Filosofi Bambu: Jadikan Potensi Dirimu Berguna Bagi Sesama dan Lingkunganmu -

Filosofi Bambu: Jadikan Potensi Dirimu Berguna Bagi Sesama dan Lingkunganmu

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda “Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289). Tentu sebagai khalifah di bumi kita pun diwajibkan untuk bermanfaat bagi lingkungan alias menjaga lingkungan tempat tinggal kita. Kita bisa belajar banyak dari salah satu makhluk ciptaan Allah, yaitu Bambu. Kenapa bambu? Ada apa dengan bambu? Yuk, simak lebih lanjut penjelasan berikut!

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa bambu termasuk dalam jenis tanaman rumput-rumputan. Sepengetahuan kita rumput itu pendek-pendek di tanah, tetapi ternyata ada juga rumput yang menjulang tinggi, yaitu bambu. Namun, kali ini kita tidak sedang membahas tentang klasifikasi tumbuhan. Tetapi kita akan membahas tentang beragam manfaat pada bambu yang akan membuat kita takjub!

KONSERVASI AIR DAN TANAH

Bambu memiliki sistem perakaran yang kuat dan menyebar sehingga tanaman bambu sangat baik mencegah erosi dan menjadi tanaman yang baik untuk membantu tanah menyimpan air. Dengan akar yang kuat, tanaman bambu pun menjadi tanaman yang fleksibel dengan segala situasi. Misalnya jika ada angin besar atau hujan lebat, tanaman bambu mampu bertahan dan tidak rawan tumbang. Tentu, mencegah banjir bandang dan musibah.

Secara filosofi, kita bisa juga belajar dari bambu untuk memiliki pondasi diri yang kuat. Bisa dengan memperdalam adab dan ilmu misalnya. Dengan pondasi pribadi yang kuat akan nilai-nilai yang baik, maka kita pun bisa dengan baik dalam memaknai hidup. Lebih bisa menghargai lingkungan, diri sendiri, dan sesama kita. Plus, tidak mudah untuk dipatahkan oleh orang lain karena kita kuat dalam memegang prinsip dan memandang hidup. Filosofi ini pula yang mampu membuat mental kita tetap sehat di tengah berbagai konflik di sekitar kita. Bagaimana dengan pondasi hidupmu? Sudah kuatkah?

READ  Yura Yunita: Dari Body Shaming Menuju Panggung Java Jazz Festival

BAMBU SEBAGAI BAHAN PANGAN

Berbicara tentang kebermanfaat, hampir seluruh bagian bambu ini sangat bermanfaat bagi manusia dan lingkungan. Bambu muda bisa diolah menjadi makanan yang lezat bahkan sudah menjadi olahan khas dari berbagai daerah dan membangkitkan ekonomi bagi masyarakat. Sebagai contoh Lumpia Semarang. Siapa yang tidak tahu dengan lumpia? Makanan berbahan dasar rebung atau bambu muda ini sangat digemari oleh masyarakat. Bukan hanya dari Kota Semarang, tetapi kini sudah bisa dikirim secara nasional bahkan luar negeri.

Dan, info terbaru, daun bambu ternyata bisa dikonsumsi dan memiliki khasiat kesehatan yang menakjubkan. Diantaranya untuk menurunkan kadar gula darah, memperbaiki saluran pencernaan, mengkal radikal bebas, memelihara kesehatan, detoksifikasi, dan lain-lain. Untuk bagaimana cara mengolahnya mungkin akan dibahas secara terpisah ya.

BAMBU SEBAGAI BAHAN SANDANG

Bambu sebagai bahan baku pakaian? Yup! Serat bambu sebagai bahan dasar pembuatan pakaian sudah bukan hal baru. Serat bambu sudah cukup populer beberapa tahun belakangan ini. Dan, kain serat bambu juga memiliki banyak kelebihan di antara sebagai anti bakteri, anti iritasi, menyerap keringat dengan baik, tetap sejuk dan nyaman dipakai walaupun dipakai dibawah terik matahari karena daya tembus sinar UV di serat bambu 20% lebih rendah dibandingkan dengan kain jenis lain. Kelebihan inilah yang akhirnya mendasari Shevee, Produsen Pembalut Kain, untuk menggunakan kain serat bambu untuk membuat pantyliner dan pembalut wanita.

BAMBU SEBAGAI BAHAN PAPAN

Sebagai bahan baku membuat rumah pastinya bambu sudah bukan hal yang asing lagi. Rumah bambu bisa berbagai macam variannya, baik bambu anyam maupun batang bambu.

BAMBU DALAM SENI DAN ESTETIKA

Ketajinan bambu saat ini semakin diminati oleh kalangan masyarakat terutama masyarakat atau komunitas pecinta lingkungan. Mulai dari sedotan bambu, sendok, garpu, piring, dan makarame sendiri membuat keranjang bambu sebagai kemasan souvenir kaktus dan sukulen.

READ  5 Langkah Menemukan Passion

BAMBU SEBAGAI SENJATA

Bangsa Indonesia memiliki sejarah yang panjang dengan senjata terkenal dari bambu, yaitu Bambu Runcing. Perjuangan merebut kemerdekaan oleh para pejuang dengan peralatan yang sederhana ini ternyata mampu melumpuhkan penjajah yang menggunakan senjata lebih modern. Tentu semua ini terjadi atas izin Allah SWT.

DAUN BAMBU SEBAGAI PUPUK

Selain sebagai obat, daun bambu juga bermanfaat sebagai pupuk organik. Daun bambu memiliki kandungan fosfor dan kalium yang tinggi, yaitu unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Selain itu, daun bambu juga memiliki kandungan Silika yang cukup tinggi. Silii ini merupakan unsur hara yang dibutuhkan oleh padi dan tebu. Manfaat kompos daun bambu ini sebagai penguat batang, meningkatkan ketahanan tanaman terhadap hama penyakit, dan lain-lain.