Tata Cara Perawatan Notocactus leninghausii - Makarame

Tata Cara Perawatan Notocactus leninghausii

Kaktus yang penamaannya untuk menghormati Guillermo Leninghaus, seorang kolektor asal Brasil ini memiliki nama ilmiah Parodia leninghausii. Duri kaktus Golden Ball ini tidak terlalu tajam, jadi relatif aman untuk hiasan meski ada anak-anak kecil di rumah.

Perlu diketahui bahwa Notocactus leninghausii mengalami perubahan fisik seiring pertumbuhannya. Sewaktu masih muda, kaktus ini berbentuk bulat kemudian seiring usia, ia akan tumbuh meninggi hingga 1 meter dengan diameter 12 cm dan jumlah belahan sekitar 30 buah. Oleh sebab itu, kaktus Parodia leninghausii disebut juga Yellow Tower.

BUNGA

Kaktus yang juga memiliki sebutan Lemon Ball ini memiliki bunga yang cantik berwarna kuning dengan diameter kurang lebih 5 cm. Tetapi, bunga ini hanya akan tumbuh pada kaktus dewasa yang memiliki tinggi kurang lebih 20cm.

Bunga Notocactus Leninghausii (sumber: worldofsucculents.com)

Waktu berbunga kaktus ini adalah saat musim semi dan musim panas. Perlakuan khusus agar kaktus ini rajin berbunga dilakukan pada saat musim dingin. Namun, di Indonesia yang hanya memiliki 2 musim ini, bisa dilakukan dengan sedikit modifikasi perlakuan pada saat musim hujan. Antara lain.

  1. Penyiraman tetap dilakukan meski musim hujan. Namun, pastikan kita menggunakan media tanam yang sangat berporos misalnya pasir malang, pumice, atau perlite. Dan, gunakan pot yang memiliki lubang yang cukup baik untuk pembuangan air. Agar air tidak menggenang di dalam pot.
  2. Pertahankan tanaman pada suhu kurang lebih 10°C. Ya, tidak terlalu sulit bukan. Karena suhu di Indonesia meski penghujan masih bisa ditolerir oleh tanaman. Alias tidak sampai minus berlebihan.

SINAR MATAHARI

Seperti halnya kaktus yang menyukai tempat bermandikan sinar matahari, begitu juga notocactus leninghausii ini. Sangat menyukai sinar matahari untuk tetap tumbuh sehat. Namun juga sangat tolerir pada suhu dingin.

READ  Cara Merawat Kaktus Notocactus Magnificus Agar Cepat Berbunga

MEDIA TANAM

Kaktus menyukai media tanam yang berporus karena dapat menjaga kelembapan akar. Media tanam yang terlalu padat, akan membuat akar terlalu lembab sehingga busuk dan ada kemungkinan juga terganggu oleh jamur.

PEMUPUKAN

Waktu yang tepat untuk melakukan pemupukan adalah pada saat musim panas. Biasanya bisa digunakan pupuk kandang atau pupuk organik lainnya. Kaktus merupakan tanaman yang suka pupuk organik.

PENANGANAN SAAT BUSUK

Potong bagian yang busuk agar tidak menjalar ke bagian yang lain. Selengkapnya bisa dibaca di artikel Cara Mengatasi Kaktus Busuk.

HAMA DAN PENYAKIT

Hama yang sering saya temui di kaktus ini adalah kutu putih. Cara mengatasinya bisa dibaca di sini.

Selain itu, semut yang berada di dalam media tanam juga menjadi salah satu masalah dalam merawat notocactus lenihausii. Langsung ganti media tanam dengan yang baru jika kedapatan semut. Atau bisa juga dengan mencuci bersih media tanam hingga sumber penarik mendekatnya semut hilang, jemur hingga kering, lalu gunakan kembali setelah memastikan tidak ada lagi semut yang bersarang.

Selebihnya, bisa juga dibaca Hama dan Penyakit Kaktus Sukulen sebagai tambahan ilmunya ya.

CARA MEMPERBANYAK NOTOCACTUS LENINGHAUSII

Pinterest

Cara memperbanyak bisa dilakukan melalui biji yang terdapat di bunga. Atau dengan cara memotong tunas baru yang tumbuh.

error: Content is protected !!
WhatsApp chat