HOAX..! Baju Adat Cina di Uang 75.000, Faktanya dari Tidung -

HOAX..! Baju Adat Cina di Uang 75.000, Faktanya dari Tidung

Seperti halnya mencintai, membenci juga jangan terlalu buta. Seringkali berita viral diwarnai dengan isu sensitif entah berkaitan dengan suku, ras, agama, dan antar golongan (SARA). Kali ini, isu SARA mewarnai pencetakan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia. Narasi yang beredar menyatakan bahwa terdapat baju adat Cina, padahal setelah ditelusuri, baju tersebut merupakan baju adat Suku Tidung dari Kalimantan Utara. Berikut fakta menarik yang harus kalian ketahui tentang ilustrasi di balik uang 75.000 agar makin cinta Indonesia!

Kenalan dengan Model Baju Adat Suku Tidung di Lembar Uang 75.000

Siapakah model dibalik baju adat yang viral saat ini? Adalah Muhammad Izzam Athaya, siswa SDN 041 Tarakan merupakan model yang mengenakan pakaian adat Suku Tidung. Foto tersebut diambil oleh Perum Percetakan Uang Rupiah Republik Indonesia (Peruri) pada tahun 2019 di Baloy Adat Tidung, Jalan Sei Sesayap RT 01, Kelurahan Kampung Enam, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

9 Baju Adat yang Menghiasai Uang Edisi Khusus 75.000

Apakah kalian sudah tahu darimana saja pakaian adat yang tertera di uang edisi khusus 75.000? Terdapat 9 baju adat terpilih dengan seleksi panjang yang mewakili keanekaragaman budaya Indonesia sebagai berikut:

  • Indonesia Barat: Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Riau, dan Jawa Tengah
  • Indonesia Tengah: Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Gorontalo
  • Indonesia Timur: Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua

3 Proses Panjang Pemilihan Sembilan Pakaian Adat dalam Uang Pecahan 75.000

  1. Proses dimulai sejak Tahun 2018 dengan diskusi lintas kementrian.
  2. Bank Indonesia berkonsultasi dengan sejarawan dan budayawan. Selanjutnya, bank sentral berdiskusi dengan pemda terpilih mewakili provinsi dari Barat hingga Timur Indonesia.
  3. Pemilihan pakaian adat juga melalui proses verifikasi dan koordinasi dengan dinas pendidikan dan unit pelaksana teknis balai daerah masing-masing untuk dipilih desain pakaian adat yang akan ditampilkan.
READ  2 Cara Mudah Mendapatkan Uang Baru Pecahan 75.000 Edisi Khusus BI

Nah, dari proses panjang tersebut, sudah dapat dipastikan tidak ada kesalahan dalam tampilan 9 pakaian adat di uang edisi khusus 75.000 bukan? Yuk, coba sebutkan asal pakaian adat sesuai dengan urutan nomer berikut!

ditunggu jawabannya di kolom komentar ya!

Untuk mendapatkan uang edisi khusus ini, kamu bisa mengikut mekanisme di artikel 2 Cara Mudah Mendapatkan Uang Baru Pecahan 75.000 Edisi Khusus BI.