Mengatasi Penyebab Sukulen Tumbuh Kurus dan Pudar

Merawat kaktus dan sukulen bisa dibilang gampang-gampang susah. Jelas karena tanaman juga makhluk hidup yang memiliki karakteristik sendiri meskipun masih satu spesies. Tata cara perawatan yang dianjurkan pun terkadang tidak semuanya membuahkan hasil yang diinginkan. Banyak pertanyaan mengapa tanaman kaktus dan sukulen saya mati padahal sudah dirawat sesuai dengan anjuran tata cara perawatan? Atau pertanyaan mengapa warna kaktus saya pudar dan tumbuh kurus menjulang? Pertanyaan kedua ini lumayan sering ditanyakan. Oleh karena itu, kami coba mengulasnya semoga bisa menjadi referensi ya. Saya juga senang banget kalau dapat kiriman gambar yang indah-indah dari para pelanggan. Apalagi kalau sampai berbunga ya! Saya juga sangat menantikan momennya.

Baik, sekarang kita bahas dulu penyebab mengapa tanaman sukulen cenderung kutilang alias kurus tinggi langsing plus tak beraturan dan warnanya pun pudar. Oya, sebenarnya ini juga bisa terjadi pada kaktus ya. Bukan hanya pada sukulen. Kaktus cenderung meninggi tapi diameternya tidak bertambah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya sinar matahari. Terlepas dari kesuburan media tanam yang digunakan ya. Ini juga wajib.

 

 

Sekarang, kita bahas dulu cara mengatasi etiolasi pada sukulen ya. Oya, tahu kan etiolasi? Mungkin teman-teman mengenalnya di percobaan kecambah. Dimana kita menggunakan kacang hijau yang ditarus di kapas lalu dibasahi dan disimpan di tempat yang gelap. Lama-lama kacang hijau akan tumbuh menjadi kecambah yang tumbuh mencari sinar matahari. Nah, etiolasi pada kaktus dan sukulen juga terjadi karena demikian. Tanaman berusaha mencari sinar matahari. Alhasil mereka tumbuh sembarang tak beraturan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak cara berikut ya!

1. Potong Daunnya dan Lakukan Stek Daun

 

 

 

2. Potong Batangnya dan Tanam

 

 

3. Tempatkan Tanaman di Tempat yang Cukup Matahari Secara Tidak Langsung

Sinar matahari yang bagus pada pukul 06.00-09.00 dan sore hari 15.00-17.00 dalam arti sinar matahari tidak terlalu terik. Jika terlalu terik khawatir menyebabkan daun menjadi terbakar (sunburn).

 

Semoga bermanfaat ya! Boleh juga menambahkan di komen jika ada yang kurang. Saya juga masih belajar. Hehe

 


Sumber Gambar dan Artikel:

  1. http://www.varunaweb.com/succulent-growth/tips-for-growing-healthy-succulents-needles-leaves-succulent-growth/
  2. https://www.imgrumweb.com/hashtag/etiolated
  3. https://www.leafmealoneplant.club/blog/
  4. http://www.homelife.com.au/gardening/how-to-grow/how-to-propagate-succulents
Views: (407)
Semoga artikelnya bermanfaat ya. Silakan tinggalkan jejak di kolom komentar ^.^