Kurma Coklat Kacang Skippy, ASI Booster Yippee & Bergizi

Air Susu Ibu (ASI) adalah nutrisi penting bagi bayi baru lahir hingga usia 2 tahun. Nutrisi yang tidak dapat tergantikan oleh makanan apapun di dunia ini. Terlebih untuk 6 bulan pertama. Ahli kesehatan setuju bahwa 6 bulan pertama bayi hanya boleh mengonsumsi ASI atau biasa dikenal dengan istilah ASI Eksklusif. Maka, bagi ibu yang sedang hamil dan mendekati masa melahirkan, sudah pasti akan mempersiapkan amunisi. Agar begitu bayi lahir, ASI bisa diproduksi dengan lancar dan memenuhi kebutuhan bayi. Namun, harap tenang dan jangan putus asa ya, jika begitu melahirkan ASI tidak langsung keluar. Karena bayi memiliki cadangan makanan untuk bertahan selama 3 hari tanpa asupan makanan apapun. Jadi, jangan buru-buru memberikan makanan dan minuman lainnya.

Dokter dan bidan tempat saya melahirkan dulu memberikan kuliah singkat setiap pagi kepada ayah dan ibu baru di ruangan perawatan. Bahwasanya setelah melahirkan, kita harus menyusui bayi kita meskipun ASI belum keluar. Hal ini penting untuk merangsang produksi ASI. Benar saja, pada 1-2 hari, produksi ASI saya belum banyak. Begitu hari ketiga hingga hari ini anak saya 8 bulan, Alhamdulilah lancar. Mohon doanya agar bisa full 2 tahun ya. Aamiin.

Dua faktor yang sangat mempengaruhi kelancaran dan kualitas ASI adalah psikologis dan asupan makanan busui. Oleh karenanya, dukungan suami sangatlah penting agar busui terbebas dari stress. Stress juga bisa lho diminimalisasi dengan makanan kesukaan. Pernah dengar kan, makanan apa saja yang memiliki khasiat sebagai penghalau stress? Nah, kalau saya ada kudapan favorit nih sebagai ASI sekaligus MOOD Booster, Kurma Coklat Kacang Skippy, ASI Booster Yippee dan Bergizi. Maklum ya, busui gampang lapar. Dan, kalau laper saya suka baper. Xixi

 

Pada kemasan Skippy Chocolate Flavoured Stripe Peanut Butter yang saya beli memang tidak ada logo halal MUI. Awalnya ragu mau beli, tetapi sekarang kita bisa kok mengecek kehalalan produk dari situs halalmui.org. Alhamdulilah, Skippy merupakan produk halal. Jadi tenang konsumsinya.

 

Manfaat Kurma untuk Ibu Menyusui

Kurma mengandung zat oksitosin yang dipercaya dapat memperlancar produksi ASI. Selain itu, kurma pun dapat menunjang kualitas ASI. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan kalori dan zat gizi makro untuk busui, namun kurma juga mengandung zat gizi mikro yang penting bagi tubuh/ Berikut kandungan gizi yang terdapat pada kurma.

Manfaat Coklat untuk Ibu Menyusui

Dalam kadar yang cukup dan tidak berlebihan, beberapa menyebutkan maksimal 200 mg sehari atau kurang lebih setara dengan 200 gram cokelat. Karena kandungan theobromine pada coklat mirip dengan efek kafein pada kopi yang menyebabkan bayi susah tidur. Namun, selain itu, coklat juga dipercaya dapat menghalau stress, jadi asal kita tahu kapan harus berhenti konsumsi coklat, tidak masalah ya.

Manfaat Kacang untuk Ibu Menyusui

Kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk ibu menyusui. Salah satunya adalah kacang tanah. Namun, perlu diperhatikan pula apakah anak terdapat alergi dengan kacang tanah. Kacang tanah merupakan sumber yang baik akan vitamin E dan asam folat.

Kandungan Gizi Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter

Bagi busui, cari camilan harus yang sehat dong ya. Dengan prinsip 3B Bergizi, Beragam, & Berimbang. Nah, prinsip Berimbang ini kitanya yang harus pinter-pinter menakar. Kalau kata pakar, jangan lupa baca label pangan.

Pada bagian kiri bawah gambar sebelah kanan, kita dianjurkan untuk mengonsumsi 2 takaran saji per hari. Dimana per takaran saji pada label gambar sebelah kiri adalah 35 gram. Artinya, sehari kita dianjurkan konsumsi 70 gram saja. Dan, ini sudah cukup sebagai salah satu bahan pangan sumber protein dan serat. Plus, meminimalisasi efek theobromine dari coklat seperti artikel di atas. Agar produksi ASI tetap lancar & berkualitas

Kenapa harus dibatasi? Ingat ya, prinsip Beragam & Berimbang. Jika kita ngemil terlalu banyak, bisa-bisa kita kelebihan kalori. Jadinya gendut. Belum kalori dari kurmanya kan. Plus, meminimalisasi efek theobromine dari coklat seperti artikel di atas. Agar produksi ASI tetap lancar & berkualitas. So, yang bijak juga ya kalau ngemil. Jangan menyalahkan makanannya karena kita lupa baca label pangannya. Hehe

Mau coba ASI Booster ala saya juga? Yuk, simak saja resep berikut ini. Mudah dan hemat waktu lho!

  1. Siapkan bahan-bahannya, yaitu kurma dan skippy coklat kacang.

  1. Keluarkan biji kurma.

  1. Masukkan kurma pada botol skippy coklat kacang. Gunakan sendok untuk mengaduk kurma di dalam botol skippy chocolate peanut butter.

  1. Masukkan freezer/kulkas hingga mengeras.

  2. Kurma Coklat Kacang Skippy siap dikonsumsi. Sebaiknya tetap disimpan di dalam kulkas agar awet.

 

Bagaimana, mudah bukan? Karena saya ibu rumah tangga tanpa ART, jadi ya buatnya yang simpel-simpel saja. Eh, sebentar lagi puasa nih, moms. Sekalian bisa untuk menu takjil atau ide buat hidangan lebaran nanti ya. Hehe

 

Saran Konsumsi

Saya mengonsumsi ganjil maksimal 7 butir sehari (±100 gram – tunisia tangkai). Agar tidak berlebihan baik kelebihan takaran kalori maupun zat gizi lainnya. Sesuai dengan prinsip 3B Bergizi, Beragam, & Berimbang. Juga mengikuti anjuran penyajian skippy, sebanyak 70gram/hari.

Oya, kalian bisa menakar sendiri harus konsumsi berapa butir ya. Karena berat per kurma berbeda-beda, plus tebal tipisnya olesan skippy kita pun berbeda. Jadi, silakan ditakar kembali sesuai kebutuhan ya. Semoga bermanfaat.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

 

 

error: Content is protected !!