kaktus dan sukulen. Kali ini makarame mau berbagi tentang nama-nama kaktus dan sukulen. Seandainya ada yang salah nama atau mau melengkapi foto dan nama kaktus sukulen lainnya bisa langsung WA atau Email admin ya. Kita belajar bersama untuk memahami seluk beluk kaktus dan sukulen. Pembahasan mendetail terkait kaktus dan sukulen per jenisnya bisa dilihat di TATA CARA PERAWATAN KAKTUS DAN SUKULEN.

Oya, kumpulan nama kaktus dan sukulen ini saya buat beberapa bagian/postingan agar loading halamannya tidak lambat. Teman-teman bisa langsung klik Nama Kaktus dan Sukulen jika di halaman ini tidak menemukan nama kaktus dan sukulen yang dicari ya. Atau yang mengerti tentang masalah loading page ini bisa kasih saran buat admin ya. Hehe

Untuk yang masih bingung tentang kaktus dan sukulen, bisa klik artikel Perbedaan Kaktus dan Sukulen. Silakan tinggalkan komentarnya untuk berbagi ilmu dan menjalin pertemanan bagi sesama pecinta tanaman kaktus dan sukulen. Salam kenal dan salam hangat untuk semuanya. Continue Reading…

(0)

Pundak meski jarang digerakkan, tetap saja bisa sering merasakan nyeri otot. Terlebih bagi Anda yang memiliki pekerjaan sebagai pekerja bangunan, pekerja borongan yang sering mengangkat benda-benda berat di pasar-pasar tradisional, atau Anda yang berjualan menggunakan gerobak. Ketiga rutinitas tersebut akan lebih sering membebani pundak, sehingga menjadikan pundak lebih rentan mengalami nyeri otot.

Nyeri otot memang bisa dihilangkan dengan cara dipijit oleh tukang pijit profesional. Namun pada kenyataannya, nyeri otot bisa muncul secara tiba-tiba di tengah aktivitas harian Anda. Misalnya saja ketika Anda sedang mengangkat benda berat atau mendorong gerobak, dan pundak Anda mendadak mengalami nyeri otot, tentu Anda pun tidak bisa serta merta meninggalkan gerobak Anda atau barang-barang yang sedang Anda pindahkan untuk kemudian datang ke tukang pijit untuk menghilangkan nyeri tersebut.

Kondisi-kondisi yang tidak terduga seperti itu harus bisa Anda waspadai dari sekarang. Terlebih ketika nyeri otot menyerang tangan ataupun pundak Anda, aktivitas Anda tentunya terhambat seketika itu juga. Pada nyeri otot yang lebih parah, bisa jadi Anda tidak dapat melanjutkan aktivitas Anda. Continue Reading…

(0)

Nokia yang dulu terkenal dengan sistem operasi Symbian memang sudah kehilangan masa emasnya. Ponsel Nokia yang dulu lebih sering melakukan inovasi di bidang desain daripada sistem operasi. Symbian tidak ramah pengguna, berbeda dengan Android yang ketika awal kemunculannya langsung disukai pengguna gadget. Sejak saat itulah nama besar Nokia mulai redup dan tidak lagi dikenal, apalagi nama Symbian mungkin hanya segelintir orang saja yang masih mengingatnya.

Seakan tidak ingin menghilang begitu saja dari dunia ponsel, Nokia masih mengeluarkan produk ponsel pintar walaupun tidak begitu dikenal seperti Samsung, Apple, ASUS atau Huawei. Nokia 3 adalah salah satu produk yang ditawarkan Nokia dengan sistem operasi Android. Menggunakan layar LCD IPS resolusi HD berukuran 5 inci dengan bodi berbahan polikarbonat dengan rangka aluminium. Kesan mewah dan elegan terpancar dari ponsel yang ditenagai oleh prosesor Quad-core 1.3 GHz ini, salah satu hal yang menjadi nilai jual Nokia 3. Continue Reading…

(0)

Bismillah. Semoga Lomba Blog Bulan Mei 2019 ini bisa jadi rejeki Hari Raya ya. Semakin semangat dong pastinya. Yang terpenting, menulislah dengan hati agar pesan yang hendak kita sampaikan bisa mengena pas di hati. Pada akhirnya, tulisan-tulisan kita akan menjadi amal jariyah yang semoga tiada putus pahalanya. Aamiin.

DEADLINE 11 MEI “Apple Tree Pre-School BSD Blog Competition!”

Juara I: Rp 1.500.000 + Sertifikat
Juara II: Rp 1.000.000 + Sertifikat
Juara III: Rp 500.000 + Sertifikat Continue Reading…

(0)

Tidak terasa tahun 2019 sudah memasuki trisemeter kedua. Selama tiga bulan belakangan ini, bagaimana kabar resolusimu? Terutama dalam dunia blogging. Apakah sudah sesuai dengan target atau justru saat ini sedang membuat resolusi baru dalam pencapaian target penulisanmu? Tidak pernah ada kata terlambat dalam memulai ya. Yang pasti jangan lupa untuk selalu mengevaluasi targetmu. Agar waktu yang berlalu senantiasa menjadi produktif dan banyak manfaat dari diri kita yang bisa dirasakan oleh orang lain. Kalau mimin saat ini sedang membuat target minimal 1 bulan 1 lomba. Untuk mengasah kemampuan menulis, meningkatkan kunjungan, membuka pintu rejeki baru, dan memacu diri sendiri untuk selalu produktif membuat tulisan baru. Kalau kamu apa resolusi bloggingmu bulan ini? Continue Reading…

(0)

Mengasah kemampuan menulis bisa melalui berbagai cara. Salah satunya dengan mengikuti lomba blog. Sekaligus untuk memperbarui blog biar nggak karatan karena terlalu lama dibiarkan ya. Hehe. Dengan mengikuti lomba, mau tidak mau kita akan berusaha untuk mencari tema dan materi yang pas untuk lomba. Syukur Alhamdulilah jika sampai menang. Agar aktivitas nge-blog kita juga jadi produktif. Kalau motivasi ikut lomba kamu apa nih?

DEADLINE 24 MARET “VivoBook Pro F570, ASUS AMD NVIDIA dalam Satu Laptop”

Bagi para peserta lomba blog terbaru ASUS yang terpilih sebagai salah seorang pemenang akan mendapatkan hadiah sebagai berikut:

  • Juara ke 1: 1 Unit ASUS VivoBook Pro F570 Ryzen 5.
  • Juara ke 2: 1 Unit ASUS X505 Ryzen 3.
  • Juara ke 3: 1 Unit ASUS X441 AMD A4.
  • Juara ke 4 dan 5: Masing-masing 1 Unit ASUS Zenfone 5.
  • Juara Harapan: 5 Unit Dining Voucher @Rp 200.000,-.

Continue Reading…

(0)

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam merawat sukulen adalah terbakarnya sukulen karena terlalu lama terpapar sinar matahari yang sangat terik. Seperti halnya kulit kita yang dapat terbakar sinar matahari, sukulen pun demikian. Jadi, penempatan tanaman pun harus diperhatikan baik-baik ya. Sebenarnya, sudah pernah saya ulas di artikel “Agar Kaktus Tidak Mudah Busuk.” Kurang lebihnya sebagai berikut:

Tempatkan tanaman yang cukup matahari. Jika di dalam ruangan, jemur 3-4 hari sekali. Sebaiknya terkena sinar matahari pagi/sore selama 4-6 jam. Hindari panas terik untuk menghindari sunburn terutama jenis sukulen (daun-daunan). Bisa juga dengan disiasati pemberian kanopi/plastik UV dan paranet untuk menlindungi sukulen terpapar sinar matahari secara langsung.

Nah, tapi bagaimana kalau sudah terlanjur terbakar sinar matahari? Untuk sukulen yang terkena sunburn ringan, masih bisa kembali seperti semula. Sedangkan yang sudah terlanjur kecoklatan, maka akan menjadi permanen. Namun, tetap bisa tumbuh besar dengan baik setelah dilakukan perawatan sebagai berikut: Continue Reading…

(0)

Merawat sukulen bisa jadi memiliki seni tersendiri. Seperti tata cara perawatan yang sudah dipaparkan di sini, meskipun sukulen terkenal memiliki perawatan yang mudah, namun tetap memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya tidak menyiram air secara berlebihan. Kita tahu bahwa sukulen adalah penyimpan air yang baik. Jadi, tidak usah terlalu sering menyiramnya.

Lalu apa jadinya kalau kebanyakan air?

Untuk beberapa kasus tertentu (tidak semua tanaman), daun sukulen akan mengalami keretakan/pecah karena air merusak dinding selnya. Hal ini disebabkan jumlah air yang berlebihan pada tumbuhan akan meningkatkan tekanan turgor. Tekanan turgor adalah tekanan yang mendorong membran sel terhadap dinding sel sehingga tumbuhan menjadi pecah. (Jadi belajar biologi lagi ya. Hehe) Continue Reading…

(0)

I AM CACTUS

MADE UP OF THORNS

BUT STILL MANAGING

TO GROW FLOWERS

(Jennae Cecelia)

 

Kita tidak bisa memilih sebagai siapa kita diciptakan. Pastilah kebanyakan dari kita akan memilih dilahirkan di keluarga yang terpandang, mapan, harmonis, dekat dengan Allah, dan kondisi-kondisi positif lainnya. Tetapi sayangnya kita tidak bisa memilih. Hanya ada satu sikap yang bisa kita lakukan yaitu menerima segala kondisi yang melekat pada kita. Justru, posisikan kita sebagai “hamba terpilih.” Continue Reading…

(0)

Kabar gembira bagi teman-teman yang aktif di sosial media atau memang sudah lama berencana untuk berjualan kaktus dan sukulen makarame. Karena saat ini, makarame memiliki program afiliasi yang bekerja sama dengan tokopedia. Dimana teman-teman hanya perlu share link produk makarame dan jika transaksi berhasil, maka teman-teman akan mendapatkan komisi. Cara mendaftarnya juga cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ya!

Continue Reading…
(0)

Saat kami memposting tentang water propagation atau water therapy untuk mempercepat pertumbuhan akar tanaman kaktus dan sukulen di instagram, banyak yang menanyakan terkait air apa yang digunakan. Sebenarnya kami menggunakan air biasa atau bisa juga dicampur dengan menggunakan pupuk cair organik atau larutan NPK. Untuk dosisnya, ikuti petunjuk pemakaian pada pupuk yang dipakai ya. Karena bisa jadi akan berbeda-beda takaran pelarutannya.

Kami pertama kali mengenal teknik water propagation ini dari Pinterest. Banyak sekali yang memposting teknik ini dan berhasil mempercepat pertumbuhan akar tanaman kaktus dan sukulen. Padahal biasanya kaktus dan sukulen dikenal sebagai tumbuhan yang suka media kering dan jarang disiram. Sehingga banyak yang penasaran dengan teknik terapi air ini. Khawatir justru malah membusuk. Tetapi, kenyataan berlaku sebaliknya, justru pertumbuhan akar semakin cepat menggunakan terapi air ini. Continue Reading…

(0)

Penampilan fisik masih menjadi penilaian utama bagi beberapa oknum yang bergerak di industri musik. Suara bukan menjadi satu-satunya penilaian seseorang untuk bisa terjun dalam industri ini. Terlepas dari gimmick atau bukan, beberapa waktu lalu industri musik juga dihebohkan dengan salah satu acara audisi penyanyi dangdut oleh juri. Belum juga diberikan kesempatan bernyanyi, sudah dikomentari pedas terkait penampilannya. Meskipun pada akhirnya lolos dan diketahui hanya gimmick semata, tetapi tontonan tak mendidik tersebut seolah membenarkan bahwa penampilan fisik adalah hal utama seseorang untuk mencapai puncak kesuksesan di industri ini. Walaupun padahal penampilan fisik bisa juga kok dipoles secara perlahan. Yang terpenting bakat utama seorang penyanyi, yaitu suara bagus sudah dimiliki. Hal ini pula yang terjadi pada Yura Yunita, penyanyi yang mulai dikenal oleh publik setelah berduet menyanyikan lagu Cinta dan Rahasia dengan Glenn Fredly ini, pernah diremehkan bahwa fisiknya tak menjual. Suara bagus saja tidak cukup, penyanyi itu harus tinggi semampai.

Tak hanya sampai di situ, apakah teman-teman sudah pernah menonton Super Hap yang mengisahkan dua orang pemuda dengan penampilan fisik serta kemampuan berbeda yang ingin sama-sama terjun di industri musik. Teung pemuda tambun, pintar membuat lagu, dan memiliki suara bagus. Sedangkan Tong, pemuda tampan, tinggi semampai, pintar dance, tetapi memiliki suara jelek. Singkat cerita, mereka mengelabui publik dengan melakukan lip sync. Tentu, dengan persetujuan dari label yang menaungi. Begitu juga dengan Yura, dia pernah bernyanyi di belakang panggung untuk penyanyi lain di atas panggung. Suatu hal yang menyakitkan menurut saya. Terlepas dari kebutuhan hidup ya. Hehe Continue Reading…

(23)

Tanaman sukulen tasbih atau String of Pearls memang unik sehingga banyak sekali penggemarnya. Sukulen tasbih diberikan nama latin Senecio rowleyanus oleh ahli kaktus & sukulen asal Inggris, Gordon Douglas Rowley. Karakteristik tanaman tasbih memang tidak terlalu suka cahaya matahari terik secara langsung. Biasanya tumbuh di bawah pohon lain dan bebatuan. Tanaman tasbih merupakan tanaman yang menjalar. Tanaman tasbih juga dikenal dengan nama String of Beads termasuk keluarga Asteraceae dan merupakan tumbuhan asli Afrika Barat Daya.

Continue Reading…

(0)

Ada banyak merk spring bed yang bisa memberikan kenyamanan selama kita beristirahat. Salah satu merek yang cukup terkenal dan punya kualitas yang bisa diandalkan serta harga yang terjangkau menurut saya adalah merk Airland.

Tapi sebelum kita berbicara soal merk springbed yang murah dan bagus, saya ingin sedikit membahas mengenai kualitas tidur (beristirahat) di malam hari yang ternyata memiliki dampak terhadap kesehatan mental maupun fisik kita.

Continue Reading…
(0)

Plant A Memory: Give a Gift They Will Remember Forever. Souvenir merupakan salah satu bentuk apresasi untuk seseorang yang sedang berinteraksi dengan kita. Entah itu apresiasi karena sudah memenuhi undangan, mengunjungi tempat usaha, mendukung suatu kegiatan, atau bentuk apresiasi lainnya. Dan sebaik-baik bentuk apresiasi adalah yang bermanfaat bagi penerimanya. Souvenir kaktus dan sukulen bisa menjadi pilihan souvenir karena tanaman kaktus dan sukulen bermanfaat untuk membersihkan udara dengan mengurangi efek radiasi gadget yang tak terpisahkan dengan kita, maupun mengurangi polusi. Tanaman kaktus dan sukulen juga mampu menyerap CO2 saat malam hari dan menghasilkan O2 di siang hari sehingga meskipun ditaruh di dalam ruangan, tidak akan mengotori udara kita. Continue Reading…

(0)

Tak dapat dipungkiri, instagram merupakan salah satu sosial media yang berkembang pesat beberapa tahun belakang. Mulai sebagai media ajang eksistensi diri hingga sebagai katalog produk bagi para penjual online. Tentu, bagi penjual online maupun influencer, follower sangat penting. Selain meningkatkan traffic yang artinya semakin banyak orang yang melihat postingan kita, juga meningkatkan penjualan tentunya. Nah, tapi sebelumnya, saya tekankan JANGAN BELI FOLLOWER! Mengapa? Saya sendiri sudah membuktikan bahwa FOLLOWER BAYARAN tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan engagement apalagi pembelian produk kita. Entah robot atau akun bodong hasil ternakan. Hehe

Terutama bagi influencer, jangan lakukan hal ini karena justru akan memperburuk citra kamu di penilaian agensi atau klien. Kecuali kamu mengejar fasilitas URL Link di insta story (minimal follower 10K), itu lain cerita ya. Ini yang saya kejar beberapa bulan terakhir. Dengan cara ini, dalam satu hari akun IG @makarame pernah mendatangkan ratusan follower secara organik entah ini kebetulan atau memang efektif, berikut cara yang saya lakukan dan mungkin bisa juga kamu praktekkan! Continue Reading…

(21)

Bagi Anda yang belum memiliki kelebihan uang untuk membeli rumah sendiri maka Anda bisa cari sewa rumah sebagai alternatifnya. Rumah sewa cocok untuk ditinggali oleh anak kuliahan, atau pekerja kantoran yang belum menikah atau juga keluarga muda. Sembari Anda mengumpulkan uang untuk membeli rumah sendiri maka sementara itu Anda bisa tinggal di rumah sewa.

Namun agar Anda tidak rugi maka dalam cari sewa rumah maka Anda harus berhati-hati dan jangan gegabah. Karena hal itu bisa menimbulkan masalah dan ketidaknyamanan saat Anda tidak berhati-hati dalam cari sewa rumah. Memang ada banyak rumah sewa yang bisa Anda pilih namun tentunya Anda juga harus memikirkannya dengan matang dan jangan gegabah dalam memilihnya.

Jangan sampai saat Anda sudah membayar untuk bulan pertamanya namun ternyata rumah sewa tersebut tidak sesuai dengan bayangan Anda. Maka dari itu tentunya Anda harus teliti sebelum membeli rumah dijual di Bali. Serupa juga dengan konsep dalam membeli suatu barang, bahwa Anda tentunya harus teliti dulu sebelum memutuskan untuk membeli. Ada banyak sumber yang bisa Anda gunakan dalam cari sewa rumah. Continue Reading…

(0)

Perbedaan kaktus dan sukulen ini merupakan salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan. Oleh karena itu, makarame memutuskan untuk membuat ulasannya agar mudah dipahami oleh teman-teman pecinta kaktus dan sukulen. Walaupun ulasannya sebenarnya sudah banyak, tetapi semoga bisa menambah wawasan atau sekedar melengkapi dari ulasan yang sudah ada.

Sederhananya, jika ada yang tanya perbedaan kaktus dan sukulen, saya selalu menjawab Kaktus yang berduri kak dan yang disambung batang hijau ini, sedangkan sukulen yang daun-daunan. Tentu sambil menyodorkan foto maupun produk yang ada.
Secara ilmiah, berikut perbedaannya ya: Continue Reading…

(0)

Rata-rata rambut seseorang bisa tumbuh sepanjang setengah inci setiap bulannya. Meski demikian, faktor genetik juga berkontribusi besar terhadap perbedaan pertumbuhan rambut setiap individu. Namun, perbedaan tersebut tidaklah terlalu signifikan.

Jika kamu berencana untuk memanjangkan rambut, kamu wajib memelihara dan menjaga kesehatannya dengan secara teratur dan lebih intens dibandingkan saat kamu memiliki rambut pendek. Karena semakin panjang ukuran rambut, kemungkinan untuk mengalami masalah seperti kerontokan, rambut bercabang, hingga rambut yang mudah patah semakin besar.

Nah, jika ingin memanjangkan rambut agar tumbuh sehat dan kuat, ada beberapa tips yang bisa kamu coba di antaranya adalah: Continue Reading…

(13)

Merawat kaktus dan sukulen bisa dibilang gampang-gampang susah. Jelas karena tanaman juga makhluk hidup yang memiliki karakteristik sendiri meskipun masih satu spesies. Tata cara perawatan yang dianjurkan pun terkadang tidak semuanya membuahkan hasil yang diinginkan. Banyak pertanyaan mengapa tanaman kaktus dan sukulen saya mati padahal sudah dirawat sesuai dengan anjuran tata cara perawatan? Atau pertanyaan mengapa warna kaktus saya pudar dan tumbuh kurus menjulang? Pertanyaan kedua ini lumayan sering ditanyakan. Oleh karena itu, kami coba mengulasnya semoga bisa menjadi referensi ya. Saya juga senang banget kalau dapat kiriman gambar yang indah-indah dari para pelanggan. Apalagi kalau sampai berbunga ya! Saya juga sangat menantikan momennya. Continue Reading…

(17)

Propagasi atau stek daun identik dengan perkembang-biakan tanaman cocor bebek. Ternyata, sukulen pun dapat diperbanyak dengan metode stek daun alias perkembang-biakan dengan memotek daun sukulen. Jadi, tidak perlu sedih ya, kalau ada daun sukulen kita rontok. Bisa jadi, karena dia ingin memperbanyak diri. Berikut beberapa langkah yang bisa dipraktekkan untuk memperbanyak sukulen: Continue Reading…

(11)

Berjualan online saat ini menjadi langkah yang banyak ditempuh oleh para pengusaha. Hampir semua produk dapat dijual online. Tidak terbatas apakah itu tanaman kaktus dan sukulen, makanan, baju, aksesoris, mebel, dan masih banyak yang lainnya. Berkembangnya teknologi baik gawai maupun jaringan internet yang tersebar merata hingga ke pelosok negeri, meningkatkan jumlah peselancar di dunia maya. Pun didukung oleh ekspedisi yang menjangkau hampir semua daerah di Indonesia.

Keterbatasan waktu juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa saat ini orang lebih suka berbelanja online. Seringkali kita malas untuk keluar karena macet atau ada kesibukan lain dan memilih untuk pesan online. Peluang ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik oleh para pengusaha. Namun, seiring dengan meningkatnya penjual online, maka pesaing pun semakin meningkat. Oleh karenanya, kita membutuhkan strategi yang tepat agar kita mampu bersaing dengan kompetitor. Lantas apa saja yang sebaiknya kita lakukan untuk bertahan dalam berjualan online? Setidaknya terdapat 7 langkah berikut: Continue Reading…

(22)

Pada umumnya wisuda dilakukan dengan penuh khidmat dan penuh sukacita. Karena ga kerasa, perjuangan menempuh bangku kuliah selama 4 tahun sudah mencapai akhir dengan diwisudanya para mahasiswa. Pakaian formal dipadukan dengan almamater dan baju wisuda seringkali jadi dresscode wajib bagi wisudawan di hari yang bahagia ini. Namun berbeda dengan acara wisuda kebanyakan, di Jepang tepatnya di Universitas Kyoto, perayaan wisuda sangat unik dan meriah. Seperti apasih keseruannya, yuk kita intip disini. Continue Reading…

(19)

Piala Dunia merupakan sebuah pertandingan sepak bola yang dimana akan mempertemukan berbagai tim nasional yang berasal dari berbagai negara yang menjadi perwakilan mereka untuk memperebutkan piala tersebut. Ajang yang satu ini juga pastinya sangat ditunggu-tunggu serta dinantikan oleh para pecinta dan penggila sepak bola di Indonesia. Terutama, jika masyarakat Indonesia memiliki satu tim jagoan yang paling mereka dukung dengan berbagai cara. Salah satu tim yang memiliki banyak pendukung dan penggemarnya di negara ini adalah Argentina. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali pemain sepak bola terkenal yang turut bertanding dalam Piala Dunia sebagai wakil dari negara tersebut. Untuk mendukungnya, tentu saja Anda bisa menonton langsung pertandingannya di stadion Rusia atau melalui televisi. Memberikan dukungan untuk tim jagoan tersebut juga sangat mudah, Anda bisa membeli pernak-perniknya dari situs jual beli online terpercaya yang jual bendera Argentina. Tidak semudah itu, untuk membuat produk semakin laku dan diminati, maka Anda bisa melakukan beberapa kreasi ini:

Continue Reading…

(0)

Tas seperti model backpack atau ransel, tidak hanya digunakan oleh pria namun juga wanita. Jenis tas yang digendong di punggung ini memungkinkan Anda untuk bisa membawa barang lebih banyak. Keunggulan lain dari jenis tas backpack ini adalah Anda tidak akan terlalu capek atau sakit di bagian bahu saat Anda harus menggendong tas ransel dan muatannya ini dalam waktu yang cukup lama. Namun, hal tersebut juga dipengaruhi oleh jenis ransel yang tepat dan untuk memilihnya, ada beberapa cara mudah ini yang bisa Anda pilih. Continue Reading…

(2)

Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa informasi tentang kursi kerja konferensi dan juga kursi eksekutif yang biasa digunakan pada suatu perusahaan / instansi :

 

Kursi Konferensi

Pada umumnya, kursi ini juga sering dikenal sebagai kursi ruang rapat. Sesuai dengan namanya, kursi ini dibuat untuk berbagai acara pertemuan atau rapat suatu perusahaan. Kursi konferensi dirancang dengan berbagai model dan desain, hal tersebut dimaksudkan untuk membuat ruangan pertemuan tidak membosankan dan digunakan dalam ruang konferensi atau pertemuan selama acara berlangsung. Walau kursi ini tidak dimaksudkan untuk duduk lama berjam – jam, namun para pengunjung harus tetap merasa nyaman, terlebih tidak jarang dalam acara rapat atau pertemuan terjadi suatu ketegangan saat membahas suatu permasalahan. Tak heran, jika kursi tersebut dirancang untuk memberikan efek kenyamanan kursi kerja. Dengan berbagai jenis model yang ada, Anda dapat menemukan kursi konferensi dengan memiliki kastor dan model kaki beroda di ruang rapat atau pertemuan tertentu sesuai dengan tingkat kenyamanan yang Anda inginkan.

Continue Reading…

(0)

Ketika para wanita masih menginjak usia remaja dan juga masih lajang, pastinya itulah masa yang paling bahagia karena mereka masih memiliki tubuh yang normal dan kebanyakan dari anak muda sekarang memiliki tubuh yang ideal dan langsing. Hal tersebut tentunya akan sangat cepat berubah ketika Anda sudah menikah dan sedang mengandung, pastinya Anda pun akan merasa kesusahan dalam segala aspek. Selain bentuk tubuh yang berubah, mencari baju untuk ibu hamil memang tidaklah mudah. Terkadang ada yang membuat pakaian tersebut terasa tidak nyaman, modelnya yang sangat terbatas, tidak sesuai dengan trend masa kini, dan lain sebagainya. Hal tersebut pasti Anda alami ketika sudah mengandung, berpakaian modis adalah hal yang cukup sulit. Namun tidak perlu khawatir, sekarang ini di situs belanja online terpercaya sudah ada berbagai model baju hamil terbaru yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan pastinya tidak ketinggalan zaman. Berikut inilah beberapa modelnya:

Continue Reading…

(0)

Sebagai seorang ibu dan istri, pertimbangan matang sebelum membeli sesuatu adalah hal wajib. Agar keuangan keluarga tetap stabil dan terhindar dari pengeluaran yang mubadzir. Salah satunya adalah pertimbangan membeli gawai baru. Membaca review dan meminta pertimbangan suami agar alasan membeli gawai tetap netral dan tidak mengada-ada. Iya kan, kadang saking pengennya, pokoknya ada saja alasan pengen beli. Alhamdulilah, gayung bersambut, saya mendapat kesempatan untuk mengulas OPPO F7. Setelah beberapa hari mencoba, setidaknya ada 7 alasan mengapa saya jatuh hati dengan OPPO F7. Bagaimana dengan kamu? Continue Reading…

(48)

Pulsa menjadi salah satu kebutuhan primer yang kini harus dipenuhi oleh setiap orang. Tentunya setiap provider juga memiliki nominal yang berbeda-beda. Beli pulsa kini sudah semakin mudah berkat adanya beragam situs online yang akan sangat membantu dalam pembelian pulsa ini. Di era digital memang semuanya sudah menggunakan sistem dan layanan online agar lebih mudah dan juga agar lebih terbantu.

Jika Anda akan membeli pulsa, kini juga sudah bisa melalui toko online yang pastinya harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli secara langsung. Berikut ini adalah cara mendapatkan pulsa ini antara lain: Continue Reading…

(0)

Tak semua orang menyukai pendakian Gunung. Tapi nyatanya, Gunung Semeru menjadi salah satu tujuan favorit para pendaki di Indonesia. Dengan ketinggian 3.676 mdl, gunung ini menawarkan pemandangan dan pengalaman bagi para pendaki.

Untuk mencapai Gunung Semeru, bagi kamu pendaki luar kota, kamu harus tiba di Malang terlebih dahulu. Bila mempertimbangkan untuk terbang dengan pesawat Citilink promo, hitung berat carrier dan perlengkapan Camping kamu jangan sampai harus membayar bagasi tambahan. Sesampainya di Malang, kamu dapat menggunakan kereta api dengan tujuan Stasiun Kota Baru Malang. Jangan terkejut jika kamu akan bertemu dengan banyak pendaki lain di kereta ini, terutama jika akhir pekan tiba.

Dari stasiun, kamu masih harus meneruskan perjalanan ke Tumpang di Malang. Di sinilah para pendaki melakukan persiapan terakhir sebelum pendakian ke Semeru, kamu juga melengkapi logistik di pasar di daerah ini. Namun, perlu diingat untuk mendaki Gunung Semeru, kamu harus sudah melengkapi surat-surat yang dibutuhkan dan melakukan pendaftaran melalu online, karena sejak tanggal 1 Oktober 2017, sudah diberlakukan pendaftaran secara online. Jadi setelah mendaftar kamu bisa langsung akses https://www.traveloka.com/citilink untuk membeli tiket pulang pergi ke Malang. Continue Reading…

(6)

Nokia terkenal sebagai produsen yang mempunyai kualitas yang tinggi dan sempat tertinggal di pasaran dengan berbagai merek handphone terbaru lainnya. Sekarang ini, Nokia mulai memperkenalkan banyak produknya dan juga lebih ramah pada konsumen karena menggunakan OS android dan juga menawarkan harga yang terjangkau. Ada beberapa handphone Nokia terbaru yang ada di pasaran dan dapat dipilih oleh masyarakat tergantung dari spesifikasi yang diinginkan dan juga budget yang dipunyai. Salah satu pilihan tipe terbaru yang ada adalah Nokia 6 yang mempunyai kualitas yang terbaik. Harga Nokia 6 di pasaran sekitar 3,3 jutaan rupiah di toko online terpercaya dan toko handphone offline dan menawarkan keunggulan spesifikasi lengkap seperti berikut. Continue Reading…

(23)

Khasiat & manfaat kurma pasti sudah tak asing lagi bagi kita. Mulai dari manfaat sebagai pendukung program hamil, booster ASI, MP ASI, membantu memperlancar persalinan, sampai sunnah makan sahur dan berbuka puasa. Bahkan penelitian terbaru dari Fazal Khan dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa kurma ajwa mengandung fitokimia yang telah memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, hepatoprotektif dan nefroprotektif. Manfaatnya yaitu kurma ajwa dapat berperan sebagai agen kemopreventif melawan kanker payudara dan kanker ganas lainnya. Masya Allah, begitu besarnya ya, manfaat kurma ini. Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata kurma juga bermanfaat untuk meningkatkan kesejateraan ekonomi para penjualnya. Mengingat, kebutuhan kurma tidak hanya musiman, tetapi sepanjang tahun, Salah satunya, Kurma Asli, penjual kurma kualitas premium dengan harga terjangkau agar manfaatnya semakin bisa dinikmati masyarakat luas. Berikut produk yang ditawarkan. Continue Reading…

(0)

Kehidupan sebagai ibu baru memang menarik ya. Idealnya sih, persiapan itu jauh dilakukan sebelumnya. Yah, semacam practice makes perfect lah ya! Jadi, sebelum menikah, belajar ilmu pernikahan. Setelahnya belajar seluk beluk kehamilan. Selanjutnya, memahami ilmu parenting. Tujuannya, agar tidak bingung & bisa memberikan peran maksimal. Kalau saya, learning by doing, tapi ternyata ini nggak bener ya, ada baiknya berilmu dulu sebelum bertempur. Biar nggak gampang galau kayak saya. Seringkali merasa selalu kurang dalam mendampingi tumbuh kembang anak setelah mendapat cerita dari yang lain. Hehe. Salah satunya ilmu toilet training. Sebenarnya, kapan sih waktu yang tepat untuk mengajarkan anak toilet training? Continue Reading…

(0)

Mini compo kini telah banyak berevolusi. Jika dulu mini compo hanya berfungsi untuk menyetel berbagai media seperti kaset atau cd, kini mini compo telah bertansformasi. Bukti dari transformasi tersebut adalah tersedianya berbagai fitur anyar yang dimilikinya. Salah satu merk yang melakukan evolusi dalam produk mini componya adalah Panasonic yang mengeluarkan Mini Compo HIFI SC Max 9000. Lalu, apakah yang menjadi keunggulan mini compo HIFI Panasonic SC Max 9000 hingga menjadi produk andalan Panasonic di lini mini compo? Artikel berikut akan mengulas seputar beragam fitur yang ditawarkan mini compo HIFI Panasonic SC Max 9000. Continue Reading…

(1)

Dapur agaknya menjadi tempat yang sangat istimewa bagi para ibu rumah tangga, karena di tempat itulah nantinya mereka akan membuat berbagai macam hidangan yang menggugah selera. Untuk itulah tak jarang diantaranya yang kemudian memutuskan untuk merenovasi dapur mereka menjadi seindah dan juga senyaman mungkin untuk menunjang kegiatan memasak. Bahkan tak bisa dipungkiri jika seandainya banyak diantara perabotan yang ditambahkan kedalam ruang memasak tersebut. Sebenarnya tak perlu terlalu banyak jenisnya, cukup dengan memiliki kitchen set saja.

 

Seperangkat furniture ini yang akan sangat berguna untuk kebutuhan dapur Anda, yaitu guna membuatnya menjadi lebih indah dan juga menunjang memasak jadi lebih nyaman, bahkan banyak diantara ibu rumah tangga yang memutuskan untuk mendesain sendiri furniture yang satu ini. Ada banyak pilihan modelnya yang dijual di pasaran atau bahkan ketika ingin membelinya sendiri, menyesuaikan dengan budget yang memang Anda miliki.

Bagi para ibu rumah tangga uang memiliki ukuran dapur minimalis terkadang agak kebingungan di dalam mencari pilihan model dan ukuran yang tepat pada kitchen set rumah mereka, hal ini disebabkan karena takutnya dengan menempatkan furniture tersebut maka nantinya akan membuat dapur terasa menjadi jauh lebih sesak dibandingkan dengan sebelumnya. Tak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membuat dapur tetap nyaman dengan furniture tersebut meskipun ukurannya minimalis, diantaranya adalah:

Continue Reading…

(2)

Kaktus dan sukulen dipercaya memiliki manfaat sebagai penangkal radiasi dan penyerap CO2 di malam hari sehingga sangat cocok sebagai teman bergadang di depan laptop atau gadget lainnya. Eits, tetapi bukan berarti boleh bergadang terus-terusan ya. Tetap harus dibatasi supaya badan tetap sehat. Tubuh kan juga perlu istirahat. Tidak boleh diforsir secara berlebihan. Ibarat robot juga tetap butuh maintenance services. Hehe

Saat ini terdapat ratusan varian kaktus dan sukulen yang unyu-unyu sebagai pelepas lelah. Tanaman yang menyegarkan mata nan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ini wajib menjadi koleksi generasi jaman now. Tahu sendiri kan, generasi milenial saat ini tak akan pernah lepas dengan gadget. Pun, waktunya yang super sibuk dengan segala aktivitas atau pekerjaan yang menumpuk setiap harinya, sangat cocok memelihara jenis tanaman yang satu ini. Perawatannya yang tidak ribet, daya tahan tubuhnya yang bagus, dan bonus bunga cantik jika Anda beruntung, merupakan serangkaian alasan yang tepat untuk mengadopsi kaktus dan sukulen ini. Setidaknya ada 118 jenis tanaman kaktus dan sukulen yang bisa kamu pilih dengan harga terjangkau seperti ini: Continue Reading…

(3)

Kaktus dan sukulen saat ini sedang menjadi tanaman yang naik daun. Perawatannya yang tergolong cukup mudah, cantik, penyerap CO2 di malam hari, dan penghalau radiasi yang baik membuat tanaman ini semakin digemari. Satu lagi, varian tanaman yang beraneka ragam membuat pecintanya tak bosan-bosan berburu varian terbaru sebagai pelengkap koleksi. Hmm… menyehatkan sekali ya, koleksi tanaman kaktus dan sukulen ini.

Harga kaktus dan sukulen ini juga tergolong terjangkau sehingga bisa dijadikan sebagai souvenir ramah lingkungan. Souvenir kaktus dan sukulen banyak dijumpai di acara pernikahan, ulang tahun, wisuda, bahkan sampai merchandise acara perusahaan yang tentu peduli dengan isu lingkungan. Berikut beberapa contoh souvenir kaktus dan sukulen yang bisa kalian pilih sebagai kenang-kenangan bagi para tamu undangan. Continue Reading…

(0)

Rehat sejenak dari segala aktivitas harian menjadi hal yang diidamkan banyak orang. Bagi orang yang memiliki jadwal padat, libur tidak sekadar menjadi hari tanpa arti, melainkan sebagai cara relaksasi. Menyegarkan pikiran tak selalu berdiam diri di rumah. Ada banyak tempat wisata alam yang seru untuk dikunjungi di Bekasi.

 

Kendati dikenal sebagai kawasan industri, nyatanya Bekasi memiliki segudang potensi wisata yang mumpuni. Adapun 3 rekomendasi destinasi wisata alam terbaik di Bekasi, antara lain sebagai berikut. Continue Reading…

(1)

Kita memang tak harus menunggu momen tertentu bila ingin memberikan kado kepada ibunda. Namun biasanya momen hari raya seperti lebaran menjadi kesempatan istimewa untuk menunjukkan perhatian dan kasih sayang. Sehingga kita bisa memberikan kado istimewa kepada ibunda pada hari tersebut.

Mungkin kita sering bingung memilih kado untuk wanita kesayangan kita tersebut. Karena ibunda tentu tidak pernah meminta hadiah khusus kepada kita. Namun kini kita tak akan bingung lagi setelah mengetahui beberapa rekomendasi kado spesial berikut ini: Continue Reading…

(0)

Rumah memiliki makna mendalam bagi setiap penghuninya. Tak hanya melindungi ketika panas dan hujan saja, namun rumah juga memiliki makna lain dimana sebagai saksi bisu segala hal yang terjadi oleh penghuni di dalamnya. Oleh karena itu memiliki rumah yang nyaman pastinya jadi harapan untuk semua orang. Selain kenyamanan, dari segi desain rumah juga harus bagus sehingga sisi estetikanya tetap terjunjung tinggi. Salah satu cara mendesain rumah adalah dengan menambahkan karpet di beberapa bagian ruangan. Harga karpet pun bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Lantai rumah bisa dijadikan lokasi tepat untuk menambah keindahan di rumah Anda. Memang menjadikan keramik sebagai lantai rumah adalah hal yang sangat umum dilakukan. Namun kadang lantai berkeramik saja cenderung memberikan efek hawa yang dingin kepada penghuninya. Oleh karena itu penambahan karpet akan bisa jadi jalan alternatif. Karpet akan memberikan sentuhan lain di dalam rumah dan mampu menambahkan kehangatan di dalamnya.

Kini sudah banyak sekali tersedia karpet dengan ragam material dengan harga yang bervariatif dan tersedia baik di toko fisik hingga situs belanja online sehingga bisa Anda jadikan pilihan. Berikut ini beberapa jenis material karpet dan kisaran harganya di pasaran: Continue Reading…

(0)

Pergantian tahun seringkali identik dengan resolusi. Tapi, resolusi tak harus selalu awal tahun kok. Bisa juga setiap saat, karena setiap waktu adalah kesempatan. Resolusi dibuat khususnya memang untuk menyemangati kita ya, agar setiap tahun selalu lebih baik dari sebelumnya. Nah, setiap hari sebaiknya ada evaluasi. Langkah apa yang terlepas sehingga menghambat pencapaian resolusi kita. Kali ini, resolusi saya adalah meningkatkan trafik pengunjung. Sebenarnya sudah banyak ya, tutorial agar blog banyak pengunjungnya. Tetapi, versi saya, semoga bisa juga bermanfaat buat teman-teman, adalah sebagai berikut. Continue Reading…

(0)

Seiring dengan perkembangan jaman yang kian maju, saat ini internet sudah bisa kita gunakan sebagai sarana yang sangat mudah dan juga cepat dalam melakukan berbagai macam hal seperti salah satu diantaranya ialah melakukan konsultasi dokter. Kegiatan atau aktivitas yang satu ini biasanya dilakukan melalui pusat layanan kesehatan baik itu klinik, Rumah Sakit dan lainnya. Ada banyak keunggulan yang bisa kita rasakan dari melakukan konsultasi melalui online ini. Berikut akan saya paparkan beberapa kelebihannya. Continue Reading…

(0)

Mungkin banyak di antara kita yang masih ragu-ragu mana yang lebih baik, sarapan atau olahraga dulu? Ternyata, menurut Prof Hardinsyah, Guru Besar Ilmu Gizi FEMA IPB dan Rektor USAHID, keduanya sama baiknya, namun hal ini ada aturannya. Tergantung kondisi tubuh, jenis, intensitas, dan tujuan olahraga. Berikut beberapa kondisi yang sebaiknya diperhatikan sebelum memutuskan sarapan atau olahraga dulu: Continue Reading…

(40)

Menanam memberikan kesenangan tersendiri bagi orang yang suka dengan tanaman. Bahkan ibu saya bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam jika sudah berurusan dengan tanam-menanam. Tidak sempat di siang hari, hingga tengah malam pun dilakukan. Tetapi, memang, hati tidak pernah membohongi hasil. Hampir setiap tanaman yang ditanam beliau selalu tumbuh subur. Bahkan lidah buaya di teras rumah kami bisa sebesar betis. Banyak yang akhirnya meminta bibit atau tanaman lidah buaya untuk obat. Bibit lidah buaya di rumah pun hampir tidak tertampung. Karena memang kami tidak memiliki lahan. Hanya teras kurang lebih 1×9 meter saja. Saya? Mencoba mengikuti jejak ibu, tetapi untuk tanaman kecil-kecil saja. Karena memang sudah tak ada lahan. Plus, saya tidak setelaten ibu yang mau memindahkan ke pot-pot super besar. Hehe… Terarium kaktus dan sukulen menjadi pilihan saya. Seperti apa? Yuk, lihat di sini: Continue Reading…

(3)

Hallo, Kaktus Lovers! Bagi pecinta kaktus dan sukulen, pasti sudah tidak asing lagi dengan pumice sebagai salah satu media tanam terbaik. Pumice memiliki tingkat keporosan dan kandungan mineral yang baik untuk kaktus dan sukulen. Pumice sendiri adalah batu apung yang berasal dari bebatuan vulkanik muntahan magma gunung berapi. Kelebihan batu apung untuk tanaman kaktus dan sukulen adalah strukturnya yang berongga sehingga baik untuk mengatur drainase dan kelembaban akar, kaya akan mineral, serta tahan terhadap jamur. Berikut beberapa manfaat pumice yang wajib diketahui oleh pecinta kaktus dan sukulen. Continue Reading…

(0)

Jumlah penderita Diabetes Mellitus (DM) di Indonesia menduduki urutan ke-4 di  dunia. Hal ini berarti bahwa perlu perhatian khusus terkait pengendalian gula darah penderita DM. Berbagai macam diet diciptakan sebagai upaya pengendalian gula darah penderita DM. Salah satunya yang menjadi kebiasaan turun temurun di Indonesia adalah sugesti bahwa konsumsi nasi dingin atau nasi kemarin baik untuk mengendalikan gula darah. Walaupun beberapa pakar kesehatan mengatakan hal ini hanya mitos, namun ternyata hal ini dapat dijabarkan secara ilmiah. Berdasarkan penelitian Afiska Prima Dewi, mahasiswi Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Semarang.

Secara ilmiah, dijelaskan bahwa perubahan suhu dapat mempengaruhi struktur pati nasi. Penurunan suhu pada nasi dapat meningkatkan jumlah pati resisten sehingga baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan konsumsi pati resisten dalam jumlah tinggi dapat membantu mengontrol kenaikan kadar glukosa darah akibat pelepasan glukosa menjadi lebih lambat (5-7 jam). Dalam bahasa ilmiahnya, nasi dingin memiliki nilai indeks glikemik (IG) lebih rendah dibandingkan nasi yang baru matang.

Nah, bagaimana greeners? Sudah tahu kan sekarang alasan mengapa nasi dingin dianggap lebih baik daripada nasi yang masih hangat?

Untuk membaca metode penelitian lebih lengkap dapat dibaca di sini. Salam sehat ya, greeners…!!!

(0)

Alhamdulilah, sebentar lagi bulan Ramadhan ya, greeners. Selama kurang lebih 30 hari kita berpuasa. Meskipun begitu, bukan jadi alasan bagi kita untuk tidak produktif lho ya. Prof Hardinsyah, Guru Besar & Ahli Gizi IPB sudah memberikan 10 Tips Puasa Sehat dan 10 Tips Puasa Bugar untuk kita. Jadi, puasa kali ini harus lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya ya, greeners.

Agar kita mudah memahaminya, Prof Hardin membuat akronim dari masing-masing tips. Yuk, kita bahas sat per satu mulai dari P-U-A-S-A-S-E-H-A-T & P-U-A-S-A-B-U-G-A-R berikut ini! Continue Reading…

(2)

Setelah berhasil diolah menjadi makanan yang enak dan bergizi, kini bekicot naik pamor sebagai salah satu kosmetik perawatan wajah. Lendir bekicot ternyata berkhasiat untuk menghilangkang kerutan di wajah dan menghaluskan kulit. Lendir bekicot mengandung glycosaminoglycan (GAG) yang dipercaya dapat mengikat senyawa copper peptide.

Glycosaminoglycan (GAG) merupakan sejenis karbohidrat yang penting dalam menjaga jaringan penghubung antar sel sehingga kulit tampak lebih kencang. Senyawa ini juga termasuk dalam komponen penyusun hyalorunat, yaitu senyawa yang menjaga kelembapan kulit. Continue Reading…

(1)

Indonesia memang kaya akan ragam budaya. Entah berapa banyak aneka aksara dan bahasa yang ada berdasarkan hasil intelektual suku bangsa dari Sabang sampai Merauke. Hingga akhirnya hari ini saya membaca sebuah artikel tentang Aksara Incung milik Suku Kerinci, Provinsi Jambi. Jujur saja, baru hari ini lho, saya tahu ada Aksara Incung. Bagaimana dengan greeners? Sudah pernah tahu sebelumnya?

Penasaran dengan Aksara Incung, saya menjelajah ke dunia maya terkait aksara ini. Ternyata banyak ulasan tentang Aksara Incung Kerinci. Sekilas, Aksara Incung ini hanya berupa guratan-guratan garis, checklist, sama dengan, gelombang, plus, minus, dan lain sebagainya. Tidak terlihat seperti sebuah aksara seperti halnya Aksara Jawa yang selama ini saya pelajari. Tapi, ternyata, Aksara Incung ini tidak kalah menariknya untuk dihayati. Continue Reading…

(2)

Sudah pernah mendengar wisata Bantir Hills? Ekowisata yang kekinian dan instagramable banget. Menurut saya, ekowisata akan menjadi potensi wisata kekinian yang akan terus diburu sampai kapan pun. Pasalnya, begitu banyak lahan hijau yang beralih fungsi menjadi pohon beton. Sehingga orang-orang akan berbondong-bondong mencari udara segar di saat waktu senggangnya. Terjawab sudah dengan siklus kemacetan arah puncak setiap kali libur panjang atau weekend. Potensi inilah yang akhirnya terbaca oleh KelompokSadar Wisata Gentur Cahaya Gumintang untuk membuat ekowisata Bantir Hills di areal seluas 3 hektar termasuk KPH Kedu, yang secara administrasi pemerintahan terletak di Kabupaten Semarang Kecamatan Sumowono Desa Losari. Eko wisata ini terletak pada ketinggian 1000 m dpl, konfigurasi lapangan berupa perbukitan. Kawasan ini mempunyai curah hujan 2.700 mm/th dengan suhu udara 15-25 0C. Dan, jika beruntung, kamu bisa menikmati sejuknya kabut khas Gunung Ungaran. Brrr…. Continue Reading…

(6)

Belum lengkap rasanya jika belum memiliki tujuan untuk berwisata pada tahun baru 2018 nanti. Sebetulnya ada banyak beberapa tempat wisata di Indonesia yang terkenal hemat dan murah. Wisatawan dengan budget pas-pasan atau dana terbatas biasanya memilih tempat wisata yang memiliki akomodasi yang murah dan juga biaya makan yang murah namun dengan banyak pilihan. Urusan booking tiket pesawat biasanya sudah mereka lakukan jauh hari sebelumnya demi mendapatkan harga tiket murah. Salah satu trik untuk mendapatkan tiket murah. Pada liburan tahun baru biasanya lakukan pemesanan 90 hari sebelumnya bahkan satu tahun sebelumnya. Terutama buat beberapa maskapai yang memang kerap kali memberikan promo tiket pesawat murah. Berikut adalah 7 tempat wisata murah tapi tidak murahan yang bisa kamu jadikan sebagai tujuan liburan tahun baru 2018. Continue Reading…

(0)

Semua orang tentu tertarik untuk ikut memanfaatkan moment harbolnas Bukalapak sebab disinilah banyak produk menarik bisa ditemukan. Pasalnya sebagai salah satu situs jual beli online atau marketplace tentu di dalamnya banyak penjual dari banyak daerah. Banyaknya penjual yang menggelar lapak disini memberikan lebih banyak produk menarik, mulai produk lokal dan ready stock sampai produk import yang perlu Pre Order terlebih dahulu. Continue Reading…

(0)

Makanan ringan mempunyai banyak jenis yang bisa dipilih sesuai dengan selera masing-masing. Dari jenis kue kering, chiki-chikian, atau juga bisa untuk memilih jenis makanan yang panjang dan kecil-kecil yang sering disebut juga dengan stick. Untuk jenis stick tersebut ada banyak yang bisa dipilih dari yang berbahan dasar kentang, ayam, bawang bombay, dan juga ada yang terbuat dari bahan keju. Stick yang terbuat dari keju tersebut sangat digemari oleh masyarakat terutama yang menyukai makanan dari bahan keju. Sehingga tidak heran apabila jenis cemilan cheese stick sangat dicari dan digemari oleh banyak orang karena menawarkan rasa yang gurih. Continue Reading…

(1)

Rumah merupakan sebuah kebutuhan primer yang harus dipenuhi dan dimiliki oleh setiap keluarga. Rumah berfungsi sebagai tempat berteduh dari terik matahari dan hujan, serta berkumpulnya keluarga. Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Maurin Sitorus menyebutkan, saat ini terdapat 100 juta atau 40 persen penduduk Indonesia tidak memiliki kemampuan membeli rumah layak huni.

Adanya permasalahan tersebut Dompet Dhuafa menginisiasi Program Rumah Tumbuh dengan merenovasi rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni bagi masyarakat yang kurang mampu. Program ini difokuskan pada Dusun Kalialang Baru, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Continue Reading…

(1)

Cek sisa pulsa dan butuh pulsa mendadak tengah malam ini memang membuat kita terkadang merasa kesal, karena belum tentu kita dapatkan toko yang buka atau terkadang minimarket yang maintenance sehingga kita tidak bisa mendapatkan pulsa. Beli pulsa online murah dan lebih praktis, lengkap & terjamin di Tokopedia dengan berbagai metode pembayaran. Kini tidak perlu ragu untuk membeli pulsa di Tokopedia, dengan pilihan lengkap all operator seluler se-Indonesia, banyak jenis paket pulsa handphone & harga jual pulsa online yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

Cara beli pulsa secara online di Tokopedia lebih mudah & terpercaya, hanya dengan memasukan nomor dan pilih nominal pulsa yang dibutuhkan, pulsa segera masuk ke handphone dalam waktu yang singkat. Isi pulsa di Tokopedia bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun melalui browser handphone, smartphone, dan tablet, PC/Laptop di kantor dan di rumah dan via aplikasi Tokopedia di Android Google Play Store dan Apple App Store.

Cara beli pulsa online murah di tokopedia : Continue Reading…

(0)

Semua orang tentu menyukai voucher diskon dan rela menggunakan dana lain di rekening tabungan untuk menikmati diskon tersebut. Pasalnya dengan adanya pesta diskon di sebuah tempat belanja baik situs belanja online maupun konvensional artinya bisa mendapatkan harga murah. Harga yang turun lebih murah berkat diskon ini ternyata tidak menjamin budget belanja bisa lebih nyaman di kantong. Pasalnya banyak orang mengaku justru mendapati kantongnya kering usai menikmati diskon. 

Lah, kok bisa? Bisa saja, karena konon kabarnya ketika diskon digelar lebih banyak orang gelap mata dalam berbelanja. Dalam pikiran hanya ada keinginan mengambil barang lebih banyak karena mumpung murah sehingga tidak sempat melihat isi kantong. Bisa jadi isinya minim dan karena transaksi belanja lebih banyak otomatis mengurangi anggaran untuk kebutuhan lainnya. Pengelolaan keuangan pun menjadi keteteran, maka usahakan untuk bijak dalam menyikapi diskon tersebut.

Continue Reading…

(0)

Menjual (Selling) adalah bagian terpenting dalam sebuah bisnis. Cashflow bisnis akan jelek jika aktivitas penjualannya buruk.

Produk itu sifatnya netral.

Jadi, produk bagus dipasarkan secara kacau hasilnya merusak value produk, konsumen akan beranggapan produk tersebut jelek.

Produk jelek, dipasarkan secara baik hasilnya menambah value produk, konsumen akan beranggapan produk tersebut bagus.

Tujuan akhir dalam selling adalah closing (terjadinya transaksi). Maka, jika fokus closing, yang diutak-atik adalah teknik menjualnya.

Ingatlah, produk boleh sama, penjualnya beda, hasil transaksinya akan beda.

Bagi pengusaha, belajar cara jualan yang baik adalah sebuah keharusan bukan pilihan. Kali ini, agar jualan teman-teman lebih powerful. Ingatlah 3 inti jualan ini.

Continue Reading…

(0)

Every journey, begins with a single step – Maya Angelou. Setiap orang sukses pasti mengawalinya dari bawah. Mulai membangun pondasi sedikit demi sedikit hingga kuat menopang setiap hal yang ada di atasnya. Bisa dibayangkan bukan apa yang akan terjadi jika sebuah bangunan kokoh berdiri di atas pondasi yang rapuh? Begitu juga bisnis, sebagai seorang pengusaha, kita harus memiliki pondasi yang kuat. Setelah kita belajar tentang 4 Mindset yang Harus Dimiliki Seorang Pebisnis, sekarang kita belajar tentang tahapan atau level seorang pengusaha. Setidaknya terdapat 5 Level Pengusaha. Kamu sudah di level mana?

Continue Reading…

(0)

Tidak ada bedanya antara bisnis online dan offline. Yang membedakan hanyalah medianya saja. Nah kenapa dalam bisnis online kita harus memiliki mindset yang tepat? Karena banyak orang yang beranggapan ketika berbisnis secara online hasilnya banyak dan cepat. Ketika hasilnya tidak sesuai anggapan, maka lemas, loyo, down. So, mindset apa saja yang harus dimiliki oleh pebisnis online? Berikut 4 mindset penting yang harus dimiliki oleh pebisnis online:

Continue Reading…

(0)

Mendidik anak memiliki tantangan tersendiri di setiap jamannya. Tantangan membesarkan kids jaman now salah satunya adalah akses internet yang sudah sangat bebas. Seperti dua sisi mata uang, internet juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Sebagai orang tua, kita wajib mengarahkan anak untuk berinternet sehat. Parental control terbaik adalah kita harus senantiasa mengawasi anak bermain gadget. Namun, tidak selamanya kita bisa 24 jam nonstop mengawasinya bukan? Berikut 9 aplikasi yang bisa kita install untuk membantu kita membatasi anak dalam mengakses hal-hal yang tidak kita inginkan. Tentunya, jangan lepas anak tanpa pemahaman berinternet sehat ya.

Continue Reading…

(1)

Souvenir merupakan salah satu pernak-pernik yang memegang peranan penting dalam suatu acara. Souvenir seringkali menjadi bentuk apresiasi bagi orang yang telah menyempatkan waktu untuk menghadiri undangan. Oleh karena itu, pemilihan souvenir yang tepat tidak boleh diabaikan. Souvenir tanaman kaktus dan sukulen bisa menjadi pilihan souvenir yang bijak. Dengan semangat go green dan melihat fungsinya sebagai penangkal radiasi gadget, souvenir kaktus dan sukulen ini akan sangat bermanfaat bagi penerimanya. Berikut beberapa kemasan souvenir kaktus dan sukulen yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Continue Reading…

(0)

Acara pernikahan menjadi momentum yang sangat istimewa karena tidak akan pernah terulang. Oleh sebab itu, segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang. Termasuk pernak-pernik kecil yang terkadang terlupakan. Salah satunya pulpen cantik untuk tanda tangan buku/dokumen pernikahan dan buku tamu. Menggunakan pulpen yang cantik akan membuat suasana makin romantis. Foto dokumentasi pun makin meriah. Berikut beberapa contoh pulpen bunga yang bisa dipilih sebagai referensi. Continue Reading…

(0)

Permasalahan sampah diperkirakan akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. Salah satunya adalah sampah pulpen dan kain perca. Pulpen sebagaimana kita tahu, hampir setiap orang menggunakannya. Bukan hanya pelajar, tetapi hampir semua orang. Harga isi ulang dan pulpen baru yang relatif hampir sama, membuat beberapa orang enggan membeli isi ulang. Mereka lebih memilih membeli pulpen baru. Pun bisa memilih model yang lain misalnya. Oleh karena itu, makarame mencoba untuk melakukan upcycle terhadap sampah pulpen ini. Selanjutnya, dimodifikasikan dengan sampah kain. Sebagaimana kita tahu bahwa perkembangan fashion memberikan dampak lain pada sisa kain. Lantas, kami mencoba mengolahnya menjadi pot cantik. Mau tahu seperti apa saja model pulpen alfabet kita? Yuk, cek di sini! Continue Reading…

(0)

There’s a first time for everything. Quote yang sangat saya suka untuk meredakan nervous ketika menghadapi sesuatu yang baru pertama kali saya alami. Salah satunya proses kelahiran. Sejak awal saya selalu berdoa bahwa saya bisa melahirkan normal. Saya berusaha sekali untuk mencari dokter yang pro normal. Karena menurut pengalaman saudara dan teman-teman saya sebelumnya , tipikal dokter sangat menentukan keberhasilan program kelahiran normal. Perlu digaris-bawahi ya, saya tidak menyudutkan proses kelahiran caesar (SC), karena beberapa kondisi memang mengharuskan seperti itu untuk menyelamatkan ibu dan bayi. Tetapi, rasa takut akan operasi, membuat saya sebisa mungkin melahirkan normal. Namun, ternyata jalan terkadang tidak semulus yang kita harapkan. Jani saya mengalami lilit tali pusar 3 kali dan anemia,  mungkinkah saya melahirkan normal? Continue Reading…

(1)

Obeng merupakan alat yang dibutuhkan tidak hanya untuk kebutuhan bengkel ataupun perbaikan saja, namun alat ini juga biasa digunakan sebagai peralatan rumah tangga, karena fungsi utamanya yang dapat digunakan untuk mengencangkan, membuka ataupun mengendorkan baut ataupun mur yang pastinya dapat kita temukan dalam berbagai alat rumah tangga. Alat pembuka baut yang satu ini, kini pun tidak hanya dapat kita temukan dijual dengan sistem satuan sesuai dengan ukuran baut yang dibutuhkan saja, namun penjualan dalam bentuk set pun dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai toko perkakas yang ada. Bahkan pengendor baut dalam bentuk set mini pun kini juga dapat Anda temukan dengan mudah diberbagai situs belanja online yang ada, sehingga akan lebih mempermudah Anda dalam melakukan pembelanjaan. Continue Reading…

(0)

Jam dinding selain berfungsi sebagai penunjuk waktu juga bisa berfungsi sebagai dekorasi rumah agar semakin cantik. Saat ini, seiring berkembangnya dunia desain interior, jam dinding yang digunakan sebagai dekorasi makin banyak macam dan jenisnya. Berbagai macam desain jam dinding menjadikan pilihan penghias rumah semakin banyak. Selain itu juga dapat disesuaikan dengan style dekorasi rumah sesuai selera anda, entah itu dekorasi minimalis maupun dekorasi yang mengesankan konsep elegant/mewah.

 

Untuk anda yang sedang mencari ide dan inspirasi jam dinding model terbaru, beikut ini kami sajikan informasi mengenai jam dinding dan harga jam dinding model terbaru 2017.

 

Harga Jam Dinding Model Terbaru 2017

Pada dasarnya jam dinding terdiri dari dua macam, yaitu jam dinding analog dan jam dinding digital. Nah, berikut informasi selengkapnya. Continue Reading…

(0)

Ngeblog, pasti tidak lepas dari infografis berupa gambar untuk membuat tulisan semakin menarik. Selama ini saya mengandalkan 3 aplikasi untuk menunjang kegiatan ngeblog. Yaitu, PicsArt, Eraser, dan Photo & Picture Resizer. Ketiganya merupakan aplikasi gratisan yang bisa diunduh di Play Store. PicsArt digunakan untuk mengedit gambar, Eraser untuk menghapus background, sedangkan Photo & Picture Resizer digunakan untuk mengecilkan ukuran file agar tidak terlalu berat saat diunggah di website. Dua aplikasi ini saya pilih karena mudah penggunaannya. Dan, saya juga lebih suka mengedit foto di HP daripada di laptop karena lebih praktis. Continue Reading…

(0)

Kaktus merupakan tanaman yang banyak diminati akhir-akhir ini, baik untuk koleksi, dekorasi, souvenir pernikahan/ulang tahun, hingga merchandise. Jenisnya yang bermacam-macam dengan bentuk dan rupa yang unik membuat kaktus mudah mengambil hati para pecinta tanaman. Kaktus merupakan golongan tanaman sukulen yang mampu menyimpan persediaan air di batangnya sebagaimana cara tumbuhan ini bertahan di habitat aslinya, yaitu gurun nan gersang dan tandus. Kaktus juga banyak diminati karena sebagai indoor plant atau tanaman di dalam rumah/ruangan, memiliki fungsi anti radiasi dan tetap aman di malam hari karena justru kaktus dapat mengambil CO2 dari lingkungan sekitar yang disimpan di vakuola  untuk nantinya digunakan sebagai bahan fotosintesis di siang hari. Continue Reading…

(3)

Film The Billionare yang berasal dari Negeri Gajah Putih ini memang sudah lama dirilis, yaitu tahun 2012. Tapi kisah inspiratifnya sepertinya tidak akan pernah usang dimakan zaman. Kisah nyata perjalanan seorang anak muda yang sukses menjadi seorang pengusaha makanan ringan yang mungkin saja kalian pernah merasakannya. Yup! Snack rumput laut Tao Kae Noi yang kini banyak diikuti produknya oleh pengusaha dalam negeri. Setidaknya terdapat 3 nilai-nilai yang bisa ambil dari film ini. Apa saja? Yuk, kita ulas satu per satu. Semoga kita kembali tercambuk oleh semangatnya dan menyusul sebagai pengusaha sukses. Amin. Continue Reading…

(6)

Hai, Bunda. Semakin bertambahnya usia anak, semakin aktif juga mereka. Jika ditanya hal apa yang paling disenangi anak, pasti mereka akan menjawab bersepeda. Selain seru, bersepeda juga menyehatkan.

Semakin modern-nya teknologi, kini produsen sepeda banyak menghasilkan produk yang beraneka ragam. Mulai dari bentuk, warna, ukuran, dan sebagainya. Ada yang besar dan ada yang kecil. Ada yang cocok untuk anak, dan ada juga yang tidak. Maka dari itu, Anda harus mengerti sepeda yang aman untuk anak.

Berikut adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam membeli sepeda anak. Continue Reading…

(28)

Bagi para traveller, khususnya pendaki gunung, pasti sudah tak asing dengan Nyoman Sakyarsih, seorang dokter hewan yang hobbi naik gunung. Beberapa waktu lalu sempat menghebohkan media sosial karena beliau seringkali membawa anaknya yang masih balita mendaki gunung. Max, anak Mbak Nyomie, sudah mendaki 15 gunung dalam usianya yang baru menginjak 3 tahun. Bahkan saat usianya belum genap 2 tahun, Max sudah berhasil di Puncak Rinjani. Wow! Bahkan di usia yang hampir menginjak kepala 3 saja belum pernah mendaki gunung. Hehe

Dari pengalaman Mbak Nyomie dan beberapa traveller yang sering mengajak anaknya travelling serta dari beberapa artikel yang saya baca, ternyata mengajak anak travelling sejak dini itu banyak manfaatnya, lho! Saya rangkum dalam beberapa poin berikut ini sebagai pengingat bahwa suatu saat jika sudah memungkinkan, saya akan mengajak anak saya untuk travelling. Tidak harus jauh-jauh, kok! Bahkan sekedar jalan-jalan di lingkungan sekitar saja sudah akan banyak memberikan manfaat. Continue Reading…

(12)

Terkadang, justru orang sekitar tidak terlalu mengenal wisata di daerahnya sendiri. Atau mungkin hanya saya saja? Jujur saja, eksplorasi wisata Salatiga kali ini benar-benar baru saya ketahui melalui website seorang kawan wartawan yang kebetulan update berita tentang salatiga. Batik bambu yang sebenarnya sudah ada sejak jaman penjajahan, baru saya ketahui beberapa waktu lalu. Pun dengan tempat makan hits singkong keju D9 yang super duper ramai padahal bukan di pinggir jalan lho, outletnya. Bahkan untuk mendapatkan parkir saja susah sekali. Wilayahnya terhitung masuk ke dalam, namun rejekinya tak kalah dengan yang di tempat strategis. Keduanya, baik workshop bambu batik maupun D9 berada di wilayah Ledok, Salatiga. Yuk, kenalan dengan aset berharga Salatiga kali ini. Continue Reading…

(5)

Tinggal di apartemen bukan berarti membuat kita tidak bisa menghadirkan suasana hijau di hunian kita. Seperti yang kita ketahui bahwa suasana hijau di dalam ruangan tak hanya berfungsi sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Seperti udara menjadi lebih sejuk, sebagai penangkal radiasi gadget, dan tentu sebagai penghalau stress dengan melihat sesuatu yang segar. Oleh karena itu, inovasi berkebun di lahan sempit seperti apartemen misalnya semakin marak, setidaknya terdapat 5 teknik berkebun bunga yang sedang hits saat ini yang bisa kalian coba untuk melakukan penghijauan. Sangat mudah, murah, dan ramah lingkungan. Continue Reading…

(9)

Generasi millennial adalah generasi muda usia produktif yang kreatif, modern, dan mahir memanfaatkan teknologi dalam era digital seperti saat ini yang menuntut mereka untuk bergerak cepat dalam berinovasi dan melakukan eksekusi atau akan tergerus oleh semangat zaman. Bayangkan saja betapa banyak start up baru bermunculan dengan segala inovasinya dan mengalahkan pendahulunya. Persaingan yang ketat menjadikannya memiliki mobilitas yang tinggi. Oleh karena itu, kebutuhan akan sesuatu yang canggih namun tetap elegan dan stylish menjadi sesuatu yang penting. Salah satunya kebutuhan akan notebook. Asus mampu membaca kebutuhan dan menciptakan peluang ini dengan meluncurkan notebook Asus Eeebook E202. Fitur, teknologi, dan desain notebook ini sangat sesuai dengan jiwa generasi millennial. Continue Reading…

(21)

Pernah nggak sih, kalian merasa kehilangan mood selama beberapa hari? Bahkan merasa kalau kalian tidak sedang jadi diri sendiri. Aduh, kebanyanyakan nonton drama korea nih kayaknya. Haha

Jadi, saya sedang menikmati drakor Hyde, Jekyll, & Me dimana sang tokoh utama laki-lakinya menderita kepribadian ganda. Terkadang jadi superhero, terkadang jadi seseorang yang lemah tak berdaya. Untuk memunculkan kekuatannya itu, harus ada stimulus yang kuat. Kalau di drakor ini sih, muncul superheronya saat ingin melindungi wanita yang dicintainya. Nah, saya kok juga merasa begitu ya? Kadang sangat semangat, kadang merasa malas sekali. Padahal, sudah dikejar deadline, tetapi tetap saja mood-nya nggak muncul.

Oleh karena itu, saya merasa sedang merindu jiwa muda saya yang penuh energi dan semangat. Kalau kalian gimana mengatasi mood yang naik turun nggak karuan agar tidak berlarut-larut? Kalau saya melakukan 5 tips ini untuk memanggil mood booster yang mungkin juga bisa kalian coba!

Continue Reading…

(6)

Generasi millennial dikenal dengan karakter yang dinamis dan menyukai tantangan. Jika memiliki modal, generasi millennial tentu bisa memilih investasi yang aman dan menguntungkan di Mekar.id. Konsep peer to peer lending di Mekar.id sangat cocok bagi generasi millennial yang mahir menggunakan teknologi dan cermat.

Namun sebenarnya modal tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk merintis bisnis. Generasi millennial tentu cocok dengan variasi peluang bisnis bergaya modern berikut ini :

Continue Reading…

(0)

Hari senin seringkali menjadi momok menyeramkan bagi sebagian orang. Entah bagi pelajar maupun pegawai. Seolah hari senin menjadi hari yang paling harus dihindari kalau bisa di-skip sampai jumat lagi ya? Hehe

Sebenarnya mengapa senin begitu tidak disukai oleh beberapa orang? Karena sangat berdekatan dengan hari minggu. Coba saja setelah hari minggu, hari selasa atau yang lainnya, maka tidak akan ada lagi istilah “I Hate Monday” atau ABS alias “Aku Benci Senin.” Xixi

Jika ditelaah alasan mengapa orang tidak suka hari senin, bisa jadi karena kualitas liburan atau weekend-nya tidak baik. Sehingga tidak mood menghadapi hari senin. Lantas, bagaimana seharusnya? Berikut 5 tips cara ampuh berdamai dengan hari senin yang bisa kamu coba agar bisa menghadapi hari senin dengan senyuman.

Continue Reading…

(17)

Tidak terasa sudah memasuki hari kedua bulan Ramadhan. Bagaimana kabar puasanya? Masih harus tetap semangat dong ya! Tak hanya semangat menahan lapar, dahaga, dan emosi saja. Tetapi juga semangat dalam menjalankan ibadah di bulan suci yang Alhamdulilah masih diberi kesempatan berjumpa. Target kawan-kawan selama bulan Ramadhan apa, nih? Kalau saya, karena kebetulan lagi hamil, jadi target utama saya adalah bisa puasa 1 bulan penuh. Oya, sebelumnya saya sudah konsultasi dengan dokter kandungan untuk berpuasa dan Alhamdulilah kandungan saya tidak ada masalah. Jadi, diperbolehkan berpuasa selama kuat dan tidak dipaksakan.

Nah, berbicara soal kuat atau tidak berpuasa ibu hamil, tentu kualitas asupan gizinya harus terjaga dong ya. Kali ini saya ingin membahas asupan ibu hamil saat berbuka puasa. Untuk pembahasan menu sahur berkualitas ibu hamil akan dibahas pada artikel selanjutnya ya. Biar fokus dan tidak kepanjangan alias bosan bacanya. Hehe

Continue Reading…

(11)

Apakah Anda pengagum segala hal yang berbau minimalis? Termasuk furniture interior rumah? Nah, bagi orang yang berumur 25-35, pastilah sangat mengagumi hal-hal yang berbau minimalis untuk diletakkan pada rumahnya sebagai pelengkap. Kesan minimalis sendiri adalah kesan yang dihadirkan untuk para anak muda yang senang dengan hal-hal yang tidak sempit pada suatu ruangan. Mengapa seperti itu? Sebab dengan adanya kesan minimalis dalam ruangan menambah elegannya suatu ruangan rumah. Salah satu furniture yang menjadi andalan untuk membuat kesan minimalis ini adalah sofa.

Sofa adalah satu bagian dari furniture yang sangat penting untuk diletakkan dalam berbagai macam ruangan rumah maupun kantor. Sofa ini terdiri dari sofa minimalis, klasik, dan kontemporer. Namun yang paling banyak digunakan oleh anak muda adalah sofa minimalis. Jenis sofa ini merupakan jenis yang paling populer. Lantas apa saja sih jenis sofa minimalis yang sering digunakan? Yuk cek di bawah :

Continue Reading…

(14)

Rumah minimalis modern merupakan salh satu pilihan tipe rumah yang paling banyak diincar saat ini. Desainnya yang unik dan menarik menjadikan salah satu tipe rumah dijual Bandung ini sangat laris dipasar properti. Meskipun memiliki ruang yang tidak begitu luas namun hal ini justru menjadi keunikan yang tidak dimiliki oleh rumah tipe lainnya. Keterbatasan luas ini bisa dijadikan sebagai ajang unjuk kreatifitas sang pemilik rumah minimalis modern.

 

Salah satu elemen yang cukup berpengaruh dan memiliki peran yang cukup penting dalam desain interior rumah minimalis modern ialah furniture. Furniture untuk rumah minimalis bisa terbilang cukup sulit untuk didapatkan. Bahkan beberapa pemilik rumah minimalis modern terpaksa untuk membuat dan mendesain sendiri furniture rumah yang akan ia letakan di setiap ruangan. Continue Reading…

(22)

Tentunya bagi ibu rumah tangga sudah sangat familiar dengan kompor gas Rinnai bukan, salah satu alat yang dipakai dalam membuat beragam jenis hidangan untuk keluarga. Produk yang satu ini menghasilkan api untuk nantinya memasak beragam jenis makanan. Tanpa keberadaannya tentunya aktivitas memasak menjadi semakin lama dan tak bisa dilakukan. Kompor sendiri terbagi atas beberapa jenis berdasarkan bahan untuk mengeluarkan apinya, mulai dari segi minyak tanah, kemudian ada kompor gas hingga kompor listrik.

Berbeda jenis tentunya dari segi harganya juga akan berbeda, beberapa orang masih banyak menggunakan tungku biasa, khususnya adalah masyarakat pedesaan yang setiap harinya juga masih bisa dengan mudah mendapatkan kayu tersebut. Namun juga ada beberapa orang yang sudah berpindah menuju penggunaan kompor gas. Sebagaimana yang diketahui beberapa tahun lalu ada pembagian kompor disertai dengan tabung gas gratis sebagai pengenalan dari pemerintah. Continue Reading…

(18)

Bagi sebagian orang mungkin masih bingung bagaimana menghitung zakat yang sebaiknya dikeluarkan untuk menyucikan hartanya. Atau mungkin Anda salah satunya? Kini, kita tidak perlu bingung-bingung lagi karena sudah ada aplikasi web KalkulatorZakat.com yang akan membantu memudahkan kita dalam menghitung maupun membayar zakat kita. Landing page gagasan dari Dompet Dhuafa ini resmi diluncurkan pada hari Jumat, 10 Maret 2017 lalu di Semarang. Sekarang, menghitung dan membayar zakat semudah memberikan menjentikan jari. Continue Reading…

(17)

Bagi mereka yang memiliki hobi fotografi maupun bekerja di bidang fotografi, memiliki kamera dengan segala kelebihannya merupakan sebuah senjata yang harus dimiliki. Meski kamera yang mahal dan canggih belum tentu dapat menghasilkan gambar yang terbaik namun dengan kamera yang canggih akan lebih mendukung untuk menghasilkan gambar yang diinginkan. Salah satu kamera yang paling banyak digunakan oleh para fotografer Indonesia adalah kamera CanonCanon memiliki koleksi kamera lengkap untuk berbagai keperluan fotografi yang dapat Anda pilih berdasarkan harga maupun spesifikasinya. Continue Reading…

(18)

Hallo, Ecoist! Bagaimana kabar hari ini? Semoga dalam keadaan baik-baik saja, ya! Kali ini meme akan membagikan tips & trick untuk membuat studio mini sederhana agar produk kamu jadi lebih menarik. Tahu sendiri kan, kalau dalam memasarkan sebuah produk secara online, kekuatan gambar adalah salah satu hal terpenting dalam menarik minat pembeli. Gambar yang detail dengan mengedepankan unsur natural alias editan yang wajar sehingga menampakkan potret asli produk, akan membuat konsumen percaya bahwa produkmu layak untuk dibeli dan tidak akan mengecewakan karena tidak sesuai dengan yang mereka harapkan.

Beberapa online shop sudah memberikan alternatif pilihan studio mini lipat yang praktis untuk bisa dibawa kemana-mana. Namun, kamu pun bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan barang-barang di sekitarmu. Kalau meme menggunakan kotak box container seperti di bawah ini atau kamu bisa menggantinya dengan kardus yang sisi-sisinya kamu ganti dengan karton. Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan adalah sebagai berikut: Continue Reading…

(9)

Hallo, sobat! Masih ingat dengan gelora Bung Karno? Ups, bukan maksudnya GBK Senayan ya. Hehe.. tetapi tentang semangat Bung Karno dalam menyemangati pemuda pemudi Indonesia untuk bangkit membangun negeri.

bung, karno, 10, pemuda, guncang, dunia
credit pic: twitter.com

Yup! Saatnya yang muda, yang menginspirasi. Saat ini tak ada lagi jaman dimana pemuda diremehkan karena dianggap tidak berpengalaman atau belum cukup umur mencicipi asam garam dunia. Namun, energi pemuda yang masih sangat besar dan tidak kenal takut akan risiko gagal dapat menciptakan sesuatu yang luar biasa. Seperti kata Bung Karno, hanya dengan 10 Pemuda saja beliau dapat mengguncang dunia. Benarkah? Tentu! Ini Buktinya! Continue Reading…

(24)

Little pony adalah serial kartun animasi yang berasal dari Amerika produksi Hasbro Studios. Kartun ini sudah banyak terkenal di berbagai kalangan, terutama di kalangan anak kecil. Tokoh-tokohnya yang menarik dengan beragam warna dan disukai oleh anak perempuan ini akan sangat mudah jika tokoh kartun yang satu ini dijadikan sebagai tokoh untuk peluang bisnis atau usaha Anda. Terlebih segala macam aksesoris untuk anak perempuan begitu banyak ragamnya. Berikut beberapa jenis aksesoris maupun benda lainnya yang dapat dijadikan sebagai bentuk usaha atau bisnis jual little pony bagi Anda yang mungkin terpikirkan untuk memulainya: Continue Reading…

(0)

Fakta menarik tentang kaktus kembali membuat makarame bertambah rasa cinta terhadap kaktus & bangsanya. Yup! Kali ini, makarame membawa berita gembira bahwa kaktus dipercaya sebagai tanaman terbaik untung mengurangi radiasi di udara. Jadi, sangat cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan nih, makaramers.

Apalagi, kalau makaramers adalah tipikal orang yang hobi di depan laptop/komputer. Entah karena tuntutan pekerjaan atau sekadar main game. Kaktus bisa menjadi salah satu pilihan untuk menemani hobi makaramers. Supaya nih, tidak terkena efek radiasi terlalu besar. Continue Reading…

(11)

Cahaya sangat diperlukan di kehidupan sehari-hari karena tanpa cahaya manusia tidak dapat melihat benda atau lingkungan sekitarnya. Selain menggunakan listrik untuk sumber energi lampu sebagai penerangan, terdapat sumber cahaya lain yang dapat dibawa kemana saja atau portable, yaitu senter. Senter merupakan alat listrik sebagai sumber cahaya portable yang menggunakan sumber energi listrik seperti baterai atau listrik dengan cara di charge. Sebagian besar jenis senter menggunakan jenis lampu pijar namun semakin maju jaman, pemilihan senter LED menjadi pilihan utama untuk tujuan tertentu.

Senter dengan menggunakan LED atau light emiting diode yang menggantikan senter lama yang menggunakan lampu pijar agar membuat senter tersebut menjadi lebih hemat energi, memiliki daya jangkau cahaya yang lebih jauh dan besar sehingga memudahkan penerangan serta tidak mudah panas. Dibandingkan dengan senter yang menggunakan lampu pijar, senter yang memakai LED tersebut tidak hanya memiliki tingkat kecerahan ataupun jangkauan yang tinggi namun juga lebih mahal dan harganya dapat mencapai kurang lebih Rp 1 jutaan untuk senter dengan LED yang bermerk. Continue Reading…

(7)

Membeli mobil baru untuk memenuhi kebutuhan transportasi pribadi perlu dilakukan dengan cermat. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan dalam membeli mobil yang Anda inginkan supaya kebutuhan transportasi dapat dipenuhi secara sempurna. Baik itu untuk berpergian ke kantor, berlibur bersama keluarga ataupun untuk kebutuhan mobilitas usaha, semuanya perlu dilakukan dengan tepat. Berikut ini faktor penting yang harus diutamakan dalam membeli mobil keluaran baru yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu: Continue Reading…

(7)

Apakah sobat salah satu penggemar tanaman kaktus? Pastinya sering sebal dan kesal ya, karena tanamannya sering mati? Itulah yang sering dikeluhkan oleh pelanggan saya. Kaktusnya cepat mati! Walaupun tak jarang pula yang memberikan kabar gembira bahwa kaktusnya masih bertahan dan bahkan tumbuh dan berkembang! Tentu, jawabannya pada ketelatenan merawatnya. Meski terkenal dengan kemudahan perawatannya, tapi kaktus sendiri juga tidak lantas terbebas dari hama dan penyakit. Nah, inilah yang harus diwaspadai.

Setidaknya terdapat 7 hama yang harus diwaspadai dan 5 jenis penyakit yang biasa menyerang kaktus. Dengan mengenali hama & penyakit yang menjangkiti kaktus, kita bisa melakuka tindakan preventif maupun kuratif. Sehingga tanaman kaktus kita bisa bertahan lebih lama. Continue Reading…

(4)

Pertumbuhan populasi yang tidak diikuti oleh pertumbuhan lahan membawa dampak tersendiri terhadap lingkungan. Jika dahulu kita masih terbiasa dengan jarak antar rumah yang berjauhan (bagi anak 90-an seperti saya masih mengalami), bahkan kepemilikan halaman rumah yang luas, kini kita terbiasa menjumpai rumah yang temboknya menjadi satu dengan rumah orang lain. Bahkan seringkali tak ada halaman rumah di depannya, buka pintu langsung jalan atau lorong bagi yang tinggal di apartemen/rusun.

Dulu, saya mengalami menanam biji buah di halaman, menyirami dan merawatnya walaupun tidak sampai tumbuh besar dan berbuah. Sekarang saya harus puas dengan menanam tanaman di dalam pot di teras rumah. Continue Reading…

(6)

Sudah dua tahun vakum, kini, GoPro telah hadir dengan varian terbaru mereka yaitu GoPro Hero 5. Disediakan dalam dua pilihan yaitu Hero 5 Black dan juga Session. Berhubung versi Session adalah versi yang lebih ‘murah’ daripada Black, sekarang mari kita berfokus pada GoPro Hero 5 versi Black.

Penasaran apa saja kelebihan GoPro Hero 5? Berikut beberapa poin penting terkait produk terbaru yang belum rilis di Indonesia ini.

7 Kelebihan GoPro Hero 5 Dibandingkan Seri Terdahulu  Continue Reading…

(43)

Subang merupakan kabupaten Tanah Pasundan, Jawa Barat. Sebenarnya sangat potensi untuk dijadikan tempat wisata, selain daerahnya sanga sejuk-dingin, pemandangan alamnya sangat indah. Bagi anda yang menyukai wisata pedesaan, pegunungan, sungai dengan barisan pohon yang hijau dan rimbun, maka daerah Subang harus masuk agenda liburan anda. Apalagi disana juga sudah tersedia berbagai macam penginapan, salah satunya Tea Garden Resort yang terletak Dusun Cigereng, Desa Cicadas, Sagalaherang, Kec. Subang, Jawa Barat.

Anda bisa memesan hotel atau sekedar melihat harga per malam melalui beberapa situs booking online hotel. Traveloka salah satu situs yang bisa anda coba untuk mendapatkan harga terbaik dalam pemesanan hotel secara online. Kira-kira apa saja wisata yang layak dikunjungi di Subang, berikut ini bisa menjadi referensi anda jika kemudian memutuskan untuk membawa pasangan atau keluarga berlibur ke wilayah Subang nan sejuk.

Ciater Subang
Objek wisata pemandian air panas yang bersumber dari gunung Tangkuban perahu ini mempunyai suhu 43-46 derajat celcius. Selain air panas Ciater menyuguhkan pemandangan khas pegunungan yang alami dan udara segar yang terasa nyaman saat dihirup. Dalam cuaca yang dingin cocok sekali mandi air panas, tempat berendamnya menyerupai kamar-kamar yang didisain unik dan anda bisa berendam ramai-ramai bersama keluarga.

Curug Agung Batu Kapur
Lokasi wisata ini terdapat air terjun yang indah, tersedia juga kolam pemandian air panas yang mengandung belerang. Banyak pengunjung yang berendam untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, karena kandungan belerangnya dipercaya dapat menghilangkan penyakit kulit.

Curug Cileat Subang

Curug, cileat, subang
Sumber gambar: endarpermadi.wordpress.com

Seperti Curug Agung Batu Kapur, Curug Cileat Subang juga terdapat air terjun. Namun air terjunya lebih tinggi dan indah sehingga ketika muncul sinar matahari pada pantulan air terjun muncul sinar seperti garis pelangi. Pemandangan yang disuguhkan juga sangat indah khas pegunungan.

Perternakan Buaya di Belanakan Subang
Termasuk wisata yang unik dan sangat menarik, anda dibuat menguji nyali dikelilingi banyak buaya predator yang kurang lebih berjumlah 200 ekor. Namun jangan cemas karena kita akan ditemani sang pawang buaya, sehingga tetap aman meski ingin menyentuh buaya atau ikut memberi makan. Di sini selain buaya, kita juga dapat wisata menyusur tepi pantai dengan boat atau memasuki hutan untuk melihat satwa khas Rawa. Untuk wisata keluarga pas karena tersedia juga arena bermain anak.

Pantai Kalapa Patiban
Selain bisa melihat sunrise, di pantai Kalapa Patiban kita bisa melakukan berbagai macam aktifitas yang menyenangkan seperti bermain volly pantai, sky boat, memancing, berselancar. Membawa pasangan atau anak-anak pasti sangat seru.

Wisata Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban, perahu, subang
Sumber gambar: indonesiana.merahputih.com

Wisata ini dari Tea Garden Resort berjarak sekitar 4.05 km. Wisata yang sangat populer bagi wisata asing dan lokal ini memang menyuguhkan pemandangan yang luarbiasa indah. Kawah Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2084m DPL, sehingga sering juga jadi arena favorit untuk berselfie ria maupun prawed. Karena memang hasil fotonya sangat luar biasa indah, seperti di negeri khayalan.

Sudah kebayang bukan seperti apa beberapa wisata di wilayah Subang sehingga kita bisa menyiapakan apa saja yang dibutuhkan dan harus dilakukan jika kemudian berlibur ke sana. Karena lokasi wisata di Subang semuanya berudara dingin, memiliki medan yang cukup membuat kita berolahraga kaki, banyak wisata yang berjenis main di air, maka sebaiknya kita mempersiapkan hal berikut agar liburan semakin asyik.

Yang perlu dibawa:

  • Jaket atau sweater yang cukup memberi rasa hangat, jika anda memutuskan berlibur beberapa hari sebaiknya bawa lebih dari satu baju hangat.
  • Topi atau pelindung kepala agar hangat dan simpel karena tidak semua sweater atau baju hangat memiliki chapucan (semacam topi yang menyatu dengang baju). Topi yang cocok adalah yang melindungi sampai area telinga.
  • Syal, selain berfungsi menghangatkan syal juga membuat penampilan anda modis, baik pria maupun wanita syal ini memberi aksen yang menarik.
  • Bawa dua jenis alas kaki, sepatu sandal yang mudah kering dan sepatu tertutup yang hangat.
  • Jangan lupa baju untuk mandi di curug atau pun di tempat pemandian air hangat
  • Ada baiknya membawa bekal aneka minuman instan yang menghangatkan sehingga ketika dibutuhkan sewaktu-waktu tersedia meski kemungkinan di hotel pasti disediakan.
  • Tas ransel yang ringan untuk membawa snack, minum, dll ketika ada menuju lokasi wisata
  • Obat-obatan yang anda butuhkan

Yang perlu dilakukan sebelum berwisata:

  • Jojing atau banyak berolah raga agar kita tetap fit karena berwisata di daerah yang membutuhkan tenaga ekstra seperti mendaki
    Jaga asupan agar tetap fit ketika berwisata.

Setelah semua siap, anda tinggal hubungi traveloka.com jika ingin menginap di Tea Garden Resort.

(4)

Sebentar lagi libur panjang akhir tahun, apakah kamu memiliki rencana liburan untuk perayaan pergantian tahun? Bagi sebagian orang, libur akhir tahun adalah momen yang paling ditunggu-tunggu selain lebaran. Tapi, ada baiknya liburan akhir tahun direncanakan jauh-jauh hari. Mengapa? Yup! Karena akhir tahun merupakan peak season dimana bisa jadi kamu akan kesulitan dalam mencari transportasi dan akomodasi. Nggak mau dong liburan akhir tahun ala kadarnya karena kehabisan tiket atau penginapan?

Berikut 5 tips merencanakan liburan murah dan berkualitas saat peak season:

Tips 1. Buat Itinerary

Itinerary atau rencana perjalanan sangat penting agar kita mendapatkan liburan yang berkualitas. Pastinya, kita ingin menjelajahi setiap sudut tempat yang kita datangi bukan? Sekedar mendapatkan foto yang instagramable, mencicipi kuliner baru, belajar budaya, dan masih banyak lagi.

Nah, inilah pentingnya itinerary agar kita tidak terlena menghabiskan waktu di satu tempat padahal begitu banyak tempat yang juga ingin kita jelajahi. Buat rundown acara kapan kita berangkat & pulang serta durasi lamanya waktu kunjungan setiap tempat.

Tips 2. Buat Checklist Barang Apa Saja yang Harus Dibawa

Jangan sampai terlewat satu pun barang yang kita butuhkan selama perjalanan. Charger misalnya. Betapa akan merananya kita tanpa charger. Meskipun tidak ada signal misalnya, tetapi kan masih bisa untuk selfie. Hehe

Hal terpenting dalam setiap perjalanan adalah P3K terutama jika terdapat riwayat penyakit tertentu. Kebutuhan barang yang akan dibawa pun harus disesuaikan dengan gaya berpergian kita, mau ala backpacker atau koper. Tempat mana yang akan kita kunjungi dan style apa yang tepat. Nggak asyik dong, naik gunung bawa koper? Hehe

credit pic: biluping.com
credit pic: biluping.com

Tips 3. Pastikan Transportasi Aman Terkendali

Transportasi apapun entah itu kendaraan pribadi atau umum, haruslah dipastikan keamanannya. Lakukan service menyeluruh jika kita akan berpergian dengan kendaraan pribadi. Hal ini meminimalisasi tindakan kejahatan maupun molornya estimasi waktu perjalanan.

Jika kita menggunakan kendaraan umum, pastikan tiket sudah di tangan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Pasti kita akan mendapatkan harga lebih murah dibandingkan mepet waktu keberangkatan terutama harga tiket pesawat dan bus yang fluktuatif. Apalagi liburan akhir tahun yang notabene peak season.

Tips 4. Pastikan Penginapan Dekat dengan Destinasi Wisata

Jangan tergiur dengan harga penginapan yang murah namun ternyata jauh dari tempat wisata yang akan kita kunjungi. Akan banyak waktu terbuang di perjalanan bukan? Belum lagi macet dan kondisi yang tak terduga lainnya.

Jimmers Mountain Resort (traveloka.com)
Jimmers Mountain Resort (traveloka.com)

Untuk kamu yang sedang merencanakan liburan ke puncak dan sekitarnya, ada baiknya kamu cek dulu penginapan yang ada di traveloka. Selain tiket pesawat, saya juga mempercayakan penginapan melalui situs ini. Mengapa? Karena harganya no tipu-tipu. Pernah suatu kali saya mencoba situs lain, ternyata harga yang ditawarkan belum termasuk ini itu dan alhasil jauh lebih mahal dibandingkan di traveloka. Buktikan sendiri kalau tidak percaya ya! Hehe

Tips 5. Jaga Kesehatan

The last but not the least, kesehatan adalah bagian terpenting dalam perencanaan liburan. Akan dibutuhkan tenaga ekstra dalam liburan peak season. Padatnya kunjungan wisata oleh banyak turis, perjalanan yang mungkin saja terasa lebih panjang, dan mungkin musim/cuaca yang kurang bersahabat dan lain sebagainya. Jangan sampai kita hanya pindah tidur karena sakit dan tidak bisa kemana-mana. Sayang banget kan?

Okey, sekian tips liburan berkualitas dan hemat saat peak season ala makarame. Semoga mendapatkan liburan yang asyik dan mencharge energi untuk menatap masa depan di tahun yang baru ya!

(6)

Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat kaya akan keragaman kulinernya. Berbagai resep masakan dari berbagai daerah kerap disuguhkan pada saat acara-acara tertentu, termasuk pada saat hari raya Idul Adha yang sangat identik dengan penyembelihan hewan qurban. Tak heran banyak orang dan pihak yang jual hewan qurban murah, termasuk di Bukalapak yang menyediakan hewan qurban 2016 bersama ACT Global Qurban. Harga hewan qurban 2016 yang ditawarkan juga terjangkau dan bisa kamu cicil. Segera beli hewan qurban hanya di Bukalapak.com.

Berqurban merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh kaum muslim yang sudah mampu sebagai bagian dari ibadah wajib untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT serta saling berbagi terhadap sesama yang kurang beruntung. Pada hari raya ini juga, berbagai kuliner dari bahan dasar daging kambing dan juga sapi menjadi menu utama yang dihidangkan. Hidangan di berbagai daerah di Indonesia memiliki khasnya masing-masing seperti yang diulas berikut ini.

Credit pic: dedekedward1.blogspot.co.id
Credit pic: dedekedward1.blogspot.co.id

Hidangan Idul Adha di Sumatera Barat
Sajian di hari Idul Adha untuk masayarakat Sumatera Barat sangat identik dengan masakan yang pedas. Penggunaan berbagai jenis bumbu serta rempah-rempah merupakan salah satu khas sajian Sumatera Barat. Selain itu, penggunaan cabai dan sambal yang cukup banyak juga menjadikannya khas Sumatera yang memiliki mayoritas masakan pedas. Di momen seperti Idul Adha, masyarakat lokal banyak menyajikan makanan cincang kambing serta makanan lainnya yang berbahan dasar daging kambing.

Kari, kambing, aceh, hidangan, idul, adha
Kari Kambing Aceh
(Credit pic: wisatakuliner182.wordpress.com)

Hidangan Idul Adha di Aceh
Aceh yang merupakan propinsi paling barat di Indonesia memiliki beragam makanan khas yang memiliki cita rasa sangat lezat dan pas di lidah orang Indonesia. Kari kambing merupakan salah satu santapan khas Aceh yang hampir tak pernah absen dalam sajian di hari Idul Adha. Masakan dengan bahan dasar daging kambing serta kuah kari yang sangat terasa di lidah tak luput membuatnya sangat dirindukan. Penggunaan bumbu serta rempah-rempah lainnya dalam pembuatan kuah dan daging kambing menjadikan masakan ini menjadi masakan khas Aceh yang juga dikenal sebagai Serambi Mekah.

Rabeg, banten, idul, adha, kambing, sapi
Rabeg Banten
(Credit pic: vimela.com)

Hidangan Idul Adha di Banten
Santapan khas Idul Adha lainnya yang juga cukup terkenal berasal dari Banten, sebuah propinsi yang berbatasan langsung di selatan DKI Jakarta, Pulau Jawa. Salah satu masakannya yang terkenal adalah rabeg. Masakan ini terbilang unik karena tidak berbahan langsung dari daging kambing, melainkan dari jeroan dan isi perut kambing. Rabeg hampir selalu bisa kamu temukan di Banten, terutama pada saat hari raya Idul Adha yang merupakan momen dimana banyak sekali orang yang jual hewan qurban. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk menghasilkan rabeg yang nikmat diperlukan keahlian dan ketelitian dalam memasaknya. Karena jika tidak, kemungkinan rasa yang dihasilkan akan terasa kecut dan bau.

Balanga Gorontalo (Credit pic: vimela.com)
Balanga Gorontalo
(Credit pic: vimela.com)

Hidangan Idul Adha di Sulawesi
Beralih ke Indonesia bagian tengah, yakni di Sulawesi, juga terdapat masakan khas yang biasa disajikan pada saat hari raya Idul Adha. Di Gorontalo khususnya, terdapat masakan balanga yang merupakan kambing bakar yang mendapat inspirasi atau adaptasi dari masakan khas Arab. Balanga biasa disantap oleh masyarakat asli Gorontalo bersamaan dengan nasi kebuli yang merupakan salah satu sajian khas di hari Idul Adha. Proses pembuatan masakan ini menggunakan sebuah wadah yang dikenal dengan nama balanga oleh masyarakat sekitar sehingga menjadikan masakan ini dinamakan balanga.

(3)

Anda bertugas untuk menentukan menu catering harian untuk kantor bagi perusahaan? Ini bukan tugas yang mudah, apalagi di dalam kantor ada banyak orang dengan selera berbeda-beda, yang di siang hari itu sudah cukup lelah bekerja. Hal yang bisa Anda lakukan adalah memastikan bahwa menu yang Anda buat adalah menu yang umum disukai orang, enak, dan bisa mengenyangkan.

Berikut ini adalah contoh menu untuk katering selama seminggu:

  • Senin : Nasi putih, sayur lodeh, ikan goreng, tempe bacem, sambal, kerupuk, dan buah.
  • Selasa : Nasi putih, sapi lada hitam, capcay, sambal goreng ati, sambal, kerupuk, dan buah.
  • Rabu : Nasi putih, cumi goreng tepung, sop asparagus, perkedel kentang, sambal tomat, kerupuk, dan buah.
  • Kamis : Nasi putih, empal gepuk, sayur asem, tahu tempe goreng, sambal terasi, kerupuk, dan buah.
  • Jumat : Nasi putih, telur balado, oseng-oseng buncis, bakwan jagung, sambal, kerupuk, dan buah.
  • Sabtu : Nasi putih, ayam goreng keremes, cah kangkung, tahu isi, sambal hijau, kerupuk, dan buah.

Kiat, Menyiapkan, Menu, Catering, Harian, Untuk, Kantor, berry, kitchen
credit pic: berrykitchen.com

Setelah menu, di saat Anda yang bertugas dalam mengurus katering kantor, ini juga yang harus Anda perhatikan:

  1. Bahan-bahannya

Pemilihan bahan untuk katering haruslah yang paling segar, yang memastikan bahwa hasil masakan adalah yang terbaik. Jika mendapatkan supplier langsung dari petani dan peternak lebih baik.

  1. Pemilihan menu

Seperti contoh di atas, menu haruslah bervariasi, tidak monoton, dan mempunyai kombinasi seimbang antara lauk dan sayuran, dengan alternatif untuk mereka yang memiliki diet khusus.

  1. Proses memasak

Higienis, takaran yang tepat, dengan standar cita rasa yang tinggi.Makanan juga perlu dibuat agar bisa tahan cukup lama.

  1. Tempat

Menggunakan rantang ataupun tempat kotak plastik merupakan pilihan yang pas, karena tak mudah tumpah maupun rusak, dan bisa dibawa-bawa dengan mudah.

Ada banyak hal yang harus dipikirkan dalam membuat menu catering kantor, sehingga Anda yang bertanggung jawab untuk bidang ini haruslah mempunyai persiapan khusus. Latar belakang bidang kuliner akan sangat membantu Anda, terutama dalam menentukan kecocokan rasa. Selain itu, kebersihan dan efisiensi juga diperlukan, agar katering tersedia di saat yang tepat.

(3)

Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang sering disinggahi oleh para wisatawan lokal maupun juga internasional. Bagi Anda yang berkunjung ke Semarang tentunya Anda harus memiliki alat transportasi yang bisa membawa Anda berkunjung ke berbagai tempat menarik wisata yang ada di semarang. Salah satu yang paling praktis dan murah yakni motor. Bagaimana cara agar bisa mendapatkan motor di Semarang? Beli? Tentunya tidak, karena Anda bisa menggunakan jasa orang yang sewa motor Semarang atau rental motor yang ada di Semarang.

Namun, Semarang, bagi Anda yang baru datang ke sana tentu adalah sebuah kota yang sangat asing. Seluk beluk daerah ini pastinya tidak Anda kenal. Oleh sebabnya bisa jadi untuk menemukan orang yang sewa motor Semarang akan susah. Dalam hal inilah Anda sebagai salah satu calon pelanggan motor harus mengetahui sebuah teknologi dan sistem yang ditawarkan oleh NYEWAIN.com

Apa itu NYEWAIN.com? Untuk sekedar informasi bahwa situs tersebut adalah situs yang menjadi sebuah direktori sewa menyewa di Indonesia yang terbesar. Ada banyak penyedia jasa sewa menyewa ada di situs tersebut, termasuk para pengusaha rental motor yang ada di Semarang tentu sudah bergabung dengan layanan NYEWAIN.com.

Caranya adalah cukup dengan membuka sistus NYEWAIN yang beralamatkan di NYEWAIN.com dan Anda langsung akan dihadapkan pada beberapa jasa penyewaan barang dan jasa. Selebihnya Anda cukup memilih jasa penyewaan motor yang sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian Anda pun langsung akan disuguhkan dengan berbagai data terperinci mengenai sebuah jasa penyewaan motor yang ada di Semarang berikut juga dengan kontak dan juga harga yang ditawarkannya. Selebihnya Anda pun langsung bisa berkomunikasi dengan pihak penyedia sewa motor untuk proses tawar menawar dan deal harganya. Mudahkan?

credit pic: sumsel.tribunnews.com
credit pic: sumsel.tribunnews.com

Namun, untuk memudahkan pemilihan motor yang tepat untuk Anda jalan-jalan di Semarang tanpa harus merasa was-was Anda harus terlebih dahulu mengetahui beberapa tips memilih motor yang ingin Anda sewa, berikut kriterianya :

  1. Pilihlah motor yang merupakan keluaran terbaru dan masih dalam kondisi yang bagus. Meski tidak akan membelinya namun menggunakan motor yang baru tentunya Anda akan jauh dari resiko kerusakan saat Anda mengendarainya.
  2. Pilihlah motor yang kondisi bannya tidak gundul. Salah satu resiko menggunakan motor adalah bannya yang bisa pecah dan kempis. Dan menyewa motor yang kondisi bannya masih bagus tentu akan membuat Anda terhindar dari resiko pecah ban.
  3. Pilihlah yang harga sewanya murah. Namun terkait harga tentunya relatif, karena umumnya harga akan menyesuaikan dengan kualitas barangnya.
(1)

Saat Anda berada dalam cuaca ekstrim saat berkunjung ke luar negeri tentu saja tak perlu khawatir mengenai jenis jaket yang cocok untuk digunakan. Salah satu merek berkualitas yang memiliki kenyamanan dalam melawan cuaca ini yaitu Parka. Jenis jaket ini memang tidak mudah lembab dan anti air. Sehingga akan sangat nyaman saat menggunakannya terlebih apabila untuk kegiatan setiap hari. Selain itu memang dirasakan sangat cocok digunakan untuk kaum muda. Apabila Anda yang masih mudah menggunakannya tentu saja akan terlihat lebih fashionable. Sehingga tentu saja ingin mengetahui mengenai kelebihan dari jaket Parka yang sebaiknya diketahui, antara lain:

1. Hangat

Apabila Anda menggunakannya tentu saja jaket ini akan dirasakan lebih hangat. Kandungan bahan polyester akan membantu dalam membuat sangat nyaman dan tidak panas. Jenis bahan polyester juga akan membuat ketahanan pada air. Sehingga saat hujan tiba akan membantu dalam menghindari kemungkinan basah dari hujan. Tak hanya pria saja yang cocok menggunakannya bahwa wanita pun bisa menggunakannya. Dengan demikian tentu saja Anda kaum wanita tak perlu ragu saat menggunakan jenis pakaian untuk menghangatkan diri ini.

jaket, luar, negeri, murah, parka, bukalapak, makarame
credit pic: bukalapak

2. Nyaman dipakai

Saat Anda menggunakan jenis pakaian ini tentu saja akan lebih nyaman dipakai. Kenyamanan dapat dirasakan karena jenis jaket ini tentu saja tidak akan membuat rasa gatal dan iritasi seperti penyakit kulit. Hal ini karena jenis pakaian ini tentu saja menggunakan bahan yang mudah menyerap keringat. Sedikit informasi untuk Anda bahwa tak hanya pada cuaca ekstrim namun juga cuaca yang biasa saja akan terasa lebih nyaman.

3. Sirkulasi udara yang baik

Jika Anda menggunakan jenis jaket Parka ini tentu saja akan sangat cocok dengan jenis medan apapun. Bahkan seorang tentara menggunakan bahan dari pakaian ini saat digunakan sebagai seragam militer para tentara. Hal ini karena dirasakan lebih mudah untuk bergerak dan beraktivitas. Jenis bahan yang digunakan tentu saja akan dapat mengalirkan sirkulasi udara yang baik. Sehingga dirasakan menjadi lebih nyaman terlebih apabila pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

4. Bahan yang ringan

Saat menggunakannya tentu saja akan terasa lebih ringan. Sehingga Anda akan menjadi lebih nyaman dan aktifitas yang digunakan menjadi tidak mudah terganggu. Bahkan dengan desain yang lebih elegan maka akan memberikan kesan yang bagus dengan adanya model yang beragam. Bahkan untuk wanita ada permainan warna yang diberikan. Tentu saja hal ini akan menambahkan banyak kesan positif dan meningkatkan sisi feminim nya.

jaket, luar, negeri, murah, parka, bukalapak, makarame
credit pic: bukalapak

5. Melindungi dari cuaca ekstrim

Dengan menggunakan jenis jaket ini tentu saja akan membantu dalam melindungi tubuh dari paparan cuaca ekstrim. Apabila cuaca yang dingin dan hujan tentu saja akan dapat dilindungi dari cuaca dingin dan melindungi kemungkinan sakit. Sedangkan apabila Anda menggunakan saat musim panas tentu saja akan melindungi dari kulit terbakar. Hal ini karena diakibatkan sengatan dari sinar matahari.

6. Harga yang terjangkau

Apabila Anda membeli jenis pakaian ini untuk melindungi tubuh dari cuaca ekstrim. Tentu saja akan dirasakan kemudahan dalam menghemat anggaran belanja yang dimiliki. Anda tidak akan mudah melakukan pemborosan. Hal ini karena jenis jaket ini sangat terjangkau kurang lebih seratus ribuan. Sehingga siapapun dapat membeli jenis jaket parka karena harga yang sangat bersahabat untuk kantong Kita.

(0)

Bagi sebagian orang tua dan kebanyakan masyarakat pada umumnya menganggap bahwa alergi hanyalah suatu gejala biasa yang bisa terjadi kepada siapa saja terutama anak kecil. Oleh karena jarang sekali para orang yang memperhatikan dengan serius bagaimana cara mengobati alergi pada anak anda. Hanya dengan memberikannya salep atau sekedar memberikan obat dari apotek atau warung saja dianggap sudah cukup. Padahal walaupun alergi tidak seganas penyakit jantung tetapi jika pada seseorang atau anak yang sudah akut dalam alerginya bisa menimbulkan hal yang berbahaya dan mengancam keselamatan jiwa anak.

Salah satu jenis alergi yang sering sekali muncul yaitu alergi pada makanan, seperti makanan seafood atau pun dari susu. Khusus untuk anak yang alergi susu, biasa mulai terjadi pada kisaran usia tiga tahunan hingga mencapai usia cukup besar sampai belasan tahun. Pada alergi susu ini bisa terjadi tidak hanya satu jenis susu saja misalnya susu sapi, karena anak yang memiliki alergi susu sapi, cenderung juga untuk alergi terhadap jenis susu yang lain misalnya susu kambing, domba, kerbau, dan juga bisa alergi terhadap susu dari nabati seperti kacang kedelai. Continue Reading…

(6)

 

Rambut merupakan mahkota dari kaum hawa. Sekarang ini ada wanita gemar sekali menggunakan berbagai macam perawatan rambut atau menggunakan alat-alat yang dapat mempercantik tampilan mereka. Salah satunya dengan menggunakan hair dryer. Pengering rambut ini ternyata memiliki berbagai macam jenis. Anda harus mengetahui berbagai macam jenis pengering rambut agar bisa mendapatkan manfaat yang terbaik.

Sebenarnya fungsi dari pengering rambut ini ialah untuk mengeringkan rambut setelah keramas, namun seiring dengan berjalannya waktu, pengering rambut ini memiliki fungsi sebagai pemercantik rambut yang Anda miliki contohnya saja seperti pemberian kesan volume di rambut, atau memberikan efek bergelombang, bahkan pengering rambut ini juga dapat memberikan efek seperti efek lurus di rambut yang Anda miliki.

Mengapa kita harus mengetahui berbagai macam jenis dari hair dryer ini? tentu saja agar kita dapat memilih perlengkapan atau jenis yang paling tepat untuk rambut kita. Bayangkan jika Anda tidak membekali diri dengan pengetahuan saat melakukan pembelian pengering rambut ini, bisa jadi nanti Anda akan terkena penipuan atau bujuk rayu dari sang sales saja.

Ada berbagai macam jenis dari pengering rambut ini di pasaran, yakni:

  • Tourmaline

jenis, hair, dryer, tourmaline, traditional, ceramic, ionic
Tourmaline Hair Dryer (blog.i-glamour.com)

Tourmaline merupakan salah satu teknologi yang paling baru. Teknologi ini menggunakan mineral yang dimana mineral akan memberi ion yang negatif saat pengering rambut dipanaskan. Teknologi ini akan menghasilkan efek seperti efek kering yang begitu luar biasa pada rambut yang Anda miliki.

  • Traditional

jenis, hair, dryer, tourmaline, traditional, ceramic, ionic
Hair Blow Dryer (intothegloss.com)

Apakah Anda masih ingat istilah seperti Blow Dryer? pengering rambut inilah yang pertama kali muncul. Ia hanya memiliki fungsi untuk mengeringkan rambut, pengering rambut ini sudah ada sejak jaman terdahulu. Teknologi ini dengan menggunakan motor kecil yang ada di dalamnya untuk memberi efek angin yang hangat atau pun dingin.

  • Ceramic

jenis, hair, dryer, tourmaline, traditional, ceramic, ionic
Ceramic Hair Dryer (www.alibaba.com)

Apabila Anda mempunyai rambut yang lebih cepat rusak karena efek panas yang dimiliki, Anda bisa menggunakan Ceramic ini. Ceramic mempunyai pengaturan suhu yang dapat Anda kendalikan. Nantinya Anda hanya tinggal mengatur suhu dengan lebih pas.

  • Ionic

jenis, hair, dryer, tourmaline, traditional, ceramic, ionic
Ionic Hair Dryer (www.priceit.in)

Ia berasal dari ion negatif yang bisa memberikan efek kelembutan dan juga efek kering. teknologi pengering rambut ini berbeda dengan tradisional dikarenakan rambut Anda tidak akan kusut bahkan akan terlihat sangat mengembang dan bervolume. Teknologi ini merupakan teknologi yang lebih sering digunakan di salon.

Setelah melihat berbagai macam jenis dari pengering rambut tersebut, pengering rambut mana yang Anda gunakan? memang tidak ada pengering rambut yang sempurna dikarenakan terdapat kekurangan atau pun kelebihan masing-masing. Anda hanya perlu memilih pengering rambut yang lebih sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki. Jenis-jenis yang berada di atas bisa Anda beli di toko-toko kecantikan.

Banyak orang yang menganggap jika mengeringkan rambut menggunakan pengering rambut atau hair dryer akan lebih mempercepat kerusakan, sebenarnya ada berbagai macam cara pengeringan yang dapat mengurangi kerusakan dari rambut, seperti:

  • Gunakan pengering rambut ketika rambut sudah setengah kering. sekarang ini pengeringan rambut menggunakan alat pengering rambut sering digunakan saat rambu masih basah. Padahal, akan lebih baik Anda menggunakannya saat rambu telah setengah kering,
  • Keramas dengan menggunakan air dingin. Sebelum Anda mengeringkan rambut Anda, lebih baik Anda berkeramas dengan menggunakan air dingin. Air ini akan bisa membuat bagian kutikula tertutup dengan rapat,
  • Gunakan anti frizz untuk melindungi rambut Anda. Saat Anda mulai menggunakan pengering rambut, gunakan anti frizz.

jenis, hair, dryer, tourmaline, traditional, ceramic, ionic, anti, frizz
Anti Frizz (www.bellanaija.com)

(36)

Balita atau bayi di bawah lima tahun membutuhkan asupan gizi yang besar karena di usia di bawah 5 tahun, anak-anak cenderung lebih aktif dan memiliki rasa keingintahuan yang besar. Sehingga tidak hanya membuatkan asupan energi, balita juga membutuhkan vitamin dan mineral yang dapat diperoleh di buah. Namun, karena perkembangan teknologi, saat ini terdapat susu balita dengan kandungan vitamin dan mineral yang ada di buah seperti SGM Eksplore 1Plus Buah dan Sayur.

sgm, eksplor, buah, sayur, presinutri, satu, plus

sgm, eksplor, buah, sayur, presinutri, satu, plus

Susu dengan kandungan buah dan sayur membantu anak Anda untuk dapat menyerap asupan gizi seperti yang ada di buah dan sayur walaupun anak Anda tidak menyukai 2 jenis makanan tersebut. Untuk memaksimalkan gizi dan buah, dari kecil sebaiknya anak Anda sudah diajari untuk mengonsumsi buah dan sayur. Buah yang dipilih sebaiknya berwarna warni misalnya merah, kuning tua yang disebabkan karena kandungan mineral dan vitamin banyak terkandung di buah-buahan yang berwarna-warni.

Pemberian buah sebaiknya disesuaikan dengan makanan dan ASI jika masih diberikan ASI. Hal ini disebabkan jika terlalu banyak makan buah, ditakutkan sistem pencernaan balita yang belum kuat dan akan memberikan masalah pencernaan seperti diare. Buah yang dipilih sebaiknya buah segar bukan buah kalengan. Agar anak menjadi suka untuk mengkonsumsi buah dan agar tidak bosan, berikan buah secara bervariasi setiap harinya.

sgm, eksplor, buah, sayur, presinutri, satu, plus

sgm, eksplor, buah, sayur, presinutri, satu, plus

Jika anak Anda berumur 1 tahun dan belum memiliki gigi yang lengkap, pilih buah yang gampang untuk dimakan dan potong kecil-kecil. Setelah makan buah, jangan lupa untuk meminum susu agar kandungan gizi yang lain seperti protein tetap dapat diserap oleh tubuh. Di SGM Eksplore 1Plus buah dan sayur, Anda dapat memperoleh kandungan seperti serat, mineral dan vitamin. Dilengkapi dengan Presinutri+ yang mengandung vitamin seperti D3, A dan C. Kandungan vitamin D dapat membantu untuk menyerap kalsium, vitamin A untuk mempertahankan keutuhan lapisan permukaan misalnya di saluran pencernaan dan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan. Jadi, maksimalkan asupan buah dan sayur anak Anda dengan SGM Ekplore 1 Plus Buah dan Sayur sebagai susu pertumbuhan balita untuk tetap dapat berpetualang dan berkreasi!

 

(2)

Seperti halnya hati, bumi kita juga cuma satu. Maka harus dijaga dengan baik dan jangan disakiti. Andai semesta mulai rapuh dan tak mau lagi menerima kita, tamatlah riwayat kita. Karena tak ada lagi tempat untuk ditinggali. Meskipun banyak ilmuwan yang meneliti planet di galaksi bima sakti ini sebagai alternatif migrasi.

Berbagai upaya gerakan pecinta lingkungan dilakukan untuk mengingatkan masyarakat untuk menyayangi semesta lebih baik lagi. Pemadaman lampu serentak selama satu jam di seluruh dunia dilakukan tepat pada Hari Bumi Sedunia 22 April untuk mengingatkan kepada kita betapa pentingnya menghemat energi sebagai warisan anak cucu kita kelak. Tentu bukan hanya pada Hari Bumi Sedunia saja penghematan energi dilakukan. Pada saat kita tidur misalnya, memadamkan lampu bisa menghemat energi juga bukan? Continue Reading…

(4)

Seperti halnya tubuh yang perlu olahraga untuk menjaga kesehatan, otak pun juga harus berolahraga untuk mencegah kepikunan, meningkatkan kemampuan & kecerdasan otak, dan lain-lain. Terdapat beberapa olahraga otak yang bisa dipraktekan, salah satunya dengan menulis manual menggunakan tangan.

Meskipun alat tulis elektronik sudah merajalela dengan aneka bentuk dan aplikasinya, namun menulis menggunakan tangan tetap tak tergantikan. Dalam beberapa kesempatan seperti tanda tangan, belajar menulis anak-anak, membuat sketsa, seni doodle art, dan melukis misalnya, akan lebih baik dilakukan secara manual menggunakan tangan. Selain itu, bonusnya pun kita sekaligus bisa melakukan olahraga otak yang memiliki banyak manfaat. Continue Reading…

(52)

Setiap daerah pasti memiliki landmark yang menarik setiap orang untuk mengunjunginya. Sebut saja Jam Gadang Bukittinggi. Setiap harinya mampu menarik banyak pengunjung. Tak terkecuali saya yang datang jauh-jauh dari Pulau Jawa untuk melihatnya lebih dekat. Jika dulu hanya dapat saya lihat dari buku pelajaran, sekarang saya telah berhasil menjejakkan kaki di landmark tersohor Sumatera Barat ini.

Jam Gadang memiliki ketinggian mencapai 26 meter dengan luas dasar bangunan 13 x 4 meter. Di setiap sisi menara terdapat 4 jam dengan ukuran besar, yaitu berdiameter 80 cm. Oleh karena itu, menara jam ini dinamakan Jam Gadang atau dalam bahasa Minangkabau berarti Jam Besar. Continue Reading…

(17)

Dapur memang terbilang tempat yang penting dalam sebuah rumah karena dapur ini mempunyai peran yang penting sebagai tempat untuk memasak makanan. Namun, tahukah Anda bahwa dapur dapat juga menjadi tempat yang kurang aman dan membahayakan untuk Anda apabila Anda tidak menggunakannya dengan benar.

Karena pada dapur ini Anda akan melakukan menggoreng makanan atau merebus makanan sehingga Anda bisa dibilang setiap hari akan selalu bersentuhan dengan barang yang panas. Maka dari itu, Anda harus dapat memilih alat masak yang aman untuk Anda. Aman di sini adalah dalam artian alat masak tersebut dapat bekerja dengan bagus namun juga harus dapat menjaga keselamatan Anda. Tidaklah sulit untuk dapat menemukan alat yang Anda gunakan untuk masak dengan aman apabila Anda mau melakukannya. Sehingga tips untuk memilih ini akan bagus untuk Anda.

Tips ini akan membuat Anda lebih hati-hati dan cermat dalam memilih peralatan untuk memasak sehingga Anda tidak akan melukai tubuh Anda pada saat Anda kurang hati-hati dalam memasak masakan. Beberapa tips tersebut yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Memilih bahan besi atau baja untuk penggorengan

Anda sebaiknya memilih bahan penggorengan yang terbuat dari besi atau baja agar panas lebih mudah masuk ke dalam penggorengan tersebut.

  1. Memilih bahan plastik untuk pegangan

Namun untuk pegangan akan lebih baik jika Anda memilih yang terbuat dari bahan plastik. Dengan ini maka pegangan ini akan aman untuk Anda. Namun Anda juga harus memastikan bahwa pegangan tersebut harus terbuat dari plastik yang kualitasnya bagus sehingga tidak akan membuat tangan Anda panas apabila memegang pegangan tersebut.

patchwork, oven, mittens, jampel, kerajinan, kain, perca, makarame, anti, panas, sarung, tangan, lampin, lamping
Lampin/jampel kain untuk memegang alat masak yang panas

Namun apabila Anda masih ragu untuk memegang pegangan tersebut hanya dengan tangan Anda, maka akan lebih baik jika Anda memakai alat masak yang aman lainnya dalam bentuk kain. Kain ini dapat Anda gunakan sebagai pelindung tangan apabila sedang memegang penggorengan atau panci yang panas. Namun usahakan Anda memilih kain yang tebal dan tidak licin agar lebih memudahkan Anda dan tidak membahayakan Anda. Selain itu, Anda juga harus melakukan beberapa hal lainnya, yakni:

  1. Tidak menyentuh barang panas dengan lap basah.
  2. Tidak mengangkat panci atau wajan yang panas dan berat dengan satu tangan.

Pastikan Anda selalu menggunakan pelindung tangan pada saat menyentuh barang Anda yang panas. Namun Anda juga tidak boleh menyentuh barang yang panas dengan lap yang kondisinya basah karena hal ini akan membahayakan Anda. Dan selain Anda harus menggunakan alat masak yang aman, Anda juga tidak bisa mengangkat panci atau wajan yang panas dan berat hanya dengan satu tangan karena hal ini akan sangat membahayakan Anda.

(58)

Tidak dapat dipungkiri jika kuliner merupakan salah satu daya tarik wisata. Kuliner memiliki cara tersendiri dalam mengartikan Bhinneka Tunggal Ika. Yaitu, menyatukan beragam perbedaan suku bangsa dan agama melalui lidah dan perut. Lidah yang menarik minat wisatawan untuk mencicipi. Perut yang memberikan kekenyangan yang menenangkan. Ya! Bukankah pepatah mengatakan bahwa “Dari Perut Turun Ke Hati?” Sehingga banyak orang yang jatuh cinta pandai memasak? Hehe

Menu pertama saya di Padang adalah Soto Kering. Hah? Soto kok kering? Soto kan berkuah? Eits, Soto Padang ini memang lain dai yang lain. Penyajian soto yang baru pertama kali saya temui. Kalau biasanya daging soto empuk dan basah, kali ini soto bening yang dilengkapi dengan soun, emping, dan kentang goreng ini disajikan dengan daging yang berbeda. Benar-benar kering seperti keripik. Continue Reading…

(47)

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi dan melihat langsung proses peledakan (blasting) batu kapur di Tambang PT Semen Padang (PTSP). Seperti yang sudah saya ulas sebelumnya di sini bahwa PTSP memiliki komitmen untuk mengimplementasikan asas triple bottom line, yaitu meskipun sebagai perusahaan bisnis PTSP mengejar adanya keuntungan (Profit), akan tetapi PTSP akan senantiasa memperhatikan aspek sosial (Social) dan lingkungan (Planet).

Kali ini, saya akan membahas terkait dengan komitmen PTSP dalam mengelola/mengendalikan dampak negatif secara fisik terhadap lingkungan terkait dengan kegiatan penambangan. Terutama terkait dengan proses blasting. Sebelum melihat proses blasting, kami diwajibkan untuk mengenakan safety helmet and vest terlebih dahulu. Sebenarnya, kita wajib menggunakan safety shoes juga saat mengunjungi areal penambangan. Tetapi, karena belum diinfokan sebelumnya, maka kami menggunakan alas kaki seadanya. Alhamdulilah, kebanyakan dari kami sudah mengenakan sepatu tertutup. Jadi, sudah cukup aman. Namun, kami tetap harus hati-hati, tidak boleh terlalu jauh dari tempat yang sudah disediakan untuk melihat peledakan, dan tidak boleh terpisah dari rombongan. Continue Reading…

(55)

Alhamdulilah, akhirnya, saya bisa mengulas perjalanan saya bersama komunitas WEGI menjelajahi wisata heritage dan green industry di Padang setelah dua minggu berlalu. Ya, jadwal yang padat ditambah dengan badan yang kurang fit membuat saya harus beristirahat cukup lama untuk memulihkan stamina. Semoga, kenangan akan keceriaan dan ilmu yang saya dapatkan dari WEGI dan Semen Padang masih bisa saya kemas dan bagikan kepada Ecoist ya! Aamiin…

Oke, perjalanan saya mengarungi kota Padang dimulai dari Stasiun Gambir pada kamis malam (17/03/15) menuju Hotel IBIS Budget Soekarno-Hatta dengan bus Damri. Perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 1 jam. Ditemani suami dengan iringan lagu-lagu nostalgia di bawah rintik hujan Ibu kota semakin membuat suasana semakin syahdu. Membuat pikiran saya melayang jauh membayangkan keindahan alam Tanah Minang. Dan, tentu dengan membawa sejuta pertanyaan seberapa hijaukah industri Semen Padang. Meskipun saya pernah juga mengulasnya di sini, tapi melihat lebih dekat bukankah lebih nyata? Continue Reading…

(10)

Kehidupan anak-anak tidak lepas dari mainan karena dengan mainan, anak-anak akan belajar terutama untuk anak usia 1 tahun pertama. Walaupun anak masih belum dapat melakukan banyak hal di satu tahun pertama, akan tetapi, dengan bermain menggunakan mainan anak yang sesuai dengan usia dan bebas dari bahan yang dapat membahayakan, buah hati Anda dapat melatih otak dan perkembangan anak.

Untuk anak usia 0-3 bulan, aktivitas yang baru dikuasai oleh bayi adalah melihat, mengamati, dan menoleh karena kekuatan tubuh anak masih terbatas dan hanya mengandalkan penglihatan dan pendengaran yang masih dalam tahap awal. Beberapa mainan yang dapat Anda gunakan adalah rattle yang merupakan mainan dengan kerincingan atau bunyi sehingga anak Anda akan menoleh untuk mencari sumber suara.

Mainan, Anak, Edukatif, untuk, Perkembangan, Anak, 1, Tahun, Pertama, rattle
sumber gambar

Untuk anak usia 4-6 bulan, anak Anda akan semakin lincah sehingga selain bermain cilukba dan rattle untuk mengasah sensitivitas anak mengenali sumber suara dan meniru mimik muka Anda, Anda dapat bermain dengan anak dengan mainan anak berikut ini:

  • Gebuk drum atau melakukan tepuk di kasur atau di benda lainnya. Tidak hanya dapat digunakan untuk melatih sensoritas dan sensitivitas anak, namun juga dapat melatih kerjasama antara pikiran dan alat gerak tubuh.
  • Bermain bola dengan saling tangkap dan gelinding. Pilih bola yang bertekstur halus dan besar yang kira-kira tidak akan termakan oleh anak, karena pada usia ini, anak sudah aktif untuk memasukkan apapun yang dia pegang.
  • Telepon mainan sehingga anak Anda akan menirukan Anda untuk melakukan gerakan memencet tombol dan membantu koordinasi motorik.

Mainan, Anak, Edukatif, untuk, Perkembangan, Anak, 1, Tahun, Pertama, cute, baby, ball
sumber gambar

Usia 7-9 bulan dapat melakukan permainan seperti pada usia 4-6 tahun dengan permainan yang lebih rumit atau lebih kompleks misalnya untuk bermain gebuk drum, Anda dapat memberi buah hati Anda tongkat kecil untuk memberikan pukulan pada drum kecil yang Anda berikan atau dengan menggunakan ember. Walaupun irama masih seenaknya dan tanpa tujuan, namun permainan tersebut dapat dipergunakan untuk membantu perkembangan motorik anak.

Mainan, Anak, Edukatif, untuk, Perkembangan, Anak, 1, Tahun, Pertama, drum, baby
sumber gambar

Untuk anak usia 10-12 tahun, anak sudah dapat menguasai sedikit keahlian misalnya merangkak. Mainan anak yang Anda berikan juga dapat berupa mainan anak edukasi bahan kayu selain bola atau truk yang dapat didorong. Mainan edukasi tersebut diantaranya yaitu:

  • Buku dengan banyak gambar atau buku pop up untuk melatih anak mengenal benda, warna dan bentuk yang ada di sekitarnya.
  • Bermain balok untuk melatih tingkat motorik. Pastikan jika balok tersebut aman dan biarkan anak bermain seperti keinginannya misalnya menumpuknya lalu merobohkannya.
  • Puzzle sederhana misalnya bentuk puzzle dari spons yang aman dan tidak melukai anak dengan bentuk hewan atau buah untuk membantu anak melatih perkembangan motorik dan koordinasi antara otak, tangan dan mata.

Mainan, Anak, Edukatif, untuk, Perkembangan, Anak, 1, Tahun, Pertama
sumber gambar

 

Sumber featured image

(6)

Apa kabar, Ecoist? Semoga tetap sehat dan semangat untuk selalu mencintai dan menjaga lingkungan kita ya! Aamiin…

Beberapa hari terakhir ini sedang marak pro dan kontra terkait peraturan plastik berbayar. Bagi kubu yang pro, kebijakan ini merupakan salah satu upaya yang bagus untuk mengurangi penumpukan sampah plastik. Saya sendiri, memilih menggunakan kardus jika berbelanja ke swalayan dan sejenisnya. Selain kardus bisa melindungi belanjaan saya dan mudah menatanya di mobil, juga kardus ini bisa saya jual ke tukang rosok jika sudah banyak. Kan, lumayan bisa buat uang tambahan belanja. Haha… Continue Reading…

(7)

Membahas masalah liburan seringkali tidak terlepas dengan masalah penginapan. Begitu juga saat liburan ke Solo kemarin. Masih ingat ulasan saya tentang Museum Keraton Solo kan? Kalau lupa, boleh lah ditengok lagi di sini. Hehe

Menemani suami menghadiri resepsi sahabatnya di Solo, tak afdhol rasanya jika tidak sekalian liburan. Ya, hitung-hitung quality time berdualah setelah satu bulan berpisah. Padahal, alasannya capek kalau harus langsung balik. Xixi

Mengingat perjalanan kami pada saat libur panjang Imlek, maka kami memesan hotel jauh-jauh hari. Setelah searching sana searching sini, akhirnya kita memutuskan untuk menginap di Hotel Syariah Azizah by Horison karena saya sudah lama sekali saya ingin merasakan menginap di hotel syariah. Saya ingin tahu saja, sebenarnya bedanya apa sih dengan hotel-hotel yang lain. Continue Reading…

(19)

Bengawan Solo…

Riwayatmu kini…

Sedari dulu jadi…

Perhatian insani…

Siapa yang tidak tahu lagu keroncong legendaris ciptaan alm. Gesang ini. Bahkan dunia pun mengakui betapa indahnya lagu Bengawan Solo hingga dicover dalam berbagai versi. Dulu, semasa kecil, saya sangat senang sekali kalau lewat sungai Bengawan Solo di samping taman Jurug dan Universitas Sebelas Maret a.k.a. UNS. Rasanya seru sekali melewati jembatan yang khas dengan besi-besi segi tiganya yang menjulang tinggi. Wow banget saat itu! Sampai sekarang pun kalau lewat sana, serasa ada kenangan tersendiri. Hehe

Okey, kali ini saya bukan mau bercerita tentang sungai Bengawan Solo, tetapi kisah perjalanan saya kemarin ke Museum Keraton Solo. Walaupun sering melewati atau berkunjung ke Solo, tapi ini kali pertama saya berkunjung ke Museum Keraton Solo. Antusias? Pasti! Seperti apa sih, Museum Keraton Solo yang hits dan instagramable ini. Hehe Continue Reading…

(6)

Berbicara tentang hobi, sebagian orang membutuhkan tabungan yang tidak sedikit untuk mewujudkannya. Tetapi, bagi sebagian orang, hobi justru menambah tabungan yang tidak sedikit pula.

Traveller Writer

Kamu hobi jalan-jalan? Jangan hanya kebanyakan selfie ya.. tapi, belajar juga mengambil momen yang seru untuk dibagikan ke khalayak ramai. Tak hanya pemandangannya saja kok, foto-foto kegiatan penduduk lokal juga bisa jadi cerita seru.

Kamu bisa berbagi kisahmu di segala media, mulai dari blog, instagram, facebook, twitter, path, dan lain-lain. Ada baiknya juga kamu berbagi mulai dari persiapan, itinerary, rekomendasi tempat makan di sana, sampai harga tiket perjalanan maupun tiket wisata.

Pokoknya, kemas semenarik mungkin. Siapa tahu ada pihak ketiga yang mau membiayai kamu jalan-jalan atau justru menerbitkan tulisanmu menjadi sebuah buku. Seru kan? Apalagi kalau sampai difilmkan. Bisa numpang tenar juga kan… Hehe Continue Reading…

(4)

D’EcoPen (Decorative & Eco-Friendly Ballpoint Pen) adalah sebuah produk dari Makarame Eco Friendly Crafts, yaitu pulpen yang sekaligus dapat digunakan sebagai hiasan, pincushion, photo/card holder, dan manfaat lain sesuai kreasi Ecoist. D’EcoPen merupakan produk recycle yang memanfaatkan aneka limbah anorganik seperti pulpen, perca, kaleng, kemasan plastik, busa, dan lain sebagainya.

ballpoint,pen,flower,bunga,cactus,kaktus,makarame,fabric,scrap,foam,handmadeballpoint,pen,flower,bunga,cactus,kaktus,makarame,fabric,scrap,foam,handmade ballpoint,pen,flower,bunga,cactus,kaktus,makarame,fabric,scrap,foam,handmade ballpoint,pen,flower,bunga,cactus,kaktus,makarame,fabric,scrap,foam,handmade

Gagasan pengolahan limbah anorganik ini sendiri bermula dari keprihatinan para penjahit di Desa Sumowono yang memilih membakar perca ataupun membuangnya di tempat sampah karena tidak laku dan tak ada tempat jika terus disimpan. Padahal, pembakaran sampah sendiri dapat menimbulkan pencemaran udara. Bumi sendiri membutuhkan waktu 30-40 tahun untuk mengurai perca-perca ini. Tak hanya sampai di situ, penurunan harga & lesunya jual beli sampah anorganik yang terjadi ±8 bulan belakangan ini juga mempengaruhi peningkatan penumpukan sampah. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pengolahan yang lebih tepat. Salah satunya dengan menjadikannya kerajinan D’EcoPen. Continue Reading…

(0)

Bagi sebagian besar penulis dumay alias dunia maya mengharapkan artikelnya masuk ke halaman pertama google. Kalau bisa diurutan teratas saat netizen mengetik kata kunci. Tujuannya apa? Agar artikelnya ramai pengunjung, banyak komentar, di-share di berbagai sosial media, dan bagi sebagian orang pula, hal ini bisa mendatangkan keuntungan bagi websitenya. Misalnya, mendapat tawaran job review, dikontrak brand tertentu untuk memasang banner, atau bisa juga artikel kita dibukukan oleh penerbit, dan masih banyak keuntungan lainnya. Oleh karena itu, mereka yang mendambakan page one di google sangat gencar mempelajari SEO yaitu Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari. Apakah wajib belajar SEO agar artikel kita muncul di halaman pertama google? It`s a must! Nah, ini beberapa cara membuat konten artikel & gambar yang SEO friendly dari hasil diskusi di grup whatsapp Warung Blogger. Silakan disimak ya, ini hasil sharing dari para mastah! Hehe Continue Reading…

(14)

Akhir-akhir ini, seringkali saya mendengar pembahasan tentang passion. Konon katanya, sebaiknya kita bekerja atau berkarya sesuai dengan passion kita. Karena, saat kita melakukan sesuatu karena passion, maka kita akan melakukan dengan sangat baik dan maksimal. Tak mengenal lelah atau stress karena kita sedang malakukan pekerjaan yang sangat kita cintai. Seperti kata pepatah yang mengatakan cinta tak mengenal kata lelah. Hehe

Lantas, sebenarnya passion itu apa sih? Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan tentang definisi passion. Menurut saya, passion itu adalah sesuatu yang amat sangat kita dambakan sehingga kita enjoy mencapainya. Misalnya, seseorang punya passion untuk keliling dunia, maka dia akan dengan senang hati mempersiapkan bekal untuk menjadi traveller sejati. Entah menabung atau bahkan membuat usaha di bidang paket perjalanan wisata yang unik agar dia senantiasa jalan-jalan tetapi tidak mengeluarkan uang dan justru dibayar. Ada juga yang akhirnya menjadi traveller writer dan mendapatkan paket perjalanan gratis demi sebuah liputan plus uang saku! Seru kan? Haha Continue Reading…

(6)

Jumlah pengguna kartu kredit di Indonesia memang belum terbilang banyak. Kendati demikian, jumlahnya terus meningkat seiring dengan meningkatnya daya beli dan perkembangan teknologi. Berbelanja online dengan menggunakan kartu kredit tidak lagi menjadi hal yang asing bagi masyarakat modern di Indonesia.

Banyak pengguna kartu kredit yang masi ragu-ragu menggunakan kartu kreditnya untuk belanja online. Alasannya tentu saja karena takut menjadi korban penipuan yang mengalami tindak pembobolan kartu kredit. Sebenarnya Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut bila Anda bisa mempraktikkan tips aman belanja online berikut ini :

Berbelanja Di Toko Online Terpercaya

Toko online terpercaya dari MatahariMall adalah salah satu pilihan terbaik untuk berbelanja online. Karena MatahariMall akan menjamin keamanan informasi akun kartu kredit yang Anda gunakan. Jadi, pastikan Anda selalu belanja di toko online terpercaya agar semua data Anda terhindar dari risiko pencurian (cyber crime).

Tips, belanja, online, aman, dengan, kartu, kredit, mataharimall, matahari, mall

Aplikasi Browser yang Aman Juga Penting

Aplikasi browser yang aman tidak membuat data-data Anda rentan dicuri oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Jadi, pastikan kalau aplikasi browser Anda sudah bebas virus dan aman untuk melakukan transaksi pembayaran via kartu kredit.

Memeriksa Tagihan Kartu Kredit dengan Teliti

Banyak sekali orang sibuk yang tak sempat mengecek tagihan kartu kreditnya dengan seksama. Padahal mengecek kartu kredit sangat penting untuk mendeteksi transaksi pembayaran yang tak pernah Anda lakukan. Bila Anda menemukan transaksi pembayaran yang mencurigakan, segera tanyakan hal tersebut pada bank yang menyediakan fasilitas kartu kredit tersebut.

Menyimpan Bukti Pembayaran Belanja Online

Jangan sampai bukti pembayaran belanja online Anda terbuang percuma ketika Anda selesai melakukan pembayaran via kartu kredit. Simpanlah bukti pembayaran tersebut sebagai salah satu referensi Anda bila terjadi masalah transaksi kartu kredit di kemudian hari.

MatahariMall menyiapkan sistem pembayaran via kartu kredit yang aman.

Demi menghindari penipuan saat bertransaksi dengan kartu kredit, MatahariMall berkomitmen untuk menyediakan sistem pembayaran kartu kredit yang aman. Kekhawatiran menjadi korban penipuan kartu kredit akan hilang bila Anda mempercayakan proses belanja online bersama MatahariMall.

(1)

Persiapan menjelang pernikahan memang terkadang membuat emosi naik turun. Mungkin karena hari dimana kita menjadi ratu dan raja sehari ini sebisa mungkin harus sempurna tanpa cacat. Jadi, terkadang stress karena hal-hal kecil pun terjadi. Tapi, justru hal ini bisa menjadi salah satu indikator kecocokan antar pasangan lho! Saat kita sama-sama stress bagaimana kita dan pasangan bisa mengatasinya bisa menjadi salah satu tolok ukur ke depan. Ini menurut saya, tidak ada teorinya. Hehe

Ngomong-ngomong tentang persiapan pernikahan, apa saja sih sebenarnya yang penting dan ga penting? Semua akan mendaftar keperluan pernikahan seperti undangan, catering, salon, fotografer, gedung, baju, dan lain sebagainya. Tapi, sudahkah kita memasukkan tes kesehatan di seluruh persiapan pernikahan?

Eits… pesta memang penting, tapi jangan lupa selepas pesta ya! Makanya, tes kesehatan ini sangat penting untuk antisipasi adanya gangguan kesehatan suami istri dan keturunannya. Ga mau kan nanti justru kita saling bertukar penyakit? Atau mengalami kehamilan yang bermasalah? Nah, makanya jangan abaikan tes kesehatan!

Lantas, tes kesehatan apa saja yang sebaiknya dilakukan calon pengantin? Yuk, kita bahas satu per satu. Continue Reading…

(3)

Boleh tahu ga, sih, kesan pengalaman pertama sobat makarame bertemu calon mertua? Emm.. mungkin ada yang biasa saja karena ternyata sudah kenal lama jauh sebelum kenal anaknya? Hehe… Atau tiba-tiba tidak bisa tidur semalaman dan nervous berlebihan? Sebenarnya seberapa besar sih peluang keberhasilan pertemuan dengan calon mertua ke jenjang yang lebih serius? Nah, yang sudah pernah mengalami dan berhasil melewati tahap ini pasti bisa senyum lega sambil mengenang masa lalu dong ya. Yang belum, bisa lho, beberapa tips ala makarame ini dicoba! Continue Reading…

(9)

Siapa sangka tanaman yang dulu hanya terkenal di film-film cowboy kini berjajar manis hampir di setiap sudut rumah sebagai hiasan yang manis nan cantik. Begitu besar kuasa Allah yang menciptakan keindahan beserta beragam namanya yang aduhai kalau tidak saya tulis di sini, pasti akan terlupa. Hehe…

Bagi yang penasaran tanya apa nama kaktus dan sukulen masing-masing jenis, check this out!

wisuda, kaktus, sukulen, souvenir, kado, semarang, jogja, solo, ultah, nikah
Hawortia cymbiformis

Continue Reading…

(8)

“Kapan nikah?” Bagi sebagian orang, pertanyaan ini sangat menyakitkan. Terutama bagi perempuan yang sudah berumur lebih dari 25 atau 30 tahun. Di Indonesia, predikat perawan tua dibubuhkan di kisaran usia tersebut. Setidaknya jika kita hidup di daerah. Kalau kota-kota besar seperti Jakarta, mungkin hal ini tidak terlalu memberikan efek.

Nah, lantas kamu termasuk ke dalam golongan “Capek ditanya kapan menikah??” ga greeners? Kalau iya, mungkin 5 Jawaban jitu ditanya kapan nikah berikut bisa diterapkan. Kalau tidak, coba deh diteruskan ke kawan kalian yang merasa risih ditanya kapan nikah. Hehe

Continue Reading…

(0)

Apa pengaruh gizi seimbang pada balita? Suka bertanya-tanya ga sih kenapa bule lebih tinggi daripada kita? Mungkin banyak yang menjawab.

“Sudah dari sononya, keles!”

“Gen-nya memang tinggi, kalau kita kan gen-nya pendek!”

Dan masih banyak jawaban lain yang terkadang membuat kita pesimis untuk memiliki keturunan setinggi pemain bola pujaan, Christian Ronaldo mungkin. Atau justru menjadi terobsesi menikah dengan bule untuk memperbaiki keturunan? Hehe

Eits, jangan khawatir! Orang Indonesia seperti kita juga bisa tinggi lho! Tenang, bukan dengan obat-obatan ataupun alat-alat yang ditarik-tarik itu. Tapi dengan perbaikan gizi. Tidak percaya? Menurut Timothy J. Hatton dalam penelitiannya, How Europeans have grown to tall (2013), dikatakan bahwa baju orang Eropa di abad ke-19 yang dipamerkan di museum-museum hanya seukuran orang Indonesia saat ini. Profesor Ekonomi dari Universitas Essex ini melanjutkan berdasarkan penelitiannya di 15 negara di Eropa,  diketahui bahwa ternyata tinggi rata-rata orang Eropa mengalami kenaikan 11 cm dalam satu abad terakhir.

Hal ini sejalan dengan hasil penelitian UNICEF (2003) yang dilakukan berdasarkan studi kasus pada tahun 1990, rakyat Korea Utara yang memiliki tinggi badan lebih pendek 12cm karena krisis pangan dibandingkan rakyat Korea Selatan yang makmur. Hal ini tidak terjadi pada rakyat yang berusia 40 tahun ke atas. Jadi, bisa dipastikan bahwa taraf ekonomi dan kesehatan adalah penentu tinggi badan, bukan ras.

gizi, balita, seimbang, agar, lebih, tinggi

Nah, jelas bukan kalau kita ingin memperbaiki tinggi keturunan kita selanjutnya, tidak perlu dengan menikah dengan orang yang tinggi. Tapi, dengan perbaikan gizi. Mulai kapan? Mulai dari sekarang dong! Terutama pada saat persiapan kehamilan, hamil, menyusui, anak balita, dan seterusnya. Kali ini, kita bahas pemenuhan gizi seimbang pada balita dulu yuk!

Teman-teman pasti sudah familiar dengan istilah golden age dong ya! Dimana pertumbuhan anak sedang pesat-pesatnya yang jika terlewat, maka tidak bisa diperbaiki ke depannya. Termasuk tinggi badan yang akan optimal jika dilakukan pemenuhan gizi seimbang sejak balita. Sumber makanan ini sudah bisa mulai diberikan sebagai makanan pendamping ASI (MP-ASI) di usia 6 bulan ke atas. Lantas zat-zat gizi apa saja yang harus dipenuhi balita?

Vitamin A

Balita usia 0-6 bulan membutuhkan vitamin A per hari sebanyak 400 mikrogram yang masih bisa didapatkan dari ASI. Sedangkan usia 7 bulan – 1 tahun membutuhkan 500 mikrogram dan 300 mikrogram untuk balita usia 1-3 tahun. Sumber vitamin A yang baik bisa didapatkan dari makanan seperti telur, susu, kentang, wortel, bayam, dan mangga.

Vitamin C

Balita berusia 1-3 tahun membutuhkan vitamin C per hari untuk menyintesis atau menyusun komponen struktural penting pada pembuluh darah, otot, jaringan ikat, dan tulang. Vitamin C juga bermanfaat untuk proses pertumbuhan, antioksidan, serta sistem kekebalan tubuh. Sumber yang baik misalnya jambu biji, jeruk, strawberry, tomat, brokoli, dan kentang.

Vitamin D

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin D ini sangat berkaitan dengan kadar kalsium dalam tubuh. Vitamin D berperang penting dalam penggunaan kalsium di dalam tubuh secara efisien. Sehingga tubuh tidak kekurangan kalsium dimana hal ini penting untuk menjaga sistem saraf, pertumbuhan, dan mempertahankan kepadatan tulang. Kebutuhan per hari balita berusia 0-3 tahun adalah 5 mikrogram. Vitamin D banyak terdapat di sina matahari pagi, salmon, makarel, dan kuning telur.

Seng (Zn)

Zat mikro ini banyak ditemukan di tiram, almond, sereal whole grains, telur, ikan, dan daging. Seng sangat penting untuk memperbaiki pertumbuhan, mempercepat penyembuhan luka, dan mempertahankan kekebalan tubuh. Balita usia 0-6 bulan membutuhkan 2 miligram seng per hari yang bisa didapatkan melalui ASI. Sedangkan kebutuhan seng per hari balita usia 7 bulan sampai 3 tahun adalah 3 miligram.

Kalsium (Ca)

Tulang dan gigi sangat membutuhkan kalsium untuk tumbuh dan berkembang. Sebanyak 99% kalsium di dalam tubuh ditemukan di tulang dan gigi. Makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu, keju, yoghurt, kacang merah, brokoli, dan bayam. Kebutuhan kalsium per hari balita berusia 0-6 bulan yaitu 210 miligram, meningkat menjadi 270 miligram pada usia 7 bulan sampai 1 tahun, dan usia 1-3 tahun menjadi 500 miligram.

Yodium

Kekurangan yodium ternyata tidak hanya membuat anak menderita gondok, lebih dari itu ternyata bisa mengakibatkan anak mengalami stunting atau perlambatan pertumbuhan. Yodium berguna untuk menyintesis hormon tiroid yang berperan dalam banyak di dalam tubuh seperti reproduksi, metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan. Yodium banyak ditemukan di makanan laut seperti udang, tuna, dan rumput laut. Kebutuhan per hari yaitu 110 mikrogram (0-6 bulan), 130 mikrogram (7 bulan-1 tahun), dan 90 mikrogram (1-3 tahun).

Fosfor (P)

Kebutuhan per hari balita 0-6 bulan yaitu 100 miligram dan 275 miligram pada balita 7 bulan sampai 3 tahun. Fosfor bersinergi dengan kalsium membentuk matriks tempat asal tulang dan gigi tumbuh. Makanan yang kaya akan fosfor adalah susu, yoghurt, keju, telur, daging, dan ikan.

Magnesium (Mg)

Magnesium banyak ditemukan di bahan pangan seperti beras merah, sereal, kacang, dan bayam. Zat mikro ini berfungsi untuk membantu pembentukan tulang dan merupakan bahan esensial dari cairan sel. Kebutuhan magnesium meningkat seiring dengan pertambahan usia. Per hari balita usia 0-6 bulan membutuhkan 30 miligram, meningkat di usia 7 bulan sampai 1 tahun dengan kebutuhan per hari menjadi 75 miligram, dan 80 miligram saat usia 1-3 tahun.

Pemenuhan zat gizi mikro di atas sangat penting untuk proses pertumbuhan. Meskipun terkadang banyak dilupakan oleh kita yang fokus hanya di pemenuhan kebutuhan zat gizi makro seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Padahal, zat gizi mikro pun harus dipenuhi secara optimal agar balita mendapatkan asupan gizi seimbang untuk pertumbuhannya. Jika balita mendapatkan gizi seimbang baik makro maupun mikro, maka pencapaian tinggi badan seperti orang Eropa maupun Amerika bukan lagi sebuah mimpi.

Kekurangan zat gizi makro dapat menyebabkan anak mengalami KEP (Kekurangan Energi Protein). Hal ini berarti asupan gizi anak sangat rendah. Selain itu, KEP juga disebabkan karena tingkat kebersihan makanan yang kurang sehingga dapat menyebabkan infeksi pada anak. Anak yang mengalami KEP akan mengalami gangguan pertumbuhan karena kurangnya asupan gizi dan penyerapan zat gizi di dalam tubuh. Berikut kebutuhan zat gizi makro yang sebaiknya dipenuhi ketika balita.

Energi

Kebutuhan energi atau kalori pada anak balita dapat diukur dengan rumus 1000 + (100 x usia dalam tahun). Misalnya, anak usia 1 tahun, maka membutuhkan asupan kalori sebanyak 1.100 kkal.

Protein

Kebutuhan proteinnya balita dalam sehari adalah 10% dari kebutuhan kalorinya. Yaitu, misalnya anak balita usia 1 tahun memerlukan 1.100 kkal, maka kebutuhan proteinnya adalah 110 kkal atau setara dengan  27.5 gram protein. Karena dalam 1 gram protein mengandung 4 kkal.

Sumber protein yang baik bagi balita adalah tempe, tahu, ikan, daging, telur, dan lain sebagainya.

Lemak

Kebutuhan lemak harian balita adalah 20% dari jumlah kebutuhan kalorinya. Yaitu setara dengan 220 kkal untuk kebutuhan balita 1 tahun. Satu gram lemak setara dengan 9 kkal, jadi dalam sehari balita mengonsumsi lemak sebanyak 55 gram. Sumber lemak dapat diperoleh baik secara nabati seperti alpukat, almond, kacang-kacangan, dan lain-lain; maupun lemak hewani yang terdapat pada ikan, daging, telur, susu, dan sebagainya.

Karbohidrat

Selanjutnya, kebutuhan kalori dipenuhi sebagian besar oleh karbohidrat, yaitu sebanyak 70% atau 770 kkal untuk balita usia 1 tahun. Satu gram karbohidrat setara dengan 4 kkal sehingga dalam sehari, balita usia 1 tahun membutuhkan karbohidrat sebanyak 192.5 gram. Sumber karbohidrat tidak hanya nasi dan mie ya, tetapi sebaiknya selalu divariasi dengan kentang, gandum, roti, dan yang lainnya.

Pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan juga termasuk dalam program pencapaian tinggi badan ideal dan optimal ya! Pemberian ASI hingga usia 2 tahun ini penting untuk pemenuhan mikronutrien dan makronutrien yang notabene zat gizi dari ASI lebih mudah terserap di dalam tubuh dibandingkan makanan lain. Baru kemudian disusul makanan pendamping ASI (MP ASI) setelah usia 6 bulan. Tidak boleh lebih cepat maupun lebih lambat.

Makanan bergizi seimbang hanya bisa didapat dari makanan yang beragam. Karena tidak ada satu pun makanan yang paling sempurna memenuhi semua kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan oleh anak. Jadi, pemberian makanan seperti yang tercantum dalam piramida gizi sangat baik untuk pengoptimalan pertumbuhan tinggi badan anak.

gizi, balita, seimbang, agar, lebih, tinggi

Membicarakan gizi seimbang pada balita untuk mencapai pertumbuhan tinggi badan yang ideal dan optimal tidak hanya berbicara tentang pemenuhan zat gizi makro dan mikro. Akan tetapi, seperti yang tercantum dalam piramida gizi, aktivitas fisik juga memegang peranan penting. Oleh karena itu, olahraga menjadi syarat wajib bagi pertumbuhan berat badan yang optimal.

Lantas olahraga apa yang tepat untuk balita? Ajak balita untuk jalan-jalan berkeliling kompleks atau taman misalnya. Bisa juga berenang, bermain tangkap bola, bersepeda, berlari, dan permainan sejenis. Pernah mendengar istilah Bunny Jumping? Yup! Lompat kelinci! Anak-anak sangat senang melakukan hal ini bukan? Ternyata bisa menjadi salah satu faktor penentu tinggi badan lho!

Selain itu, olahraga juga bisa menghindarkan anak dari obesitas sehingga badan anak menjadi lebih sehat. Obesitas selain memberikan dampak kesehatan yang buruk bagi anak, juga dapat menghambat pertumbuhan. Hal ini dikarenan jaringan lemak yang terlalu banyak di bawah permukaan kulit sehingga mengganggu penyerapan kalsium. Seperti yang kita ketahui bukan bahwa kalsium memegang peranan penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi.

Pastikan anak juga memiliki kualitas tidur yang baik dan dalam jumlah yang cukup. Balita memerlukan kurang lebih 10-12 jam per hari untuk tidur. Mengapa harus tidur cukup dengan kualitas yang baik? Karena pada saat anak tidur, hormon pertumbuhan bekerja secara maksimal. Hampir mencapai dua per tiga dari jumah total hormon pertumbuhan yang diproduksi dalam sehari. Hal ini terjadi akibat terjadinya proses perombakan dan perbaikan sel tubuh ketika tidur. Jika perbaikan sel berjalan lancar, maka hormon pertumbuhan pun ikut bekerja secara optimal.

Kecukupan tidur, olahraga, dan gizi seimbang pada balita menjadi faktor penting terpacunya pertumbuhan tinggi badan anak yang optimal. Hal lainnya yang perlu diketahui adalah pastikan anak tidak terlalu sering sakit. Anak yang sering sakit, pertumbuhan tinggi badannya tidak optimal. Mengapa? Karena seringkali nafsu makan anak menurun sehingga asupan gizi tidak optimal. Beberapa penyakit kronis tertentu juga dapat mengganggu penyerapan zat gizi di dalam tubuh. Yang pada akhirnya mengganggu produksi hormon pertumbuhan. Karena itu gizi seimbang pada balita dan faktor lainnya harus diperhatikan dengan baik.

(1)

Berbicara tentang bisnis online memang tidak ada habisnya. Maraknya internet yang kini menjangkau seluruh pelosok negeri menjadi faktor penting berkembangnya bisnis online. Mulai dari anak-anak hingga lansia sudah akrab dengan belanja online. Didukung oleh gadget murah dan paket selancar dunia maya yang terjangkau, kini siapa pun bisa berbisnis ataupun berbelanja online. Belanja online umumnya lebih dipiliha karena orang tidak perlu lagi berpanasan maupun berdesakan untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan. Semua tinggal klik dan barang pun siap diantar.

Mengingat persaingan bisnis online semakin ketat, penggiat bisnis online sebaiknya perhatikan deh tips-tips berikut ini. Agar bisnis main hits dan dikenal oleh khalayak dan dagangan pun makin ramai pembeli! Continue Reading…

(4)

Dulu, saat saya masih kecil, melihat wanita yang bisa menyetir mobil itu rasanya WOW banget. Dan, saya bercita-cita harus bisa kalau besar nanti. Maklum, di era 90-an, saya masih jarang melihat wanita yang bisa menyetir. Palingan lihat di tivi. Hehe

Mimpi masa kanak-kanak ternyata kini sudah saya raih. Kurang lebih dua setengah tahun ini saya sudah bisa menyetir. Rasanya bukan kebanggaan seperti masa kecil dulu ya, tetapi lebih ke kemandirian. Saya tidak perlu lagi merepotkan keluarga kalau mau pergi-pergi. Walaupun untuk itu semua saya harus berjuang keras melawan rasa takut dan grogi saya. Benar lho, cukup lama ternyata saya belajar menyetir. Kalau di lapangan sih, lancar jaya ya. Haha Continue Reading…

(6)

Menurut makarame, selain dikenal sebagai Kota Pelajar dan Kota Budaya, Yogyakarta juga cocok menyandang Kota Kreatif! Yup! Begitu banyak seniman tinggal di Yogyakarta. Bahkan sudah ter-cluster. Misalnya, kita tinggal pergi ke Kasongan untuk melihat kerajinan Gerabah atau Ke Kotagede untuk melihat kerajinan perak. Nah, awal Juni kemarin, makarame main nih ke Kotagede, lihat-lihat kerajinan perak di sana. Pulangnya mampir ke Malioboro. Sepertinya, Malioboro memang destinasi wisata yang nggak boleh dilewatkan kalau lagi ke Jogja ya, guys!

Festival Ruwahan Apeman Malioboro #VI, Ruwatan Sampah Cokro Manggilingan Continue Reading…

(9)

Berselancar di dunia maya seperti halnya memanfaatkan sebilah pisau. Jika digunakan dengan baik, maka layaknya seorang chef dapat menyajikan hidangan yang lezat. Namun, jika tidak tepat pengguanaanya, akan melukai orang di sekitarnya. Saya rasa, semua orang setuju dengan sisi positif dan negatif dari berinternet.

Stalker, Hacker, Cracker, dan lain sebagainya tidak henti-hentinya mengintai setiap pengguna internet. Entah pada akhirnya rekening kita kebobolan, penculikan anak karena update status-nya, atau kejahatan lain akibat social media. Begitu banyak data yang terkadang kita lupa betapa sangat berharganya untuk disebar di dunia maya. Oleh karena itu, sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bermain internet. Continue Reading…

(4)

Setiap orang pasti memimpikan pernikahan yang harmonis hingga akhir hayat. Bahkan berlangsung kembali di surga yang hakiki. Namun, terkadang, rintangan dan ujian diberikan Tuhan untuk menguji seberapa besar cinta kedua pasangan Bumbu-bumbu cinta orang bilang sehingga keduanya menjadi makin mesra. Tapi, tak jarang pula yang berakhir pada perceraian.

Ibarat kapal yang sedang berlayar di tengah samudra yang terkadang harus menerjang badai meskipun cuaca cerah, kemampuan serta kerja sama nahkoda dan awak kapal sangat dibutuhkan. Begitu pula dalam sebuah rumah tangga. Ketika menghadapi masalah, maka kerja sama kedua belah pihak memegang peranan penting.

Sebenarnya, tanda-tanda atau gejala pernikahan di ambang perceraian sudah bisa dirasakan. Hanya terkadang, pasangan masa bodoh dan menyerahkan semua kepada waktu. Padahal, ibarat orang dengan gejala sakit magh akan lebih baik berobat sebelum akhirnya menjalar menjadi tipus bukan? Akan lebih mudah sembuh dan murah. Continue Reading…

(0)

Networking berbanding lurus dengan peningkatan omset sebuah usaha. Semakin banyak kenalan kita, maka semakin tinggi pula peluang usaha kita dikenal. Hal ini pula mengapa banyak penggiat bisnis yang melebarkan sayap ke dunia online yang identik dengan reseller. Semua ini dilakukan agar bisnis semakin dikenal di era digital ini. Plus, reseller sebagai perpanjangan tangan dari pemilik bisnis. Ibarat kata, sebagai toko cabang atau sales di dunia nyata (offline). Lantas, bagaimana caranya? Berikut beberapa tips dari seorang pakar bisnis dan praktisi hypnotherapy, Bapak Bambang Nugroho.

Sebelumnya, mari kita pahami terlebih dahulu ilustrasi berikut. Dikatakan bahwa setiap orang, rata-rata memiliki kenalan 250 orang. Sungguh luar biasa jika setiap orang menjalin hubungan baik, maka kenalan mereka akan menjadi sumber aset yang luar biasa. Oleh karena itu, mengapa setiap pakar menekankan betapa pentingnya membangun jaringan.

Continue Reading…

(0)

Bagi sebagian orang, presentasi terasa sangat sulit. Tak jarang dari kita bahkan mendadak lupa dan stuck saat melakukan presentasi di depan banyak orang. Padahal, tadinya sangat lancar jika sedang bercerita dengan kawan tentang suatu hal. Nah, kali ini Winda Arum Nugraheni, salah satu pakar presentasi yang bekerja di Learning Development Officer di Indomobil Learning & Development Center (ILDC) akan berbagi rahasia tentang presentation skill. Agar presentasi kita memukau para audience.

Sebelumnya, kenalan dulu yuk dengan presentasi. Apa itu Presentasi? Secara garis besar, presentasi adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menyampaikan ide-ide kita agar dimengerti oleh orang lain. Sebuah langkah yang atraktif dan menarik untuk menyampaikan pesan agar mudah dimengerti oleh lawan bicara.

Selling Your Idea. Selling Your Message”

Persiapan Presentasi!

“Barang siapa naik mimbar tanpa persiapan, maka ia akan turun tanpa penghormatan” – Cicero

Menilik apa yang dipesankan oleh Cicero, maka sudah sepatutnya kita mempersiapkan dengan matang setiap presentasi kita. Emm, bukan hanya presentasi sebenarnya, tetapi segala sesuatu yang kita kerjakan hendaknya tetap dipersiapkan dengan baik.

Terdapat setidaknya 5 tahap persiapan presentasi, yaitu: 
  • What?

Sebelum melakukan presentasi, list tujuan kita presentasi. Kemudian, ikuti dengan pertanyaan “apa yang akan disampaikan saat presentasi?” Hal ini sangat penting untuk menjaga kita tidak keluar dari outline materi yang akan disampaikan. Terkadang, kita terlalu asyik berbicara sehingga keluar dari alur dan justru lupa dengan apa yang akan disampaikan.

“Tujuan Presentasi adalah mengomunikasikan inspirasi kepada peserta”

  • Who?

Identifikasi dengan baik siapa peserta presentasi kita, beda penyimak beda pula cara kita berpresentasi.

Misalnya, bahasa yang akan kita gunakan untuk presentasi di depan ibu-ibu puskesmas akan berbeda jika dihadapan dosen. Meski dengan topik yang sama, masalah reproduksi misalnya.

Setiap peserta presentasi, datang dengan membawa berjuta harapan tentang materi yang akan kita sampaikan. Coba pikirkan dan analisis apa saja harapan mereka. Semoga membantu kita menemukan gaya penyampaian yang tepat.

  • When?

Outline! Pastikan kita sudah membuat outline yang jelas terhadap waktu presentasi kita. Berapa lama waktu presentasi keseluruhan, ada berapa topik, waktu presentasi per topik, selingan, dan sebagainya. Hal ini bisa membantu kita untuk bisa menyampaikan materi dengan lebih efektif sebelum peserta merasa bosan. Hal ini juga bisa menjadi pegangan kita terhadap suatu topik jangan sampai justru kita terlalu banyak selingan, tetapi topik yang akan disampaikan justru tidak tersampaikan karena banyak waktu tersita untuk selingan.

  • How?

Buatlah teknik bagaimana pesan kita dapat tersampaikan dan dimengerti oleh peserta. Setelah kita tahu siapa peserta kita, apa yang akan kita sampaikan, dan berapa lama waktu yang ada akan sedikit memudahkan kita untuk menemukan teknik yang tepat.

Seperti disampaikan di awal bahwa presentasi adalah upaya kita menyampaikan gagasan kita kepada lawan bicara dengan cara yang atraktif dan menarik sehingga lawan bicara mengerti. Oleh karenanya, teknik itu sangat penting.

“Oleh karena peserta tidak dapat membaca kembali atau mengulang apa yang kita katakan, maka kita perlu untuk menyampaikan kembali hal-hal penting dari presentasi kita. Pengulangan merupakan poin esensial dalam sebuah presentasi. Ulang poin utama materi kita sehingga materi kita selalu terdengar peserta..”

  • Practice!

Nah, sobat MakaraMe pasti seringkali mendengar kalimat bijak ini “Practice makes perfect.” Hal ini sangat berlaku untuk sebuah presentasi. Pelajari materi dan visualisasikan di depan cermin. Koreksi apa yang menurut kita kurang atau justru berlebihan.

Latih juga waktu penyampaian per topik yang sudah kita buat. Sekali lagi, jangan sampai materi kita tidak tersampaikan karena kita kekurangan waktu sebab tidak efektif memanfaatkan waktu yang ada.

 teknik, presentasi, memukau, sukses, tips, trik

Tips-tips Presentasi

Prinsip dalam sebuah pembelajaran adalah semakin banyak yang dapat kita lihat, dengar, katakan, dan lakukan sesuatu, semakin mudah sesuatu itu kita pelajari.

Sehingga, dalam sebuah presentasi, faktor visual (55%), vocal (38%), dan verbal (7%) menjadi sangat penting.

  • Visual

Bill Irwin mengatakan bahwa the physical language of the body is so much more powerful than words. Jadi, body language presentator sangat berpengaruh besar terhadap pemahaman peserta. Apa saja?

1. Ekspresi wajah

Berlatihlah presentasi di depan cermin! Lihat apakah cara penyampaian kita sudah cukup menarik. Senyum yang mengembang secukupnya, wajah optimis yang tersaji, atau justru mimik muka yang melankolis? Sesuaikan dengan materi presentasi kita.

2. Kontak Mata

Usahakan melakukan kontak mata dengan peserta secukupnya. Hal ini penting karena orang akan merasa diperhatikan. Tapi, secukupnya saja. Terdapat beberapa tipe orang yang mungkin ada yang suka dengan kontak mata, ada pula yang tidak nyaman yang jika diteruskan justru akan membuat audience memberi jarak.

3. Gerakan Kaki

Jika ruang presentasi kita memungkinkan, coba dekati peserta sampai jarak terdekatnya. Jangan melakukan blocking yang berarti bahwa kita hanya berdiam di satu tempat. Sesekali berjalanlah mendekati peserta.

Jika tidak memungkinkan coba perhatikan gerakan kaki kita, jangan sampai kita terlihat nervous hanya karena kita tidak dapat mengendalikan posisi kaki kita dengan elegan.

4. Gerakan Tangan

Hati-hati! Jangan menunjuk salah satu peserta saat menyatakan hal-hal yang negatif. Mengapa? Berbahaya jika yang tidak sengaja kita tunjuk adalah seseorang yang sensitif, maka setelah itu, mereka tidak akan tertarik dengan materi kita karena merasa terintimidasi. Lain halnya jika hal-hal positif yang kita lakukan.

Kemudian, berikan gerakan tangan sesuai dengan apa yang kita ucapkan. Hindari tangan disembunyikan di belakang, berpaku di depan dada atau perut, atau memainkan atribut yang tidak perlu seperti pulpen misalnya.

  • Vocal & Verbal

Intonasi dan gaya berbicara menjadi faktor penting dalam sebuah presentasi karena suara kitalah yang menjadi fokus perserta. Oleh karenanya, perhatikan hal-hal berikut:

1. Volume : Naik dan turunkan volume suara kita mengikuti materi yang akan kita sampaikan. Nada yang datar-datar saja terkesan tidak menarik. Tak jarang yang membuat orang menjadi mengantuk dan tertidur.

2. Speed : Kecenderungan orang yang gugup adalah berbicara terlalu cepat atau juga terlalu lambat. Begitu pun untuk yang tidak menguasai materi. Oleh karena itu, berlatih menjadi sangat penting untuk mengetahui apakah penyampaian materi kita sudah sesuai. Berbicara terlalu cepat membuat peserta tidak dapat menangkap yang kita sampaikan. Sedangkan terlalu lambat membuat peserta merasa sedang didongengkan kemudian pulas ke alam mimpi.

3. Pronouncation atau pelafalan: beberapa candaan mengatakan bahwa seorang pemateri berbicara seperti kumur-kumur. Begitulah untuk menggambarkan pelafalan yang tidak jelas.

4. Bahasa Einstein vs Bahasa Peserta: pilih bahasa yang tepat untuk peserta kita. Jangan gunakan bahasa ilmiah jika memang peserta kita adalah orang awam. Sebaliknya jangan menggunakan bahasa umum jika kita sedang presentasi di depan ahlinya. Pengalaman MakaraMe sendiri saat menjawab pertanyaan dosen di kelas dan dijawab oleh beliau “Bagus. Tapi bahasa kamu seperti majalah ******….” Tet tot! Niat hati menggunakan bahasa sederhana, ternyata justru salah. Hehe

Oke, cukup sekian ya, sharing MakaraMe kali ini. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu ^^
teknik, presentasi, memukau, sukses, tips, trik
(0)

Hallo greeners… hari minggu kemarin kemana aja nih? Kalau makarame main-main nih ke Galeri Bank Sampah Makmur di Ngampel, Blotongan, Salatiga. Hmm… seru banget lho greeners! Pasti kalian bakal betah berlama-lama deh di sana.

Nah, pertama kali masuk kompleks Galeri Bank Sampah Makmur, makarame langsung tertarik sama plang yang terpampang di pertigaan kompleks. Yang ini nih…

galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga

Yup! Dalam benak makarame “Duh, managemen-nya pasti bagus banget nih!” Apalagi nih greeners, didukung pula dengan kondisi kompleks yang sangat bersih dan rapi. Hampir setiap rumah pun punya tambulapot. Potnya pun dibuat dari sampah lho! Luar biasa bukan? Masalah pupuk, tenang, say no to pestisida atau pupuk kimia deh! Semua organik dari sampah sayur dan buah. Plus, media tanamnya pun dari campuran kompos, sekam, dan tanah dengan perbandingan 2:2:1

galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga

Kenalin nih greeners, namanya Pak Sugito. Beliau ini pionir dari Galeri Bank Sampah Makmur. Pak Sugito lagi menjelaskan proses pembuatan kompos dan pupuk cair menggunakan EM4 dan tetes tebu. Harus sabar ya, greeners, paling tidak membutuhkan waktu 1 bulan! Tapi tenang, kompos ini tidak berbau kok, dan pupuk cairnya juga berbau seperti buah atau sayur aslinya. Yang ini dibuat dari mangga. Sstt… jangan diminum ya. Hehe

galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga

galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga

Dari pembuatan kompos, kita diajak mengunjungi Galeri. Pameran dari segala macam olahan sampah anorganik. Duh, sebenarnya, kita di sini disuguhi jus jambu, pisang goreng, dan rolade daun singkong. Tapi, saking senengnya lihat kerajinan, jadi lupa foto. Tapi, ga lupa makannya. Xixi… T-O-P-B-G-T deh makanan dan minumannya! Nah, mau pamer beberapa karya mereka dulu ya…

galeri, sampah,bank, makmur, ngampel, blotongan, salatiga galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga

Gimana greeners? Keren kan? Karya mereka ini selain digemari turis lokal, juga sudah sampai ke Singapura dan Belgia lho! Wow! Hebat kan? Kapan ya, makarame bisa ekspor juga? Hmm… harus meniru semangat berkarya dan kerja keras mereka ya, greeners.

Asyik di galeri, kita diajak lagi berkeliling ke Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Seperti di awal tadi makarame cerita kalo di depan rumah masing-masing, sudah mulai menanam sayuran. Nah, yang sekarang ini semacam rumah kacanya greeners…

galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga

Sayang, tadi belum bisa panen ya. Rasanya pengen mencicipi sayuran organik. Lebih sehat dan pastinya lebih nikmat dong ya..

Selesai dari KRPL, kita langsung cus ke gudang. Seperti apa sih gudang penyimpanan sampahnya?

galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga

Hmm… tumpukan sampah ini, ternyata kalau diolah seperti di galeri tadi, sangat bernilai jual tinggi. Dan, sisanya yang tidak sempat diolah, dijual ke pengepul. Pun dengan harga yang sangat fantastis! Luar biasa bukan? Dari sampah akhirnya menjadi berkah.

Makasih banyak Galeri Bank Sampah Makmur sudah mau direpotin rombongan kami. Sebelum pulang, foto-foto dulu dong.galeri, bank, sampah, makmur, ngampel, blotongan, salatiga

(2)

Pembangungan Pasar Sumowono sebentar lagi akan dilaksanakan. Konon katanya akan dibangun megah dengan 2 lantai. Wuah, tidak sabar loh menunggu Pasar Sumowono yang baru. Kabar burung sih, dengar-dengar renovasi ini membutuhkan waktu 1 tahun. Alhamdulilah, seluruh pedagang mengikuti himbauan dari Pemerintah untuk direlokasi di Bumen. Ya, para pedagang berpikir daripada dibakar pasarnya kalau melawan dan menimbulkan kerugian yang lebih besar, lebih baik manut (menurut) sama Pemerintah saja. Walaupun, kalau boleh jujur, para pedagang mengharapkan relokasi yang lebih layak. Bukan di tanah sawah yang sewaktu-waktu musim hujan akan membuat pasar becek. Tentu, direlokasi di tempat yang strategis pula.

relokasi, renovasi, pasar, sumowono

Ya, walaupun begitu, kita sama-sama positive thinking saja ya, greeners bahwa Pemerintah sudah berupaya yang terbaik. Meskipun tempat yang sekarang lebih jauh, tapi kalau sudah rejeki semoga tak kan kemana. Dan, meskipun musim hujan, semoga tidak becek berlebihan seperti yang dikhawatirkan.


relokasi, renovasi, pasar, sumowono

Ini, penampakan Pasar Sumowono saat ini. Satu tahun lagi semoga bisa update penampakan barunya ya, greeners…

pasar, sumowono, relokasi, renovasi pasar, sumowono, relokasi, renovasi pasar, sumowono, relokasi, renovasi pasar, sumowono, relokasi, renovasi pasar, sumowono, relokasi, renovasi

(2)

Menjalankan bisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi, asalkan ada kemauan untuk terus belajar dan berjalan, bukan mustahil dunia bisnis akan berhasil dalam genggaman. Teori bisnis bisa membantu kita melakukan percepatan bisnis lho, greeners. Tentu dengan eksekusi yang disiplin ya…

Nah, Alhamdulilah, makarame dapat kesempatan mengikuti pelatihan bisnis yang diadakan oleh INOTEK, Sampoerna pada hari Selasa, 12 Mei 2015 lalu. Lumayan untuk menyentil makarame yang selama ini hibernasi. Bertemu dengan pebisnis senior lainnya dan belajar jatuh bangunnya mereka menjalankan bisnis bisa jadi motivasi tersendiri. Bahwa ada harga untuk kesuksesan itu sendiri. Yup! Tak lepas dari DUIT alias Doa, Usaha, Ihklas, dan Tawakal.

Kali ini, makarame ingin mengulas materi “Mengembangkan Merek dan Strategi Pemasaran” oleh Bapak Rizal Hari dari Inkubator Universitas Diponegoro, Semarang.

rizal, hari, inkubator, undip, semarang, inotek

Perlu kita ketahui bahwa terdapat 3 langkah utama dalam mengembangkan merek dan meluaskan pemasar, yaitu KOMUNIKASI – SERVICE – KOMUNITAS.

  • KOMUNIKASI

Hal yang harus diperhatikan di langkah pertama ini adalah bagaimana kita sebagai pebisnis memperkenalkan brand atau produk yang kita jual. Contohnya, jika kita adalah pemain bisnis online, maka buatlah jadwal promosi kita setiap harinya. Promosi yang akan kita posting di sosial media. Pelajari juga prime time target market kita.

  • SERVICE

Bagian kedua ini menjadi sangat penting untuk memberikan kesan yang baik bagi konsumen yang tujuannya untuk membuat konsumen melakukan repeat order dan atau merekomendasikan produk kita kepada orang lain. Hal yang bisa kita lakukan pada langkah ini misalnya dengan memberikan garansi produk kita. Sehingga konsumen yakin untuk membeli karena ada garansi jika produk tidak cocok bisa diperbarui.

  • KOMUNITAS

Untuk pemain bisnis lama, pasti sudah tahu tentang teori 20/80 Paretto Law. Apa artinya? Artinya adalah hanya akan ada 20% dari seluruh konsumen yang mendatangkan 80% keuntungan.

Oleh karena itu, penting artinya kita fokus kepada 20% konsumen kita dalam membuat database. Apa pentingnya database konsumen? Yaitu, untuk mendapatkan konsumen yang loyal terhadap produk kita.

Lantas bagaimana cara memilih 20% dari sekian banyak konsumen kita? Setidaknya terdapat 3 langkah mudah yang bisa ikuti, yaitu RECENCY, FREQUENCY, dan MONETERY.

  • RECENCY

Buatlah database berdasarkan waktu belanja terakhir konsumen. Misalnya, konsumen premium adalah konsumen yang paling tidak melakukan belanja selama 1 bulan terakhir.

  • FREQUENCY

Buatlah database berdasarkan seberapa sering konsumen belanja produk kita.

  • MONETERY

Siapa konsumen yang paling banyak belanja dalam jumlah hitungan rupiah? Maka mereka berhak menjadi konsumen premium Anda.

Lantas, setelah membuat database, apa langkah selanjutnya? Buatlah KOMUNITAS! Entah itu melalui grup atau bisa langsung secara personal. Misalnya, mendapatkan surprise setiap ulang tahunnya. Bisa juga dengan mengirimkan informasi ter-update secara rutin.

Bagaimana greeners? Semoga bermanfaat ya artikelnya….

(0)

Saya rasa semua orang pernah berorganisasi. Ya, setidaknya organisasi di dalam keluarganya. Jabatannya bisa sebagai ayah, ibu, anak, kakak, adik, menantu, ipar, dan lain-lain. Tugasnya, sesuai dengan jabatannya masing-masing dan pembagian tugas atas kesepakatan anggota keluarga lainnya yang pasti.

Nah, keluar dari keluarga, mungkin ada yang bergabung dengan Pramuka, OSIS, BEM, atau yang paling dekat adalah organisasi dusun tempat kita tinggal. Yup! Salah satunya adalah IMMDN alias Ikatan Muda Mudi Dusun Nyampuran. Emm… mungkin saya bergabung hampir 2 tahun ini. Setelah saya melanglang buana kesana kemari. Akhirnya saya memilih menetap di Dusun Nyampuran Desa Sumowono Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Nah, kali ini, saya akan membahas tentang logo IMMDN. Sebenarnya apa sih artinya? Yang pasti jelas, setiap pembuatan logo, meskipun sederhana. Tetapi selalu saja ada nilai filosofi dan tentu harapan ke depan tentang organisasi yang dilambangkan dalam sebuah simbol atau logo.

logo, immdn, ikatan, muda, mudi, dusun, nyampuran, sumowono, makarameSimbol

Segi lima                     : Pancasila

Warna dasar biru    : Kepulauan

Tali                                : Ikatan/tali silaturahim

Bintang                        : Ketuhanan YME

Pita Kuning                : Kesejahteraan bersama

Arti

Segi lima                     : Pangkal Jiwa dan Semangat Pancasila

Warna dasar Biru        : Hidup dan Kehidupan yang Sejahtera dalam Negara Kepulauan

Tali                              :  Persatuan yang kokoh menegakkan persatuan/tali silaturahim dan Mengikat Spirit Membangun Cita-cita yang Luhur

Bintang                       :  Keteguhan dalam Menggapai Cita-cita yang Tinggi menuju Keberhasilan Berdasar pada KeTuhanan YME

Pita (Motto/Slogan)    : Muda Jaya Sakti Bhakti Praja (Jayalah Pemuda Berkerja Keras Membangun Bangsa dan Negara)

Arti Global

Semangat Ikatan Kepemudaan dengan Jiwa Pancasila untuk Membangun Cita-cita Bangsa Dalam Pencapaian Kesejahteraan yang Berdasar KeTuhanan Yang Maha Esa.

Bagaimana sobat? Luar biasa bukan maknanya? Semoga kami semua bisa menjadi pribadi yang baik demi kemajuan lingkungan tempat kami tinggal. Aamiin…

Bagaimana dengan arti lambang dusunmu?

(0)

Sepertinya hampir satu tahun ini makarame tidak mengikuti kegiatan bazar dan pameran. Jadi kangen dan ingin memulai debut lagi ikut bazar dan pameran sana-sini. Tentu dengan harga stand yang terjangkau ya. Hehe…

Yup! Jumat kemarin, tepatnya tanggal 20 Maret 2015, makarame dapat kesempatan untuk mengikuti Bazar Madani Temilnas XIV yang diadakan di pelataran gedung Soedarto UNDIP Tembalang, Semarang.

pameran, bazar, madani, temilnas, undip, tembalang, makarame, kaktus, sukulen, hidrogel, mini, souvenir, murah

Dimulai dengan insiden salah keluar pintu tol, makarame tetap semangat dong memasarkan kaktus dan sukulen. Dan, alhamdulilah, tidak telat sampai di TKP. Makarame sengaja berangkat lebih awal, yaitu pukul 06.00 dari rumah di kaki gunung Ungaran, Sumowono. Dan sampai di UNDIP pukul 07.00 lebih dikit. Lupa berapa dikitnya. Hehe…

pameran, bazar, madani, temilnas, undip, tembalang, makarame, kaktus, sukulen, hidrogel, mini, souvenir, murah

Ini beberapa dokumentasi antusiasme pelanggan makarame.

pameran, bazar, madani, temilnas, undip, tembalang, makarame, kaktus, sukulen, hidrogel, mini, souvenir, murah pameran, bazar, madani, temilnas, undip, tembalang, makarame, kaktus, sukulen, hidrogel, mini, souvenir, murah pameran, bazar, madani, temilnas, undip, tembalang, makarame, kaktus, sukulen, hidrogel, mini, souvenir, murah

(0)

Toko online akan selalu menjadi trend belanja masa kini mengingat kemudahan teknologi semakin merata hampir ke seluruh penjuru dunia. Kemudahan belanja online semakin memanjakan mata. Di samping tentu terkait kesibukan para buyer yang terkadang tak memungkinkan mereka belanja secara lansung ke toko-toko offline. Hanya dengan memasukkan keywords di search engine, maka akan keluar seluruh rekomendasi yang dicari. Nah, mengingat persaingan toko online yang semakin ketat, maka memilih penyedia website yang profesional dan terpercaya adalah hukum wajib bagi para seller. Berikut ini adalah hal – hal yang harus diperhatikan dalam memilih jasa penyedia website.

1. Cari Info Siapa Orang Dibalik Jasa Penyedia Website Tersebut

Kamu bisa melihat apakah penyedia jasa pembuatan website itu bisa dipercaya atau tidak dari siapa orang yang berada dibalik jasa penyedia website tersebut. Reputasi suatu bisnis bisa dilihat dari reputasi orang yang menjalankan bisnis tersebut.

2. Cek Layanan Yang Ditawarkan

Jangan hanya pernah memilih karena harganya murah tapi lihat juga layanan yang ditawarkan. Jangan sampai kamu pakai jasa abal-abal yang hanya menawarkan harga murah tapi kualitasnya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

3. Lihat Siapa Saja Yang Sudah Jadi Kliennya

Pilihlah jasa pembuatan website yang sudah jelas siapa kliennya dan bagaimana hasilnya. Semakin banyak klien yang sudah dilayani maka semakin bisa dipercaya jasa penyedia website tersebut.

4. Cari Info Lebih Lanjut Dari Klien Yang Sudah Pakai

Sekalipun jasa penyedia website sudah memiliki banyak klien tapi hal itu belum tentu menjadi ukuran bahwa penyedia jasa tersebut memiliki layanan yang baik. Kamu harus tetap berusaha mendapatkan info terkait bagaimana layanan penyedia website tersebut dari kliennya langsung.

(1)

Bank sampah. Sudah pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita kan ya! Secara bak jamur di musim penghujan, kegiatan peduli sampah dan lingkungan ini hampir dapat kita temukan dimana-mana. Terlebih, setelah seorang dokter muda yang mendapat penghargaan langsung oleh Pangeran Charles di London terkait klinik sampahnya. Dimana setiap orang bisa berobat hanya dengan membayar menggunakan sampah! Wow! Luar biasa memang dr. Gamal Al Bin Said ini. Inspirator bagi para pemuda.

COKROWONO: PENGGERAK MASA DEPAN SUMOWONO

Nah, kali ini, giliran pemuda pemudi Sumowono yang tergerak hatinya untuk meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk membuat bank sampah yang diberikan nama COKROWONO. Nama ini diambil dari filosofi cerita pewayangan. Cokro adalah senjata Kresna, sedangkan Wono sendiri diambil dari nama SUMOWONO (nama desa kita tercinta) yang berarti hutan. Dimana diharapkan, Cokrowono ini dapat menjadi penggerakan kemakmuran dan kesejahteraan sumowono melalui pemuda pemudinya. Bukankah Ir. Soekarno pernah mengatakan bahwa beliau akan mengguncangkan dunia jika diberikan 10 pemuda? Begitu dahsyat bukan!

immdn, nyampuran, sumowono, ikatan, muda, mudi, makarame

Cokrowono sendiri digawangi oleh sekumpulan muda mudi yang tergabung dalam Ikatan Muda Mudi Dusun Nyampuran (IMMDN). Mulai dari anak-anak, remaja, ibu-ibu, bapak-bapak, bahkan kakek-kakek dan nenek-nenek pun ikut berpartisipasi! Semoga bisa berjalan lancar hingga berkembang suatu saat nanti ya, guys. Aamiin…

POSBINDU = TES KESEHATAN NASABAH COKROWONO

Nah, di kegiatan bank sampah ini. Kita tidak hanya peduli masalah sampah dan lingkungan saja lho. Tetapi juga kesehatan para nasabahnya. Kita sediakan tensimeter GRATIS untuk mengecek tekanan darah. Dan, ada juga ke depannya timbangan badan dan lingkar perut. Yup! Harapannya kita bisa mencegah berkembangnya penyakit degeneratif di Sumowono. Ya, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

bank, sampah, cokrowono, posbindu, nyampuran, sumowono, ikatan, muda, mudi, makarame
Tensi salah satu nasabah Cokrowono. Sehat selalu ya, Mbah…

Lingkungan bersih, dapat tabungan untuk bekal lebaran, plus badan jadi sehat! Minat melihat kegiatan Cokrowono lebih lanjut? Yuk, main ke Sumowono…!!!

bank, sampah, cokrowono, posbindu, nyampuran, sumowono, ikatan, muda, mudi, makarame
Ngangkut Sampah Pakai Truk Tetangga. Makasih Om…

(1)

Hingga saat ini pemberian ASI dan menyusui dalam jangka panjang terutama menyusui dengan posisi berbaring miring (side lying) saat malam hari dipercaya menjadi salah satu penyebab kerusakan gigi pada anak-anak.

Sehingga banyak Mama yang menghindari untuk menyusui dengan posisi berbaring miring bahkan menghentikan menyusui pada malam hari. Padahal menyusui dengan posisi berbaring miring sangat membantu Mama untuk beristirahat serta manfaat menyusui pada malam hari juga banyak baik bagi bayi dan juga Mama.

Umumnya masyarakat berpendapat bahwa menyusui bayi pada malam hari hingga bayi tertidur akan sama efeknya (merusak gigi) seperti pada bayi / anak yang menyusu dengan botol dot.

Sebelum ditemukannya botol dot, kerusakan gigi pada gigi bayi/anak sangat jarang. Drg Brian Palmer dan Harold Torney telah melakukan penelitian panjang dan mendalam terhadap tengkorak manusia (sampel hidup pada 500-1.000 tahun yang lalu) dan berdasarkan hasil penelitian mereka disimpulkan bahwa menyusui tidak menyebabkan kerusakan gigi.

Jadi faktanya ASI dan menyusui dapat melindungi bayi/anak dari kerusakan gigi, dan kebalikannya, pemberian susu formula dan penggunaan botol dot sebagai media asupan bayi/anak (bottle feeding) berperan dalam perkembangan kerusakan gigi bayi/anak sejak dini. ASI mengandung antibodi (Secretory IgA & IgG) yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat seperti Steptococcus mutans (S.mutans) yang menyebabkan kerusakan gigi.

Selain itu ASI mengandung protein Laktoferin yang dapat membunuh S.mutans. Hal lainnya, S.mutans menggunakan sukrosa yang terkandung dalam susu formula untuk menghasilkan asam yang akan merusak gigi, sementara ASI mengandung laktosa dan tidak dapat digunakan (S.mutans) untuk menghasilkan asam. Susu formula juga berperan dalam pengikisan enamel gigi, secara signifikan mengurangi pH dan meningkatkan perkembangan bakteri-bakteri jahat lainnya.

AAP (the American Academy of Pediatrics) pada tahun 2007 telah mempublikasikan penelitian yang menyatakan tidak ada hubungan antara menyusui dan Early childhood caries (ECC).

Terdapat perbedaan mencolok antara menghisap botol dot dan menghisap payudara (menyusu). Bila bayi menghisap botol, maka isi botol akan keluar di mulut bagian depan dan sekitar gigi, sementara saat menyusu, puting Mama akan meregang, tertarik jauh ke dalam mulut sehingga ASI akan dilepaskan langsung ke arah kerongkongan dan menstimulasi bayi untuk menelan.

Perbedaan kedua, ketika bayi tertidur dengan kondisi botol dot di dalam mulut bayi maka botol dot akan terus mengalirkan isi botol ke dalam mulut bayi/anak, sementara payudara Mama tidak akan mengeluarkan ASI bila tidak dihisap dengan aktif.

Walau bayi menyusui secara eksklusif dan setelah menerima MPASI tetap menerima ASI/disusui, bayi bisa menderita kerusakan gigi karena berbagai faktor.

Faktor-faktor tersebut diantaranya :

1. Bayi mengkonsumsi makanan minuman dengan kadar gula tinggi

2. Steptococcus mutans (S.mutans) yang masuk ke mulut bayi karena ditularkan oleh orang tua, pengasuh, dll. Beberapa tindakan yang dapat menularkan kuman ini misalnya mencium mulut bayi/anak, memakai sikat gigi bersama, sendok/garpu yang digunakan bersama, mengunyahkan makanan bayi, dll.

3. Kelainan produksi air liur (saliva). Seperti yang telah diketahui bahwa air liur membantu tubuh melawan S.mutans dengan cara membersihkan gula dari gigi dan menyediakan lapisan yang dapat melindungi gigi dari asam. Air liur berkurang produksinya secara alamiah selama tidur dan pada beberapa kondisi seperti menderita asma, diabetes, bayi preterm/prematur, malnutrisi, penggunaan beberapa jenis obat (obat asma, antihistamin, anti mual, dll).

4. Riwayat trauma kehamilan dan penyakit selama kehamilan sehingga Mama perlu mengkonsumsi obat-obatan seperti Antibiotik

5. Mama yang merokok selama kehamilan

6. Pola makan (diet) yang buruk di keluarga

7. Keluarga yang tidak terbiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut

7, Tips, Mencegah, Kerusakan, Gigi, Anak

Langkah-langkah mencegah kerusakan gigi bayi/anak sedini mungkin (selain menyusui dan tidak memberikan asupan melalui botol dot) adalah sebagai berikut :

1. Ketika gigi bayi pertama muncul (yang umumnya terjadi sejak usia bayi 6 bulan hingga 1 tahun) mulailah membersihkan gigi bayi dengan sikat gigi khusus bayi.

Bagaimana dengan pasta gigi mengandung fluoride? Panduan lama menyatakan bahwa pasta gigi mengandung fluoride baru boleh diberikan setelah anak berusia 2 tahun. Tetapi panduan ADA (American Dental Association) terbaru tahun 2014 menyatakan sejak gigi pertama bayi muncul maka sikatlah gigi bayi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride sebesar kira-kira 1 butir beras. Sementara untuk anak berusia 3 tahun atau lebih berikan pasta gigi berfluoride sebesar 1 butir kacang polong.

2. Buat jadwal kunjungan pertama ke dokter gigi paling lambat saat bayi berusia 1 tahun

Banyak orang tua yang merasa tidak perlu untuk berkonsultasi dan memeriksakan gigi anak-anaknya, karena dianggap belum lengkap. Padahal dengan berkonsultasi dengan dokter gigi sejak dini, para orang tua bisa mendapatkan informasi status kesehatan gigi-mulut anak dan memahami cara membersihkan gigi-mulut dengan baik dan benar.

3. Beri minum air putih setelah bayi makan MPASI

Bayi yang sudah menerima MPASI (usia 6 bulan ke atas) boleh diberi air putih (bisa dimulai dengan kuantitas 60 ml per hari) setelah makan sehingga membantu membersihkan gigi dan mulut bayi dari sisa makanan yang menempel.

4. Tidak membiarkan dan membiasakan bayi/anak membawa botol minum/cup dalam jangka waktu lama

Walaupun bayi/anak tidak menerima asupan melalui botol dot, seringkali bayi/anak memegang botol minum , cup, training cup dll yang berisikan berbagai macam (bisa jus, susu, teh,dll). Hal inipun dapat menyebabkan kerusakan gigi karena gigi secara konstan bersentuhan dengan sukrosa.

5. Hindari makanan tinggi gula dan jenisnya lengket & perlu waktu lama berada di dalam mulut seperti permen karet, lollipop.

6. Mama Papa menjadi contoh & teladan pola makan & minum yang sehat serta menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Orang tua adalah contoh pertama dan utama yang akan ditiru anak-anak. Jadi orang tua mencontohkan memakan makanan sehat seperti sayur dan buah, membatasi makanan tinggi gula seperti permen, kue-cake, minuman bersoda, syrup dll.

Orang tua juga dapat membuat aktivitas menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut bersama, yang utama membuat rutinitas menyikat gigi dengan cara yang menyenangkan. Bila gigi anak sudah makin banyak maka mulai diajarkan cara memakai benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi.

7. Hindari kontak mulut, memakai peralatan makan dan sikat gigi bersama jika Mama-Papa atau pengasuh memiliki masalah dengan gigi dan mulut.

Semoga bermanfaat, happy breastfeeding 🙂

Sumber: Fatimah Berliana Monika Purba

(0)

It’s not just what you say but HOW you say it that creates power. Selisih paham sering kali muncul bukan karena isi percakapan melainkan dari cara penyampaiannya. Maka penting bagi kita untuk belajar cara berkomunikasi, agar tidak mengganggu hal penting yang ingin kita sampaikan.

Awali dengan kesadaran bahwa aku dan kamu adalah 2 individu yang berbeda dan terima hal itu. Pasangan kita dilahirkaan oleh ayah ibu yang berbeda dengan kita, tumbuh dan berkembang pada lingkungan yang berbeda, belajar pada kelas yang berbeda, mengalami hal-hal yang berbeda dan banyak lagi hal lainnya. Maka sangat boleh jadi pasangan kita memiliki Frame of Reference (FoR) dan Frame of Experience (FoE) yang berbeda dengan kita.

  • FoR adalah cara pandang, keyakinan, konsep dan tata nilai yang dianut seseorang. Bisa berasal dari pendidikan ortu, buku bacaan, pergaulan, indoktrinasi dll.
  • FoE adalah serangkaian kejadian yang dialami seseorang, yang dapat membangun emosi dan sikap mental seseorang.

Continue Reading…

(1)

Memiliki anak yang beranjak remaja memang gampang-gampang susah. Karena di usia ini, anak-anak sudah mulai mencari jati diri sendiri melalui lingkungan dan mungkin peer group-nya. Tetapi, menjadi orang tua sekaligus sahabat bagi anak-anak adalah jalan terbaik untuk mempertahankan hubungan tetap harmonis. Eits, tidak hanya berlaku untuk orang tua terhadap anak ya, tetapi juga bisa lho diterapkan oleh guru, atau mungkin kakak, sepupu, om, dan tante. Agar jiwa kita tetap muda dan mudah bergaul serta terpenting adalah mengarahkan anak-anak remaja ini menuju masa depan yang lebih baik.

Berikut 4 ON yang harus kita kuasai dan terapkan terhadap anak-anak remaja. Jangan sampai keluarga kita terjangkit penyakit cabe-cabean atau bahkan terong dicabein. Hehe…

Materi ini disampaikan oleh Ibu Dhian ‘Motivateens’ Fatmasari. Penulis buku Move On Nggak Pake Lamadengan tema “mengajak remaja untuk move on.” Moderator : dewi bunda afkacenna dan Notulen : dewi mustika rini.

Pertama : VISION

Saya tidak akan menjabarkan teori tentang visi, karena saya yakin ibu-bu semua memiliki pehaman yang lebih dalam tentang makna visi. Tapi, yang ingin saya garis bawahi, pernahkah dan sudahkah ibu-ibu secara rutin berbicara tentang masa depan anak-anak bersama anak-anak? Atau bahkan, sudahkah diskusi tentang visi anak-anak dan dituangkan secara tertulis dalam bentuk ‘life map’?

Pengalaman saya, semua remaja yg ‘out of control’ krn mereka tidak memiliki visi atau panduan dalam mengarahkan hidupnya. Visi yang tertulis juga membantu kita untuk ‘stay focus forward’ ketika menghadapi kondisi-kondisi yang tidak diharapkan dari remaja2 kita. Maksudnya, vision membantu menjaga pikiran-pikiran kita untuk fokus pada kebaikan-kebaikan atau kekuatan-kekuatan remaja kita. Dengan demikian, remaja-remaja kita tumbuh dengan self esteem yang kuat.

Kedua : ACTION

Ibu-ibu, sebelum take ACTION untuk membantu remaja-remaja kita mencapai impian mereka. Hal terbesar yang dibutuhkan remaja,  yaitu :

  1. Kebebasan dan ruang untuk menjadi diri mereka sendiri
  2. Dipercaya
  3. Dicintai
  4. Dihargai
  5. Diberi kesempatan untuk lebih leluasa

Dengan demikian langkah-langkah untuk ACTION adalah :

  1. Perkuat keyakinan dan terus memupuk penghargaan diri serta rasa percaya diri remaja-remaja
  2. Kenalkan remaja dengan strategi-strategi efektif untuk ‘sukses di sekolah dan berhasil di kehidupan (contoh strategi sukses di sekolah : mencatat dengan metode mind map, menghafal dengan metode magasing (MAtematika Gampang Asyik dan Ga Bikin Pusing). Contoh strategi berhasil dalam kehidupan : belajar mengelola emosi negatif,  belajar berkata ‘tidak’ terhadap teman yang negatif, membangun hubungan yang sehat dengan ortu dan guru)

Ketiga : PASSION

Untuk langkah teknis menemukan passion remaja saya rasa banyak metode di luar sana. Yang penting untuk kita     lakukan adalah menghargai setiap kekuatan remaja2 kita dan membantu mereka untuk mengembangkannya.     Saat ini kan banyak tuh fenomena sarjana teknik tapi malah jd guru, sarjana ekonomi malah buka bengkel. Hehe… Semoga tidak terjadi pada remaja kita. Arahkan passion mereka dari awal sehingga menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Keempat : COLLABORATION

Yuukks kita bekali remaja-remaja kita dengan kemampuan bekerja sama yg baik. Caranya? Mari sebagai ortu bekali diri dengan kemampuan ‘mendengar’ dan ‘memberi teladan’.

passion, action, motivation, motivateen

TANYA JAWAB

  1. Bagaimana bila kita sendiri masih dalam proses belajar untuk mengelola emosi negatif. Sementara kita sudah harus melatih anak-anak remaja kita untuk mengelola emosi negatif mereka. Bagaiman agar kita sebagai ortu dapat belajar lebih cepat untuk mengelola emosi negatif tsb. Terimakasih.

>> So, ibu-ibu  yang dirahmati Allah. Kita-kitanya dulu yang mesti belajar handle emosi-emosi negatif. Caranya ???

  1. Praktek pertama : tips ini saya dapatkan dari mas Krishnamurti. Pindahkan semua emosi negatif dari dalam tubuh ke tangan yang lebih lemah (biasanya tangan kiri)
  2. Langkah kedua : pindahkan semua emosi positif ke tangan    kanan. Bayangkan,  rasakan, dengarkan saat2 ibu-ibu benar-benar happy or dalam kondisi peak performance
  3. Ketiga : sesuai hitungan ibu-ibu sendiri, lakukan dengan sangat cepat,  satukan kedua tangan dengan sangat keras. Bisa sambil teriak YEZZZZZ…!!! Boleh sambil digosok-gosok kedua telapak tangannya. Terus lakukan sampai menjadi sebuah kebiasaan, sehingga saat ibu-ibu merasa ketidaknyamanan ibu-ibu bisa dengan cepat kembali pada suasana positif.

Untuk remaja, saat mereka pada kondisi kurang nyaman ada beberapa tips :

  1. Rubah fisiologi tubuh. Misalnya, saat marah dalam kondisi berdiri, cobalah untuk duduk. Kemudian berbaring atau hingga mendapatkan posisi yang menyenangkan.
  2. Rubah fokus / gambaran di pikiran
  3. Rubah ucapan, kalo terbiasa ngomong ‘mati gw….’ ato ‘sial…..sial…..’ ya begitu lah diri mereka. Jadi biasakan bahkan pada kondisi-kondisi yang menantang, ucapan
    mereka selalu positif.  Co : aku pasti bisa !!!

 

  1. Tanya bun, saya ingin memberi kepercayaan pada anak saya, tapi saya juga ingin mengontrolnya. Karena sebuah pengalaman pribadi di keluarga saya sebelumnya, kakak saya yang diberi kepercayaan tanpa kontrol ortu akhirnya malah jadi orang yang cuek dengan keadaan, dan ortu pun kaget ktika mngetahui anaknya tidak seperti yang diharapkan. Bagaimana strateginya?

>> Bunda, sesungguhnya kunci utama ‘pengendalian’ remaja adalah strategi komunikasi. Saya beri kutip kata pengendaliannya, karena pengendalian pada anak-anak dan remaja sedikit berbeda.    Bagaimana caranya ??

  1. Fokus pada kekuatan dan kelebihan anak. Bukan berarti remaja tidak pernah melakukan kesalahan.  Tapi sikap kita menentukan seperti apa remaja-remaja itu kelak.
    Co : ini true story…. 2 orang remaja tertangkap basah mengutil di swalayan. Ayah anak A, begitu tiba di kantor polisi langsung memeluk dan berkata,’ Ayah sayang padamu, nak !! Apa yang bisa ayah bantu?. Ayah anak B langsung menempeleng si anak hingga dia terjatuh dari kursinya. Beberapa tahun kemudian, A menyelesaikan kuliahnya dan menjadi profesional, dan B mati tertembak pada usaha perampokan bersenjata. Naudzubillah…..
  2. Belajar untuk mendengarkan dengan aktif. Beri perhatian dan fokus 100% saat anak menyampaikan apa pun yang terjadi dan gigit lidah ibu-ibu untuk tidak mudah memotong atau berkomentar. Pahami dan hargai dulu perasaannya dan bahkan bila perlu tidak usah memberikan nasehat, tapi beri pertanyaan-pertanyaan yang memberdayakan.
  3. ..langkah ketiga….bertanya dengan cara yang tepat. Co sederhana : bertanya dengan kata tanya ‘ bagaimana’ bukan ‘mengapa’. Bagaimana caranya supaya kamu bisa menepati janji untuk pulang sebelum jam 9 malam?? Bukan ‘mengapa kamu pulang terlambat’?
  4. Jadilah teman….sesekali ajak teman-teman mereka untuk nonton bioskop bersama atau menginap di rumah. Dengan demikian, kita bisa mengenal teman-teman remaja-remaja kita.

Tambahan sedikit, fokus pada kelebihan dan kekuatan remaja sangat membantu mereka untuk tahan pada tantangan-tantangan kehidupan. Caranya? Ijinkan mereka untuk melakukan kesalahan dan bantu mereka untuk mengubah kesalahan menjadi pembelajaran besar. Tahan pula untuk tidak mengritik teman-teman mereka, seaneh apa pun. Karena, bagi remaja, teman-teman adalah sumber penghargaan diri yang cukup besar.

  1. Bu mau nanya? Untuk membuat life map visi bisa mulai usia berapa? Untuk anak remaja yang sudah mulai punya seabrek kegiatan bagaimana bisa mengarahkan supaya fokus?

>> Tiger wood belajar membuat visi sejak usia 3 tahun. Muhammad al fatih sejak 2 tahun ( bahkan ada yang mengatakan sejak 13 bulan ). So, menurut saya sih tidak ada usia yang terlalu dini untuk mengarahkan anak untuk punya visi. Hanya yang perlu menjadi catatan, bedakan ambisi ortu dengan visi anak. Kita itu hanya berperan sebagai pengarah bukan raja or ratu di rumah yang rakyat-rakyatnya cuma nurut saja.

Kayak tiger wood, dengan bimbingan dan arahan ortu, dia sendiri yang memutuskan untuk menjadi juara dunia. Keputusan itu dia ambil saat usianya masih 8 tahun, makanya nggak heran saat dia sweet seventin…hehe 17 thn maksudnya, dia sudah jadi juara nasional loga pro USA.

Bunda, supaya remaja menjadi fokus, langkah pertamanya adalah temukan passionnya. Kecenderungan alami remaja adalah mencoba hal-hal baru. So, kita sebagai ortu mesti bijak mengarahkan remaja. Nah, biar sama-sama nyaman, ajak dia untuk fokus pada passionnya.
Sebetulnya, kalo belum sempat untuk uji ilmiah tentang find passion, ibu-ibu bisa menggunakan 3 formula sederhana :

  1. Temukan bidang-bidang yang mereka ENJOY.
  2. Setelah itu check lagi, mana di antara aktifitas-aktifitas tersebut yang mereka ada PERTUMBUHAN kemampuan.
  3. Saringan terakhir, mana yg di antara aktifitas-aktifitas yang mengalami pertumbuhan tersebut. Mereka juga DIAKUI kemampuannya oleh orang lain. Selain itu, bantu remaja-remaja tersebut untuk memahami bahwa fokus pada passion akan membuat mereka menjadi orang di atas rata-rata yang memiliki spesialisasi unik atau punya pembeda kalo bahasanya Ippho Santoso, bukan hanya sekedar
  1. Bu dian bagaimana menangani remaja yang bermasalah? Sekarang ini dua keponakan tinggal dirumah orang tua karena sekolah di tempat tinggal ortu saya. SMU kelas satu (cewek) dan tiga (cowok). Sementara ortu keponakan (kakak saya tinggal di kota lain). Bermasalahnya belum mandiri, pilih-pilih makanan, kurang bertanggung jawab untuk kebutuhan diri sendiri. Karena ortunya (kakak saya) biasa mengurus semuanya. Bagaimana sikap ortu saya (sebagai kakek neneknya)?

>> Wah…..selamat bunda….ini artinya bunda mendapat kesempatan untuk belajar lebih banyak. Terutama terkait dengan penanganan remaja. Menangani remaja sesungguhnya bila tahu kuncinya lebih sederhana dibanding anak-anak. Karena mereka sudah mulai tumbuh otak berpikir logisnya, hanya yang menjadi tantangan adalah merubah kebiasaan, butuh kesungguhan semua pihak. Langkah praktis untuk menumbuhkan kemandirian pada remaja:

  1. Lakukan pembicaraan yang sehat dan berkualitas dengan masing-masing anak, kalau bisa sih secara terpisah. Gali dulu perasaan mereka, siapa tahu mungkin mereka merasa terluka dengan perpisahan terhadap ortu atau mereka hanya mencari perhatian dari orang lain.
  2. Bantu anak-anak tersebut untuk menemukan visi hidupnya, dan beri pertanyaan-pertanyaan yang menggugah.

Contoh: kan kamu mau jadi ilmuwan, kira-kira dengan sikap kamu yang cuek begini bisakah kamu mencapai target hidup kamu? Apa yang bisa tante bantu supaya kamu lebih bertanggung jawab?

  1. Buat kesepakatan-kesepakatan tentang tata tertib. Kuncinya : hargai dulu perasaan mereka dan ajak mereka untuk berpikir ke depan . Ini ada tips dari mas adam khoo, bagaimana membuat tatib dengan remaja :
    1. Hargai dan tunjukkan kalau anda peduli
    2. Bangun kebutuhan
    3. Gambarkan tantangan yang dihadapi
    4. Buat alternatif-alternatif solusi, dan beri mereka kepercayaan untuk memilih
    5. Beri insentif
    6. Tentukan konsekuensi
    7. Bangun komitmen dan rasa dipercaya
    8. Eksplorasi kemungkinan munculnya gangguan
  1. Jadi ingin cerita pengalaman pribadi. Dulu saya kuliah di arsitektur. Sebuah jurusan yang saya pilih setelah mengikuti orientasi jurusan teknik ugm. Tapi saya pilih universitas lain dengan jurusan sama. Ternyata, meski jurusan sama, tapi cara pengajaran dan mata kuliah yang diajarkan di dua perguruan tinggi ini berbeda. Dan ternyata juga, meskipun saya suka menggambar, ternyata saya kurang memiliki sikap kerja yang cocok untuk pekerjaan arsitek, yaitu bisa bekerja di bawah tekanan dan deadline, serta PD dalam menyampaikan gagasan/ide rancangan. Sehingga, setelah lulus, saya merasa saya tidak cocok untuk bekerja sebagai arsitek meski menyukai desain dan membuat karya art and craft. Dan ternyata dunia arsitektur itu, agak keras juga buat type perempuan yang seperti saya.

Yang menjadi pertanyaan, sekarang anak perempuan pertama saya ingin menjadi arsitek. Dia suka menggambar, mendesain bentuk dan bangunan, serta PD. Saya sebenarnya khawatir kalo dia pilih jurusan araitektur, nanti dia malah tidak bisa berprofesi sesuai bidangnya. Sekarang dia masih kelas 6 SD dan teman dan gurunya sudah mengenal cita-citanya untuk menjadi arsitek dan mendukungnya. Bahkan gurunya berkata: ini mah sudah jadi arsitek. Sambil sang guru melihat gambar rancangan rumahnya.

Apa yang harus saya lakukan? Apakah mendukung sepenuhnya cita-cita tersebut atau juga harus memberi dia wawasan lebih tentang dunia profesi arsitek yang agak berat itu dan membuka wawasannya untuk jurusan lain.

>> Oke, bunda, Sebaiknya sih bunda lakukan test psikologi dulu deh. Dan sekarang ada banyak merek. Sebaiknya juga untuk nemu the real passion pake test yang bukan harus nulis-nulis, tapi pakai test sidik jari misalnya. Soalnya test yang dilakukan dengan menulis, biasanya tingkat akurasinya kurang oke. Tergantung kondisi mood anak soalnya.

Untuk putri bunda yang luar biasa, bunda bisa melakukan ‘perjalanan cita-cita’. Maksudnya, bunda sudah tepat sekali dengan mengenalkan dunia profesi tertentu secara mendetail. Mendetail ya, bund. Bukan menakuti. Pisahkan ketakutan dan hambatan bunda dengan kondisi anak. Dan sudah tepat sekali, mumpung masih kelas 6 SD, perkenalkan dengan profesi-profesi lain. Caranya gampang kok. Saat bepergian bersama tunjukkan juga profesi-profesi lain. Ini lho dokter gigi, pekerjaannya begini, bla bla bla…. Tapi, kalo setelah itu anak tetap kuat kehendak untuk menjadi arsitek. Ya, makin gampang tho, apalagi kalo hasil test juga mendukung. suiiippp kan?

(3)

Bagi sebagian orang, komitmen dalam sebuah ikatan pernikahan teramat sangat berarti dan sakral. Sekali seumur hidup sudah pasti menjadi cita-cita semua orang yang berkomitmen. Walaupun tidak jarang, pernikahan bukan menjadi hal yang khusus dalam sebuah hubungan dan mereka bisa menghabiskan sisa waktu berdua. Semua tergantung pilihan masing-masing pasangan. Yang jelas, hampir semua agama menganjurkan janji ikatan suci di hadapan Tuhan ini. Kalau kamu termasuk yang mana, Sob?

Pernikahan yang didasari cinta saja, ternyata tidak cukup untuk mempertahankan rumah tangga lho. Iya, karena benturan-benturan pendapat atau sikap sudah pasti akan dialami oleh dua insan dalam ikatan cinta ini. Lantas bagaimana untuk mempertahankan sebuah hubungan kasih sayang agar bernilai ibadah dan tentu langgeng hingga surganya kelak? Plus dikaruniai anak-anak yang baik dan berprestasi. Sungguh keluarga bahagia bukan? Orang tua dan anak menjadi sebuah tim menciptakan kebahagiaan bersama. Berikut ini ada beberapa tips yang di share oleh Ibu Mira Julia dalam sebuah forum diskusi yang dipandu oleh Mbak Yeyen, Estri, dan Weni. Semoga bermanfaat ya, Sob!

Mengelola rumah tangga adalah sebuah kehormatan dan karunia. Kalau kita bisa melihatnya dengan sudut pandang positif itu, maka mengelola rumah tangga bukanlah sebuah beban. Mengelola rumah tangga juga tak hanya dilihat sebagai kewajiban, tetapi sebuah kesukacitaan. Di mana suka citanya? Saat segala sesuatu dalam keseharian berjalan lancar, maka di sana ada keberhasilan kita. Saat anak, pasangan, dan kita sendiri bisa selaras dan bersinergi, di sana ada kemenangan bersama seluruh anggota keluarga.

Tapi terkadang urusan mengelola rumah tangga bukan urusan yang mudah. Apalagi kalau dikaitkan dengan harapan orang lain kepada kita, seolah-olah kita harus menjadi orang yang sempurna dan serba bisa. Padahal kita juga adalah manusia biasa, yang memiliki kekurangan dan terkadang melakukan kesalahan walaupun kita sudah menekadkan diri untuk terus belajar.

Nah, apalagi sejak ada Internet dan media sosial. Pada satu sisi, Internet memberikan ruang yang sangat luas dan tak terbatas pada kita untuk bisa belajar. Tapi pada saat bersamaan, kita bisa menjadi terintimidasi oleh citra kesempurnaan orang lain. Seolah-olah rumput tetangga memang lebih hijau.

Saat melihat ada seorang ibu yang terlihat mampu berkarya di masyarakat sementara keluarganya tetap terlihat terurus dengan baik, seharusnya kisah itu menjadi inspirasi & penyemangat untuk bisa terus berkarya. Tapi jika kondisi mental kita sedang turun, informasi di internet & media sosial justru memberikan perasaan intimidasi. Mengapa saya tidak bisa seperti ibu itu?

Nah, untuk menghindari rasa ketertekanan, ada satu sudut pandang yang harus selalu kita ingat bahwa setiap keluarga unik, setiap individu unik. Hindari membandingkan keluarga kita, anak kita bahkan diri kita dengan orang lain. Yakinlah bahwa Tuhan telah menyiapkan jalan hidup terbaik bagi kita. Tinggal mampukan kita sampai pada jalan terbaik yang telah dipersiapkan-Nya itu.

Dari hasil perjalanan keluarga saya selama ini & beragam sumber berikut beberapa strategi yang bisa kita lakukan dalam melakukan manajemen keluarga:

1. Carilah Kebahagiaan yang Menyemangati Diri
Di tengah kesibukan keseharian kita mengelola rumah, kita harus berusaha mengenali hal-hal yang membahagiakan diri kita sendiri. Mengapa kebahagiaan diri itu penting? Karena kondisi psikologis ibu akan memancar dan berpengaruh ke seluruh anggota keluarga. Ibu adalah matahari keluarga.
Ibu yang stress akan membuat seluruh rumah terasa tegang. Ibu yang relaks, bahagia, dan ceria akan membuat seluruh anggota keluarga menjadi berbahagia. Untuk itu, carilah kegiatan yang bisa membuat bahagia & melonggarkan kepenatan dalam mengatur rumah tangga. Temukan hal-hal sederhana untuk mendapatkan kebahagiaan itu, misalnya: membaca buku, minum teh, pergi ke salon, atau apapun yang bisa membuat kebahagiaan.

2. Rencanakan & Tentukan Skala prioritas

Kelola waktu Anda agar Anda bisa melakukan hal-hal berharga dan tidak hanya tenggelam dalam kegiatan keseharian. Biasakan membuat rencana & target mingguan/bulanan. Tuliskan hal-hal yang ingin dilakukan dan tentukan mana yang menjadi prioritas. Gunakan alat yang paling mudah buat Anda. Bisa menggunakan gadget, buku notes atau printable yang banyak tersedia di internet. Salah satu yang saya buat bisa diunduh gratis: http://rumahinspirasi.com/hadiah-2015-free-printable-planner/ atau bisa unduh di sini: http://www.organizinghomelife.com/free-printables

3. Libatkan Seluruh Anggota Keluarga dalam Keseharian
Ajak anak untuk terlibat dalam kegiatan keseharian. Mulai dari sebuah hal yang sederhana yang mampu dilakukan oleh anak, perlahan mulai ditambah sesuai dengan bertambah umur mereka.
Melibatkan anak bukan hanya membantu pekerjaan Anda, tetapi juga akan melatih kemandirian mereka. Pada saat memulai, jelaskan kepada anak-anak bahwa keluarga adalah satu tim yang harus saling tolong-menolong. Kegiatan membantu rumah tangga adalah kegiatan berharga. Tunjukkan apresiasi Anda setiap kali anak-anak sudah membantu keluarga. Sumber yang bagus: http://thehappyhousewife.com/home-management/age-appropriate-chores-for-kids/

4. Konsistensi & Terus Belajar
Dalam proses manajemen rumah tangga pasti ada pasang surutnya. Ketika hal itu terjadi, maka berdamailah dengan kegagalan kemarin. Ingatlah walau kemarin kita kurang berhasil mencapai target, tapi hari ini adalah hari yang baru & kita selalu bisa mencoba lagi. Ada banyak tips mengatur rumah tangga yang bisa kita dapat dari internet. Salah satu sumber yang cukup lengkap bisa disimak di sini: http://thehappyhousewife.com/home-management/home-management-tips/

tips, managemen, keluarga, rumah, tangga, bahagia

TANYA JAWAB
1. bagaimanakah tips memiliki waktu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan bagi ibu yang mempunyai anak umur dibawah 1thn?
>> Untuk anak usia di bawah 1th sebenarnya lebih banyak diajak ngobrol, bersenandung dan distimulus indera-inderanya. Ada buku judulnya slow and steady get me ready. Isinya ide kegiatan mingguan u anak usia 0-5th. Untuk pekerjaan rumah tangga, karena kami tidak punya asisten. Jadi waktu anak masih bayi yaaa diikhlaskan rumah berantakan 🙂

2. Mba Lala, Apa standar keberhasilan bahwa kita sudah berhasil jadi ibu yang bahagia? (yeyen)
>> Kita bisa menjalani hari dengan nyaman, hati lapang tanpa perasaan tertekan. Tidak mudah tersulut emosi jika ada masalah.

3. Bagaimanakah trik mengajak suami agar dapat berperan aktif dalam mendidik anak? #suami tipe tidak suka baca. (estri)
>> Ajak ngobrol & update selalu perkembangan anak. Awalnya mungkin cuek, tapi percaya deh. Lama-lama dia akan menunggu update sampai akhirmya tergerak untuk terlibat.
>> Ceritakan apa yang sedang dilakukan anak, apa yang saat ini menjadi minatnya dll. Saya punya banyak sahabat praktisi hs yang awalnya single fighter, tapi setelah sekian tahun akhirnya suaminya betul-betul “jump in”.

4. Bagaimana cara mengatur waktu bekerja di luar rumah dengan kerja rumah tangga agar tetap jadi bunda yang bahagia? (widya)
>> Tantangannya adalah mengatur energi supaya cukup ketika di rumah. Kalau energinya cukup, walaupun waktu di rumah bisa sepenuh hati. Maksimalkan waktu yang dimiliki agar berkualitas. Fokus pada anak. Kurangi distraction saat sedang bersama anak (seperti hp dll).

5. Apa tipsnya bisa enjoy dengan rutinitas dirumah tangga saat rasa jenuh hadir bunda?? (Lusti)
O iya.. Untuk tetap menjadi bunda yang bahagia = harus tahu apa yg bisa membuatnya bahagia. Sediakan waktu me time yg cukup. Tipsnya:
 Lihatlah bahwa berkegiatan di rumah bersama anak adalah hal yang sangat bernilai bukan hanya sekedar kewajiban dan mengisi.
 Lihatlah bahwa kesempatan berada di rumah bersama anak adalah sebuah kemewahan yang tidak dimiliki setiap orang.
 Yakinlah bahwa waktu berjalan dengan cepat dan sebelum kita sadar anak-anak sudah dewasa dan siap meninggalkan kita.
 Jika kejenuhan melanda carilah “break” keluar dari rutinitas. Itu hal yang wajar dan anak-anak bisa memaklumi kok kalau kita bisa menjelaskannya.

6. Bagaimana manajemen waktu mba Lala sehingga bisa me-manage urusan domestik, anak-anak homeschooling tapi tetap aktif blogging dan melakukan banyak hal lainnya? (Yeyen)
>> Saya lentur mbak, xixixi. Berdamai dengan segala kelemahan dan ketidaksempurnaan yang terjadi. Beberapa tipsnya:
o Bangun lebih pagi tidur lebih larut
o Melibatkan seluruh keluarga untuk urusan rumah tangga
o Berbagi beban rumah tanggan & pendidikan anak bersama suami

7. Bunda lala, bagaimana caranya membagi waktu, bagi kita yang memiliki 2 anak batita, sulung 2,5y dan satu lagi 4m, agar sisulung tidak merasa dicuekin oleh ibunya, atau pun oleh ayahnya, ketika si ayah atau ibu bermain dengan si dedek yang berumur 4m. (wenny)
>> Tipsnya:
o Libatkan sang kakak. Jadikan adik sebagai bagian kehidupan kakak.
o Berikan waktu khusus untuk kakak (yang tanpa adik) walau tidak sebanyak dulu.
Waktu Tata bayi, saya dan Yudhis beberapa kali “kencan sederhana” keluar rumah. Entah untuk nonton bioskop, jalan ke taman atau beli es krim di warung. Sementara Tata dititip ke suami

8. Saya suka menyiapkan permainan untuk mengisi waktu bermain anak di pagi hari (usia balita). Namun seringkali mereka cepat bosan dan memilih hal lainnya. Seperti minta nonton tv atau main ke tetangga. Bagaimana menyiasatinya? (Yeyen)
>> Anak dilibatkan dalam proses perencanaan “besok mau main apa?” Sehingga anak merasa proses bermain itu adalah miliknya bukan hanya melakukan yang diperintahkan/disiapkan orangtua. Buat kesepakatan kapan dan berapa lama boleh noton/main ke rumah tetangga.
Sediakan kertas/bolpen/kardus/pensil warna/ playdough/balok/buku (non toys) yang mudah diraih olehnya untuk menemaninya melewati waktu luang.

9. Kegiatan seperti apa yang baik untuk balita agar mereka bisa tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas dan bahagia? (yeyen)
>> Kegiatan apapun yang memberikan rasa nyaman bagi anak. Karena prasyarat otak anak tumbuh optimal adalah anak merasa aman & nyaman.

10. Mbak mohon tips nya dalam melaksanakan target yang kita buat, terkadang target yang kita rencanakan sering tidak tercapai, mungkin salah satunya karena pekerjaan diluar dan akhirnya kadang merasa bersalah. (Ria)
>> Itu bagian dari dinamika kehidupan. Berdamailah dengan kegagalan. Yang penting maju terus dan “stick to the plan”. Kemarin boleh gagal, tapi hari ini adalah kesempatan yang baru lagi. Semangaat

11. Bunda, anakku ikutan terobsesi gadget, laptop atau smartphone karena pengaruh teman. bagaimana menghadapinya? (Mimi).
>>Buatlah kesepakatan & aturan main penggunaan gadget dan menegakkan aturannya. Ajak anak berkegiatan bersama yang tanpa gadget.

12. Berapa menit/jam maksimal anak menonton dalam sehari bunda lala? Terimakasih
widya
>> Saya tidak tahu tepatnya karena kondisi anak dan situasi rumah berbeda2. Jenis acara yang ditonton pun berpengaruh. Kami di rumah bukan penonton tv walau ada tv. Anak lebih tertarik berkegiatan yang lain. Mungkin karena saya dan suami juga tidak terlalu tertarik dengan tv.

13. Bagaimana menyiasati manajemen waktu harian bagi ibu berbayi dan batita (tanpa art) agar tetap bisa produktif dan bahagia? (Yeyen)
Tipsnya:
 Kurangi target
 Sederhanakan harapan
 Libatkan pasangan dalam kegiatan mengurus rumah tangga
 Berdamai dengan keadaan
 Ingatlah bahwa ini bersifat temporer

14. Bagaimana tips mengatasi pertengkaran antar saudara? Dan memenej emosi saat anak tantrum? (Yeyen)
Tantrum itu pasti ada penyebabnya. Usahakan tetap tenang. Jangan tersulut emosi. Tidak perlu marah apalagi berteriak karena itu tidak akan menyelesaikan masalah. Segera pisahkan. Biarkan anak tenang dulu. Baru diajak ngobrol dan digali masalahnya setelah mereka tenang.

(2)

Orang bilang, anak-anak zaman sekarang lebih cepat dewasa dibandingkan dengan anak-anak tahun 90-an ke bawah. Entah benar atau tidak secara statistik, tetapi gaya pacaran anak sekarang memang bisa dikatakan memprihatinkan. Setelah beberapa waktu lalu dihebohkan dengan acara “penembakan” anak SMP kepada anak SD, juga tentang maraknya MBA (Marriage by Accident) di kalangan anak-anak SD dan SMP, belum lagi kasus pelecehan seksual yang tidak hanya dilakukan orang dewasa kepada anak-anak di bawah umur, tetapi juga pelaku sendiri dari kalangan di bawah umur.

Lantas bagaimana kita menyikapinya? Pendidikan seks untuk saat ini memang bukan lagi hal tabu untuk diajarkan sejak dini. Berbeda dengan usia saya saat masih kanak-kanak dulu. Rasanya sangat tabu membahas seks. Saya tahu juga dari pelajaran Biologi saat SMP. Kemudian, saat kelas 3 kami mendapatkan pelajaran seks dengan mengundang pakar kesehatan.

Terkadang, saya sendiri juga bingung bagaimana menjelaskan kepada anak-anak agar tidak terkesan vulgar. Berikut tips-tips yang bisa diterapkan:

1. Mengajarkan Toilet Training

Tahap ini adalah tahap paling awal pendidikan seks pada anak. Sambil dicebokin, anak dikenalkan dengan organ paling berharga yang tidak boleh disentuh orang lain kecuali ayah bunda. Karena terkadang, justru pelecehan seksual terjadi dari orang-orang terdekat seperti saudara, sepupu, paman, tante, guru, baby sitter, dan lain-lain. Bahkan oleh dokter atau perawat pun harus didampingi oleh orang tua. Dan disentuh kali ini, karena darurat. Karena adek belum bisa membersihkan sendiri. Anak dapat mulai dilakukan toilet training biasanya di atas usia satu atau satu setengah tahun, hingga 2,5-3 tahun.

Dalam tahap ini, sekaligus kita mengajari  anak untuk menjaga kebersihan alat kelamin selain agar bersih dan sehat  sekaligus juga mengajari anak tentang najis. Anak juga harus dibiasakan  untuk buang air pada tempatnya (toilet training). Dengan  cara ini akan terbentuk pada diri anak sikap hati-hati, mandiri,  mencintai kebersihan, mampu menguasai diri, disiplin, dan sikap moral  yang memperhatikan tentang etika sopan santun dalam melakukan hajat.

2. Menanamkan Rasa Malu pada Anak
Rasa  malu harus ditanamkan kepada anak sejak dini. Jangan biasakan  anak-anak, walau masih kecil, bertelanjang di depan orang lain; misalnya  ketika keluar kamar mandi, berganti pakaian, dan sebagainya. Dan  membiasakan anak untuk selalu menutup auratnya. Tidak diperkenankan mandi bersama anak juga.

3. Menanamkan jiwa maskulinitas pada anak laki-laki dan jiwa feminitas pada anak perempuan.
Berikan pakaian dan mainan yang sesuai dengan jenis kelamin anak, sehingga mereka terbiasa untuk berprilaku sesuai dengan fitrahnya.

4. Pengajaran sex via sholat
Usia 7 tahun secara normal anak mulai bisa membedakan siapa yang laki-laki dan siapa yang perempuan. Dan usia 7 tahun ini anak diperintahkan untuk sholat. Sangat jelas dalam sholat ada shof khusus laki-laki dan ada shof khusus perempuan. Cara menutup auratnya juga berbeda. Laki-laki dari pusar ke lutut dan perempuan seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Industri pornografi mulai mengincar anak usia 7 tahun lho. Waspadalah!

5.  Memisahkan tempat tidur mereka
Usia  antara 7-10 tahun merupakan usia saat anak mengalami perkembangan yang  pesat. Anak mulai melakukan eksplorasi ke dunia luar. Anak tidak hanya berpikir tentang dirinya, tetapi juga mengenai sesuatu yang ada di luar  dirinya.
Pemisahan  tempat tidur merupakan upaya untuk menanamkan kesadaran pada anak  tentang eksistensi dirinya. Dengan pemisahan tempat tidur dilakukan  terhadap anak dengan saudaranya yang berbeda jenis kelamin, secara  langsung ia telah ditumbuhkan kesadarannya tentang eksistensi perbedaan  jenis kelamin. Hati-hati banyak kasus incest berawal dari sini.

6. Mengenalkan Waktu Berkunjung ke Kamar Orang Tua (Meminta Izin dalam 3 Waktu)

Tiga  ketentuan waktu yang tidak diperbolehkan anak-anak untuk memasuki  ruangan (kamar) orang dewasa kecuali meminta izin terlebih dulu adalah:  sebelum shalat subuh, tengah hari, dan setelah shalat isya. Dengan  pendidikan semacam ini ditanamkan pada anak maka ia akan menjadi anak  yang memiliki rasa sopan-santun dan etika yang luhur.

7. Mengenalkan Mahram-nya
Tidak  semua perempuan berhak dinikahi oleh seorang laki-laki. Siapa saja  perempuan yang diharamkan dan yang dihalalkan telah ditentukan oleh  syariat Islam. Ketentuan ini harus diberikan pada anak agar ditaati.
Dengan  memahami kedudukan perempuan yang menjadi mahram, diupayakan agar anak  mampu menjaga pergaulan sehari-harinya dengan selain wanita yang bukan  mahram-nya. Inilah salah satu bagian terpenting dikenalkannya kedudukan  orang-orang yang haram dinikahi dalam pendidikan seks anak.

8. Mendidik Anak Agar Selalu Menjaga Pandangan Mata
Telah menjadi fitrah bagi setiap manusia untuk tertarik dengan lawan  jenisnya. Namun, jika fitrah tersebut dibiarkan bebas lepas tanpa kendali, justru hanya akan merusak kehidupan manusia itu sendiri. Karena  itu, jauhkan anak-anak dari gambar, film, atau bacaan yang mengandung  unsur pornografi dan pornoaksi.

9. Mendidik Anak Agar Tidak Melakukan Ikhtilât
Ikhtilât  adalah bercampur-baurnya laki-laki dan perempuan bukan mahram tanpa  adanya keperluan yang diboleh-kan oleh syariat Islam. Perbuatan semacam  ini pada masa sekarang sudah dinggap biasa. Karena itu, jangan biasakan anak diajak ke tempat-tempat yang di dalamnya terjadi percampuran  laki-laki dan perempuan secara bebas.

10. Mendidik Anak Agar Tidak Melakukan Khalwat
Dinamakan  khalwat jika seorang laki-laki dan wanita bukan mahram-nya berada di  suatu tempat, hanya berdua saja. Biasanya mereka memilih tempat yang  tersembunyi, yang tidak bisa dilihat oleh orang lain. Anak-anak sejak  kecil harus diajari untuk menghindari perbuatan semacam ini. Jika dengan  yang berlainan jenis, harus diingatkan untuk tidak ber-khalwat.

11. Mendidik Etika Berhias
Berhias  berarti usaha untuk memperindah atau mempercantik diri agar bisa  berpenampilan menawan yang dilakukan secara berlebihan, sehingga  menimbulkan godaan bagi lawan jenisnya. Tujuan pendidikan seks dalam  kaitannya dengan etika berhias adalah agar berhias tidak untuk perbuatan  maksiat.

12. Ihtilâm dan Haid

Ihtilâm  adalah tanda anak laki-laki sudah mulai memasuki usia balig. Adapun  haid dialami oleh anak perempuan. Mengenalkan anak tentang ihtilâm dan  haid tidak hanya sekadar untuk bisa memahami anak dari pendekatan  fisiologis dan psikologis semata. Jika  terjadi ihtilâm dan haid, Islam telah mengatur beberapa ketentuan yang  berkaitan dengan masalah tersebut, antara lain kewajiban untuk melakukan  mandi.

Yang  paling penting, harus ditekankan bahwa kini mereka telah menjadi Muslim  dan Muslimah dewasa yang wajib terikat pada semua ketentuan syariah.  Artinya, mereka harus diarahkan menjadi manusia yang bertanggung jawab  atas hidupnya sebagai hamba Allah yang taat.

Itulah beberapa hal yang harus diajarkan kepada anak berkaitan dengan pendidikan seks.

pendidikan, seks, usia, dini, anak, sex, education

TANYA JAWAB:
SESI 1
1. Bunda Tri: “Hati-hati kaum LGBT  mulai melancarkan aksinya dengan menjual mainan dan pakaian yang bias sex”. Contoh mainannya apa ya bun, terus anak saya yang pertama usia 5,6 tahun laki-laki, yang ke 2 perempuan 3 tahun, nah mereka suka main masak-masakan bareng. Kira-kira boleh gak kalau gitu? Kadang adeknya minta ditemenin buat mainan masak-masakan bun. Sama apa arti LGBT?

JAWAB:
LGBT: Lesbian Gay Biseksual Transgender

  • Lesbian: wanita suka wanita bahkan sampai menikah.
  • Gay: laki-laki suka laki-laki sampai menikah.
  • Bisexsual: kecenderungan senang langsung terhadap dua jenis laki dan perempuan.
  • Transgender: perasaan nyaman untuk beralih peran dengan jenis kelamin yang lain.

Kaum LGBT di indonesia sudah membuat target bahwa tahun 2010 adalah tahun target mereka rakyat indonesia mengalami kesadaran gender. Salah satu propaganda mereka adalah LGBT harus diakui secara hukum sama dengan jenis yang lain dan gaya hidup seperti ini adalah HAM. Di DPR mereka sedang berjuang meloloskan UU kesetaraan gender. Ada organisasi mereka adalah arus pelangi atau gaya nusantara bisa dilihat di internet. Simbol mereka adalah pelangi dan kue perayaan mereka adalah rainbow cake. Dan duta LGBT adalah sponge bob. Propaganda mereka adalah sebelum anak usia 5 tahun maka biarkan mereka memilih jenis kelaminnya sendiri.
Caranya mereka, yaitu saat anak usia 0-5 th berikan pakaian yang tidak laki-laki dan perempuan, lalu mainan juga begitu. Ada mainan senapan gambar depannya adalah anak perempuan macho sedang bermain senapan atau gambar mainan masak-masakan gambar sampul mainannya anak laki-laki main masak-masakan. Bagaimana dengan anak bunda Tri Wahyuningsih? Insyaallah masih normal. Kenapa tidak diajak masak beneran saja bun, bantu bunda di dapur. Akan banyak pengajaran yang didapat. Masak di dapur banyak ilmunya, mengajar matematika dengan berhitung bawang merah, belajar IPA, melatih motorik halus, konsentrasi, dan kesabaran.
Yang tidak boleh adalah setiap hari main masak-masakan yang dibeli di toko mainan. Harus selalu diingatkan kalau ini mainan anak perempuan.

2. Bunda Dewi:
Bagaimana caranya sex education kepada usia balita, anak saya usia 4y10m dan 2y2m?

JAWAB:
Sex  education kepada balita sudah harus diajarkan:

1. Ketika membersihkan alat kelamin katakan kepada anak: “ini yang menentukan jenis kelamin perempuan, berarti kamu perempuan nak. Berbeda dengan laki-laki. Kalau laki-laki ayah, perempuan bunda.

2. Dialog kepada anak: “Kamu  perempuan nak, jangan biarkan orang lain memegang tubuhmu. Begitu pula anak laki-laki.

3. Eh mal, adek belum pakai celana ayoo aurotnya ditutupi. Laki-laki aurot dari sini sampai sini, perempuan seluruh tubuh kecuali ini dan ini.

3. Bunda Titin:
Bagaimana membahasakan alat kelamin bagi balita?
Kalo laki-laki biasa dibahasakn “titit” apakah boleh? Bagaimana dengan yang perempuan?

JAWAB:
Alat kelamin membahasakan boleh dikatakan titit atau penis tdk apa apa. Itu bukan sesuatu yg kotor. Perempuan: alat kelamin perempuan atau tempat keluarnya pipis.

SESI 2
A. Bunda Dian:
1. Sampai usia berapa anak perempuan boleh pipis, pup dan mandi ditolong ayahnya?

2. Karena si bungsu masih bayi, kadang naura ( 6 thn 5 bln ) minta dikelonin ayahnya. Masih bolehkah?

3. Anak sulung saya laki-laki adalah penyandang autis ( hampir 13 thn ), meskipun sudah dilatih toilet training dan dimana dia boleh ganti baju, tapi ada saat-saat dia terlihat auratnya tanpa bisa kami cegah. Padahal ada adeknya, perempuan. Bagaimana menyikapinya?

JAWAB:
1. Sebenarnya kalau ada bundanya atau mbak sebaiknya selalu dengan yang sejenis. Kalau terpaksa hanya ayah ya tidak apa-apa. Sampai usia sebelum 7 th y, ini pendapat pribadi saya.
2. Usia 6 th masih boleh dikelonin ayah….
3. Anak autis termasuk anak yang belum berakal jadi dia belum diberikan taklif/pembebanan dosa, jadi tidak apa-apa. Hanya harus terus dilatih “alhamdulillah aak sekarang bisa eek di kamar mandi..selamat ya aak…” berikan pujian apabila kakak berhasil toilet training
Selain itu jelaskan ke adiknya yang perempuan. Sebenarnya mempertontonkan aurot tidak boleh dek, tapi kakak masih sakit. Jadi mendapatkan keringanan Allah SWT…doakan kakak cepat sembuh ya…

B. Bunda Indah:
Saya mau tanya tentang ihtilam & haidh.
1. Yang menjelaskan tentang ihtilam ayahnya kan ya? Bagaimana menjelaskannya?
2. Menjelaskan tentang haidh. Saya pernah tahu, dr Boyke bilang kalau jelasin proses terjadinya haid pakai gambar. Apa yang dimaksud gambar bagian dalam (ovarium-rahim-servic)?
3. Umur brp anak dijelaskan tentang haidh & ihtilam?
Terima kasih.

JAWAB

1. Sebaiknya yang menjelaskan ihtilam adalah ayahnya atau biasanya guru di sekolahnya sudah menjelaskan juga. Ada seorang ulama zaman dulu setiap pagi memeriksa celana dalam anak laki-lakinya takut kalau anaknya sudah ihtilam. Sampai akhirnya ihtilam dan djielaskan. Bagaimana ayah bunda menjelaskan? Sebelum ihtilam kalau sudah kelas 4 SD bisa dijelaskan “Nak, kamu nanti akan baligh dan harus memikul tanggung jwb sendiri semua amal perbuatanmu. Nah, untuk menjadi baligh ada peristiwa besar yang kau alami yakni mimpi basah. Mimpi ketemu wanita nak…”
Menjelaskan haidh tidak harus sedetail dr boyke. Cukup katakan ke anak apabila keluar darah dari kemaluanmu berarti itu haidh. Selama haid kamu tidak boleh sholat dan puasa sampai selesai haid. Bagaimana selesai haidnya? Kalau kata aisyah RA adl mengambil kapas tempelkan ke kemaluanmu jika sudah putih bersih tidak ada cokelat-cokelatnya berarti kamu boleh mandi besar dan sholat lagi. Islam agama yang audio. Cukup dijelaskan dengan suara, anak sudah paham Insya Allah. Umur dijelaskan haidh dan ihtilam kelas 3 SD.

C. Bunda Amalia:
Asslm. Bunda silmi…apakah bermesraan dengan suami di depan anak (putra saya 1y4m) dibolehkan?

JAWAB:
Bermesraan seperti apa ya? Bunda Amalia:”Cium pipi Kiri dan kanan misalnya.”
Cium pipi kiri dan kanan boleh. Yang tidak boleh adalah berjimak dan warming up nya.

D. Bunda Rossy:
Bagaimana me-recovery anak-anak yang pernah melihat media pornografi saat di luar pengawasan ortu? Misalnya saat terjadi di sekitar lingkungan sekolah, anak dikenalkan pornografi oleh temannya begitu. Dari yang pernah saya baca, ingatan akan pornografi tersebut akan tetap ada hingga dewasa, yang akan berefek candu, sama seperti narkoba, dari sedikit lama-lama berani mencari-cari sendiri dan seterusnya.

JAWAB:
Iya benar kecanduan pornografi bisa merusak seluruh sel syaraf otak terutama lobus frontal atau otak depan rusak sehingga moralnya pun rusak. Bagaimana me-recovery nya?

1. Dialog dan jelaskan dengan sangat hati-hati dan penuh kasih sayang. Bunda sayang kamu nak, yang berlalu biarlah berlalu. Tapi maaf sementara kamu bunda larang main gadget lagi. Dan jelaskan bahwa Allah sangat murka apabila hambanya melakukan itu. Pernah dengar kisah kaum sodom yang diazab Allah nak? Bisa ceritakan kaum nabi luth yang diazab Allah…

2. Alihkan ke kegiatan positif seperti olahraga, kegiatan keagamaan.

Nah, bagaimana sobat? Bagi saya sih, susah-susah gampang. Pertama karena saya dulu dibesarkan di keluarga yang tabu membahas ini. Jadi, untuk memulai pembicaraan ini kepada ponakan yang kebetulan tinggal serumah, agak sulit. Apalagi ponakan saya ini laki-laki. Hmm… semoga terarahkan dengan baik oleh orang tuanya. Aamiin

Sumber:

Notulensi Diskusi Group HSMN 6
Pemateri : Silmi MSY
ibu rumah tangga
5 anak…1. Rafah (9,5 th). 2. Sahla (8th). 3. Barak (6,5 th). 4. Rayyan (4th). 5. Hayyin (2 bln).

Pendidikan: SDN purwodadi XII. SMPN 1 Purwodadi. SMU 1 Al Islam Solo.
Lulusan S1 Psikologi Undip. S2 Psikologi UI mayor PIO dan minor Pendidikan.

Kerja: komisaris PT Riscon Group
ketua yayasan Riscon Hasanah
yayasan Ari Al Banna.
Owner sekolah luttab alfatih bekasi
Motto: ikhlaskan hati baguskan amal dlm setiap nafas kehidupan….
Waktu diskusi : 09.30-11.08
Disarikan oleh : Hamidah
Judul diskusi : Sex Education dalam Islam

tulisan Zulia  Ilmawati, Psikolog Pemerhati Masalah Anak dan Remaja dalam tulisannya  Pendidikan Seks Untuk Anak-anak. http://id.theasianparent.com/pendidikan-seks-dalam-perspektif-islam/

(6)

Melihat kaktus mini yang lucu-lucu, siapa pun yang melihatnya pasti akan jatuh cinta. Yup! Apalagi untuk jaman sekarang ini yang kebanyakan dari kita tidak memiliki lahan yang luas untuk bercocok tanam tetapi masih ingin melihat hijau-hijau di rumah. Kaktus merupakan salah satu pilihan yang tepat. Apalagi, kaktus juga baik untuk membersihkan udara dari polusi dan gelombang elektromagnetik!

Lantas, bagaimana sih ya, cara menyambung kaktus yang lucu-lucu itu? Salah satunya dengan teknik Grafting atau Teknik Menempel, yaitu upaya menyambung dua tanaman menjadi satu. Selain dari sisi estetika, ternyata teknik menempel ini dilakukan karena kaktus yang ditempel akan lebih cepat tumbuh bila dibandingkan dengan kaktus yang ditanam langsung di tanah.

Langkah-langkah melakukan grafting adalah sebagai berikut:  Continue Reading…

(0)

Hidrogel memang sudah tidak asing lagi bagi pecinta tanaman hias. Warna yang cantik dan juga kebersihannya, membuat hidrogel banyak dicintai oleh pecinta indoor gardening. Makarame pun terjangkit sama virus hidrogel ini nih, Dear!

Tapi, bagaimana sih sebenarnya cara memberi pupuk ke hidrogel agar tanaman tetap tumbuh subur? Berikut beberapa langkah yang biasa makarame lakukan! Continue Reading…

(14)

Pertanyaan di atas, sering banget ditanyakan sama calon customer makarame lho, Dear… Trus jawabannya apa? Sesuai yang dibilang Bapak Petaninya, konon katanya hampir semua jenis kaktus bisa berbunga. Tapi, nih, tapi, harus sabar menanti dan yang pasti rajin merawat dan memperhatikan situasi & kondisinya. Makarame pernah juga nulis artikelnya “Agar Kaktus Cepat Berbunga” 

carousell_1423822115237_1

Selamat membungakan kaktus ya, Valencia di Slawi, Tegal. Semoga bisa segera berbunga *\^o^/*

(2)

Akhir-akhir ini, kaktus sedang menjadi primadona tanaman hias mini (atau makarame aja yang baru tau ya? Hehe…). Terutama untuk souvenir pernikahan, ulang tahun, anniversary, maupun acara-acara bertema go green lainnya. Mengapa kaktus? Karena mudah dirawat (walaupun tidak semua kaktus. Xixi…)

Nah, kali ini, makarame mau bahas kaktus yang bisa dimakan nih, Dear. Pasti makaramers sudah sering dengar buah naga kan? Nah, itu salah satu contoh buah kaktus yang bisa dimakan. Khasiatnya pun sangat banyak lho, misalnya mencegah diabetes, menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker, dan menghambat penuaan dini! Wow! Yang mau awet muda, bisa nih dicoba konsumsi buah naga. Hehe

Lalu, apalagi ya, yang bisa dimakan? Continue Reading…

(0)

Makaramers, penasaran ga sih dengan efektifitas mode airplane di HP? Kalau makarame sih, penasaran banget! Makanya, makarame langsung tanya nih ke salah satu sahabat Flight Attendant alias pramugari, Mbak Marintan Ompusunggu yang juga pemilik blog forum pramugari. Berikut jawaban mbak marintan. Semoga membantu ya, makaramers.

Setelah cruising, boleh kok mbak nyalain hape dengan airplane mode. Karena di ketinggian 30ribu kaki lebih, sinyal telekomunikasi sipil sudah tidak terjangkau lagi. Tapi pada saat take off, descend, dan landing pasti cabin crew akan meminta passenger tidak menyalakan handphone. Selain karena sinyal telepon bisa mengganggu komunikasi antara cockpit crew dengan air traffic controller juga supaya perhatian penumpang fokus tertuju selama critical 11 minutes ini (take off 3 menit, landing 8 menit) yang paling sering terjadi kecelakaan. Tapi walaupun boleh menyalakan hape dalam airplane mode, beberapa maskapai ada yg strict mengenai hal ini dan melarang sama sekali mengaktifkan hape walau tidak menyalakan mobile data dll. Karenanya mereka menyediakan inflight entertainment yang interaktif supaya penumpang bisa menghibur diri tanpa harus menyalakan alat elektroniknya.

Kalau makarame sih, nyalain HP karena pengen foto-foto negeri di atas awan gitu sih, makaramers. Hehe

Kalau pengalaman makaramers sendiri gimana?

(3)

Tampil fashionable & elegant menjadi pilihan tersendiri bagi beberapa orang dalam menghadiri sebuah acara istimewa atau bahkan mungkin dalam keseharian. Salah satu warna yang mendukung adalah warna putih. Tapi, terkadang, kekhawatiran orang akan mudahnya baju putih kotor atau kusam mengurungkan niat untuk mengoleksi baju putih.

Nah, kali ini makarame ingin berbagi tips & trick agar baju putih tetap cerah! Jadi, makaramers tidak perlu khawatir untuk membeli baju putih kesayangan. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Perhatikan deodoran yang kita pakai! Kalau bisa sih, hindari deodoran cair karena cenderung meninggalkan noda di bagian ketiak baju. Ini pengalaman pribadi sih, ya, belum tentu sama dengan yang lain. Makarame lebih memilih deodoran sublim/padat (oles).
  2. Perhatikan tata cara perawatan pada label baju!
  3. Cuci baju secara terpisah & hindari menggunakan pemutih! Gunakan detergen yang soft/ringan sesuai takaran & cukup rendam selama 8-15 menit.
  4. Jika ada noda membandel, misalnya di kerah baju, ujung lengan baju, atau di siku, cukup disikat menggunakan sikat gigi lembut dengan campuran detergent.
  5. Rendam dengan air hangat menggunakan cairan lemon/shampoo/backing soda selama 10-15 menit jika baju sudah mulai berwarna kusam atau noda membandel. Sikat dengan sikat yang lembut.
  6. Sebaiknya, keringkan baju secara manual menggunakan tangan. Hindari menggunakan mesin cuci.
  7. Jemur secara terbalik.
  8. Setrika dengan suhu yang sedang dan pastikan alas bersih.
  9. Usahakan menyimpan baju secara menggantung dengan hanger.
  10. Usahakan jangan menyimpan baju putih terlalu lama  pada lemari dengan ditumpuk,pengap dan terhindar dari cahaya. Jamur sangat senang tempat lembab dan terhindar dari cahaya. Karena jamur akan menyebabkan bercak noda hitam yang susah dihilangkan.

Nah, bagaimana makaramers? Mudah kan cara perawatannya! Jadi, tak perlu lagi khawatir baju putih cepat pudar dan kusam.

Bicara warna putih, ada nih rekomendasi White Dress dari Zalora yang bisa dicoba untuk menambah koleksi baju putih makaramers. Modelnya keren-keren, kalau makarame suka dengan yang satu ini.

accent-festive-collection-9938-639404-1

Sumber

(0)

Liburan awal tahun ini sungguh luar biasa buat makarame. Yup! Dikunjungi oleh sahabat lama yang membawa sahabat baru bagi makarame. Plus pengalaman baru tentunya. Sst… walaupun Curug Klenting Kuning ini hanya 15 menit dari rumah makarame, tapi makarame belum pernah ke sana sebelumnya. Hahaha…

curug, klenting, kuning, air, terjun, sumowono, makarame

Tahu ga makaramers apa yang paling membuat makarame takjub dengan grojogan atau curug ini? Tentu, selain petugas yang ramah tamah dan pemandangan yang indah! Tempat sampah! Lho? Iya, tempat sampah ini disediakan hampir di setiap sudut lho. Luar biasa bukan? Jarang sekali makarame lihat lho… kalau kalian? Ada pengalaman samakah?

curug, klenting, kuning, air, terjun, sumowono, makarame

Hal lain yang tak kalah seru adalah Air Penghidupan. Tenang… bukan bermaksud syirik kok. Karena sekedar air untuk berwudhu & berdoa kepada Sang Khalik…

curug, klenting, kuning, air, terjun, sumowono, makarame

curug, klenting, kuning, air, terjun, sumowono, makarame

Gimana sobat? Tertarik untuk berkunjung? Sejenak melepas penat seperti adek-adek ini…

curug, klenting, kuning, air, terjun, sumowono, makarame

(6)

Yayay… tahun baru semangat baru resolusi baru ya, makaramers! Salah satunya dengan membuat lahan hijau di rumah yuk! Biar lebih seger & bugar nih! Karena kualitas udara di sekitar kita akan menjadi lebih baik. Ya kan? Ya dong… Hehe

Kali ini, sebagai pecinta kaktus yang awal mulanya tidak disengaja. Dan, tidak tahu sejak kapan jatuh cinta dengan kaktus, makarame mau kasih sedikit tips n tricks merawat kaktus nih! Semoga berhasil ya…. :* Continue Reading…