Nokia 3, Ponsel Pintar Bersistem Android - Makarame

Nokia 3, Ponsel Pintar Bersistem Android

Nokia yang dulu terkenal dengan sistem operasi Symbian memang sudah kehilangan masa emasnya. Ponsel Nokia yang dulu lebih sering melakukan inovasi di bidang desain daripada sistem operasi. Symbian tidak ramah pengguna, berbeda dengan Android yang ketika awal kemunculannya langsung disukai pengguna gadget. Sejak saat itulah nama besar Nokia mulai redup dan tidak lagi dikenal, apalagi nama Symbian mungkin hanya segelintir orang saja yang masih mengingatnya.

Seakan tidak ingin menghilang begitu saja dari dunia ponsel, Nokia masih mengeluarkan produk ponsel pintar walaupun tidak begitu dikenal seperti Samsung, Apple, ASUS atau Huawei. Nokia 3 adalah salah satu produk yang ditawarkan Nokia dengan sistem operasi Android. Menggunakan layar LCD IPS resolusi HD berukuran 5 inci dengan bodi berbahan polikarbonat dengan rangka aluminium. Kesan mewah dan elegan terpancar dari ponsel yang ditenagai oleh prosesor Quad-core 1.3 GHz ini, salah satu hal yang menjadi nilai jual Nokia 3.

Kapasitas RAM sebesar 2 GB masih mumpuni untuk menjalankan aplikasi sosial media terkini dan multi-tasking antar program. Bermain game populer seperti Mobile Legends tidak menjadi masalah untuk Nokia 3.

Untuk urusan memori penyimpanan, Nokia 3 mempunyai memori internal sebesar 16GB dan masih ditambah dengan kartu microSD sampai 256 GB. Sistem operasi yang diusungnya adalah versi 7 (Nougat) dan masih mendapatkan update sampai versi 8 (Oreo).

Hanya ada 2 kamera di Nokia 3, di bagian depan adalah kamera selfie resolusi 8 MP dengan autofokus dan kemampuan merekam video 720p. Kamera utamanya juga mempunyai spesifikasi serupa dengan tambahan LED flash.

Fitur lain yang terdapat di Nokia diantaranya Wi-Fi, Bluetooth, GPS, NFC, FM Radio, koneksi microUSB On-The-Go dan sensor seperti accelerometer, gyro, proximity dan compass. Nokia 3 sudah mendukung jaringan dan konektivitas terbaru seperti LTE Cat. 4, 3G dan GSM Quad-band. Ponsel dengan bobot 140 gram ini ditenagai baterai berkapasitas 2,630 mAh.

Jika Anda menginginkan ponsel Android buatan Nokia yang lebih bertenaga maka Anda bisa memilih Nokia 6. Prosesor yang digunakannya adalah Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core dan RAM sebesar 3 GB. Memori internal 32 GB dan dukungan microSD sampai 128 GB. Layarnya lebih luas dengan ukuran 5,5 inci resolusi full-HD dan bahan Corning Gorilla Glass.

Keseluruhan bodi Nokia 6 menggunakan aluminium dengan bobot total 169 gram. Sistem operasi bawaanya adalah Android versi 7 dan masih mendapatkan update sampai Android 9 (Pie). Kameranya juga lebih baik daripada Nokia 3 dengan resolusi 16 MP, HDR, PDAF, dan dua buah LED flash. Nokia 6 cocok untuk Anda yang menginginkan ponsel Android dengan spesifikasi yang lebih baik.

Di laman resminya harga jual Nokia 3 adalah Rp 1.399.000 dan Rp 1.999.000 harga jual Nokia 6 untuk pembelian secara online. Kedua ponsel Nokia ini bisa Anda beli toko online seperti Bukalapak dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan harga resminya. Harga jual Nokia 3 di toko offline mungkin berbeda dengan harga online, tapi Anda tidak perlu khawatir jika ingin membelinya secara online.

Bukalapak adalah marketplace terpercaya yang sudah dipercaya banyak orang untuk melakukan pembelian secara online. Anda bisa menemukan banyak toko yang jual Nokia 3, tipsnya adalah perhatikan rating dan ulasan dari toko yang ingin Anda beli.

Ikutilah sistem transaksi di Bukalapak maka uang Anda dijamin aman karena penjual harus mengirimkan barang pesanan dan memberikan nomor resi. Dana pembeli baru akan bisa diterima penjual jika statusnya sudah diterima. Tidak hanya itu, Anda bisa mengajukan komplain jika ternyata barang yang dikirim tidak sesuai dengan spesifikasi atau deskripsi yang diberikan penjual.

WhatsApp chat