fbpx

Manfaat Positif Bermain Game Bagi Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga dengan rutinitas yang sama namun tantangan berbeda, terkadang membuat suasana hati menjadi naik turun. Waktu untuk diri sendiri yang terbatas, membuat ibu rumah tangga kesulitan mengatur me time untuk sekedar healing tipis-tipis. Salah satu yang saya lakukan adalah bermain game sederhana dari Solitire.org. Game kartu yang sudah saya mainkan sejak SMP di mana pertama kali saya mengenal komputer. Saat itu, masih komputer sederhana pentium 3. Dan, ya, sampai sekarang saya menjadi seorang ibu, saya rasa permainan itu yang paling mudah. Tidak perlu berpikir keras dan tentu tidak kecanduan karena kita bisa berhenti kapan saja tanpa takut kehilangan sesuatu. Seridaknya berikut manfaat positif bermain game yang saya rasakan sebagai ibu rumah tangga.

Stress Release

Pelepas stress setiap orang pastinya beda-beda, ada yang ke makanan, tidur, jalan-jalan, dan tentu saja game. Tentu saja saya memilih game yang sangat sederhana dan tidak perlu berpikir keras. Karena saya bermain game betul-betul untuk hiburan dan melepas penat. Bermain game kartu Solitaire, selain melepas stress juga ajang bernostalgia masa lampau. Membuat saya merasa melepas rindu masa muda. Kalau kamu, game apa yang membuat kamu bernostalgia dan terlepas dari stress? Atau kamu ingin mencoba game Solitaire ini juga?

Mengasah Kemampuan Otak

Game dipercaya sebagai salah satu cara untuk mengasah kemampuan otak. Permainan yang membutuhkan strategi dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Salah satu permainan yang saya pilih adalah Zuma Ball. Terlihat sederhana ya, tapi bagi saya cukup menekan karena diatur oleh waktu untuk menghabiskan bola. Segala yang berhubungan dengan waktu sangat memacu adrenalin. Ada rasa deg-degan, panik, dan fokus dalam satu waktu. Apakah para bunda di sini juga merasakan hal yang sama? Atau so easy? Hehe

See also  Review Panggung Liga Regional Kampung Komunitas Ibu Profesional

Memperlambat Proses Penuaan

Manfaat positif bermain game asah otak yang melibatkan memori dan pemecahan masalah ternyata sudah terbukti secara ilmiah. Yaitu, meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa dan peningkatan itu bisa bertahan selama bertahun-tahun. Tentu saja hal ini dapat memperlambat proses penuaan. Game asah otak yang saya pilih adalah Letter Scramble. Saya merasa game ini cocok untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris dan juga karena game ini mudah. Ingat, saya bermain game untuk memperbaiki mood. Jadi, memilih game yang ringan. Kalau AyBun di sini memilih game apa ya, untuk memperlambat penuaan otak?

Dari 3 manfaat positif bermain game di atas, apa yang paling Bunda rasakan? Dan, game apa yang biasanya dimainkan? Sebetulnya di situs Solitaire masih banyak game lain yang bisa dimainkan seperti Chess, Black Jack, Mahjong, Hidden Object, Candy Fiesta, Minesweeper, dan masih banyak lagi. Semua bisa dimainkan secara gratis dan tidak perlu download. Menyenangkan ya! Bisa healing tipis-tipis tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

Satu hal yang terpenting untuk mendapatkan manfaat positif bermain game adalah managemen waktu. Jangan sampai tujuan bermain game untuk healing dan memperbaiki mood justru menjadi boomerang karena melalaikan tugas utama. Tetap semangat untuk kita para ibu rumah tangga ya!

Saat seorang Ibu memiliki suasana hati yang baik, maka rumah pun akan menjadi tempat kembali yang menyenangkan. Aamiin

makarame.com