Mengenal Lebih dalam Tentang Gangguan Menstruasi Amenorea -

Mengenal Lebih dalam Tentang Gangguan Menstruasi Amenorea

Ketika menstruasi salah satu kebutuhan yang diperlukan adalah menyiapkan pembalut. Hal tersebut merupakan kebutuhan utama yang digunakan untuk menampung darah selama menstruasi. Cara memakai pembalut sendiri sangat mudah yang akan diketahui ketika wanita sudah dalam tahap pubertas sehingga akan dapat mengetahui mengenai cara pemakaian pembalut, merek pembalut yang terbaik seperti Laurier, dan juga mengenal masalah-masalah mengenai menstruasi. Dimana salah satu masalah yang timbul dari menstruasi adalah ketika mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Menstrusi tidak lancar sendiri merupakan gangguan yang dapat terjadi selain ketika darah yang keluar ketika haid sangat banyak. Untuk penyebab menstruasi yang tidak lancar sendiri ada banyak yang salah satunya adalah karena Amenorea. Gangguan menstruasi Amenorea merupakan masalah yang menyebabkan menstruasi tidak teratur dan wanita tidak mengalami menstruasi selama lebih dari 3 bulan berturut-turut. Penyebab dari masalah ini sendiri pada umumnya karena beberapa hal seperti kehamilan, menyusui, dan juga menopause. Sehingga hal tersebut merupakan hal yang wajar karena disebabkan oleh beberapa hal lainnya dalam wanita yang menunjukan kehidupan yang normal.

Amenorea sendiri mempunyai dua jenis yang dapat terjadi. Seperti misalnya dua jenisnya adalah:

  1. Amenorea primer merupakan jenis gangguan karena ketika pubertas tidak mengalami menstruasi. Ada sebagian wanita yang mengalami menstruasi terlambat, sehingga ketika umur 16 tahun belum mengalami pernah mengalami menstruasi.
  2. Amenorea sekunder merupakan jenis menstruasi yang normal dan teratur pada awalnya, akan tetapi kemudian menjadi tidak normal karena masalah fisik yang dialami.

Untuk jenis amenorea sekunder yang merupakan kondisi ketika wanita mengalami menstruasi normal menjadi tidak normal sendiri bisa disebabkan oleh beberapa penyakit yang diderita wanita. Seperti misalnya karena masalah medis seperti berikut ini:

  1. Pertama adalah terjadi pada wanita yang mengalami kelainan ovulasi.
  2. Selanjutnya adalah karena mengalami kelainan anatomi, cacat lahir, dan kondisi lainnya.
  3. Wanita yang mengalami gangguan pola makan.
  4. Wanita yang mengalami obesitas atau kegemukan.
  5. Wanita yang terlalu banyak berolahraga.
  6. Wanita yang mengalami gangguan tiroid.
READ  Fungsi Universal Joint dan Jenis-jenisnya
Views: (104)