fbpx

Cara Membuat Bayangan Tangan Lebih Berwarna dengan Smart Lighting

Permainan membuat bayangan dari tangan akan menstimulasi kreativitas, imajinasi, dan motorik halus anak. Serta mengasah kemampuan berpikir kritis anak tentang bagaimana terbentuknya bayangan. Kali ini, membuat bayangan tangan semakin seru dengan pencahayaan dari Philips Smart LED Connected by WiZ yang bisa kita ubah warnanya secara otomatis! Kebayang kan gimana antusiasnya anak-anak dengan pencahayaan yang tiba-tiba berubah warna di tengah keseruan mengeksplorasi tangan mungilnya? Yuk, simak tutorial cara membentuk aneka bayangan tangan, penjelasan ilmiah tentang bayangan, dan pengaturan warna cahaya dalam satu genggaman berikut ini!

Bagaimana Terbentuknya Bayangan?

Bayangan terbentuk karena ada benda yang menghalangi cahaya. Hal ini terjadi karena sifat cahaya merambat lurus dan tidak bisa menembus benda padat. Sehingga, cahaya terhalang dan membentuk bayangan gelap seperti benda yang menghalanginya. Penjelasan mengenai bayangan ini bisa kita lakukan dengan cara menarik. Yaitu, membentuk bayangan lucu menggunakan tangan kita. Ajak anak untuk ikut mengeksplorasi tangan mungilnya membentuk benda-benda imajinasi mereka.

Permainan Bayangan Tak Lagi Monoton dengan Smart Lighting yang Bisa Merubah Warna Cahaya Secara Otomatis

Menurut makmin, ini adalah bagian terseru buat anak-anak, yaitu tiba-tiba ruangan berubah warna secara otomatis. Kita bisa mengatur sesuai sesuai warna favorit mereka sehingga permainan menjadi tidak monoton. Kebayang ya, antusiasme anak-anak terhadap perubahan warna cahaya di dalam ruang bermain. Hal ini juga bisa menstimulus kemampuan berpikir kritis anak lho! Kenapa kok cahaya lampunya bisa berubah warna? Sehingga rasa penasaran anak akan mengubah mereka menjadi seorang pembelajar. Orang yang akan selalu haus akan ilmu dan perkembangan teknologi. Banyak ya, manfaat bermain bayangan tangan ini!

Dalam permainan ini, makmin menggunakan Philips Smart LED Connected by WiZ varian Wi Fi LED 13W With Bluetooth – Tunable Color. Makmin memilih smart lighting dari Philips WiZ ini karena tidak perlu banyak melakukan instalasi. Cukup dengan mengkoneksikan lampu pintar dengan internet, maka kita bisa mengatur semau kita. Bisa menggunakan aplikasi WiZ, perintah suara google, atau bisa menggunakan remote control juga.

See also  Tutorial Cara Membuat Tempat Pensil Menggunakan Kertas Buffalo/Origami

Terdapat banyak tipe/varian yang ditawarkan seperti:

  • Philips smart LED bulb, Tunable white & Color ambiance, semua watt
  • Philips smart LED downlight, Tunable white & Color ambiance, semua watt 
  • Philips smart LED light strip 
  • Philips Smart LED Decorative (ceiling, portable hero, squire, mobile portable and linear)
  • Philips Smart LED accessories (remote control, motion sensor and smart plug)

Jika AyBun tertarik, bisa membelinya di Tokopedia Philips Official Store. Jaminan asli dan bebas ongkir. Silakan AyBun pilih varian Philips WiZ yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan di rumah.

Cara Setting Philips Smart LED Connected by WiZ Agar Warna Lampu Berubah Otomatis

  • Pasang lampu Philips Smart LED Connected by WiZ dan tekan tombol ON pada saklar.
  • Download aplikasi WiZ di playstore atau appstore.
  • Lakukan instruksi yang terdapat dalam aplikasi, yaitu membuat HOME, menamai ruangan yang terdapat lampu pintar tersebut, lalu koneksikan dengan WIFI frekuensi 2.4 GHz.
  • Setelah terhubung, mari bereksplorasi dengan warna yang diinginkan seperti berikut ini:

Manfaat 3 in 1 Philips Smart LED Connected by WiZ Sebagai Lampu Bermain, Belajar, dan Tidur

Setelah Aira puas mengeksplorasi bayangan, makmin memberi kesempatan kepada Aira untuk mengatur warna cahaya lampu menggunakan Aplikasi WiZ dan menanyakan kepadanya warna apa yang dipilih. Makmin sekaligus menggunakan kesempatan ini untuk  mengajak anak belajar kosakata warna dalam Bahasa Inggris. Sehingga Aira tidak merasa bahwa dia sedang didikte untuk belajar.

Jujur makmin sangat suka menggunakan lampu Philips Smart LED Connected by WiZ varian Wi Fi LED 13W With Bluetooth – Tunable Color karena memiliki banyak manfaat. Bisa digunakan sebagai lampu bermain, belajar, dan sekaligus lampu tidur. Aira sudah biasa menggunakan cahaya redup saat tidur. 

See also  Worksheet Kenapa Harus Sholat? Seru Untuk Anak-anak

Dengan adanya smart lighting dari Philips ini, Aira bisa memilih warna lampu yang ingin digunakan. Pun, bisa mengatur tingkat redupnya. Sehingga kualitas tidurnya tetap baik. Karena ternyata warna lampu pun bisa mempengaruhi kualitas tidur. Seperti warna merah, amber, dan pink yang dipercaya mampu  meningkatkan produksi hormon melatonin yang berdampak baik memperbaiki mood dan kesehatan mental.

Cara Membuat Aneka Bentuk Bayangan dari Tangan

Berikut contoh beberapa posisi tangan untuk membentuk aneka bayangan yang bisa AyBun dan anak-anak coba nih. Selain menggunakan teknik ini, biarkan si kecil bereksplorasi dengan tangan mungilnya ya!