Cara Membuat Miniatur Ka`bah dari Kertas

Cara membuat miniatur ka`bah dari kertas ini sangat mudah untuk dipraktikkan anak-anak karena sudah Bumin siapkan polanya. Anak-anak tinggal menggunting, membentuk, dan menempelnya. Banyak kemampuan anak yang bisa kita asah di permainan kali ini. Mulai dari perkenalan bangun ruang, kemampuan berimajinasi, menggunting, membentuk, menempel, dan lain-lain. Selain itu, kita juga bisa sekaligus menjelaskan sejarah dibangunnya ka`bah, fungsi ka`bah sebagai kiblat umat Islam, dan alat peraga penjelasan tentang tawaf.

Sejarah Dibangunnya Ka`bah

Berdasarkan surat Ali-Imran:96, dikatakan bahwa Ka`bah sudah ada sejak sebelum Nabi Adam, manusia pertama turun ke bumi. Jadi, Ka`bah bukan dibangun oleh manusia. Bisa jadi Allah SWT sendiri yang menciptakannya atau Allah SWT menyuruh malaikat atau makhluk ciptaannya yang lain untuk membangun ka`bah.

اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِيْ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلْعٰلَمِيْنَۚ

Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam. (Ali-Imran:96)

Namun, Qadarullah, pada masa Nabi Nuh, terjadi banjir bandang sehingga membuat ka`bah menjadi rusak. Oleh sebab itu, kemudian Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail untuk merenovasi ka`bah. Perintah ini tertuang pada QS Al-Baqarah:127

وَاِذْ يَرْفَعُ اِبْرٰهٖمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَاِسْمٰعِيْلُۗ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۗ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah bersama Ismail, (seraya berdoa), “Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui. (QS Al-Baqarah:127)

Pembangunan ka`bah senantiasa dilakukan hingga menjadi ka`bah yang kokoh seperti sekarang ini. Ka`bah memiliki ukuran tinggi 13,10m, lebar 11,03m, dan panjang 12,62m.

See also  Berkenalan Menggunakan Bahasa Inggris untuk Anak TK

Fungsi Ka`bah Sebagai Kiblat Umat Islam

Pembangunan ka`bah sendiri Allah SWT siapkan sebagai tempat beribadah umat Islam. Ka`bah menjadi kiblat sholat seluruh umat Islam di dunia. Tentu hal ini akan membuat arah sholat umat Islam menjadi lebih teratur dan tidak menimbulkan perdebatan. Sehingga, ibadah sholat menjadi seragam dimanapun kita berada.

Perintah Tawaf Mengelilingi Ka`bah Sebagai Rukun Umroh dan Haji

Selain sebagai kiblat sholat umat Islam, ka`bah juga dijadikan tempat tawaf sebagai salah satu rukun Umroh dan Haji. Tawaf dilakukan dengan cara mengelilingi ka`bah sebanyak 7 kali berlawanan arah jarum jam sambil membaca talbiyah dan doa-doa lainnya.

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ

Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu.

Link Download Pola Miniatur Ka`bah & 5 Fakta Ka`bah Spinner

Untuk memudahkan cara membuat miniatur ka`bah untuk anak-anak. Bunda sudah menyiapkan pola miniatur ka`bah dan penjelasan singkat berupa 5 fakta ka`bah spinning ya! Silakan download di:

Link Download Pola Miniatur Ka`bah & 5 Fakta Ka`bah Spinner

Paper Fastener / Paku Belah Penguat Kertas Spinner

Tutorial Cara Membuat Miniatur Ka`bah dari Kertas