fbpx

Pemula, Simak Tips Membeli Perhiasan Berlian Berikut Ini!

Berlian merupakan salah satu batu permata yang paling banyak dicari. Baik untuk cincin pertunangan, pernikahan, ataupun sekedar untuk dijadikan hadiah, batu mulia mewah ini cocok disematkan pada perhiasan jenis apapun.

Namun bagi Anda yang baru pertama kali membeli perhiasan berlian, wajib memperhatikan tips dan triknya agar tak salah pilih.

1. Persiapkan Budget

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa harga berlian terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan batu mulia lainnya. Karena harganya yang tak murah itulah, ada baiknya Anda mempersiapkan budget atau dana dalam jumlah tertentu yang dianggarkan khusus untuk membeli perhiasan berlian.

Hindari membeli dengan berutang atau membayar dengan sistem cicilan, tabunglah uang sedikit demi sedikit agar nantinya tak akan mengganggu cash flow Anda.

2. Pahami Kualitas Berlian

Sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan berlian, Anda perlu memahami apa saja standar kualitas untuk berlian. Standar kualitas berlian tersebut adalah 4C, yakni Carat, Clarity, Color, dan Cut.

  • Carat atau karat digunakan untuk menentukan berat berlian. Semakin tinggi karat, maka semakin mahal pula harga berlian tersebut. Anda dapat membeli berlian dalam kelipatan 0.25 gr.
  • Clarity atau tingkat kejernihan digunakan untuk melihat kejernihan berlian. Pasalnya berlian terbentuk di dalam lapisan bumi dengan tekanan dan suhu ekstrim, sehingga hampir seluruh berlian memiliki noda atau unsur pencemar.

Tingkat clarity dari atas hingga bawah adalah FL-IF, VVS1-VVS2, VS1-VS2, SI1-SI2, dan I1-I3.

  • Color atau warna juga menentukan kualitas serta harga dari berlian. Berlian terbaik umumnya colorless dengan grades D-F atau tanpa warna, namun bagi Anda yang baru pertama kali membeli dapat membeli near-colorless dengan grades G-J atau hampir tanpa warna.
  • Cut atau potongan dapat menentukan kilauan berlian, karena berlian dengan kualitas biasa dapat terlihat berkilau indah apabila potongannya pas. Anda dapat memilih batu berlian yang paling berkilau dan bersinar dibandingkan dengan batu berlian lainnya.
READ  7 Protokol Kesehatan yang Sebaiknya Diterapkan Saat Resepsi

3. Pilih Model Timeless

Tak dapat dipungkiri model perhiasan berlian terus berubah sewaktu-waktu. Untuk itu ada baiknya pilih model serta bahan perhiasan yang terlihat timeless meskipun dipakai dalam kurun waktu yang lama.

4. Pilih Jenis Perhiasan yang Tepat

Tanyakan kepada diri Anda jenis perhiasan berlian apa yang paling Anda sukai, apakah cincin, kalung, anting, atau gelang? Pilih jenis perhiasan yang paling Anda sukai agar nantinya uang Anda tidak terbuang percuma untuk sesuatu yang tidak Anda sukai.

Lalu akan digunakan untuk apakah perhiasan berlian tersebut? Misalnya Anda berniat membeli kalung berlian, apakah kalung tersebut akan digunakan sehari-hari ataukah hanya akan digunakan untuk acara penting saja?

Ada baiknya membeli perhiasan yang cocok dipakai sehari-hari dan juga di acara penting sehingga lebih praktis.

5. Pastikan Berkas Berlian

Berlian asli berkualitas tinggi tentu disertai dengan sertifikat keaslian. Sehingga bagi Anda yang tertarik membeli perhiasan berlian baik untuk pemakaian pribadi ataupun untuk investasi, wajib untuk menanyakan dan memeriksa sertifikat keaslian berlian dengan teliti dan seksama.

Fakta Menarik Berlian!

  • Bangsa Yunani dan Romawi kuno mempercayai bahwa batu berlian merupakan air mata yang jatuh dari dewa ataupun dari serpihan bintang jatuh.
  • Berlian atau diamond berasal dari kata “adamas” dalam bahasa Yunani, yang berarti tidak dapat dihancurkan atau tidak terkalahkan.
  • Berlian telah tercipta jauh sebelum keberadaan dinosaurus di muka bumi. Bahkan beberapa berlian juga berusia lebih tua dari bintang di langit.

Yang tak kalah penting adalah memilih toko berlian terpercaya yang menjual perhiasan berlian secara online maupun offline seperti Diamond & Co. Aneka perhiasan berlian cantik untuk berbagai keperluan tersedia di Diamond & Co, silahkan kunjungi diamondnco.id untuk melihat katalog lengkapnya.

READ  5 Jawaban Jitu Ketika Ditanya Kapan Nikah