fbpx

Perbedaan Kaktus dan Sukulen

Perbedaan kaktus dan sukulen ini merupakan salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan. Oleh karena itu, makarame memutuskan untuk membuat ulasannya agar mudah dipahami oleh teman-teman pecinta kaktus dan sukulen. Walaupun ulasannya sebenarnya sudah banyak, tetapi semoga bisa menambah wawasan atau sekedar melengkapi dari ulasan yang sudah ada.

Sederhananya, jika ada yang tanya perbedaan kaktus dan sukulen, saya selalu menjawab Kaktus yang berduri kak dan yang disambung batang hijau ini, sedangkan sukulen yang daun-daunan. Tentu sambil menyodorkan foto maupun produk yang ada.
Secara ilmiah, berikut perbedaannya ya:

Sukulen adalah jenis tumbuhan yang menyimpan air di batang, akar, dan daunnya. Ada sekitar 60 families/keluarga (ingat pelajaran biologi), meliputi aloe, haworthia, sedum, sempervivum, dan juga kaktus! Jadi, sampai sini jelas ya, kalau kaktus merupakan salah satu keluarga sukulen.

Bisa dikatakan, semua kaktus adalah sukulen, tetapi tidak semua sukulen adalah kaktus. Ciri khas utama kaktus adalah memiliki Areoles. Areoles umumnya bulat dan kecil membentuk seperti gundukan. Bisa dikatakan Areoles merupakah titik tumbuh dari kaktus, entah duri, daun, bunga, atau bagian tubuh lainnya. Nah, areoles ini hanya ada di kaktus. Jadi, meskipun sukulen berduri tapi tetap tidak bisa dikelompokkan sebagai kaktus.

KAKTUS VS SUKULEN (ALOE)

jual, grosir, kaktus, souvenir, tanaman, kaktus, sukulen, aloe

 


 

https://leafandclay.co/blogs/blog/the-difference-between-succulents-and-cacti

pinterest.com

Semoga artikelnya bermanfaat ya. Silakan tinggalkan jejak di kolom komentar ^.^