Echeveria Affinis Black Knight, Sukulen Hitam yang Mempesona - Makarame

Echeveria Affinis Black Knight, Sukulen Hitam yang Mempesona

Bagi pecinta warna hitam, echeveria affinis black knight bisa jadi pilihan untuk melengkapi koleksi warna-warna hitam lainnya. Tampilannya pun macho karena memiliki kelopak yang memanjang dengan ujung yang runcing tapi tidak menusuk. Cocok dan aman di segala usia kok, gaes.

Perawatannya pun tidak sulit, seperti halnya sukulen yang lain. Pun dengan cara perkembang-biakannya. Dan, yang paling mempesona dari si hitam ini adalah bunganya yang merah merona. Perpaduan warna yang pas dan cocok sekali dengan daunnya. Yuk, kita bahas satu per satu.

PERAWATAN

Seperti yang kita tahu bahwa sukulen adalah tanaman yang mampu menyimpan air dengan baik di setiap bagian tubuhnya. Jadi, penyiramannya pun tidak perlu terlalu sering. Caranya dengan mengecek tanah menggunakan lidi, jika sudah kering berarti saatnya disiram. Jika masih basah, tahan diri untuk menyiramnya ya. Nah, penting pula untuk menjauhkannya dari tempat yang rawan terkena hujan secara langsung.

Sinar matahari pun sebaiknya dihindarkan cahaya yang terlalu terik guna menghindari terjadinya sunburn atau terbakarnya daun-daunnya. Usahakan terkena sinar matahari pagi dan sore ya. Ini cahaya yang paling disuka oleh tanaman.

Media tanam yang dianjurkan, pastinya yang berporus alias saat disiram akan mudah mengalirkan kembali air melalui lubang pot. Tanah berporus juga membantu pernafasan akar.

Oya, mungkin ada yang bertanya, bukankah di alam mereka juga biasa hidup outdoor dan baik-baik saja ya terkena hujan dan terik matahari langsung. Nah, ini memang bedanya tanaman yang secara alami tumbuh di alam dengan yang memang dibudidayakan. Seperti halnya hewan liar dengan hewan peliharaan kan gaes pasti perlakuannya beda.

Nah, kabar baiknya, saat tanaman sudah dewasa, kurang lebih ukuran 12 cm ke atas, tanaman akan lebih mudah beradaptasi di lingkungan luar. Bisa dicoba untuk mulai ditanam di taman. Tetap dalam pengawasan tentunya ya.

READ  Cara Merawat Kaktus Notocactus Magnificus Agar Cepat Berbunga

BUNGA

Bunga Echeveria affinis black knight ini sangat sangat indah. Makmin aja sampai kesengsem. Kalian pasti juga sangat suka. Gimana agar si hitam ini rajin berbunga? Ga bisa dipaksakan juga sih, karena mereka juga memiliki waktu berbunga masing-masing. Rata-rata pada musim panas. Asal kita bisa memberikan makan dan kondisi lingkungan yang memadai, pasti rajin berbunga kok.

Sumber: reddit.com

CARA MEMPERBANYAK

Sukulen sangat mudah untuk dibudidayakan. Mungkin hal ini pula yang menyebabkan sukulen banyak diminati. Cara memperbanyak sukulen echeveria affinis black knight ini bisa menggunakan stek daun. Kita bisa mengambil bagian daunnya, kemudian tunggu sampai bekas luka mengering, lalu diletakkan di atas tanah. Usahakan agar tanah tetap lembab dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Kurang lebih 2 minggu akan tumbuh akarnya. Selengkapnya bisa dibaca di Cara Memperbanyak Sukulen dengan Stek Daun.

Bisa juga dengan metode dicelupkan di dalam air. Metodenya bisa dibaca di artikel Cara Memperbanyak Akar Kaktus dan Sukulen.

Sumber: michalschein.com

Bagaimana gaes, tertarik untuk memiliki tanaman sukulen jenis Echeveria affinis Black Knight ini? Bisa langsung dicek di katalog tanaman kaktus dan sukulen kami ya.


Sumber gambar featured:

worldofsucculents(dot)com

Views: (114)
error: Content is protected !!
WhatsApp chat