fbpx

Siap Menikah? Ketahui Makna Cincin Kawin Dalam Pernikahan Ini!

Cincin biasanya dijadikan sebagai benda simbolis dari sebuah pernikahan. Bukan tanpa alasan, dipilihnya cincin pernikahan dan bukan pernak pernik lain, memiliki makna tersendiri di mata kedua calon mempelai.

Lalu, makna apa yang tersirat dari benda kecil yang melingkar di jari manis ini?

Makna Cincin Kawin

1. Bentuk Lingkaran

Sejak zaman dulu, cincin menjadi perhiasan yang cukup spesial. Dimana perhiasan ini menjadi simbol dari sebuah lingkaran yang tidak akan hancur maupun pecah. Di berbagai budaya, cincin menyimpan makna keabadian (eternity).

Selain itu, bentuk lingkaran pada cincin diartikan sebagai infinity, atau tak terbatas. Sehingga bisa disimpulkan bahwa cincin akan mengikat cinta dan kesetiaan yang abadi dan tidak terbatas dari dua pasang kekasih.

Sementara sepasang cincin kawin mengindikasikan kebersamaan abadi dan komitmen yang tidak hancur meski diterpa banyak masalah.

2. Saling Mengikat

Sepasang insan yang memadu kasih dalam janji pernikahan akan dilambangkan lewat cincin kawin. Dimana janji ini berisi niat untuk hidup setia bersama pasangan.

Melalui ikatan cinta yang kuat, pasangan kekasih akan berkomitmen untuk terus menjaga janji pernikahan diantara keduanya. Tak ayal jika kemudian makna cincin kawin sangat membekas di hati seseorang.

3. Kejayaan dan Kekuatan

Beberapa waktu lalu, cincin jadi perhiasan mewah yang didesain dengan material bernilai mahal. Sehingga hanya kalangan tertentu dan mereka dengan kedudukan saja yang dapat mengenakannya.

Namun, saat ini, cincin yang menjadi simbol dari pernikahan menyimpan makna pencapaian kejayaan dan kekuatan yang dimiliki oleh dua orang yang saling topang-menopang dalam mengarungi kehidupan pernikahan.

4. Kesatuan Yang Saling Melengkapi

Kebanyakan cincin memiliki bentuk bulat/lingkaran, tanpa awal dan tidak memiliki akhir. Sama dengan gambaran kehidupan manusia sehari-harinya yang akan terus berputar selayaknya roda. Bisa muncul kelahiran, kematian, kebahagiaan, juga kesedihan secara berkesinambungan.

READ  Tips Sukses Bertemu Calon Mertua

Lewat cincin kawin, tergambar makna tersirat soal kesatuan hidup dua orang yang saling melengkapi satu sama lain, saling menerima kekurangan, dan usaha keras untuk mengisi kekurangan itu hingga terbentuk kesempurnaan.

5. Bukti Cinta Tanpa Akhir dan Suatu Komitmen

Sebagaimana disinggung sebelumnya, cincin sudah lama menjadi simbol kesatuan. Penggunanya akan menunjukkan status mereka sebagai seorang yang telat terikat dalam pernikahan. Cukup banyak orang di Indonesia yang meyakini bahwa cincin kawin mempunyai daya tarik untuk membawa keberuntungan dan kemenangan kepada pemakainya.

Diluar dari keyakinan tersebut, mengenakan cincin kawin menjadi sebuah komitmen yang diputuskan oleh dua orang kasmaran.

6. Langsung ke Hati

Di era kejayaan Mesir Kuno dan Romawi, keyakinan bahwa pembuluh darah dari keempat jari akan mengarah langsung ke organ jantung sangatlah populer.

Inilah yang membuat masyarakat kala itu memutuskan bahwa bawah jari manis sangatlah tepat untuk dipakaikan sebuah cincin kawin. Meski teori seperti ini banyak dibantah, tak sedikit pula orang modern yang masih meyakini tradisi tersebut.

7. Kekuatan Cinta

Cincin yang dibuat dengan material logam mulia mampu bertahan dalam kurun waktu sangat lama, pun demikian dengan janji pernikahan. Logam cincin melambangkan keseriusan sekaligus kekuatan dari dua kasih dalam mematuhi janji pernikahan.

Selain itu, logam mulia juga menggambarkan ketahanan pasangan ketika menjalani biduk rumah tangga. Sehingga meski harus mendapatkan banyak tantangan juga masalah dalam masa pernikahan, rumah tangga tersebut akan tetap terjaga keutuhan dan kelangsungannya.

Itulah sejumlah makna cincin pernikahan yang perlu Anda tahu. Bagaimana? Manakah dari sekian banyak makna di atas yang baru pertama Anda dengar? Nah, Jika Anda tertarik untuk membeli atau sekadar berkonsultasi soal cincin kawin, Passion Jewelry bisa jadi tempat untuk dituju. Cukup dengan mengakses passionjewelry.co.id dan segala kebutuhan Anda akan dilayani dengan baik.

READ  6 Cara Mengatasi Gejala dan Sebab Perceraian