fbpx

Cara Membuat Dapur Rumah Menjadi Lebih Sehat

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Sebagai seorang manusia tentu akan lebih baik jika kita menjaga kebersihan di setiap ruaangan yang ada di rumah. Ruangan yang bersih akan membuat kita lebih sehat, dan juga lebih betah tetap berada di rumah.

Dapur adalah sebuah ruangan penting untuk sebuah rumah tangga. Salah satu ruangan yang paling sering digunakan setiap hari. Pada dasarnya kita semua memasak di dapur, dan membuat makanan yang kita konsumsi setiap hari di ruangan satu ini. Permasalahannya, tidak semua orang mengetahui dasar – dasar kesehatan dapur.

Pada kesempatan kali ini kita akan coba untuk melihat dan membahas beberapa tips serta cara membuat dapur rumah menjadi lebih sehat. Mari kita lihat pembahasan lengkap yang bisa kita lihat informasinya di artikel ini.

Tips Membuat Dapur Sehat

Ventilasi dan Pencahayaan

Menurut kami, hal yang paling penting adalah ventilasi dan pencahayaan. Di sebuah dapur yang sehat kita perlu mempertimbangkan sirkulasi udara yang lancar. Walaupun dapur anda memiliki ukuran kecil sekalipun jika memiliki ventilasi dengan sirkulasi udara yang lancar maka akan tetap menyenangkan dan bisa jadi menjadi lebih sehat.

Biasanya ventilasi dan pencahayaan juga tergantung satu sama lain. Kita bisa membuat pencahayaan dengan tatanan ventilasi yang baik. Perhatikan benar – benar faktor ini sebelum membuat sebuah dapur agar lebih sehat dan aman untuk keluarga Anda.

Safety Equipment

Saat ini kita sedang dilanda pandemi yang meresahkan. Salah satu penularan pandemi ini adalah melewati mulut dan saluran pernapasan. Mungkin juga akan lebih baik jika Anda memiliki face shield, kemudian juga sarung tangan anti cutting yang agar menjaga jari tangan dari pisau, dan sebagainya. Kesehatan juga akan lebih terjaga jika kita proaktif untuk melakukan tindakan pencegahan.

See also  Beberapa Jenis Kursi Kerja yang Dapat Anda Ketahui

Jangan Salah Pilih Alat Masak

Terkadang kita asal asalan dalam memilih set peralatan masak, padahal salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan di dalam dapur adalah pemilihan merk alat masak yang sehat dan aman. Tentukan merk wajan stainless sehat yang sesuai dengan budget, karena merk yang bagus juga tidak selalu harus mahal.

Ada banyak jenis material bahan alat masak yang sehat, misalnya stainless, titanium, dan sebagainya. Dapur tidak akan lengkap tanpa peralatan masak. Jika Anda salah memilih peralatan masak sama saja salah dalam memilih perlengkapan wajib dapur Anda.

Perhatikan Pembuangan Sampah

Memasak selalu menyisakan sampah baik sampah organik maupun sampah plastik dan lainnya. Pertama – tama pastikan Anda memastikan untuk membuang sampah setiap hari. Hal ini menghindarkan kita dari bau yang tidak sedap. Perhatikan juga pembuangan sampah yang terjadi saat kita mencuci piring, gelas, dan sebagainya, pastikan kita sudah menyaringnya sehingga akan lebih mudah dibuang ke sampah akhir.

Ada baiknya juga memisahkan sampah – sampah, kalau bukan dari kita sendiri siapa lagi yang memulai. Memisahkan sampah juga memudahkan bagi pengelola sampah yang bisa jadi kelebihan untuk anak cucu kita nantinya.

Membersihkan Bahan Makanan Sebelum Menyimpannya

Terlihat sederhana namun mencuci, membersihkan, makanan sebelum menyimpannya adalah hal dasar yang harus dilakukan oleh setiap pemilik rumah. Tidak perlu usaha yang banyak, setiap selesai belanja bisa langsung mencuci kemudian simpan.

Perhatikan juga tempat penyimpanan bahan makanan. Biasanya bahan makanan akan lebih baik disimpan di dalam kulkas, atau pendingin, namun ada juga yang menyimpannya tanpa kulkas yang berarti harus perhatikan agar tidak terkena langsung sinar matahari agar lebih awet.

See also  Beragam Model dan Harga Jam Dinding Terbaru 2017

Perhatikan Juga Kebersihan Lantai

Tidak kalah penting, lantai juga harus kita tetap perhatikan kebersihannya karena ini juga merupakan salah satu cara membuat dapur rumah menjadi lebih sehat. Lantai dapur sangatlah rentan kotor terutama, terkena minyak, dan serpihan sampah bahan makanan. Sebisa mungkin bersihkan dapur sekali sehari, setelah menggunakan dapur untuk memasak, atau di setiap pagi hari, sesuaikan dengan rutinitas Anda.

Bersihkan Perlengkapan Makan Juga

Tips terakhir untuk membuat dapur rumah menjadi sehat adalah membersihkan menjadi lebih sehat adalah membersihkan perlengkapan makan yang baru saja dipakai. Lebih cepat membersihkan peralatan makan akan lebih baik, hal ini dikarenakan semakin menunda maka sisa – sisa makanan dan masakan akan sangat sulit untuk dibersihkan.

 

Setelah membersihkan perlengkapan makan, kita juga harus membersihkan spon, atau peralatan kebersihan dapur.

Kesimpulan

Itu dia beberapa tips sederhana agar dapur kita menjadi lebih sehat. Intinya, kita bisa lebih sehat dengan menjaga kebersihan dapur. Dapur adalah bagian penting dari sebuah rumah sehingga Anda perlu menjaga dan merawatnya dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda sekalian, terima kasih.