fbpx

Review Panggung Liga Regional Kampung Komunitas Ibu Profesional

Tidak terasa bahwa pendaftaran dan masa orientasi Calon Warga Kampung Komunitas Ibu Profesional sudah memasuki bulan ke-3. Masa yang cukup panjang untuk sebuah proses penyaringan menjadi warga Kampung Komunitas Ibu Profesional. Tujuannya tak lain tak bukan untuk memperkenalkan lebih dalam tentang Kampung Komunitas. Apakah betul komunitas ini yang kita cari ataukah hanya latah mendaftar saja. Kali ini kita akan berkenalan dengan program unggulan dari masing-masing regional. Yuk, program unggulan apa saja sih yang ada di Kampung Komunitas?

Panggung Liga Regional Kalimantan, Sulawesi, Asia, dan Efrimania

  • Kalimantan Selatan (Kalsel): Rumbel Boga
  • Kalimantan Utara (Kaltara): Rumbel Literasi dan Read Aload karena dilatarbelakangi oleh anggota komunitas yang memiliki putra putri di usia rentang 5-6 tahun yang sedang menyukai aktivitas membaca dan juga kebetulan ada trainer Read Aloud.
  • Bontara: DIY Mainan Anak karena ada anggota yang pandai membuat mainan anak. Sebelum pandemi, ada Eduvacation yaitu mengajak anak-anak mengunjungibtempat-tempat untuk belajar seperti rumah sakit untuk mengenal profesi dokter, suster, mengenal ambulance, dll.
  • Samkabar: Rumbel Bahasa Arab, Boga, Menulis, dan Gasewa. Program unggulan Ngopi (Ngobrol Pintar) bersama para ekspertis di bidangnya.
  • Balikpapan Raya: Rumin Boga dan Rumin Literasi dengan Projek Buku Anak.
  • Kalimantan Barat: Jumat Inspirasi menjadi program unggulan karena setiap member bisa mengambil peran dengan cara bergilir, jadi semua member bisa berbagi.
  • Sulwesi: Rumbel Menjahit, Memasak, dan Menulis.
  • Asia: Rumbel Desain, Literasi, Bahasa, Boga, Broadcasting & Public Speaking, dan Cinta Qur`an. Paling favorit adalah Kolaborasi Buku karena semua anggota dan semua rumah bisa berkumpul menjadi satu.
  • Efrimenia (Eropa, Afrika, Amerika, dan Oceania ): Rumah Belajar Public Speaking, Literasi, dan Krupuk (Kumpul Rumin Play Date Yuk).
See also  SIM Kabupaten Semarang Bisa Perpanjangan di Satlantas Polri Salatiga

Nah, kira-kira mana yang menjadi favoritmu? Kalau saya pribadi sangat ingin ada Eduvacation di regional saya nanti karena melibatkan anak-anak dan ini memang menjadi cita-cita saya untuk mengajak anak secara langsung belajar dari ekspertis. Tidak hanya di dalam kelas beranda-andai membayangkan sebuah penjelasan.

Panggung Liga Regional Jatim

Kegiatan di regional Jatim juga tidak jauh berbeda dari regional Kalimantan, Sulawesi, Asia, dan Efrimania, yaitu boga, literasi, dan zero waste. Sedangkan yang berbeda dari yang lain saat ini adalah Doodle Art dari Malang Raya. Yang menarik dari Sidomojo adalah kolaborasi antara rumbel boga dan fotografi dimana kemampuan memasak dikolaborasikan dengan food photography sehingga kemampuan memasak bisa disajikan menarik di lidah dan memanjakan di mata.

Regional Gresik yang menarik perhatian saya adalah Cooking Class For Kids. Saya selalu tertarik dengan program yang melibatkan anak-anak karena dengan demikian kami para ibu bisa bertumbuh bersama dengan anak-anak. Dan saya pun sangat berharap bahwa ada kegiatan yang melibatkan anak-anak juga di regional saya nanti, seperti dari Kaltara yang memiliki program Read Aloud, Bontara dengan DIY Mainan Anak dan Eduvacation-nya. Emm.. sepertinya menarik juga seandainya ada kegiatan yang melibatkan para suami. Hehe

Panggung Liga Regional Sumatera, Bali, Jawa Tengah

  • Program unggulan Aceh, Payakumbuh, dan Sumatera Utara yang belum ada di regional lain adalah mengaji dan belajar tahsin.
  • Pekanbaru memiliki program unggulan Media Grafis saat msa pandemi seperti ini. Sebelumnya, Playdate adalah program yang paling diminati karena kegiatannya melibatkan anak-anak.

Panggung Liga Regional Jabar, Jakarta, & Banten

  • Salah satu program Tangerang Selatan yang langsung ketangkap adalah Rumbel Ranang. Yup! Sepertinya belum ada di regional lain. Semoga di regional saya nanti ada rumbel renang karena ingin meningkatkan kemampuan berenang dan pastinya bisa membawa anak-anak. Paling suka jika bisa berkegiatan dengan anak.
  • Satu program yang menarik di Garut menurut saya adalah Sehari Bahasa Sunda. Seru juga seandainya di Salatiga ada program pakai Bahasa Krama Inggil karena belum bisa. Hehe
  • Ngos-Ngosan alias Ngobrol Asyik Tentang Kehidupan menjadi program unggulan di Tasikmalaya karena dikemas secara asyik ala-ala radio yang bisa digunakan sebagai ajang curhat dan menanggapi secara anonim. Dan, tentu saja seperti halnya Radio, di sini juga bsia request lagu nostalgia. Seru ya!
See also  HOAX..! Baju Adat Cina di Uang 75.000, Faktanya dari Tidung

#Resume4
#Panggungligaregional
#orientasikampungkomunitas
#balaimainceria/gembira/bahagia (isi sesuai nama WAG)
#ibuprofesional2021
#komunitasibuprofesional
#kampungmain3
#semestakaryauntukindonesia
#salamberprestasi
#PrestAsyik

Views: (266)