fbpx

Yuk Cari Tahu Imunisasi Apa Saja Untuk Si Kecil!

Moms, ketika mempersiapkan kelahiran Si Buah Hati ada baiknya kita juga mencari tahu imunisasi bayi jenis apa saja yang dibutuhkan oleh Si kecil kelak. Mungkin hal ini akan dijelaskan oleh dokter kandungan Moms pada waktunya. Tapi tidak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu.

                Tapi sebelumnya, kenapa sih Si Kecil harus diimunisasi? Pertama, dengan memberikan Si Kecil imunisasi yang lengkap bisa mencegah resiko kematian dan penyakit menular pada Si Kecil. Diberi imunisasi yang lengkap memang akan membantu mencegah penyakit-penyakit yang hanya bisa dicegah dengan imunisasi ketika masih bayi saja. Selain itu, dengan memberi anak kita imunisasi kita bukan hanya melindungi buah hati kita tapi juga anak-anak disekitarnya karena dengan imunisasi akan terbentuk herd imunity yang bukan hanya melindugi anak kita saja. Seperti kekuatan super bukan?

                Lalu apa saja sih imunisasi yang lengkap itu? Ada beberapa imunisasi bayi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), menurut Ikatan Dokter Indonesia listnya adalah sebagai berikut:

  • Hepatitis B, (12 jam setelah lahir, 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan)
  • Polio (usia 0,2,3,4 bulan)
  • BCG (dilakukan sebelum usia anak 3 bulan)
  • MR/MMR (usia 6 bulan dan 8 bulan)
  • DPT, HiB dan HB (2, 3, 4, bulan)

                Ibarat penggunaan popok merries, imunisasi yang dibutuhkan pun berbeda setiap bulannya. Seperti bagaimana Si Kecil mungkin membutuhkan ukuran popok yang berbeda setiap bulannya. Sama juga dengan memberikan imunisasi yang terbaik, orang tua juga pasti ingin memberikan popok yang terbaik untuk Si Kecil. Yuk, berikan yang terbaik untuk Si Kecil baik itu Imunisasi, popok, maupun kebutuhan yang lainnya agar Si Kecil bisa bertumbuh dengan sehat dan nyaman serta terhindar dari penyakit dan ruam popok.

READ  Konsultasi Dokter Semudah Menjentikkan Jari di SehatQ.com