Tips Memanjangkan Rambut agar Tumbuh Sehat dan Kuat

Rata-rata rambut seseorang bisa tumbuh sepanjang setengah inci setiap bulannya. Meski demikian, faktor genetik juga berkontribusi besar terhadap perbedaan pertumbuhan rambut setiap individu. Namun, perbedaan tersebut tidaklah terlalu signifikan.

Jika kamu berencana untuk memanjangkan rambut, kamu wajib memelihara dan menjaga kesehatannya dengan secara teratur dan lebih intens dibandingkan saat kamu memiliki rambut pendek. Karena semakin panjang ukuran rambut, kemungkinan untuk mengalami masalah seperti kerontokan, rambut bercabang, hingga rambut yang mudah patah semakin besar.

Nah, jika ingin memanjangkan rambut agar tumbuh sehat dan kuat, ada beberapa tips yang bisa kamu coba di antaranya adalah:

Gunakan shampoo yang terbukti bisa membantu memanjangkan rambut

shampoo kuda beberapa waktu belakangan ini semakin populer dan fenomenal karena dianggap memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan shampoo pada umumnya. Di antara manfaat shampoo ini bisa mempercepat pertumbuhan rambut, membantu membersihkan kulit kepala dengan lebih baik, melebatkan rambut, menjaga kesehatan rambut, mencegah rambut kusut, menghaluskan, mencegah rambut rontok, hingga mencegah kutu dan ketombe.

Selain itu, shampoo kuda juga terkenal ampuh dalam menjaga kesehatan dan kekuatan rambut karena: bermanfaat untuk menutrisi rambut, bisa melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari, dan bisa membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Itulah sejumlah alasan mengapa shampoo kuda bisa kamu manfaatkan untuk merawat rambut jika ingin memanjangkan rambut tanpa banyak masalah.

 

Biasakan memijat kulit kepala

Mengapa kita perlu memijat kulit kepala secara rutin?

Kunci dari kesehatan dan kekuatan rambut adalah nutrisi dan air. Jika nutrisi dan air yang dibutuhkan oleh rambut cukup, maka rambut akan tumbuh dengan subur dan sehat; rambut akan menjadi lebat dan terlihat berkilau serta tidak mudah rontok.

Baik nutrisi maupun air di dalam tubuh kita didistribusikan oleh darah. Jika darah mengalir dengan lancar maka nutrisi dan air tersebut akan mengalir dengan baik ke seluruh tubuh termasuk kepala. Disinilah manfaat melakukan pijat. Dengan pijat, sirkulasi darah akan meningkat di kepala dan akan merangsang aktivitas folikel rambut.

 

Cara memijat kulit kepala

  • Gunakan minyak esensial seperti minyak peppermint atau minyak lemon
  • Hangatkan minyak tersebut beberapa saat hingga mencapai suam-suam kuku
  • Gunakan untuk memijat kulit kepala selama kurang lebih 20 menit
  • Diamkan minyak tersebut selama 30 menit kemudian
  • Setelah itu bilas dan shampoo kepalamu dengan menggunakan shampoo ringan.

 

Potong bagian ujungnya secara teratur

Memotong ujung rambut akan membuat rambut menjadi lebih sehat dalam jangka panjang. Karena ujung rambut biasanya bercabang dan akan mudah kusut lalu perlahan akan mengering. Jadi, agar lebih sehat, pangkas ujung rambut secara teratur.

Lakukan perawatan dengan menerapkan masker telur setidaknya sebulan sekali

Selain dari dalam, rambut juga membutuhkan nutrisi dari luar. Salah satu sumber nutrisi yang baik untuk rambut–yang bisa mendukung pertumbuhan rambut dan membantu memperkuat folikel rambut adalah telur. Telur bisa dimanfaatkan sebagai masker rambut untuk melindungi rambut agar jadi lebih tebal dan tumbuh sehat. Cara memanfaatkannya:

  • Sediakan 1 buah telur kemudian pecahkan dan tampung dengan menggunakan mangkok
  • Tambahkan yoghurt plain, lalu aduk sampai tercampur rata
  • Basahkan rambut sedikit lalu terapkan masker rambut tersebut di seluruh kulit kepala
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit
  • Cuci dan bilas dengan shampoo ringan

 

Penuhi kebutuhan nutrisi rambut dari dalam

Nutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Di antara beberapa vitamin yang harus kamu konsumsi agar rambut tumbuh sehat adalah vitamin A dan C. Serta, penuhi juga kebutuhan protein. Protein sangat dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat regenarasi rambut agar tetap baik dan tinggi.

Jika kebutuhan protein tidak dipenuhi, rambut perlahan akan mengalami kerontokan. Beberapa sumber protein, vitamin A, dan vitamin C yang mudah ditemukan antara lain: daging sapi dan unggas, ikan, berbagai makanan laut, hati, telur, sayuran berdaun hijau, buah kiwi, tomat, hingga jeruk.

 


 

credit pic:

Photo by Rana Sawalha on Unsplash

Liputan6.com

fabhow.com

Semoga artikelnya bermanfaat ya. Silakan tinggalkan jejak di kolom komentar ^.^