Sebab dan Cara Mengatasi Daun Sukulen Retak/Pecah - Makarame

Sebab dan Cara Mengatasi Daun Sukulen Retak/Pecah

Merawat sukulen bisa jadi memiliki seni tersendiri. Seperti tata cara perawatan yang sudah dipaparkan di sini, meskipun sukulen terkenal memiliki perawatan yang mudah, namun tetap memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya tidak menyiram air secara berlebihan. Kita tahu bahwa sukulen adalah penyimpan air yang baik. Jadi, tidak usah terlalu sering menyiramnya.

Lalu apa jadinya kalau kebanyakan air?

Untuk beberapa kasus tertentu (tidak semua tanaman), daun sukulen akan mengalami keretakan/pecah karena air merusak dinding selnya. Hal ini disebabkan jumlah air yang berlebihan pada tumbuhan akan meningkatkan tekanan turgor. Tekanan turgor adalah tekanan yang mendorong membran sel terhadap dinding sel sehingga tumbuhan menjadi pecah. (Jadi belajar biologi lagi ya. Hehe)

Sedangkan untuk beberapa tanaman, sukulen akan membusuk jika terlalu banyak disiram.

Lantas bagaimana cara mengatasi daun yang sudah terlanjur retak?

Untuk memperbaiki, jelas sudah tidak memungkinkan ya, karena tidak ada jasa menjahit luka seperti operasi pada binatang atau manusia. Hehe

Namun, jangan dulu bersedih hati, kita masih bisa memanfaatkan daun yang retak ini untuk memperbanyak tanaman sukulen melalui stek daun. Cara budidaya tanaman sukulen dengan stek daun bisa dibaca di artikel ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Oya, bagi yang memiliki pengalaman dengan daun sukulen yang retak bisa dong berbagi di komen. Siapa tahu kita bisa saling bertukar ilmu dan semakin pintar merawat tanaman.

 



Sumber artikel dan gambar:

http://masteringhorticulture.blogspot.com/2011/01/one-reason-not-to-over-water-succulents.html

https://www.helpfulgardener.com/forum/viewtopic.php?t=69242

READ  Kriptantus, Tanaman Bromelia yang Wajib Kamu Punya
error: Content is protected !!
WhatsApp chat