Tata Cara Perawatan Kaktus Opuntia Microdasys Pallida (Bunny Ears) - Makarame

Tata Cara Perawatan Kaktus Opuntia Microdasys Pallida (Bunny Ears)

Kaktus Mickey Mouse saya suka menyebutnya, atau ada juga yang menyebutnya Kaktus Telinga Kelinci atau Bunny Ears. Karena memang seringkali kaktus ini berbentuk seperti halnya kelinci lucu sehingga menjadi salah satu jenis kaktus opuntia yang sangat digandrungi.

Tata cara perawatan kaktus yang juga dikenal dengan nama Kaktus Polkadot ini bisa dikatakan relatif mudah. Sinar matahari yang cukup, penyiraman air yang tidak berlebihan, memahami perlakuan terhadap kaktus pada periode dormansi kaktus khususnya pada musim dingin/hujan yang sangat minim cahaya matahari, dan mengkondisikan/mengatur lingkungan kaktus pada suhu ruang.

Kaktus dengan nama latin Opuntia Microdasys Pallida ini berasal dari Mexico Utara dan menyebar di sepanjang gurun Arizona. Kaktus berduri “lembut” ini merupakan tumbuhan semak belukar dengan tinggi mencapai 1.5 meter. Wow!

Kaktus kelinci tidak memiliki duri tetapi memiliki bulu tajam yang mudah menempel di kulit & mengakibatkan gatal-gatal/iritasi. Jadi, hindari memegang secara langsung ya. Jika terlanjur kena, bisa diambil menggunakan pinset, atau biasanya saya usap di rambut. Xixi. Lalu cuci tangan sampai bersih.

Kaktus berbulu kuning ini tidak memiliki batang kambium atau daun. Bunga kaktus opuntia microdasys pallida berwarna kuning dan memudar menjadi warna peach pada saat terjadi pembuahan. Setelah terjadi pembuahan, maka bakal buah kaktus kelinci ini akan berubah warna menjadi ungu atau merah.

Buah Kaktus Opuntia Microdasys Pallida

SUHU

Suhu yang disukai oleh kaktus ini berkisar antara 21-37°C. Namun, pada musim dingin/hujan, jaga agar suhu tetap antara 10-18°C dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Saat musim dingin/hujan, adalah waktu dormansi kaktus telinga kelinci ini.

CAHAYA MATAHARI

Kaktus opuntia microdasys pallida menyukai mandi cahaya matahari kecuali pada musim dingin jangan dipaparkan sinar matahari langsung. Tetapi, di Indonesia, perubahan suhu dan intesitas matahari tidaklah terlalu signifikan. Tidak terlalu masalah asal bisa menjaga suhu seperti diuraikan di atas. Di daerah tropis seperti Indonesia, perlindungan dari sinar matahari langsung terkadang diperlukan agar tidak terjadi sunburn atau terbakar sinar matahari.

PENYIRAMAN

Kaktus merupakan tumbuhan gurun yang mampu menyimpan cadangan air di tubuhnya. Jadi, jangan terlalu sering menyiram. Sebelum disiram, silakan cek tanah menggunakan lidi apakah tanah di dalamnya masih basah atau sudah kering.

MEDIA TANAM

Banyak sekali pertanyaan tentang media tanam yang tepat untuk kaktus. Bayangkan asal tumbuhan kaktus ini, yaitu gurun alias tanah berporus alias memiliki drainase yang bagus. Air tidak tertahan/terikat seperti tanah liat yang menyebabkan akar mudah busuk. Pasir malang, perlite, atau campuran tanah, pasir, dan sekam (bakar) bisa menjadi pilihan.

PUPUK

Kompos atau pupuk kandang bisa menjadi pilihan pupuk untuk kaktus. Atau bisa juga menggunakan pupuk buatan pabrik yang rendah nitrogen. Pemupukan baik dilakukan secara berkala sebulan sekali. Untuk daerah dengan cuaca dingin yang ekstrim, pemupukan sebaiknya dihentikan sebulan sebelum musim dingin/hujan.

PEMINDAHAN POT

Penggantian/pemindahan pot dilakukan sesuai dengan kondisi ukuran kaktus. Jangan terlalu kecil karena bisa kekurangan nutrisi dan menghambat pertumbuhan. Jangan terlalu besar karena menyebabkan tanah terlalu lembab dan meningkatkan risiko akar busuk.

PERBANYAKAN KAKTUS

Ada dua cara memperbanyak kaktus bunny ears. Menggunakan biji yang ada di buahnya atau dengan stek daun. Cara yang relatif cepat adalah dengan stek daun. Menggunakan biji akan memakan waktu yang lebih lama.

Stek daun kaktus opuntia microdasys pallida

WhatsApp chat