fbpx

Liburan awal tahun ini sungguh luar biasa buat makarame. Yup! Dikunjungi oleh sahabat lama yang membawa sahabat baru bagi makarame. Plus pengalaman baru tentunya. Sst… walaupun Curug Klenting Kuning ini hanya 15 menit dari rumah makarame, tapi makarame belum pernah ke sana sebelumnya. Hahaha…

curug, klenting, kuning, air, terjun, sumowono, makarame

Tahu ga makaramers apa yang paling membuat makarame takjub dengan grojogan atau curug ini? Tentu, selain petugas yang ramah tamah dan pemandangan yang indah! Tempat sampah! Lho? Iya, tempat sampah ini disediakan hampir di setiap sudut lho. Luar biasa bukan? Jarang sekali makarame lihat lho… kalau kalian? Ada pengalaman samakah?

curug, klenting, kuning, air, terjun, sumowono, makarame

Hal lain yang tak kalah seru adalah Air Penghidupan. Tenang… bukan bermaksud syirik kok. Karena sekedar air untuk berwudhu & berdoa kepada Sang Khalik…

curug, klenting, kuning, air, terjun, sumowono, makarame

curug, klenting, kuning, air, terjun, sumowono, makarame

Gimana sobat? Tertarik untuk berkunjung? Sejenak melepas penat seperti adek-adek ini…

curug, klenting, kuning, air, terjun, sumowono, makarame

(6)

Yayay… tahun baru semangat baru resolusi baru ya, makaramers! Salah satunya dengan membuat lahan hijau di rumah yuk! Biar lebih seger & bugar nih! Karena kualitas udara di sekitar kita akan menjadi lebih baik. Ya kan? Ya dong… Hehe

Kali ini, sebagai pecinta kaktus yang awal mulanya tidak disengaja. Dan, tidak tahu sejak kapan jatuh cinta dengan kaktus, makarame mau kasih sedikit tips n tricks merawat kaktus nih! Semoga berhasil ya…. :*

cara, perawatan, kaktus, tidak, busuk

1. Siram tanaman 1-2 kali seminggu (jangan sampai menggenang). Sebaiknya dicek menggunakan lidi terlebih dahulu, apakah tanah di dalamnya masih basah atau tidak. Kalau masih basah cukup disemprot di permukaan. Kalau sudah kering, bisa diguyur.

2. Tempatkan tanaman yang cukup matahari. Jika di dalam ruangan, jemur 3-4 hari sekali. Sebaiknya terkena sinar matahari pagi/sore selama 4-6 jam. Hindari panas terik untuk menghindari sunburn terutama jenis sukulen (daun-daunan).

3. Tidak boleh terkena hujan secara langsung.

4. Pupuk 1 bulan sekali menggunakan pupuk organik 2-3cc/L air, siramkan secukupnya. Atau NPK 5-8 butir.

5. Ganti media tanam 3 bulan sekali dengan komposisi tanah berpasir : sekam/kulit padi : pupuk kandang 1:1:1.

Selamat bercocok tanam dengan tanaman kaktus dan sukulen ya, Makaramers.

(0)

Makaramers, suka kesel ga sih, karena tanaman kaktus dan sukulen yang sudah kita rawat lama banget tapi ga berbunga? Sebenarnya, di negara asalnya, kaktus mudah sekali berbunga. Hal ini karena adanya suhu ekstrim di negara sub-tropis, yaitu negara 4 musim.

Saat musim dingin, kaktus berdormansi atau menghentikan proses pertumbuhannya. Nah, pada musim semi, secara serempak, kaktus akan berbunga. Pantas saja nih ya, makarame lihat di sosial media pada pamer kaktusnya yang sedang berbunga. Apalagi, saat nonton film korea, kebetulan salah dua aktor utamanya suka kaktus. Dan, sering banget saling kirim gambar kaktus berbunga. Owh… so sweet…

Eits, kembali ke topik utama ya! Hehe

Jadi, untuk membuat kaktus berbunga, diperlukan rangsangan khusus nih, makaramers!

  • Membuat Lingkungan yang Sesuai

Berikan cuaca ekstrim pada kaktus. Caranya, pada malam hari, tempatkan kaktus di suhu udara yang rendah/dingin, misalnya kamar mandi. Lalu, pada siang hari, letakkan kaktus di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

  • Diberikan Pupuk Perangsang atau Zat Pengatur Tumbuh

Zat pengatur tumbuh yang dapat digunakan adalah jenis Gibberellin (GA3) & pupuk yang digunakan adalah pupuk yang mengandung fosfor tinggi, seperti Vitabloom, Pokon, dan Hyponex. Semprotkan cairan pupuk sesuai dengan dosis yang tertera menggunakan handsprayer.

  • Menciptakan Dormansi Buatan

Cara ini sebenarnya agak ekstrim sih, makaramers. Kalau tidak tega, mungkin bisa dimodifikasi ya. Xixi… Jadi, caranya adalah dengan tidak menyiram kaktus pada musim hujan, yaitu selama bulan Desember hingga Januari agar bunga mengalami dormansi. Batang kaktus akan menjadi kisut. Namun, pada bulan ketiga atau bulan Maret, kaktus disiram secara normal. Dengan demikian, kaktus akan berbunga pada bulan April.

Gimana makaramers? Mudah kan sebenarnya? Tapi memang butuh kesabaran. Selama 4 bulan kita harus menanti tumbuhnya bunga kaktus yang rapuh tapi cantik banget!

 


sumber gambar:

https://hiveminer.com/Tags/aasblume/Recent

 

(7)
Semoga artikelnya bermanfaat ya. Silakan tinggalkan jejak di kolom komentar ^.^