Mengapa Daun Sukulen Rontok? Bagaimana Cara Mengatasinya? - Makarame

Mengapa Daun Sukulen Rontok? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Merawat makhluk hidup memang memiliki tantangan tersendiri, tak terkecuali tanaman sukulen. Bagi pemula pecinta tanaman, sebenarnya sukulen adalah pilihan yang tepat. Asal tahu cara merawat dan menciptakan lingkungan yang pas, tanaman sukulen ini bisa tumbuh bertahun lamanya, menjadi besar untuk beberapa jenisnya bahkan sangat cepat, dan bonus bunganya yang beragam coraknya.

Salah satu permasalahan tanaman sukulen adalah daunnya yang tiba-tiba rontok bak daun jati di musim kemarau. Meranggas! Haha. Nah, kita pelajari bersama yuk faktor apa saja yang menyebabkan daun sukulen ini meranggas dan bagaimana cara mengatasinya? Simak terus artikelnya ya!

Daun sukulen yang rontok sebenarnya sedang menunjukkan sukulen stress atau sedang dalam masa penyesuaian akan perubahan lingkungan. Seperti perubahan suhu baik panas maupun dingin, paparan sinar matahari yang tidak pas entah kekurangan atau berlebihan, penyiraman yang tidak tepat, dan adanya hama penyakit yang menyerang. Jadi, ada banyak faktor ternyata ya mengapa sukulen bisa berguguran daunnya. Kira-kira punyamu disebabkan karena apa? Yuk, bahas satu per satu faktor stress sukulen yang menyebabkan kerontokan daun agar bisa kita cegah sedini mungkin!

Daun sukulen rontok (sumber: merrypad.com)

SUHU RUANG YANG TERLALU PANAS

Pada dasarnya, menggugurkan daun memang salah satu tindakan normal dari sukulen untuk mempertahankan diri dari kehilangan banyak cairan tubuh. Namun, hal ini bisa dicegah dengan cara membuat temperatur/suhu ruang yang lebih sejuk. Entah dengan menambahkan jendela, kipas angin, memberikan paranet, atau mungkin dipindah tempat yang lebih teduh.

SUHU RUANG TERLALU DINGIN/LEMBAP

Segala sesuatu yang terlalu memang tidak baik ya, gaes. Termasuk perubahan suhu yang tiba-tiba sangat dingin atau lembap. Atau suhu dingin/lembap yang berlangsung terlalu lama jelas bukan lingkungan kesukaan sukulen. Bayangkan saat tubuh sukulen sedang menyimpan banyak air, tetapi suhu ruangan juga sangat dingin/lembap yang artinya banyak air juga, dipastikan sukulen mengalami stress sehingga salah satu cara menyesuaikan dirinya adalah dengan merontokkan daun.

READ  Apakah Semua Jenis Kaktus Berbunga?

Biasanya ditandai dengan daun yang menghitam menuju busuk. Jika sudah begini, coba buat suasana ruangan lebih hangat. Cukup cahaya matahari dapat meningkatkan suhu ruang. Lantas bagaimana jika musim penghujan terus menerus? Teman-teman bisa menggunakan lampu. Gunakan lampu dengan lumen 2.000 ke atas untuk sukulen dan minimal 3.000 lumen untuk kaktus. Keterangan lumen lampu ini ada di kemasannya ya. Jadi tidak perlu bingung bagaimana mengetahuinya.

Daun sukulen busuk dan akhirnya rontok (sumber: reddit.com)

TERLALU BANYAK MENYIRAM AIR

Yup! Kita semua sudah tahu bahwa sukulen adalah tumbuhan penyimpan air di bagian tubuhnya. Sehingga, jangan terlalu terburu-buru dan bersemangat saat menyiram tanaman. Tanah yang kering di atas, belum tentu kering di dalam. Tapi, terkadang kita langsung menyiramnya. Alhasil, akar membusuk diikuti oleh daun yang membusuk dan rontok.

Bagaimana jika terjadi kebusukan akar? Cabut tanaman dari tanah, kemudian angin-anginkan hingga kering. Jika akar membusuk terlalu berat, potong akar dan mulai tumbuhkan akar baru. Caranya bisa dengan Terapi Air atau secara konvensional dengan ditanam di tanah, perhatikan langkah-langkahnya di artikel Cara Memperbanyak Sukulen dengan Stek Daun.

TANAMAN KEKURANGAN AIR

Duh, kebanyakan air salah, kekurangan air juga salah. Ya, seperti tubuh kita kan, terlalu banyak minum juga ga baik, terlalu sedikit minum juga dehidrasi. Begitu juga tanaman, apalagi jika tanaman terpapar sinar matahari terus menerus dan ditempatkan di ruangan yang panas. Penguapan pada tubuhnya pasti berlebih kan? Dan, untuk mengurangi penguapan berlebih, dia merontokkan daun. Seringkali kita terlena dengan pernyataan sukulen tidak suka air. Eits, tapi tetap butuh kan? Hehe

Tanda kekurangan air bagaimana? Daunnya mengkerut dan kehilangan warna/pudar. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Dengan memberinya minum yang cukup dan memindahkan sementara ke tempat yang teduh saat pemulihan.

READ  Dekorasi Kaktus Unik & Lucu
Daun mengkerut kekurangan air (sumber reddit.com)

Emm, lumayan PR memang masalah penyiraman ini. Tergantung kondisi akar, jenis tanah, dan pot yang dipakai. Pastikan akar sehat, gunakan tanah berporous, dan pot yang memiliki cukup lubang. Silakan baca Tata Cara Perawatan Sukulen & Kaktus untuk lebih jelasnya, ya.

HAMA DAN PENYAKIT YANG MENYERANG

Terserangnya sukulen oleh penyakit, jamur, atau hama lainnya menyebabkan tanaman sukulen ringkih. Ada yang daunnya menjadi mudah rontok, ada yang tiba-tiba menjadi busuk padahal tata cara perawatan sudah sesuai, ada yang berubah warna, dan lain-lain. Bagaimana cara mengatasinya? Kenali terlebih dahulu penyebab sakitnya sukulen, karena jamur, kutu, atau lainnya. Kenali tanda-tanda penyebab penyakit sukulen di artikel Mengenal Hama dan Penyakit Kaktus dan Sukulen.

PERONTOKAN ALAMI

Nah, perlu diketahui juga bahwa kadang kala kerontokan daun pada sukulen adalah suatu peristiwa yang wajar pada masa pertumbuhan. Misalnya daun sudah kehilangan fungsinya karena tergantingan dengan daun yang baru. Daun yang biasanya rontok adalah daun dekat dengan pangkal batang. Daunnya sudah mulai mengering dan rontok dengan sendirinya.

Daun sukulen kering dan rontok secara alami (sumber tumblr.com)

JANGAN LANGSUNG BUANG RONTOKAN DAUN

Silakan dicermati untuk beberapa daun yang rontok, ya. Jika masih sehat, jangan langsung dibuang, tetapi lakukan stek daun. Semoga bisa tumbuh menjadi individu baru yang lebih sehat. Caranya bisa dengan Terapi Air atau secara konvensional dengan ditanam di tanah, perhatikan langkah-langkahnya di artikel Cara Memperbanyak Sukulen dengan Stek Daun.

Dari pemaparan di atas, kira-kira apakah masih ada yang kurang? Silakan ditambahkan di kolom komentar ya, gaes. Semoga bisa belajar bersama dan memperpanjang umur tanaman tercinta kita. Atau yang tertarik memeliharan sukulen dan kaktus bisa cek di toko makarame ya!

READ  Echeveria Affinis Black Knight, Sukulen Hitam yang Mempesona
Views: (563)
WhatsApp chat