Ingin Produkmu Viral? Lakukan 7 Strategi Berikut!

Berjualan online saat ini menjadi langkah yang banyak ditempuh oleh para pengusaha. Hampir semua produk dapat dijual online. Tidak terbatas apakah itu tanaman kaktus dan sukulen, makanan, baju, aksesoris, mebel, dan masih banyak yang lainnya. Berkembangnya teknologi baik gawai maupun jaringan internet yang tersebar merata hingga ke pelosok negeri, meningkatkan jumlah peselancar di dunia maya. Pun didukung oleh ekspedisi yang menjangkau hampir semua daerah di Indonesia.

Keterbatasan waktu juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa saat ini orang lebih suka berbelanja online. Seringkali kita malas untuk keluar karena macet atau ada kesibukan lain dan memilih untuk pesan online. Peluang ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik oleh para pengusaha. Namun, seiring dengan meningkatnya penjual online, maka pesaing pun semakin meningkat. Oleh karenanya, kita membutuhkan strategi yang tepat agar kita mampu bersaing dengan kompetitor. Lantas apa saja yang sebaiknya kita lakukan untuk bertahan dalam berjualan online? Setidaknya terdapat 7 langkah berikut:

1. Berjualan di Marketplace dan Pelajari Triknya

Maraknya penipuan di jual beli online, membuat beberapa pembeli merasa ragu untuk berbelanja. Hal ini yang mendasari tumbuhnya berbagai marketplace di Indonesia. Marketplace tidak hanya melindungi konsumen sebagai pembeli, tetapi juga penjual yang memiliki barang. Namun, persaingan di marketplace juga sangat ketat. Oleh karenanya, pastikan kita mengikuti instruksi yang diberikan oleh marketplace.

Beberapa marketplace menawarkan pelatihan agar sukses berjualan, sebaiknya kita mengikutinya. Karena sebagaimana tuan rumah, mereka lebih mengetahui sistem kerja di marketplacenya agar barang kita menjadi yang pertama kali dilihat.

2. Membuat Official Website

Selain berjualan di marketplace, sebaiknya kita juga memiliki website profesional yang memperkenalkan brand dan produk kita. Pelajari SEO agar website kita muncul di halaman pertama setiap kali calon pembeli mengetik kata kunci yang berhubungan dengan produk kita. Karena beberapa pembeli masih suka mencari info melalui mesin pencari terlebih dahulu untuk menambah wawasan atau sekedar mencari ulasan tentang produk yang sedang dicarinya.

Maka, memiliki website sendiri akan sangat membantu melebarkan jaring pemasaran. Saat ini pun kita juga bisa membuat toko online di website. Jadi, akan mempermudah pembeli untuk berbelanja.

Saat ini banyak penyedia hosting di Indonesia yang kompeten dan terpercaya. Saya lebih suka menggunakan Hosting Indonesia karena lebih mudah untuk melakukan klaim jika terjadi sesuatu pada website kita. Sehingga penanganan jadi lebih cepat. Salah satu penyedia hosting yang banyak direkomendasikan adalah Niagahoster. Sepertinya sedang ada diskon besar-besaran hingga 40%!

3. Sosial Media

Indonesia menjadi salah satu negara yang aktif dalam bersosial media. Perkenalkan produk, toko marketplace, atau toko online di website kita melalui sosial media. Saat ini, sosial media juga menawarkan iklan berbayar untuk menjangkau lebih banyak pembeli potensial. Pelajari tipsnya dan lakukan dengan baik.

sumber gambar: https://www.simplesat.io/measuring-customer-service-quality-rater-framework/

4. Customer Service yang Tanggap dan Cekatan

Produk boleh sama, harga boleh bersaing, namun pelayanan selalu menjadi yang utama. Apakah kita mudah dijangkau oleh konsumen, ataukah justru kita sulit dihubungi. Loyalnya konsumen karena nyaman dengan penjual. Maka berikanlah pelayanan yang terbaik.

5. Agen, Reseller, & Marketer

Perluasan jaringan pemasaran cukup efektif dengan adanya agen, reseller, dan marketer. Karena mereka bisa menjangkau konsumen yang mungkin jauh berada di lingkaran kita.

6. Berdoa

Berdoa adalah langkah terpenting dari suksesnya berjualan. Sehebat apapun usaha kita, jika tidak mendapatkan ridho dari Allah, maka hasilnya akan sia-sia. Seolah hanya berjalan di tempat. Maka, berdoalah sebelum, selama, dan setelah melakukan poin 1-5.

7. Disiplin

Lakukan, ulangi, dan evaluasi secara rutin langkah 1 – 6. Apakah kita sudah melakukannya dengan baik atau belum setiap harinya. Tidak ada kerja keras yang mengkhianati hasil. Maka lakukan yang terbaik untuk bisnis kita dan lakukan dengan disiplin.

Selamat berjualan online! Semoga sukses ya!

 


 

Sumber gambar:

  1. Thornleyfallis.com
  2. Simplesat.io
Semoga artikelnya bermanfaat ya. Silakan tinggalkan jejak di kolom komentar ^.^