Cara Mengatasi Sukulen Terbakar Matahari (Sunburn) - Makarame

Cara Mengatasi Sukulen Terbakar Matahari (Sunburn)

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam merawat sukulen adalah terbakarnya sukulen karena terlalu lama terpapar sinar matahari yang sangat terik. Seperti halnya kulit kita yang dapat terbakar sinar matahari, sukulen pun demikian. Jadi, penempatan tanaman pun harus diperhatikan baik-baik ya. Sebenarnya, sudah pernah saya ulas di artikel “Agar Kaktus Tidak Mudah Busuk.” Kurang lebihnya sebagai berikut:

Tempatkan tanaman yang cukup matahari. Jika di dalam ruangan, jemur 3-4 hari sekali. Sebaiknya terkena sinar matahari pagi/sore selama 4-6 jam. Hindari panas terik untuk menghindari sunburn terutama jenis sukulen (daun-daunan). Bisa juga dengan disiasati pemberian kanopi/plastik UV dan paranet untuk menlindungi sukulen terpapar sinar matahari secara langsung.

Nah, tapi bagaimana kalau sudah terlanjur terbakar sinar matahari? Untuk sukulen yang terkena sunburn ringan, masih bisa kembali seperti semula. Sedangkan yang sudah terlanjur kecoklatan, maka akan menjadi permanen. Namun, tetap bisa tumbuh besar dengan baik setelah dilakukan perawatan sebagai berikut:

  • Pertama-tama, pindahkan tanaman ke tempat yang terhindar sinar matahari secara terik.
  • Kedua, siram secara berkala dengan tetap memperhatikan kelembapan tanahnya.

Semoga berhasil!

Bagi teman-teman yang punya pengalaman merawat sukulen yang terbakar matahari, boleh dong dishare ilmunya di kolom komen. Kita belajar bareng di sini. Tambah ilmu, tambah teman, semoga tambah sehat dan banyak sukulennya. Aamiin.

 



Sumber artikel dan gambar:

https://harddy.com/blogs/succulent-tips-and-tricks/succulent-sunburn-treatment-care-tips

Sunburned Succulents & Summer Care



READ  Tata Cara Perawatan Notocactus leninghausii
Views: (502)
error: Content is protected !!
WhatsApp chat